SEJARAH PELAYARAN BANGSA EROPA


Pingkan Septhalia

A. Latar Belakang Orang Eropa melakukan Pelayaran ke Dunia Timur
a) Putusnya Hubungan dagang antara Eropa denga Asia Barat Daya
Pada abad ke 7, kota Yerusalem jatuh ke tangan kekuasaan kerajaan Islam. Namun pada saat itu peziarah dari Eropa masih diperkenankan pergi ke Yerusalem. Pada tahun 1070, bangsa Turki menguasai Yerusalem, sejak saat itu terjadi perubahan peraturan yang melarang para peziarah Kristen mengunjungi kora suci Yerusalem.

Keluhan masyarakat Kristen ini disampaikan kepada Paus di Roma, kemudian mendapat tanggapan dari Paus Urbanus II. Pada tahun 1095, Paus Urbanus II menyatakan perang untuk merebut kota suci dari kekuasaan bangsa bani Seljuk (Turki). Perang yang berlangsung selama ± dua abad (1096-1291) sesungguhnya tidak berlangsung terus-menerus, tetapi secara bergelombang sampai tujuh kali.

b) Berkembangnya Ilmu Pengetahuan
Setelah perang salib selesai timbul gerakan pembaruan di Eropa. Orang mulai meninggalkan ikatan lama kemudian berkembang dan menghasilkan pemikiran baru serta penemuan baru. Seperti copernicus menemukan teori Heliosentris, bahwa dunia bulat sedangkan matahari merupakan pusat dari seluruh benda-benda antariksa. Galileo mendukung ajaran Copernicus. Ajaran Copernicus menolak ajaran lama dari Ptolemeus yang disebut Geosentris. Ajaran Copernicus mendorong orang-orang Eropa untuk mengadakan penjelajahan Samudra.

B.  Penjelajahan Samudera oleh Bangsa Eropa
Selama abad ke 15 dan ke 16 suatu rangkaian peristiwa penting membuka jalan laut baru dari Eropa ke "Dunia Timur" dan ke daerah-daerah baru. Pedagang-pedagang eropa bersaing tajam untuk memperoleh keuntungan dari perdagangan barang-barang seperti sutra, rempah-rempah, emas, permata dan lain-lain.
Adapun pelopor penjelajahan samudra sebagai berikut:
a)  Pelayaran Bangsa Italia
-Marco Polo (1254-1324)
Ia adalah seorang pedagang dan penjelajah dari Venesia. Ia pergi ke Tiongkok semasa berkuasa Dynasti  Mongol. Kisah-kisah perjalanan marco polo terekam dalam buku yang berjudul "11 Milione".
Marco polo mempnyaihubungan baik dengan Kubilai Khan. Kubilai Khan sangat antusias menerima kedatangan mereka dan ingin tahu lebih banyak tentang dunia barat. Kubilai Khan mengirim polo bersaudara bersama seorang utusan pribadi Kubilai Khan yang bernama Koeketei untuk bertemu Paus Clement IV. Mereka berangkat dengan membawa surat pribadi dari Kubilai Khan kepada Paus berisi permintaan 100 orang bangsa mongol tentang agama Kristen dan Dunia barat.
Tahun 1298 Marco Polo ikut beserta dalam perang laut Curzola, yaitu perang antara Venesia dan Rival utama mereka kota Genoa. Marcopolo tertangkap dan dipenjarakan di penjara kota Genoa. Tahun 1299 Marcopolo dibebaskan setelah Venesia dan Genoa setuju untuk menandatangani perjanjian damai. Marco polo meninggal pada tahun 1324.

b)      Pelayaran Bangsa Portugis
-Henrique the Navigator (1394-1460)
Pangeran Henrique yang dilahirkan pada tanggal 4 Maret 1394 di kota Oporto, Portugal adalah putera ketiga dari raja Portugal Jhon I dan ratu Philippa yang bersal dari Inggris. Pangeran Henrique mendapat gelar the navigator serta  "patron of the exlores" karena dianggap sebagai pelopor era perdagangan dan penjelajahan laut oleh bangsa Eropa. Henrique adalah pendiri perusahaan pelayaran dan pembuatan peta.
Henriqe berusia 21 tahun ketika ia, ayah dan saudaranya berhasil menakhlukan kota pelabuhan Ceute milik bangsa arab di Maroko.
Hasil yang terpenting didapat dari ekspedisi-ekpedisi yang dikirim Henrique adalah penemuan kepulauan Madeira oleh Joa Gonjalves Z. bartolomeu Prsrelo, dan TristaoVaz T. yang akhirnya menjadi koloni Portugal pada tahun 1420 sampai Semarang. Tahun 1427, penjelajahan yang dikirim Henrique bernamaGoncalao velho juga berhasil menemukan pulau Azores di samudra atlantik. Azores menjadi koloni Portugal pada tahun 1430.
-Bartolomeu Dias (1450-1500)
Bartolomeu Dias adalah penjelajah Eropa pertama yang berasal dari Portugal yang berhasil berlayar menjelajahi pantai barat África dan mencapai tujuan ujung selatan benua África pada tahun 1488.
Pada tanggal 10 Oktober, raja Jhon II menunjuk dia sebagai pemimpin ekspesisiPortugal dalam pelayaran menyusuri sepanjang pantai barat afrikayang bertujuan menemukan rute perjalanan ke Asia, estela melakukan persiapan selama 10 bulan Diaz meningalkan pelabuhan Lisbon pada awal Agustus 1478 dengan membawa 2 kapal perang ringan Portugal yang masing-masing berbobot 50 ton san sebuah kapal logistik. Yang menyertainya antara lain adlah pero Alemquer.
Tahun 1427, Bartolomeus Diaz mengikuti ekspedisi ke India yang dipimpin oleh Vasco dagaza, diaz juga mengikuti ekspedisi laut pedro alvares Cabral yang berhasil menemukan brazil pada tahun 1500. pada tahun itu juga, kapal yang membawa Bartolomeus Diaz diserang badai hebat di perairan sekitar tanjung harapan dan tidak pernah kembali. Ekspeisi terakhir Bartolomeus Diaz ini tidak banyak di ketahui dalam sejarah, karena catatan-catatan penting seperti jornal perjalanan juga ikut hilang.
-Alfonso d' Albuqueque (1453-1515)
Alfonso d' Albuquerque adalah seorang bangsawan Portugal yang berperang besat dalam kolonialisasi di Asia Tenggara. Keberasilannya menakhlukan Malaka pada tahun 1511, membuka jalan bagi bangsa Portugal untuk menguasai rempah-rempah di Asia Tenggara.
Ia mengalami parir yang kurang baik, akaibat adanya kecemburuan dari kalangan istanan, katena berhasil menemukan jalan ke Asia. Alfonso d' Albuquerque meninggal di atas kapalnya pada tanggal 16Desember 1515.
-Vasco da Gama (1460-1524)
Lahir tahun 1460 di sines, Vasco da Gama melakukan perjalanan pertamanya pada 8 Juli 1497 dengan membawa 4 kapal yang berangkat dari pelabuhan Lisbon. Vasco da Gama berhasil sampai di Calcuta India pada tahun 1498.
Keberhasilan Vasco da Gama semakin mengukuhkan dominasi kerajaan Portugal sebagai kekuatan koloni utama di dunia pada saat itu.

c)      Pelayaran Bangsa Spanyol
-Francisco Pizarrzo (1471-1541)
Lahir tahun 1471 di kota Trujillo Spanyol. Petualangan Francisco di Amerika selatan ini sering dibandingkan dengan apa yang di lakukan oleh Herman Cortes di Meksiko, yang pada waktunya hampir bersamaan. Banyak sejarahwan yang berpendapat bahwa keberhasilan Francisco lebih mengagumkan, karena dia berhasil dengan sumber daya manusia yang sedikit.
-Christoper Columbus (1451-1506)
Christoper Columbus adalah seorang penjelajah Eropa yang paling berpengaruh dalam sejarah. Dia juga merupakan salah satu seorang penjelajah Eropa yang berhasil menginjakkan kaki di Amerika. Christoper Colunbus lahir tahun 1451 di Genoa Italia.
Untuk melakukan perjalanan Columbus meminta dukungan kepada raja Jhon II, berupa dana dan sebuah kapal yang akan mencoba mencari rute ke Asia melalui barat. Columbus juga meminta 10% dari setiap awak kekayaan yang di temui. Namun di tolak oleh raja Jhon II, akhirnya Columbus meminta dana kepada Ratu Isabella I, dan diberi dana yang dibutuhkan.
Pada tanggal 3 Agustus 1492,berangkat menuju dunia baru, pelabuhan pertama yang di singahi adalah kepulauan Canarydi di lepas pantai barat Afrika pada bulan september.
Perjalanan pertama columbus melintasi samudera atlantik tersebut memulai ekslorasi dan kolonisasi bangsa Eropa di belahan dunia Barat. Tanggal 12 Oktober Columbus secara tidak sengaja di kepualauan Guhani, daratan pertama yang ditemui yang kemudian dikenal dengan nama San Salvador, Columbus mengira telah sampai ke india, maka mereka menyebut masyarakat tersebut dengan Indian.
Pada tanggal 15 Maret 1943, Columbus mendarat di Spanyol. Pada perjalanan selanjutnya yang dimulai pada tanggal 24 September 1493 dari pelabuhan Cadiz, Columbus membawa berta 17 kapal dan 200 orang untuk memulai koloniasi daerah jajahan di dunia baru. Kali ini ia memilih rote ke selatan. Pada tanggal 3 November ia menemukan sebuah pulau yang di namakan Dominica.
-Ferdinand Magullan (1480-1521)
Adalah seorang pelaut berkebangsaan Portugal yang mengabdi kepada kerajaan Spanyol untuk menemukan rute perjalanan ke kepulauan rempah-remah ke Asia yang menunjuk kepada kepualauan Nusantara. Ekspedisi Magullan yang berhasil mencapai asia tenggara melalui samudra pasifik tercatat dalam sejarah sebagai usaha penjelajahan pertama yang berhasil mengelilingi bumi, dan perjalanan yang pertama yang dilakukan oleh orang Eropa melingtasi samudera pasifik, meskipun ia tidak dapat kembali ke Spanyol karena terbunuh di Pilifina
-Harnan Cortes P.
Dilahirkan di medelin, Spanyol pada tahun 1485, ia berasal dari bangsawan kelas rendah.

d)     Pelayaran bangsa belanda
-Cornelis de Houtman sampai di Banten pada tahun 1596
-Jacob Van Meck sampai di Banten pada tahun 1598

Pada abad ke 7, kota Yerusalem jatuh ke tangan kekuasaan kerajaan Islam. Namun pada saat itu peziarah dari Eropa masih diperkenankan pergi ke Yerusalem. Pada tahun 1070, bangsa Turki menguasai Yerusalem, sejak saat itu terjadi perubahan peraturan yang melarang para peziarah Kristen mengunjungi kora suci Yerusalem.
Akibatnya terpaksa bangsa Eropa mencari sumber rempah-rempah ke Nusantara, tokoh pelayaran samudra seperti dari Spanyol C. Columbus, dari Portugis seperti Bartolomeus Diaz dan lain.lain.

Daftar Referensi
Oemar, Komarudin, Drs. 2006. Sejarah Eropa. Cendekia Insani. Pekanbaru.
Siagian, M.H. 1995. Sejarah Eropa. Unri. Pekanbaru.
http://sahabatriswanto.blogspot.com.br/2011/02/sejarah-pelayaran-bangsa-eropa

No comments:

Post a Comment