Selasa, 09 Juni 2015

MASALAH PENDIDIKAN DI ZIMBAWE (AFRIKA SELATAN)


Siti Nadila/SP/B

A.    Seklilas Sejarah Negara Zimbabwe
Zimbabwe merupakan negara wilayah Afrika Selatan. Kata "Zimbabwe" berasal dari "mabwe dzimba-dza", diterjemahkan dari karangan dialek Shona sebagai "Rumah besar dan batu" (dzimba = jamak dari imba, "rumah"; mabwe = jamak dari BWE, "batu"). Arkeolog Peter Garlake mengkalim bahwa Zimbabwe merupakan bentuk dikontrak dzimba-Hwe yang berati "rumah dihormati" dalam dialek Zezuru dari Shona, dan biasanya diterapka untuk rumah kepala suku. Zimbabwe dikenal sebagai Rhodesia Selatan. Nama ini kemudian berubah menjadi Rhodesia diikuti oleh Zimbabwe Rhodesia. Sekarang negara ini
dikenak sebagai Republik Zimbabwe. Zimbabwe diekspolorasioleh penjelajah David Livingstone. Dulu Zimbabwe termasuk dalam koloni kerajaan Inggris dengannama Rhosedia Selatan yang dikelola oleh British SouthAfrica Company.Negara ini memperoleh kemerdekaan pada tanggal 18 April 1980 dengan Robert Mugabe sebagai presiden utama. Zimbabwe merupakan ibukota dari Harare, sebuah negara yang tidak memiliki lautan dengan menempati 390.757 km2 daratan, perbatasan oleh Afrika Selatan di selatan , Botswana di barat, Zambia di barat daya, dan Mozambique di tumor dan timur laut. Untuk membatasai wilayah Zimbawe dengan negara lain ditandai oleh sungai Zambezi. Di selatan Zimbabwe dipisahkan dengan Afrika Selatan oleh Sungai Limpopo. Zimbawe juga berbatasan dengan Nambi a di barat melalui sebuah jalur sempit. Seluruh daratan Zimbabwe terdiri dari dartan tinggi subur dan pegununangan disisi timur. Memiliki iklim tropis. Negara Zimbawe juga memiliki bermacam-macam suku , diantarnya suku Zulu, Vadoma,Shoma, dan Lemba. Mayoritas agamanya adalah Kristen dengan sejumlah kecil penduduk menyembah dewa-dewa suku tradisional. Bahasa resmi zimbawe adalah bahasa Inggris yang hanya digunakan dikota-kota besar. Bahasan utama lainyya meliputo Shona dan Ndebele. Mata pencarian penduduk terutma berkaitan dengan sector pertmambangan, pertanian dll.  Amburknya negeri ini disebabkan oleh Presiden Mugabe. Gejolak politik  dan sosial telah mengacaukan Zimbabwe.



B.     Pendidikan di Zimbabwe
Sebelum kemedekaan ditahun 1980 , Zimbabwe tidak memilik struktur pelayanan-pelayanan bimbingan dan konseliing sekolah bagus anak-anak Afrika di Rhodesia. Pelayanan tersebut hanya tersedia untuk orang kulit putih, India , dan sekolah-sekolah untuk kulit berwarna perkemabangan pelayanan-pelayanan bimbingan dan konseling sekolah di Zimbabwe pelayan-pelayanan bimbingan dan konseling mencerminkan pemisahan ras yang sama  di seluruh sistem sosial di Rhodesia. Pelayanan bimbingan dan konseling sekolah untuk warga kulit hitam diadakan oleh apara misionari di sekolah khusus misionaris dan para anggota. Setelah kemerdekaan Zimbabwe dengan semangat sosialisme, mengadakan desentralisasi pendidikan sebagai bagian dari pelayanan publik. Dewan Distik, sebanyak 75 buah, mendapat kucuran dana dari departemen pendidikan lokal, kota dan desa, tetapi mutu oendidkkan masih rendah. Pada tahun 1987, pemerinta memutuskan bahwa guru adalah pegawai negeri yang dibiayai oleh departemen pendidikan nasional. Jalan buntu terjadi karena perselisihan didalam bidang pendidikan. Dalam pendidikan dasar yang mengenai ilmu pengetahuan lingkungan dam pertanian pemerintah dengan sosialismenya yang mengupayakan pengurangan kesenjangan yang diwariskan periode colonial, beberapa program orientasi kerja sudah muncul. Pada tingkat dasar, Kementrian dasar, Kementrian pendidkan mengubah kerja Pre-independence  masuk dalam menetri praktis dalam kurikulum. Terlepas dari ini, suatu organisasi non-pemerintah(Yayasan Zimbawe untuk pendidikan denga produksi (ZIMFEP) diberi tugas untuk mengembangkan suatu  pendekatan pendidikan kerja untuk anak-anak  pengungsi,  bedasarkan pengalaman sebelumnya di kamp  pengungsi di  Mozambiwue. Pendidikan di sekolah-sekolah yang dikelola oleh pemerintah Zimbawe dibuat bebas pada akhir 1980an. Kementiran  memulai suatu program yang dimaksudkan untuk memberikan pilihan kepada para murid di bidang keterampilan tknis pre-vocational, dan (sesudah itu) menjadi peluang  untuk mengambil spesialisasi satu bidang yang berorentasi vokasional (kejujuran). Walaupun ada minat dalam pekerjaan produktif ( yakni kebijakan pemerintah), penekanannya adalah pada persiapanvokasional berbasis sekolah, dengan kemungkinan dapat masuk langsung ke pasa tenaga kerja.
Namun semenjak 1988, pemerintah telah terus meningkat biaya yang melekat pada sekolah pendaftaran sampai mereka sekarang jauh melampui nilai riil biaya pada tahun 1980. Sebagian besar bagian dari penduduk kaya menyekolahkan  anak mereka pada sekolah-sekolah independen, sedangkan sekolah yang dikelola pemerintah yang dihadiri oleh anggota yang lebih miskin dari penduduk berkulit hitam. Departemen Pendidikan, Olahraga dan Kebudayaan Zimbawe memelihara dan mengoperasikan sekolah-sekolah independen diarut oleh Kabniet Zimbawe.  Pendidikan di masa ini merupakan pendidikan yang terbaik se Afrika. Zimbawe memilikitingkat melek huruf atau tidak buta huruf orang dewasa sekitar 90% yang merupakan salah satu tertinggi di Afrika. Namun, sejak 1995, tingkat melek huruf orang dewasa Zimbawe telh terus menurun yang kemudian digantikan oleh negara-negara di Afrika lainnya.

Sekolah nilai
Sistem pendiidkan Zimbawe terdidir dari 7 tahun primer, 4 tahun di sekolah menengah dan 2 tahun sekolah menengah sebelum siswa bisa daftar ke universitas negara atau luar negeri. Tahun akademik di Zimbabwe berlangsung dari Januari sampai Desember, dengan tiga istilah bulan, rusak oleh satu hari libur bulan, dengan total 40 minggu sekolah pertahun. Ujian nasional ditulis selama masa ketiga pada bulan November, dengan tingak "O" DAN "A" level subjek juga ditawarkan pada bulan Juni yang dikelola oleh Zimbabwe Ujian Sekolah Council.

Kegiatan ekstatrikuler
Karateristik ugtama dari sekolah Zimbabwe merupakan prioritas tinggi yang diberikan kepada olahrag, klubm dan kegiatan leh masyarakat, orang tua sekolah dan siwa sendiri. Kegiatan Ekstrakurikuler adalah kegiatan pendiikan yang tidak termasuk dalam ruang lingkup kurikuler namun tetap dibawah pengawasan sekolah. Kegiatan yang mencangkup banyak waktu diluar hari sekolah normal, siswa home schooling, bagaimanapun, biasanya tidak diizinkan untuk berpartisipasi. Peran serta siswa dalam program olharaga, tim bor , band dan keompok semangat dapat berjumlah jam praktik dan kinerja.

Usia normal
SD (Kelas 1) dimulai dari  usia enam : anak-anak mengajukan Grade 1 yang seharusnya mengubah enam sebelum bulan Agustus tahun sebelumnya. Sekolah menengah (Formj.) Usia normal (Formulir 1 ) adalah atas dasar penyelesaian berhasil Grade7. Kebanyakan anak Forumulir 1 berada di tahun ketika mereka berpaling 13 tahun. Tingkat kelulusan siswa dalam ujian sekolah dasar Zimbabwe yang hanya mencapai 18% merupakan sebuah kemajuan.

Zimbabwe memiliki tujuh perguruan tinggi serta empat universitas – gereja terkait di Zimbabwe yang terakreditasi penuh internasional. The University of Zimbabwe, yang pertama dan terkenal, dibangun pada tahun 1952 dan terletak di pinggiran Harare Mount Pleasant. Alumni dari unversitas Zimabawe termasuk Welshman Ncube ; Peter Moyo (dari Amabhubesi) ; Tendai Biti . Sekretaris Jenderal MDC ; Chenjerai Hove , Zimbabwe penyair , novelis dan esais ; dan Arthur Mutambara , Presiden salah satu faksi MDC. . Banyak politisi yang saat ini dalam pemerintah Zimbabwe telah meperoleh gelar dari  universitas Amerika Serikat atau universitas  lain diluar negeri. Sistem pendidikan Zimbawe pernah jadi terbaik se Afrika. Dengan terjadinya peredaran uang ternyata  secara umum, juga menyeret dunia pedidikan .Untuk membuat baju seragam sekolah orang tua murid harus membayar 250 triliun.Padahal dulu waktu orang tua bersekolah, pendidikan diwajibkan. Pendidikan tidak dipungut biaya walaupun keadaannya serba sulit. Mereka berharap  ada yang melihat situasi kami ini dan membuat rencana aksi.
 Saat ini pendidikan Cuma hak istimewa bagi sedkit orang yang mempunyai uang asing. Bagi pendidikan di negeri ternyata tidak ada guru yang hadir untuk mengajar. Sedangkan sekolah swasta di luar kota,meskipun biayanya lebih mahal namun guru masih ada untuk mengajar, dan kalau membayar cukup uang, bisa mendapat makanan juga. mirisnya lagi bagi  guru dan dosen tidak hadir  seorang guru sekolah dasar Tichaona Mbirimi dari kota Chiweshe, alasanya bukan karena malas atau tidak mau mengajar tetapi karena tidak bisa, tetapi mereka tidak punya uang untuk transfortasi, buat  makan saja sulit, Minggu lalu saya mendapat gaji 26 ribu miliar dolar Zimbabwe. itu setara dengan 2 dolar Amerika. Uang segitu tidak cukup untuk apapun. Bagi wargai Zimbabwe, yang pernah menikmati sistem penididkan terbaik di Afrika dan bisa memilih mendapat pekerjaan , situasi sekarang sudah begitu berbeda. Mahasiswa tiba-tiba harus membayar uang kuliah yang sangat tinggi, dalam dolar Amerika. Blessing Vava, juru bicara perhimpunana mahasiswa ZSU mengatakan," Misalnya, Universitas negeri Midlands sekarang menetapkan 650 dolar per semester. Sementara Universitas untuk teknik dan ilmu pengetahuan di Bulawayo, kami harus membayar hampir 840 dolar per semester." Sector pendidikan mandek . sumua sekolah tinggi tutup, walaupun sekarang sebetulnya masa ujian. Menurut keterangan perhimpunana mahasiswa, tiga per empat mahasiswa terpaksa berhenti kuliah. diharapkan dengan adanya penyambutan pemerintah kesatuan baru, tuntunan untuk uang kuliah dihapuskan. "pemerintah yang baru harus menomorsatukan pendidikan, daripada menguncurkan dana untuk tentara dan polisi.  Pendidikan bukan hak istimewa melainkan hak asasi dasar". Kata Vava, juru bicara perhimpunan mahasiswa di Zimbabwe.

DAFTAR PUSTAKA
1.      Ahmad Sayuti An, Ahsin Sakho Muhammad,dkk.Belajar Islam.Bandung:Alfabeta.2005
2.      Binti yulianto. Permasalahan Pendidikan di Afrika. Yogyakarata: Penerbit teras.2010
3.      Agung. 2012. Sejarah Afrika. Yogyakarta:Ombak

Tidak ada komentar:

Posting Komentar