Selasa, 09 Juni 2015

SEJARAH KEBIDANAN DI ONTARIO (KANADA)

NUR ANNISA/S/EB

  Di Kanada sulit mendapatkan bidan maka tenaga bidan didapat dari luar. Kebidanan dilakukan oleh perawat (Maternity Nursing) dan tidak mendapat surat ijin praktek. Untuk waktu yang lama Kanada adalah salah satu dari sembilan negara yang tidak mengakui kebidanan, dan masih ada beberapa yurisdiksi di Kanada yang  mana kebidanan tidak diatur. Di Kanada, seperti di sebagian besar negara, "bidan" belum banyak digunakan.
  Ontario merupakan provinsi pertama di Kanada yang menerbitkan peraturan tentang kebidanan setelah sejarah panjang tentang kebidanan yang ilegal dan berakibat pada meningkatnya praktik bidan yang tidak berijin. Seperti selandia baru, wanitalah yang menginginkan perubahan, mereka bicara tentang pilihan asuhan dan keputusan yang dibuat.
  Model kebidanan yang dipakai di ontario berdasarkan pada definisi ICM tentang Bidan yaitu seorang tenaga yang mempunyai otonomi dalam lingkup persalinan yang normal. Bidan mempunyai akses kepada rumah sakit maternitas dan wanita mempunyai pilihan atas persalinan dirumah atau dirumah sakit.Seperti sebagian besar Amerika Utara, Ontario historis memiliki tradisi awam bidan yang menghadiri kelahiran dari keluarga, teman dan tetangga. Tradisi bidan di masyarakat mulai menurun sekitar pergantian zaman sampai dengan tahun 1950-an,  beberapa bidan telah menghilang di Ontario.
  Tidak sampai tahun 1970-an bahwa praktek kebidanan mulai muncul lagi di Ontario, didorong sebagian besar oleh permintaan konsumen. Ini baru asuhan kebidanan dipengaruhi oleh prinsip-prinsip gerakan melahirkan normal bahwa kehamilan dan kelahiran normal, acara keluarga yang sehat, dan bahwa wanita hamil itu sendiri harus menjadi pengambil keputusan utama mengenai perawatan kesehatan yang mereka terima. Komunitas bidan, bersama-sama dengan perempuan yang mereka layani, mengembangkan model perawatan berdasarkan prinsip-prinsip pilihan informasi, kontinuitas perawatan, pilihan tempat lahir, non-otoriter hubungan antara wanita dan pengasuh, waktu yang dihabiskan dengan perempuan, dan intervensi yang tepat.
  Pada bulan Juni 1983, sekelompok kecil bidan, konsumen, penyedia layanan kesehatan dan pendukung lainnya kebidanan bertemu untuk membahas status bidan di Ontario. Selanjutnya, Task Force Kebidanan Ontario (MTF-O), sebuah kelompok lobi berbasis konsumen, didirikan untuk mempromosikan undang-undang dan pengakuan kebidanan. Sekitar waktu yang sama, asosiasi berlatih bidan (Ontario Asosiasi Bidan) dan perawat-bidan asosiasi (Ontario Nurse-Midwives Association) bergabung bersama untuk membentuk Asosiasi Bidan Ontario (AOM). AOM mewakili bidan dari semua latar belakang dan disajikan visi untuk mengintegrasikan kebidanan ke dalam sistem kesehatan.
  Pada tahun 1991, UU Kebidanan No 56  disahkan dan pada tanggal 31 Desember 1993 diproklamasikan. Hal ini sejalan dengan WHO / FIGO / ICM International Definisi Bidan a. (The USA menyimpang dan diawali kata-kata seperti "perawat"). Tahun 1991, bidan mulai diakui keberadaannya. membuat provinsi Ontario yang pertama di Kanada untuk mengenali, mengatur dan mendanai kebidanan sebagai bagian dari sistem perawatan kesehatan.
  Dalam konsultasi dengan bidan terlatih, profesi kesehatan lainnya dan konsumen kebidanan, IRCM mengembangkan kerangka peraturan untuk profesi, menciptakan kebijakan, Standar praktik, dan kualifikasi masuk untuk berlatih. Dewan juga bekerja sama dengan pemerintah provinsi dan Ontario Hospital Association pada perubahan untuk memastikan bahwa bidan bisa menghadiri kelahiran di rumah sakit. Pendidikan Program Kebidanan Ontario didirikan dan membuka kelas pertama bagi mahasiswa Diploma. Di Ontario pendidikan bidan selama 3 tahun dan penyesuaian selama 1 tahun untuk mendapatkan izin praktek bidan
  Pada tanggal 31 Desember 1993, RHPA dan UU Kebidanan yang diproklamasikan. "Bidan" menjadi judul yang dilindungi, dan individu hanya terdaftar dengan CMO menjadi layak untuk praktik kebidanan di Ontario dan menerima dana. Bidan yang sekarang dikenal sebagai praktisi otonom dalam sistem perawatan kesehatan, dan rumah sakit Ontario menjadi bagian dari sejarah kebidanan karena mereka diberikan hak untuk praktek bidan.
1.Hubungan antara Selandia baru dan Kanada dalam mengembangkan profesi kebidanan
1.Selandia baru dan canada sama – sama menerapkan model partnership dalam asuhan kebidanan. Beberapa aspek didalamnya antara lain :
·         hubungan dengan wanita,
·         asuhan kebidanan,
·         informed choise,
·         informed chonsent,
·         praktik bidan yang memiliki otonomi dan fokus pada normalitas kehamilan dan persalinan.
2.Selandia baru dan canada membuat suatu sistem baru dalam mempersiapkan bidan – bidan untuk registrasi. Keduanya memulai dengan suatu keputusan bahwa bidanlah yang dibutuhkan dalam perawatan maternitas.
3.Ruang ligkup praktik bidan di kedua negara tersebut tidak keluar dari jalur yang telah ditetapkan ICM. Yaitu bidan hanya bekerja dalam lingkup persalinan normal, atau melayanani maternitas primer. Bidan bekerja dan berkonsultasi dengan ahli obstetri bila terjadi komplikasi pada ibu serta bayi yang  memerlukan bantuan dari pelayanan maternitas sekunder. Bidan di kedua negara tersebut mempunyai akses fasilitas rumah sakit tanpa harus bekerja di rumah sakit. Mereka bekerja di rumah atau dirumah sakit maternitas.
4.Sebelumnya, di selandia baru ada perawat kebidanan dimana perawat dapat menambah pendidikannya untuk menjadi seorang bidan, sedangkan di canada tidak ada.
5.Bagaimanapun kedua negara tersebut yakin bahwa untuk mempersiapkan bidan yang dapat bekerja secara otonom dan dapat memberikan dukungan kepada wanita untuk mengontrol persalinannya sendiri.
6.Kedua negara tersebut menggunakan dua model pendidikan yaitu pembelajaran teori dan magang. Pembelajaran teori di kelas difokuskan pada teori dasar, yang akan melahirkan bidan – bidan yang dapat mengartikulasikan teorinya sendiri dalam praktik, memanfaatkan penelitian dalam praktik mereka dan berfikir kritis tentang praktik. Dilengkapi dengan belajar magang, dimana mahasiswa bekerja dengan bimbingan dan pengawasan bidan yang berpraktik dalam waktu yang cukup lama.
 Kesimpulan
Mulai 1998, perempuan dan keluarga tidak puas dengan sistem perawatan. Bidan di ontarium memiliki latar pendidikan berbeda-beda(paling banyak berasal dari pendidikan di britania). Sebagian berasal dari pendidikan kebidanan formak di UK Belanda atau Jerman dan sebagian lagi memiliki latar belakang perawat.  Pendidikan bidan yang resmi di ontarium adalah di Based University. Lama pendidikan 3 tahun. Mereka yang telah memiliki ijazah bidan diberi kesempatan untuk registrasi dan izin praktek.

 
Referensi
Nurhayati,dkk.2012.konsep kebidanan.jakarta:Salemba Medika
Sari,Rury Narulita.2012.Konsep Kebidanan.Yogyakarta: Graha Ilmu

Tidak ada komentar:

Posting Komentar