Selasa, 09 Juni 2015

PENDIDIKAN PERGURUAN TINGGI DI UKRAINA


Ria Gustina/ 014 B/ Sejarah Pendidikan

        Pendidikan tinggi di Ukraina merujuk pada keseluruhan sistem pendidikan di atas tingkat sekolah lanjutan. Sistem ini meliputi  sekolah teknik dan kejuruan di tingkat pertama, perguruan tinggi teknik dan kejuruan di tingkat kedua, dan sekolah tinggi serta universitas, yang dianggap tingkat ketiga dan keempat. Dalam tulisan ini, kita akan berfokus pada pendidikan universitas, sehingga istilah "pendidikan tinggi di Ukraina" berarti pendidikan di tingkat universitas.

        Pendidikan tinggi di Ukraina dimulai dengan keberhasilan menyelesaikan pendidikan lanjutan dan melewati ujian masuk universitas. Ujian ini dikordinasikan dan diawasi oleh Kementerian Pendidikan dan Ilmu Pengetahuan Ukraina. Gelar yang diberikan pada saat penyelesaian program meliputi Sarjana, Master dan Doktor. Meski terdapat sejumlah gelar yang diberikan di antara gelar tersebut, ketiga gelar yang disebutkan di atas merupakan gelar yang paling strategis.
        Durasi minimal pendidikan universitas yang diperlukan untuk memperoleh gelar universitas adalah empat tahun ajaran untuk program sarjana. Program studi kedokteran memerlukan jangka waktu lebih lama, hingga enam tahun. Program M.Sc. (Magister Ilmu Pengetahuan) dan PhD. (Doktor) memerlukan pertambahan waktu, dari satu hingga lima tahun atau lebih, tergantung program, jurusan, gelar yang dikejar dan komitmen pelajar.
        Pelajar Ukraina belajar dalam bahasa nasional mereka, sementara pelajar asing memiliki pilihan bahasa Ukraina atau Inggris. Pilihan ini tergantung pada ketersediaan program dalam bahasa Inggris. Pelajar asing yang memilih belajar dalam bahasa Ukraina atau Rusia harus melewati satu tahun kursus persiapan bahasa, di mana mereka menjalani pelajaran bahasa dan kursus persiapan yang berhubungan dengan disiplin ilmu yang akan dipelajari. Pada saat kelulusan, mereka akan menerima setifikat keahlian bahasa tambahan, sebagai ganti dari pertambahan waktu yang dihabiskan. Seorang pelajar yang belajar dalam bahasa Inggris melewatkan tahap persiapan ini, tetapi  dia akan mempelajari bahasa Inggris sebagai mata kuliah terpisah dalam program akademis mereka.
        Satu tahun ajaran dimulai pada 1 September hingga 31 Juni. Masa waktu ini dibagi ke dalam dua semester diselingi istirahat musim dingin selama dua minggu pada Januari, dan libur panjang dari 1 Juli hingga 31 Agustus. Bagi pelajar asing yang tiba di Ukraina untuk pertama kalinya, tanggal permulaan akademik mereka tergantung pada pilihan bahasa belajar mereka. Jika pelajar tersebut belajar dalam bahasa Inggris, maka pelajar itu diharuskan tiba lebih awal agar mempersiapkan diri untuk kegiatan akademik pada 1 September. Namun, bagi pelajar yang harus mengikuti program pembelajaran bahasa dizinkan untuk datang setelahnya, untuk memulai kelas bahasa.
Perlu diingat: Jika Anda melewatkan beberapa kelas Anda harus menggantikannya dengan kelas tambahan.
        Gelar Sarjana di Ukraina meliputi 4 tahun ajaran (3 tahun dan 10 bulan) dan setara dengan 247 SKS; Gelar Magister 2 tahun ajaran (1 tahun dan 10 bulan) dan setara dengan 120 SKS; Program Doktor dan D.Sc. berlangsung selama 3 tahun ajaran. Sekolah Persiapan berlangsung 1 tahun ajaran (10 bulan). Setiap minggu akademik sama dengan 54 jam akademik atau sama dengan 1.5 kredit.
        Pelajar asing harus mengikuti aturan dan pedoman yang sama yang mengatur pendidikan tinggi di Ukraina. Satu-satunya persyaratan tambahan adalah pelajar asing diharuskan untuk mensahkan ijazah mereka kepada Kementerian Luar Negeri pada saat kelulusan. Hal ini menegaskan bahwa ijazahnya benar-benar dikeluarkan dari universitas Ukraina bonafit dan terakreditasi. Kegagalan dalam melakukan legalisasi ini mungkin membuat ijazah berada di bawah pengawasan ketat, dan dalam beberapa kasus, ditolak atau dibatalkan ketika diajukan.
        Ukraina memiliki populasi yang padat dari pelajarnya yang mengenyam pendidikan tinggi, dalam bidang dan spesialisasi berbeda-beda. Di antara populasi ini adalah komunitas pelajar internasional yang terus berkembang, yang datang ke Ukraina tiap tahunnya untuk tujuan pendidikan. Sistem pendidikan tinggi di Ukraina menampung penggabungan pelajar asing, dengan pemberian ijazah yang diakui secara internasional pada saat kelulusan. Ijazah tersebut kemudian disahkan oleh Kementerian Luar Negeri, untuk keabsahan. Jika negara asal pelajar membina hubungan diplomatis bersama Ukraina, pihak negara asal juga membubuhkan cap konsuler pada ijazah dan transkrip nilai, untuk kebenaran lebih lanjut.
        Tidak seperti banyak negara-negara Eropa lainnya, pendidikan tinggi di Ukraina memiliki perbandingan biaya yang lebih murah. Sebagai sebuah negara berdaulat muda, Ukraina stabil secara sosial, dengan penerimaan yang hangat bagi pelajar asing.
·         Fakultas
Sejumlah fakultas utama yang terkemuka di antara pelajar internasional yang ditawarkan dalam bahasa Ukraina, Inggris dan Rusia adalah:
·         Teknik Penerbangan
·         Rekayasa Pesawat Terbang
·         Arsitektur
·         Akuntansi dan Audit
·         Manajemen Pertanian
·         Perbankan & Keuangan
·         Elektronika Biomedis
·         Administrasi Bisnis
·         Teknik Sipil
·         Teknik Komputer & Perangkat Lunak
·         Ilmu Komputer
·         Teknik Kimia
·         Kedokteran Gigi
·         Teknik Listrik
·         Perlindungan Ekologi & Lingkungan
·         Ekonomi & Pemasaran
·         Ekonomi & Sibernetika
·         Teknologi Pangan
·         Kedokteran dan Pembedahan
·         Teknik Listrik Umum
·         Manajemen Hotel & Pariwisata
·         Teknologi Informasi
·         Sistem dan Teknologi Informasi
·         Teknik Industri
·         Teknik Medis
·         Teknik Metalurgi
·         Teknik Mesin
·         Teknik Kelautan
·         Mesin Pertambangan dan Kelistrikan
·         Teknologi Nuklir
·         Keperawatan
·         Teknik Minyak dan Gas
·         Farmasi
·         Sekolah Pilot
·         Pasca sarjana dan penelitian
·         Pengukuran Tanah & Geo-Informatika
·         Kedokteran Hewan












DAFTAR PUSTAKA
Djaja Wahjudi,2012,Sejarah Eropa dari Era Kuno Hingga Era Modren,Yogyakarta:Penerbit Ombak.
H.J Van Den Berg, H. Kroeskamp dan I.P Simandjoentek,1953.Dari Panggung Peristiwa Sejarah Dunia, Djakarta:J.B. Wolters
Gerald Simons, 1985, Kelahiran Eropa, Jakarta:Tira Pustaka
Grolier International INC. 2002. Negara dan Bangsa. Jakarta : PT. Ikrar mandiri abadi, PT WIDYADARA




Tidak ada komentar:

Posting Komentar