Sabtu, 13 Juni 2015

AFRIKA SELATAN


Novita silvia/S/EA

Afrika selatan adalah daerah pertama di benua itu yang di duduki oleh orang eropa. Ketika orang belanda,pada tahun 1652,mendirikan pusat peristirahatan mereka ditanjung harapan untuk kapal mereka yang berlayar ke asia,mereka hanya menjumpai sedikit orang hottentot dan bushman di jazirah itu. Dibagian lain afrika selatan,masyarakat afrika telah mendiami rumah-rumah mereka tetapi permukiman ini berada jauh dari tanjung harapan.

Selama hampir 300 tahun permukiman belanda ini tumbuh dan banyak orang prancis,jerman,dan inggris bergabung kesitu. Ikatan dengan negeri belanda terputus dan pecah untuk selamanya. Orang-orang eropa itu membentuk bahasa mereka sendiri yaitu bahasa afrikaan dan kebudayaan mereka sendiri. Saat ini orang kulit putih afrika selatan dapat dibagi menjadi 2 kelompok yang lebih besar berbahasa afrikaan dan yang kecil berbahasa inggris. Masyarakat afrika kulit hitam pun berkembang karena kemajuan ekonomi afrika selatan,gaji orang afrika,meskipun lebih rendah dari pada gaji orang eropa biasanya masih lebih baik dibanding kan dengan gaji di negara afrika lain yang belum maju.
Sejak abad ke-18 berbagai bentuk pertentangan sering kali dengan kekerasan telah terjadi diantara orang afrika dan eropa. Perasaan perbedaan ras yang kuat amat mempengaruhi budaya afrika ner. Sejak akhir tahun 1940-an sikap yang membudaya ini telah dikukuhkan oleh kebijakan pemisahan (apartheid) dengan resmi. Secara teoritis,apartheid pertujuan mendirikan masyarakat rasial yang terpisah,masing-masing bebas ber pemerintahan sendiri. Namun karena hanya 13% lahan yang disediakan bagi bangsa afrika,yang merupakan mayoritas besar penduduk sedang kan pertumbuhan industri berat afrika selatan semakin bergantung kepada buruh afrika,maka kebijakan pemisahan murni itu tetap hanya teori dan tidak dapat di praktek kan. Langkah khusus yang di tempuh kearah ini adalah pembentukan 4 buah "Negeri",atau kawasan khusus orang afrika. "Negeri" ini secara berurut menjadi merdeka pada tahun 1976,1977,1979,1981. Namun kemerdekaan ini tidak diakui oleh negara-negara lain yang menganggap mereka hanyalah korbn politik pemisahan afrika selatan.
Penduduk, lebih 70% penduduk afrika selatan adalah orang afrika hitam. Orang kulit putih atau orang eropa hanya berjumlah 20%. Selebihnya adalah orang indo-tanjung atau orang asia. Orang kulit hitam terdiri atas berbagai kelompok keturunan diantaranya suku zulu dan sotho. Orang eropa pada umum nya terbagi 2 kelompok yaituketuruna para pemukimam awal dan kelompok penutur bahasa inggris,yaitu keturunan orang yang datang kemudian. Orang indo-tanjung adalah hasil perkawinan campuran atau hidup bersama tanpa nikah karena hukum perkawinan antara bangsa akhir-akhir ini dinyatakan ilegal (tetapi perkawinan campuran masih terus berjalan tanpa kekuatan hukum). Orang asia mula-mula datang ke provinsi natal,afrika selatan,pada abad ke-19 untuk pekerja di perkebunan gula.
           
Ekonomi, afrika selatan untuk ukuran afrika merupakan negara industri yang kuat dan amat kaya.kekayaan nya semula berasal dari ditemukannya berlian pada tahun 1867 dan emas pada tahun 1884.sejak saat itu berbagai mineral lain ditemukan misalnya batu bara,uranium,besi,dan mangan. Disamping itu negara itu kaya dengan hasil pertanian seperti buah jeruk,padi-padian,gula,dan anggur tumbuh disana. Namun, faktor utama yang menjadi sebab berubah nya negeri itu dari daerah pedesaan terbelakang menjadi kekuatan industri adalah pemanfaatan kekayaan yang di dapat dari mineral untuk mengembang kan pabrik.
            Perkembangan industri ini menyebabkan lebih banyak orang afrika yang bekerja di pabrik dan hal ini tampak mengurangi adanya praktik deskriminasi. Meskipun dasar ajaran apartheid selalu bertentangan dengan semakin banyak nya orang afrika yang bekerja dan tinggal di daerah kulit putih,undang-undang yang membatasi hak-hak orang kulit hitam hanya mengendor sedikit saja.
            Berbarengan dengan kebijakan terhadap bangsa afrika dan non eropa lain di afrika selatan,dibuatlah suatu upaya untuk memperluas pengaruh afrika selatan itu atas afrika hitam.kerja sama telah terbentuk dengan melawi sedangkan suazeland lesotho dan botswana secara ekonomi amat bergantung pada afrika selatan.
            Agama,sekitar 18% dari penduduk afrika selatan masih menganut agama tradisional,khusus nya dikalanngan orang kulit hitam.sekitar 68% menganut agama kristen dan selebihnya menganut agama-agama lainnya seperti hindu,islam,dan yahudi. Orang kulit putih umumnya menganut agama kristen sedangkan orang asia menganut agama hindu atau islam. Orang kulit hitam juga sudah banyak bergabung dalam agama kristen seperti gereja reformasi afrika,anglikan,metodhis dan katolik roma.
Pendidikan,sebelum sistem apartheid dihapuskan,pendidikan untuk anak-anak dari berbagai ras di afrika selatan di selenggarakan di sekolah-sekolah yang terpisah. Bagi anak-anak kulit putih yang berumur 7-16 tahun dikenakan wajib belajar dan pendidikan di berikan secara Cuma-Cuma,sedangkan untuk kulit hitam tidak ada wajib belajar dan pendidikan Cuma-Cuma.khusus untuk mahasiswa kulit putih terdapat 4 universitas berbahasa inggris,5 universitas berbahasa afrikan,dan 1 universitas memakai kedua bahasa sedangkan untuk kelompok non kulit putih terdapat 4 universitas untuk orang kulit hitam,1 universitas untuk orang kulit berwarna dan 1 universitas untuk orang asia.
Pemerintahan, dalam konstitusi afrika selatan tercantum bahwa kepala negara adalah presiden. Presiden adalah juga kepala pemerintahan. Terdapat suatu dewan eksekutif yang di angkat oleh presiden. Masa bakti presiden berlangsung selama 7 tahun. Kabinet dikepalai oleh seorang perdana mentri. Ketika masih dibawah sistem apartheid,parlemen afrika selatan terdiri dari 3 badan yakni house of assembly,yang terdiri dari 178 anggota kulit putih yang dipilih oleh orang kulit putih,house of representatifes yang terdiri dari 85 anggota kelompok kulit berwarna dan house of delegates yang beranggotakan 45 orang asia. Orang kulit hitam tidak mempunyai wakil dalam parlemen,karena pemerintah kulit putih afrika selatan telah menentukan bagian-bagian wilayah yang menjadi tanah air kulit hitam.orang kulit hitam di anggap sebagai bangsa tersendiri.setelah sistem apartheid dihapuskan (1991) semua ras termasuk kulit hitam memiliki wakil di lembaga legislatif (majelis nasional).  pemilu multi partai yang berlangsung pada tahun 1994 di menangkan oleh ANC yang merupakan kelompok oposisi kulit hitam pada masa pemerintahan kulit putih dari sekitar 20 juta suara yang masuk,ANC memperoleh sekitar 63% suara.dengan perolehan ini maka dalam majelis nasional yang beranggotakan 400 orang ANC mendapat 252 kursi.
            Badan kehakiman afrika selatan terdiri dari mahkamah agung dengan cabang pengadilan banding di setiap propinsi, pengadilan tertinggi dan pengadilan-pengadilan terendah. Sebelum sistem apartheid dihapuskan partai-partai politik hanya hidup dikalangan kulit putih. Salah satu partai yang dominan ketika itu partai nasional yang menekan kan nasionalisme kulit putih afrika selatan dan pemisahan ras-ras bangsa di afrika selatan. Tetapi pada tahun 1990 pemerintah kulit putih mencabut larangan beraktifitas bagi partai-partai oposisi dan orang kulit hitam pun di perboleh kan mendirikan partai-partai politik. Pemilu 1994 diikuti oleh 27 partai politik yang terbesar diantara nya adalah ANC (252 kursi di majelis nasional), partai nasioanal (82 kursi)dan inkatha (43 kursi)
            Dibawah sistem apartheid,afrika selatan secara administratif dibagi atas 4 propinsi untuk kulit putih dan 6 wilayah khusus(tanah air)untuk kulit hitam. Setiap propinsi dikepalai oleh seorang administrator yang diangkat oleh presiden. Di masing masing propinsi terdapat badan legislatif dan suatu dewan propinsi. Wilayah khusus sebenar nya ada sepuluh,tetapi empat diantara nya dinyatakan merdeka, yakni bophuthatswana, cieske, transkei, dan venda, sedangkan enam lainnya disiapkan untuk memperoleh kemerdekaan. Keempat tanah air yang sudah merdeka itu tetap didominasi oleh pemerintah afrika selatan. Pemerintah kulit putih sengaja tidak mengkonsolidasikan keenam wilayah khusus kulit hitam itu untuk menghindari terjadinya konflik rasial. Dengan dihapuskannya sistem aparteith, pemisahan rasial tersebut tidak berlaku lagi.
            Sebelum tahun 1970 an militer afrika selatan hanya terdiri dari orang-orang kulit putih, tetapi kini juga meliputi orang kulit berwarna, orang asia, dan kulit hitam. Militer sangat berperan dalam bidang politik, yakni utnuk mempertahankan negara dari serangan dunia luar serta mengamankan kekacauan di dalam negeri. Di Afrika Selatan, terdapata sekitar 65.000 personil militer aktif, yang terdiri dari angkatan darat (77%), angakatan udara(15%) dan angkatan laut (8%).
            Pertanian, secara agrikultural afrika selatan termasuk miskin. Hanya sekitar 12% dari daratannya digunakan sebagai lahan pertanian menetap dan sekitar 65% dipakai sebagai tempat penggemabalaan ternak. Kawasan utama pertanian afrika selatan adalah pesisir sub tropis natal dan transval timur dan utara. Kawasan barat, yaitu platokarroo digunakan untuk daerah peternakan sedangkan daerah pesisir barat dan selatan merupakan kawasan perikanan utama.
            Hasil-hasil utama sektor pertanian afrika selatan adalah tebu, jagung, gandum, tembakau, kacang tanah, dan jeruk. Di negara ini diternakkan sapi, kambing, babi, dan domba yang menghasilkan daging dan wol. Hasil tangkapan ikan negeri ini mencapai 870.000 ton pertahun. Dan hasil sektor pertanian afrika selatan bernilai lebih dari 10 milyar, atau sebanyak 5% dari total produk domestik bruto.
Industri, sektor industri afrika selatan mampu menyumbangkan 60 milyar dari total produk domestik bruto. Jumlah ini mencapai sekitar 25% dari total tersebut. Tenaga kerja yang terserap disektor ini lebih dari 1.250.000 orang atau 12% dari jumlah tenaga kerja afrika selatan. Segi yang paling mengesankan dalam perkembangan perekonomian afrika selatan adalah kemajuan dan pengembangan sektor industrinya, terutama industri kimia, mesin, baja, dan logam-ogam lainnya, kawasan industri utama adalah transval selatan. Pabrik minyak dari batu bara di sasolburg tidak hanya merupakan sumber minyak dan bensin dalam negeri, tetapi juga menghasilkan banyak produk sampingan yang menjadi bahan dasar industri kimia, termasuk pabrik pupuk. Lokomotif, alat-alat listrik, suku cadang kendaraan bermotor, barang-barang ringan dari loga, kertas, dan banyak produk lain telah dapat dihasilkan di afrika selatan. Disepanjang daerah pesisir pantai terdapat galangan kapal (durban) pabrik mobil, dan pabrik perakitan, demikian juga pabrik pengalengan ikan.
Perdagangan Luar Negeri, hidup perekonomian afrika selatan banyak tergantung pada perdagangan luar negeri. Barang tambang, hasil industri, serta hasil pertanian merupakan komoditas ekspornya.
Transportasi, afrika selatan telah memiliki memiliki jaringan transportasi yang efisien untuk menunjang pengangkutan hasil pertambangan dan industri. Jalan raya serta jalan kereta api telah dibangundari pusat-pusat perekonomian di pedalaman menuju pelabuhan-pelabuhan utama. Di afrika selatan terdapat jaringan jalan aya sepanjang 185.000 km dan jalan kereta api sepanjang 25.400.000 km.

DAFTAR PUSTAKA
Bratamamidjaja, Rachmat dkk. 1989. Negara dan Bangsa Edisi 1. Jakarta. PT        Widiyadara

Tidak ada komentar:

Posting Komentar