Kamis, 11 Juni 2015

SEJARAH BULGARIA ( EROPA TIMUR )

Firna Agustina/S/EA

Republik di eropa tenggara,temasuk eropa timur.disebelah utara berbatasan dengan rumania,disebelah selatan dengan turki dan yunani,sebelah barat dengan yugoslavia dan makedonia,dan disebelah timur dengan L.hitam.luas: 110.994 km2.penduduk: 8.985.000. kepadatan penduduk: 81/km2. bahasa bulgaria (resmi). agama: gereja ortodoks timur (27%); islam (8%); kepercayaan lain [protestan,katolik roma] (1%); ateis (64%).ibu kota:sofia.satuan mata uang:Lev (Leva).

Fisiografi. Permukaan tanah bulgaria sangat tidak datar.deretan gunung dari timur kebarat menyebab kan adanya sejumlah zona yang sangat berbeda-beda.
-Iklim. Bulgaria didominasikan iklim kontinental,dengan musim panas yang hangat,musim dingin yang dingin,dan curah hujan tahunan yang rendah (maksimum pada musim  panas).namun,reliefnya memungkinkan udara dari L.Tengah menerobos beberapa kawasan,sehingga disetiap daerah terdapat variasi iklim yang penting.iklim di penggunungan beragam sesuai dengan ketinggiannya,dan dekat dengan puncak-puncaknya yang tinggi bersifat khas Alpen,seperti dipuncak moes Ala.pegunungan membuat cekungan lainnya mengalami musim dingin yang bersuhu rendah akibat inversi suhu dan terlindung dari angin sepanjang malam.Lindungan Ini memungkin kan penanaman mawar damask dilembah-lembah yang membentang dari kwarlo melintasi kazanluk.
-Flora dan fauna. Vegetasi beragam dari rumput-rumputan mirip rerumputan stepa di dataran rendah S.Dunav sampai pada hutan-hutan dilereng pegunungan dan tumbuhan alpen (termasuk edelweiss) di peg.balkan rila,dan pirin.hutan pohon oak dan beech menutupi lereng-lereng peg.stara planina,sedangkan hutan castanea (berangan) merupakan tumbuhan khas dilembah maritsa.lereng yang lebih tinggi pada peg.rodopi ditumbuhi hutan konifera yang lebat.dibeberapa bagian ditanam pohon apel,dan tumbuh pohon-pohon per liar.satwa liar yang hidup dihutan dan gunung terdiri atas beruang,serigala,jakal,babi hutan,elang,dan lain-lain.
-Penduduk.sekitar 85 persen dari penduduk bulgaria termasuk kelompok etnik bulgaria.diantara kelompok-kelompok etnik minoritas,kelompok terbesar adalah kelompok etnik turki,yang mencakup sekitar 9 persen dari seluruh penduduk.selain itu,dinegeri ini hidup sejumlah orang armenia,yunani,dan yahudi.sampai akhir tahun 1940-an,kebanyakan orang bulgaria masih tinggal ditinggal didaerah pedesaan dan hidupnya bertumpu pada sektor pertanian.namun setelah kaum komunis berkuasa dan mengembangkan sektor industri,banyak penduduk bulgaria yang kemudian pindah ke kota-kota untuk bekerja dipabrik.sekitar 68 persen dari penduduk bulgaria hidup didaerah perkotaan,tetapi hanya ibu kota sofia yang berpenduduk lebih dari 1 juta.akibat urbanisasi,bulgaria mengalami masalah besar dalam hal kependudukan,yang belum sepenuhnya teratasi,kendati sudah ratusan ribu rumah susun dibangun didaerah perkotaan.bahasa resmi dinegri ini adalah bahasa bulgaria,yang termasuk rumpun bahasa slavia dan menggunakan huruf cyrillia bahasa ini begitu dekat dengan bahasa rusia,sehingga kaum terpelajar bulgaria dapat memahami bahasa rusia tanpa mempelajarinya secara khusus;demikian pula sebaliknya.27 persen dari penduduk menganut agama ortodoks timur dan sekitar 8 persen menganut agama islam.selain itu,di negeri ini hidup pula sejumlah penganut agama protestan,katolik,dan yahudi.pendidikan tidak dikenakan biaya,dan wajib belajar diterapkan bagi anak-anak berusia 7-16 tahun.kini negeri ini memiliki sekitar 4.030 sekolah,termasuk sebanyak 86 perguruan tinggi.
-Pemerintah.kepala negara adalah presiden yang dipilih oleh badan legislatif,majelis agung nasional.Ia menjadi pejabat pemerintahan yang paling berkuasa.roda pemerintahan dijalankan oleh sebuah kabinet yang dibentuk dan dipimpin oleh perdana menteri.perdana menteri di pilih oleh partai yang menguasai mayoritas kursi di majelis.majelis agung nasional terdiri atas 240 anggota,yang berasal dari persatuan kekuatan demokratis (SDS),partai sosialis bulgaria (BSP),dan gerakan hak dan kebebasan (DPS).partai-partai ini terbentuk sejak monopoli kekuasaan partai komunis berakhir ( januari 1990).partai SDS dan BSP (sebelum April 1990 bernama partai komunis bulgaria) masih dominan.badan pengadilan tertinggi bulgaria adalah mahkamah agung.para hakim mahkamah agung dipilih oleh majelis agung nasional.
-Ekonomi.bulgaria,yang dulu merupakan negara pertanian murni,telah berubah menjadi negara agro-industri.kini perekonomian negeri ini bertumpu terutama pada sektor pertanian,industri,dan pertambangan.dalam pelita ke-9 (1981-1985),produksi pertanian meningkat sebesar 18 persen,sementara produksi sektor industri meningkat 21 persen.
-Pertambangan.bulgaria memiliki sumber bahan tambang logam yang cukup,baik untuk kebutuhan sendiri maupun untuk ekspor.ada tiga kawasan pertambangan utama,yakni bagian barat stara planina (timbal,zinkum,tembaga,dan biji besi), dan kawasan boerges-varna (tembaga dan mangan).biji besi juga ditambang dekat belogradsjik,kremikovsti,dan krumovo.(marbas) terdapat batu bara dan lignit (batu bara muda) yang digunakan untuk pembuatan gas dan pembangkit tenaga listrik.
-Pertanian.bulgaria memiliki alam yang subur.hasil utama dari pertanian negeri ini adalah biji-bijian,bit gula,buah-buahan,dan sayur-sayuran.padi-padian di budidayakan di kawasan S.Dunav;hasilnya antara lain gandum,hordium,jagung, dan bit gula.Thracia menghasilkan kapas,padi,sayur-sayuran,dan buah-buahan;pantai L.Hitam mengsilkan anggur,sayur-sayuran,dan buah-buahan. Lembah sebelah barat menghasilkan apel,dan buah-buahan lainnya (aprikot,peach,dab pulm). Peternakan sapi,babi,biri-biri,dan unggas dilakukan secara besar-besaran.produksi pertanian meningkat,terutama berkat pengembangan irigasi,mekanisasi,dan pemakaian pupuk.irigasi telah berhasil meningkat kan luas lahan dan hasil panen dari kawasan pertanian.untuk meningkatkan produksi digalakkan sistem"pertanian kontrak".setiap petani diberi hak untuk membeli bibit,pupuk,dan pakan ternak,serta menyewa mesin pertanian kolektif untuk mengolah tanah pribadi (luas 1 ha).sistem ini ternyata sangat bermanfaat untuk pertanian.petani sendiri pun memperoleh manfaat dari sistem ini.
-Industri.sektor industri bersama dengan sektor pertambangan bulgaria menyumbangkan sekitar 50% dari produk nasional bruto. Dalam hal perindustrian,negeri ini mengutamakan industri berat (energi,logam,peralatan mesin,bahan kimia,bahan bangunan,dan barang modal),sedangkan urutan kedua ditempati industri barang konsumsi. Pusat industri di negeri ini adalah distrik varna,plovdiv,dan stara zagora,disamping sofia,pusat industri terbesar.
-Pariwisata.di sepanjang pantai L.Hitam terdapat kawasan pariwisata yang menarik,antara lain: zlatni pyassutsi (pasir emas),varna,slunchev bryag (pantai laut panas),dan nesebur.negeri ini juga memiliki sejumlah kota bersejarah yang menarik dan kota peristirahatan didaerah pegunungan.
-Perdagangan. Komoditas ekspor bulgaria yang utama adalah peralatan mesin dan bahan mineral.komoditas lainnya adalah buah-buahan,sayuran,dan mawar.selain itu bulgaria juga mengekspor bahan kimia,barang-barang elektronik dan pakaian.barang impor bulgaria antara lain mesin-mesin untuk industri berat,transportasi dan pertanian.impor ini membuat bulgaria mengalami devisit perdagangan.hal ini kemudian diimbangi dengan menerima bantuan dana dan tenaga ahli dari beberapa negara asing.barang impor utama bulgaria adalah mesin dengan peralatan nya,bahan bakar,bahan mentah mineral,dan logam.sedangkan barang ekspor utama bulgaria adalah mesin dengan peralatan nya,bahan pangan,dan barang-barang konsumen.
-Transportasi. Bulgaria memiliki sekitar 37.000 km jalan raya,diantara nya 92% jalan raya beraspal. Selain itu negeri ini memiliki sekitar 6.600 km jalan kereta api. Kota-kota pelabuhan di sepanjang S.Dunav,seperti ruse,lom,vidin,dan Svisjtov,masih tetap aktif,demikian juga varna dan burgas di tepi L.Hitam. negeri ini memiliki 13 bandar udara. Bahkan,perusahaan penerbangan bulgaria memberikan pelayanan untuk hubungan dalam dan luar negeri dari bandara vrazdebna,dekat ibu kota sovia.
-Agama. Dibawah kaum komunis gereja tidak boleh mengadakan pendidikan,gerakan pemuda/pelayanan sosial.mereka tidak memiliki harta benda,sedangkan pengangkatan semua pendeta dan pejabat gereja harus di setujui oleh pemerintah.meskipun praktik keagamaan di halangi oleh pemerintah,sebagian besar orang bulgaria tetap menganut agama ortodoks timur mereka bangsa turki di bulgaria,yang berjumlah lebih kurang 9% dari seluruh penduduk,adalah muslim.ada juga minoritas yahudi,katolik roma, dan protestan.
-Kesenian.karena kesulitan dalam bahasa,hanya sedikit penulis besar,bulgaria di kenal di negara lain di dunia. Sebuah novel oleh Ivan Vazov,mengaku kalah (1894),memberi kan gambaran yang demikian menarik,tentang kehidupan bulgaria di bawah turki sehingga buku itu di terjemah kan dan di baca secara luas di seluruh dunia.bangsa bulgaria bangga sekali terhadap opera nya. Bintang opera mengadakan perjalanan dengan bebas dan sering kali tampil di negara-negara barat.di negara yang penduduk nya lebih kurang sama dengan penduduk kota newyork itu,ada 5 buah gedung opera,2 teater musik resmi untuk opera ringan dan 12 orkes simfoni. Kesenian masa kini di bulgaria belum mampu menandingi kebesaran seni icon kuno negeri itu.icon,patung keagamaan kecil yang di lukis yang di atas kayu,di perkenal kan dibulgaria bersamaan dengan diterima nya agama kristen.seniman icon melalui karya nya mencermin kan imajinasi yang besar dan kecintaan pada warna-warna cemerlang,yang juga dapat dilihat pada sulaman,tenunan,dan pahatan kayu indah yang dikerjakan para petani.
"SEJARAH BULGARIA"
Sejarah bulgaria yang menyedihkan dan tragis mulai pada abad ke-7 ketika kaum bulgar,kelompok perang berkuda yg buas,bergerak keluar dari asia tengah.mereka merebut lahan dekat sungai donou dan beberapa menyebar ke selatan menaklukan bangsa slavia.mereka mengambil adat istiadat dan bahasa slavia dan lambat laun berbaur.kerajaan bulgaria pertama yang di dirikan pada tahun 679,berlangsung hingga tahun 1018. Selama masa itu agama kristen diperkenal kan ke bulgaria. Pada abad ke-9 pengiku-pengikut dari penyebar agama kristen kakak-beradik cyril dan metodius yang dikenal sebagai rosul slavia,datang ke bulgaria.mereka membawa serta abjad,bahasa tulisan,dan kesastraan.abjad ini di sebut Cyrillic, digunakan dalam bahasa rusia,serbia masedonia,bulgaria,dan hingga hari ini abjad itu memberikan ikatan budaya yang kuat antara rakyat bulgaria dan rakyat uni soviet. Kebudayaan bulgaria berkembang selama kerajaan pertama,tetapi perang dengan bizantium berlangsung terus dan pada tahun 1018 bulgaria dikalahkan dan menjadi bagian kekaisaran bizantium. Pada tahun 1186 kakak-adik Jhon dan Petter asen memimpin serangan terhadap bizantium dan mulailah bulgaria kembali kejalan menuju kemerdekaan dan kekuasaan dengan berdirinya kerajaan bulgaria kedua.selama hampir sepanjang abad pertengahan Tzar bulgaria memerintah sebagian besar semenanjung balkan.namun pada tahun 1395 bulgaria digilas oleh turki yang memerintah negri itu selama hampir 500 tahun.selama 5 abad pemerintahan lalim yang mengerikan itu,banyak kota dan desa bulgaria dihancurkan. Rakyat dibebani pajak begitu berat sehingga mereka tidak cukup makan. Bangsa bulgaria masih mempunyai kebencian dalam kepada bangsa turki dan rasa sayang kepada bangsa rusia,yang mengusir turki dalam suatu perang pada tahun 1877. Meskipun demekian,tahun-tahun dominasi turki itu meninggal kan jejak dalam makanan,nama,kebiasaan,pakaian,seni,dan arsitektur bulgaria. Bulgaria modern pada tahun 1878 melalui perjanjian san stefano dan kongres berlin,yang mengakhiri perang rusia turki. Rusia menetapkan perbatasan bulgaria kembali seperti perbatasan nya di abad pertengahan.akan tetapi,karna kekuasaan eropa lain berkerabatan,maka hanya bagian utara negeri itu yang merdeka.pada tahun 1885 bagian selatan memisahkan diri dari turki dan negeri itu akhirnya kembali bersatu.perang pun berlanjut dalam dua kali perang bahkan yang berdarah pada tahun 1912-1913 bulgaria mula-mula memperoleh tetapi akhirnya kembali kehilangan wilayah yang luas.dalam perang dunia yang pertama bulgaria bergabung dengan jerman dan austria,hongaria melawan sekutu.lagi-lagi bulgaria kehilangan wilayah.tiga perang dalam enam tahun menjadikan bulgaria kalah,menderita dan miskin. Pada tahun 1941 bulgaria bergabung dengan italia dan jerman serta memaklumkan perang kepada inggris raya dan amerika serikat.mereka tidak memaklumkan perang kepada uni soviet. Raja berhasil mencegah negeri nya untuk aktif mengambil bagian dalam perang dan bulgaria adalah satu-satunya negara amerika serikat yang berhasil menyelamat kan penduduk yahudi nya. Pada 5 september 1944 beberapa hari setelah bulgaria memulai perundingan perdamaian dengan inggris raya dan amerika serikat,uni sofiet memaklum kan perang pada bulgaria dan menduduki negeri itu.senjata-senjata di tanda tangani di moskow. Sebuah pemerintah yang bersahabat dengan uni sofiet di dirikan. Segenap oposisi ditindas secara kejam. Ratusan pegawai tinggi pemerintah,kaum intelektual,dan lawan komunisme dibunuh atau di penjarakan. Raja muda,simeon II,dibuang. Georgi di mitrov,pengagum josed stalin didikan moskow,menjadi perdana mentri,komunis pertama di bulgaria.

DAFTAR PUSTAKA
Bratama, Wijaya dkk. 1999. Ensiklopedia Indonesia Seri Geografi. Jakarta. PT Ikrar          Mandiriabadi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar