Kamis, 11 Juni 2015

SISTEM PENDIDIKAN DI AUSTRALIA


TRI HARTONO/SP/14B

Di Australia, pendidikan itu sangat diperhatikan oleh pemerintahnya,sampai-sampai setiap anak yang terlahir di Australia punya kewajiban untuk bersekolah. Bahkan pemerintah tidak segan-segan memberi sanksi terhadap orang tua jika anaknya sering membolos dan malas untuk sekolah,jadi tidak heran kalu masyarakat Australia mayoritas berpendidikan. Untuk tahun akademik sedikit berbeda jika dibandingkan dengan Indonesia. Di Australia,tahun ajaran baru dimulai dari awal tahun dan berakhir di akhir tahun. Satu tahun ajaran dibagi menjadi 4 term dan masing-masing term ada ujiannya.  Untuk tingkat pendidikan awal,ada namanya Taman Kanak-Kanak,kemudian setelah tamat dilanjutkan ke Sekolah Dasar. Disini siswa
belajar selama 6 sampai 7 tahun,kemudian setelah lulus dilanjutkan lagi ke Sekolah Menengah Pertama. Disini siswa akan belajar selama 3 tahun,kemudian dilanjutkan ke Sekolah Menengah Atas dan disini siswa akan belajar selama 2 sampai 3 tahun. Setelah tamat dari Sekolah Menengah Atas siswa akan mendapatkan sertifikat yang berisi nilai mata pelajaran yang telah diraihnya,nilai tersebut akan berguna untuk mendaftar ke Universitas tanpa perlu diuji lagi. Di Australia terdapat 2 macam tipe sekolah,yaitu Negeri dan Swasta. Sekitar 2/3 jumlah siswa se-Australia memilih sekolah Negeri dan sisanya di sekolah Swasta. Sekolah Swasta dibagi menjadi 2 kategori; sekolah biasa,dan sekolah berbasis agama.
Untuk melanjutkan ke universitas selain melampirkan sertifikat lulus Sekolah Menengah Atas siswa juga diharuskan memberikan sertifikat bahasa inggris(TOEFL) dengan standar nilai amannya minimal 550. Untuk yang belum mencapai standar,tidak perlu khawatir, karena di Australia juga memberikan fasilitas kursus yang bernama ELICOS. ELICOS (English Language Intensive Courses for Overseas Students) adalah program yang dibuat untuk membantu siswa mencapai standar minimal berbahasa inggris sebagai syarat untuk memasuki universitas.
Program yang ditawarkan antara lain:
·         Kursus Bahasa Inggris Umum (General English)
·         Bahasa Inggris untuk tujuan akademik (English for Academic Purpose)
·         Untuk Sekolah Menengah (English for High School)
·         Persiapan Tes Bahasa Inggris (TOEFL)
Terlepas dari apapun jenjang pendidikan disana,anda akan menemukan pendidikan berkelas dunia di Australia. Selain itu juga,sistem pendidikan di Australia menawarkan:
·         Staf pengajar berkualitas tinggi
·         Ruang kelas dan fasilitas yang memenangkan penghargaan
·         Kurikulum seimbang yang melayani segala jenis pembelajaran siswa
·         Berbagai jenis kualifikasi
TAFE (Technical and Further Education)
            TAFE merupakan sebuah institusi yang menyediakan keterampilan dasar untuk digunakan di dunia kerja,atau bias dibilang semacam program diploma. Disini bisa memilih kuliah sambil kerja,biasanya memakan waktu kurang lebih 1-2 tahun. Setelah lulus bisa ekstensi ke jenjang sarjana (S1) di universitas. Ada berbagai macam bidang study yang ditawarkan antara lain: Akuntansi,Bisnis,Manajemen,Marketing,Komputer,Informatika,Teknologi,Teknik Elektro,Teknik Listrik,Mesin dan Sipil,Bangunan dan Konstruksi,Drafting,Ilmu Lingkungan Hidup,Ilmu Terapan,Pertanian dan Hortikultura,Desain Grafis,Arsitek,Perhotelan,Travelling dan Pariwisata,Sekretaris,Ilmu Kelautan,Rancang Busana,Kecantikan,Media dan Jurnalisme,dan lain-lain.
Universitas
            Pada dasarnya ,nama-nama universitas di Australia diambil dari nama kotanya. Misalnya Sydney University,Melbourne University,Adelaide University,Perth University,Brisbane University,dan masih banyak lagi. Sementara ada juga yang tidak menyematkan nama kota,seperti Deakin University,Monash University,Australian Catholic University,dan masih banyak lagi Universitas di Australia yang rata-rata memiliki akredibilitas yang tinggi. Karena memang mutu pendidikan yang diajarkan disana sangat teruji dan kompeten.
Pendidikan di Universitas sendiri terdiri dari 2 tingkat:
1.      Undergraduate (sarjana) : mendapat gelar S1 dan Diploma (seperti yang diperoleh di TAFE)
2.      Postgraduate (pasca sarjana) : yang terdiri dari Postgraduate Certificate dan Diploma,program master (S2),dan program doctor (S3)
Bahasa Pengantar
            Bahasa inggris adalah bahasa resmi dan bahasa pengantar di Australia. Beberapa sekolah menawarkan program dwibahasa atau program dalam bahasa lain seperti Mandarin,Vietnam,Indonesia, dan Jerman.
Master Degree (Gelar Magister)
            Australia memiliki tiga jenis program Master Degree:
·         Coursework (kuliah)
·         Research (riset)
·         Extended (perluasan)
Kebanyakan Master Degree membutuhkan delapan belas bulan hingga dua tahun studi penuh waktu. Program ini ditempuh setelah menyelesaikan Bachelor atau Honours Degree. Program research Master Degree berisi setidaknya dua per tiga riset dengan tesis substansial yang diperiksa secara eksternal. Program ini membutuhkan setidaknya satu tahun studi penuh waktu,dan Research Master Degree biasanya sering berlanjut ke program Doctoral.

Doctoral Degree (Gelar Doktor)
Australia memiliki tiga jenis program Doctoral Degree:
·         Research Doctorate (Doktor Riset)
·         Profesional Doctorate (Doktor Profesional)
·         Higher Doctorate (Doktor Tinggi)
Program ini biasanya membutuhkan tiga sampai empat tahun studi penuh waktu. Mahasiswa diharapkan memberikan kontribusi aslui yang substansial untuk pengetahuan dalam bentuk pengetahuan baru atau adaptasi asli dan signifikan,ataupun penerapan dan penafsiran pengetahuan yang ada. Semua Doctorsal Degree membutuhkan penyelesaian tesis,disertasi,tafsiran kritis atau sejenisnya, yang biasanya diperiksa oleh dua atau tiga pakar akademik dengan reputasi internasional.


DAFTAR PUSTAKA
1.Siboro. 1989. Sejarah Australia. Bandung. Tarsito Siboro,
2.Siboro,j.1974.Sari Kuliah Sejarah Australia.Bandung.IKIPg.Tarsito

Tidak ada komentar:

Posting Komentar