SEJARAH PENDIDIKAN RUSIA


MARLOGAM PURBA/SP

Negara Rusia ( dahulu nya Uni Soviet) merupakan salah satu Negara di bagian Eropa Timur dan Utara Asia. Dahulu nya Negara ini tergabung  ke dalam Uni Soviet, namun setelah Uni Soviet bubar, maka Rusia mewarisi sebaian besar wilayah dari Uni Soviet ( malah bisa di katakan pewaris terbesar dari Uni Soviet). Negara ini dahulunya menganut paham komunisme pada waktu tergabung dalam Uni Soviet. Namun pernah menjadi Negara adidaya selain Amerika serikat yang pada masa nya merupakan salah satu Negara kuat berkat sumber daya manusia yang bagus.
Rusia, sebagaimana layak nya Negara-negara lainnya sangat memperhatikan bidang pendidikan. Pendidikan di Rusia di mulai sejak berumur satu tahun pada play group sampai perguruan tinggi yang menyediakan program Doctoral.
Dalam federasi Rusia, terdapat 180.000 lembaga pendidikan dari semua jenis dan kategori. Sekitar 35 juta orang atau 23 persen dari total penduduk Negara tersebut setiap tahun terlibat dalam satu jenis pendidikan atau yang lain. Lebih dari enam juta orang bekerja di bidang pendidikan.
Sistem pendidikan di Rusia berkembang selama berabad-abad di bawah pengaruh Kristen, dan sejak akhir abad ketujuhbelas, di bawah pengaruh Pencerahan. Dalam Twentieth Century, ketika pendidikan umum dan profesional datang lebih dari sebelumnya untuk dipertimbangkan sebagai faktor perubahan sosial dan ekonomi dan sebagai hak individu yang melekat, buta huruf dihilangkan, akses ke pendidikan tinggi diperpanjang, dan sistem pendidikan untuk orang dewasa adalah dibuat. Banyak orang, bagaimanapun, datang untuk merasa bahwa sistem pendidikan, yang telah dibangun pada awal tahun 1980-an, tidak cukup fleksibel dan tidak sepenuh nya mampu memenuhi tuntutan individu. Perubahan sosial-politik yang telah terjadi di Rusia dan transisi ke ekonomi pasar telah menyebabkan kebutuhan untuk mereformasi sistem pendidikan. Konstitusi Federasi Rusia dari 1993 dan hukum federal Pada Pendidikan tahun 1992 dan revisi tahun 1996 memperkuat hak warga negara untuk pendidikan, mendorong demokratisasi kehidupan di lembaga pendidikan, diperpanjang kebebasan akademik dan otonomi kelembagaan, dan dipromosikan humanisasi pendidikan. Mantan sistem terpusat dan terpadu di gantikan oleh sistem yang sampai batas penuh memperhitungkan kepentingkan kebutuhan siswa dan guru, civitas academica, dan pengusaha. Sektor pendidikan non-negara, termasuk lembaga yang didirikan oleh individu dan organisasi non-pemerintah, telah berkembang pesat. Federal program pembangunan pendidikan, di tujukan pada dorongan inovasi dalam seluruh komponen sistem pendidikan, telah di rancang untuk mendukung reformasi pendidikan.
Dalam beberapa tahun terakhir, sistem pendidikan federasi Rusia telah mengalami perubahan drastis dalam rangka transformasi menyeluruh terhadap Negara secara keseluruhan. Perubahan utama telah berjalan sepanjang bari berikut:
Diversifikasi: Muncul nya jenis baru dari lembaga pendidikan, pengenalan multi level sistem pendidikan tinggi ( Bakalavr dan Magistr derajat di samping gelar Diplom-spesialis tradisional), dan perubahan besar dalam kurikulum.
Demokratisasi: Perluasan kebebasan akademik dan kelembagaan, peningkatan jumlah organisasi masyarakat dan penyangga.
Kualitas Pendidikan: Penguatan mekanisme evaluasi dan kontrol kualitas.
Isi Pendidikan: Mendalam perubahan dalam banyak disiplin ilmu, terutama dalam ilmu pilitik, sejarah, ekonomi, hukum, dan lain-lain.
Pendidikan di Rusia hampir sama hakikat nya dengan pendidikan di Negara-negara Eropa dan Asia. Namun pendidikan di Rusia tetap memiliki cirri khas tersendiri. Jenjang pendidikan di Rusia meliputi:
1.    Pendidikan Pra Sekolah
Pendidikan pra sekolah dinamakan Play Group di mulai dari usia 1-3 tahun. Kemudian setelah itu di lanjutkan dengan taman kanak-kanak (TK) untuk usia 3-6 tahun. Pendidikan ini tidak seperti sekolah, dan di selengarakan oleh daerah atau pemerintah setempat. Beberapa daerah seperti Moscow mengambil kebijakan untuk membiayai sekolah ini. Namun pada tahun 2004, pemerintah pusat Rusia telah mengambil kebijakan untuk memberikan bantuan kepada daerah untuk menyelenggarakan pendidikan Pra sekolah ini secara gratis.
2.    Pendidikan Menengah  
Pendidikan menengah merupakan pendidikan wajib yang di selenggarakan oleh Negara. Pendidikan dasar berlangsung selama Sembilan tahun dengan dua tingkatan yaitu empat tahun sekolah dasar dan lima tahun sekolah menengah utama.Sekolah Dasar adalah pendidikan yang wajib di jalani oleh setiap anak, sebagaimana pendidikan SD di Indonesia kurikulum yang di ajarkan masin bersifat keterampilan dasar. Sama halnya dengan pendidikan menengah utama, kurikulum juga masih mengarah kepada hal yang bersifat umum dan mendasar. Samapai jenjang ini pemerintah menyediakan pendidikan gratis pada istitude/ lembaga pendidikan milik pemerintah.
3.    Pendidikan Lengkap Sekunder dan Kejuruan
Setelah menyelesaikan pendidikan dasar, para sisiwa memiliki dua pilihan. Apakah ingin melanjutkan kejenjang lengkap sekunder atau kejuruan. Pada pendidikan lengkap sekunder, siswa harus menyelesaikan pendidikan selama dua tahun, untuk mendapatkan sertifikat. Setelah itu siswa dapat di benarkan masuk ke jenjang perguruan tinggi / Universitas dengan sertifikat yang di peroleh nya. Sertifikat yang di peroleh adalah Atesttat o Srednem.
Atau siswa juga dapat di benarkan masuk ke sekolah kejuruan. Sekolah ini menyediakan sistem kejuruan setingkat Diploma. Dan selesai mengikuti pendidikan ini, siswa dapat langsung terjun ke dunia kerja atau pun dapat melanjutkan ke pendidikan tinggi jika di nginkan.
4.    Pendidikan Tinggi
Pendidikan tinggi Rusia dapat di ikuti lulusan dari pendidikan lengkap sekunder ataupun dari lulusan sekolah kejuruan. Untuk lulusan dari pendidikan lengkap sekunder, jenjang pendidikan tinggi adalah sebagai berikut:
Tingkat Universitas Tahap Pertama: Tahap pertama terdiri dari paling sedikit dua tahun dari program studi perguruan tingkat tinggi. Setelah menyelesaikan studi, siswa mendapat peringkat Diploma O Nevolnom Vyyshem Obrazzovani yang ntitles (non gelar) atau sama dengan lulusan sekolah kejuruan untuk memperoleh pekerjaan atau melanjutkan ke tingkat lebih tinggi.
Pendidikan tinggi Dasar atau di sebut Bakalavr, adalah pendidikan setingkat sarjana di Rusia, yang di tempuh lebih kurang dalam tempo empat tahun. Kurikulum di jabarkan dalam program program yang sesuai dengan Negara yang mengatur standarisasi pendidikan 50% dari isi, yang lain nya 50% di kembangkan oleh Universitas. Termasuk program professional dan khusus di sains, yang insane sosioekonomi dan disiplin pelatihan professional, menyelesaikan penelitian karya / proyek dan duduk untuk ujian akhir Negara. Setelah mendapat gelar Bakalavr, siswa di perkenankan untuk memasuki program-program studi dalam rangka program spesialis Diploma.
Pendidikan tingkat selanjutnya bagi lulusan Bakalavr adalah program Engineer (spesialis) atau program Magister. Pada program Engineer, lulusan Bakalavr harus menyelesaikan pendidikan selama 1 tahun, jenjang ini kalau di Indonesia dinamakan jalur pendidikan profesi. Sementara kalau pendidikan Magister, lulusan Bakalavr harus menyelesaikan pendidikan selama 2 tahun dengan gelar Magister.
Pendidikan Tingkat tertinggi atau setingkat Professor di Indonesia bisa di tempuh oleh Doktor / kandidat Nauk selama jangka waktu tidak tetap. Ini merupakan gelar ilmiah yang di berikan setelah adanya persiapan ilmiah umum dan mendapat pembelaan dari promotor.
Pendidikan Non Formal di Rusia
Rusia di kenal dengan negara Komunis ,artinya bebas .Walaupun demikian , Rusia memiliki sistem pendidkan non-formal yang berkualitas dan berorientasi pada bagimana menciptakan seuatu yang baru demi kepentingan diri dan orang banyak di seluruh dunia. Pendidikan non-formal diawali dengan mendidik anak dari rumah hingga di bangku pendidikan. Ibu-ibu di Rusia sangat tangguh mengasuh anak. Iklim di Rusia sangat ekstrim pada musim-musim tertentu seperti musim dingin sehingga sang anak dididik untuk bisa berjuang mengadaptasi musim-musim tersebut. Ibu-ibu Rusia membawa anak mereka ke tempat salju untuk bermain iceskiting guna melatih fisik sang anak. Para ibu-ibu di Rusia tidak hanya menhabiskan waktu untuk berdan-dan mereka memilki tanggungjawab membawa anak ke tempat=tempat bermain di taman kanak-kanak dan Paud.
Di Rusia terdapat berbagai lembaga-lembaga pendidikan non-formal seperti Kursus mekanik,bahasa Inggris, Kursus Pilot , dan lain-lan. Para siswa maupun mahasiswa diwajibkan belajar sejumlah kursus yang diselenggarakan oleh lembaga-lembaga pendidkan non-formal di Rusia . Pendidikan non-formal dianggap sebagai barometer kemajuan suatu bangsa dan pengaplikasian ilmu yang sesuai dengan kondisi dan situasi negara. Pendidikan militer merupakan kewajiban siswa yang harus dikuti pada masa studi baik di sekolah menengah pertama sampai perguruan tinggi negeri maupun suwasta .
Kegiatan duluar sekolah seperti ikatan pemuda, interaksi sosial dilibatkan pelajar dan mahasiswa untuk mengembangkan kepemimpinan dan organisasi.
DAFTAR PUSTAKA:
http://en.russia.edu.ru/edu/description/sysobr/901/ # sthash.RB6dQrAS.dpuf
Gayo,Iwan.Buku Pintar Seri Senior,Gramedia,Jakarta 2001
Hamid,Abdul.Sejarah Umum,PT.Sumber Bahagia,Bandung,1979

No comments:

Post a Comment