PENDIDIKAN AMERIKA SERIKAT (AS)


ABDULLAH / SP
Amerika serikat yang di singkat dengan AS adalah sebuah negara republik konstitusional federal yang terdiri dari 50 negara bagian dan sebuah distrik pederal negara ini terletak di tengah amerika utara yang menjadi lokasi 48 negara bagian yang saling bersebelahan beserta ibu kota whasington, amerika serikat di apit oleh samudra pasifik dan atlantik di sebelah barat dan timur berbatasan dengan kanada di sebelah utara dan meksiko di sebelah selatan ,dua negara bagian lainnya yaitu alaska dan hawai terletak terpisah dari daratan utara amerika serikat sedangkan negara bagian alaska terletak di sebelah ujung barat laut amerika utara berbatasan dengan kanada di sebelah timur dan rusia di sebelah barat yang di pisah oleh selat bering, sedangkan negara bagian hawai adalah sebuah kepulauan yang lokasinya di samudra fasifik dahn karabia. Amerika serikat merupakan salah satu negara yang paling multi etnis dan multikultural di dunia yang muncul akibat adanya imigrasi bear besaran dari berbagai penjuru dunia iklim dan geografi amerika serikat sangat beragam dan negara ini menjadi tempat tinggal berbagai spesies. Dan bangsa indian mulai bermigrasi dari asia sampai daratan yang saat ini di sebut amerika serikat sekitar 15000 tahun yang lalu dan bagsa eropa sekitar 1600 tahun yang lalu. Dan amerika serikat tergolong negara maju di bidang indrustri.
SISTEM PENDIDIKAN DI AMERIKA SERIKAT
Sistem pendidikan amerika serikat terjadi begitu saja, dan di pengaruhi beberapa hal yang sangat berpengaruh yaitu pfaktor sejarah, geografi, dan faktor demokrafi, Dan negara yang berpenduduk terdiri dari 50 negara bagian, dan wasington dan luas wilayah  lebih kurang 9,4 km persegi, Penduduk pertamanya ialah orang orang indian atau penduduk  asli di daerah alaska dan imigran berbagai pelosok dunia semangkin bertambah besar penduduknya, orang yang pertama kali menduduki amerika serikat aialah orng india kemudian eropa, bahkan sampai asia,kemudian penduduk asli yaitu indian yang berkulit hitam sedangkan orang eropa berkulit putih di lihat dari kulitnya mayoritas ialah kulit putih yaitu orang orang eropa sedangkan minoritas ialah kulit hitam yaitu berpenduduk asli amerika serikat orang orang indian. Dan kombinasi karakteristik geografis dan demografi seperti di utara mengakibat kan terjadinya variasi yang sangat besar antara daerah satu dengan daerah lain, negara bagian alaska , merupakan daerah yang paling luas akan tetapi penduduknya sedikit, sedangkan negara bagian Rhode island merupakan yang terkecil luasya,selain segi luas y kebanyakan jumlah penduduk di amerika serikat yang mempengaruhi pendidikan di sana dan mempnyai persoalan yang berbeda pula dalam pengadaan sekolah sekolah kita lihat seperti New York, Washington, D.C., Chicago, Detroit, dan los angeles merupakan tempat tempat yang banyak pengangguran, orang orang miskin dan orang orang yang tidak bisa berbahasa inggris juga di iringi dengan masalah masalah ekonomi dan keadaan ini mempengaruhi pendidikan yang ada di sana dan adapun Masalah penduduk ialah semangkin kurangnya orang yang bergerak di bidang pertanian sebagai buruh pertanian dan kira kira penduduk bekerja sebagai juru tulis sampai pada tenaga tenaga propesional, dan jumlah tenaga wanita juga meningkat sementara penganguran tinggi.
POLITIK DAN TUJUAN POLITIK
Karakteristik utama sistem pendidikan merika serikat ialah sangat menonjolnya desentralisasi, pemerintah pederal, negara bagian serta pemerintah daerah memiliki aturan dan tanggung jawab masing masing yang sangat jelas. Pemerintah federal tidak punya mandat untuk mengontron dan mengatur pendidikan untuk masyarakat.Hal ini di sebabkan soal pendidikan tidak di sebutkan dalam negara amerika serikat karena di tanggung oleh pemerintah pederal. Ada ketentuan dan aturan pemerintah pederal mengenai kelompok kelompok minoritas rasial dan orang orang cacat dan pemerintah federal mendukung penelitian pendidikan tetapi pemerintah amerika serikat tidak memiliki sistem pendidikan yamng terpusat atau bersifat nasional , namun ini tidak berarti pemerintah federal tidabk ada pengaruh dengan masalah masalah pendidikan yang seseungguhnya. Dan adapun tujuan pendidikan amerika serikat ialah sebagai berikut:
1.      Untuk mencapai kesatuan dalam kebineikaan
2.      Untuk mengembangkan praktek praktek dan cita cita demokrasi
3.      Untuk membantu perkembangan individu
4.      Untuk mempercepat kemajuan nasional
STRUKTUR DAN JENIS JENIS PENDIDIKAN
            Setiap negara negara bagian menyediakan pendidikan secara geratis bagi anak anak negeri mulai dari taman anak anak di tambah 12 tahun pada jenjang jenjang pendidikan lainya adapun undang undang tidak sama dengan di antara negara negara bagian dan anak anak mulai usia 6-7 tahun harus menempuh pendidikan. Dan di dalam sistem pendidikan negara amerika serikat terdapat beberapa pola struktur di antaranya ialah: mualai dari sekola taman kanak kanak + pendidikan dasar 1-8+4 tahun SLTA kemudian taman kanak kanak + sekolah dasar 1-6+3 tahun SLTP + 4 tahun SLTA dan kemudian taman kanak kanak + sekolah dasar dan setelah 12 tahun tingkat taman kanak kanak maka di lanjut kan sekola akademik sebagai bagian dari sistem pendidikan dan dengan mengikuti struktur pendidikan yang ada maka usia anak akan menempuh pendidikan dasar usia 17-18 tahun[1].
            Pendidikan khusus mendapat perhatian yang sungguh sungguh dari pemerintah maupun masyarakat yang mencangkup pendidikan bagi kanak kanak tuna runggu, tuna netra,cacat tubuh, idiot, serta yang mendapat gangguan emosional. Di luar itu pendidikan non formal disponsori tidak hanya oleh badan badan pemerintah tetapi juga oleh badan badan swasta, serikat serikat buruh, badan badan keagamaan, serta individu individu yang kadangkala yang menjadikannya bisnis. Sekola dan lembaga lembaga pendidikan tinggi sering melakukan program pendidikan non formal ini merupakan bagian dari kegiatan bagi orang orang dewasa yang mencangkup antara lain menulis membaca pendidikan persamaan hobi kerajinan seni dan rekreasi.
Dalam sejarah pendidikan Amerika Serikat, pendidikan sudah menjadi tanggung jawab pemerintah negara bagian dan masyarakat setempat[2] Walaupun demikian semenjak 1872 pemerintah telah ikut campur tangan mulai dari memberikan tanah negara guna membangun fakultas dan juga membantu sekolah dengan program makan siang, menyediakan dana bagi veteran dan menyediakan pinjaman bagi mahasiswa.
Semenjak tahun 1979 dibentuk sebuah departemen pendidikan federal yang dipimpin oleh seseorang yang setaraf sekretaris kabinet. Yang memegang tugas melaksanakan kebijakan pemerintah dalam pendidikan. Hampir semua negara bagian memisahkan antara badan yang memberikan izin pendirian pergfuruan tinggi negeri dan perguruan tinggi swasta. Di perguruan  tinggi memiliki struktur pelaksanaan tugas ya masing masing
Kalau kita lihat sumber keuangan pendidikan khususnya pendidikan dasar dan menengah berasal dari daerah kabupaten dan sumber-sumber lokal lainnya yang sebagian besar berasal dari pajak negara bagian. Anggaran pemerintah federal untuk perguruan tinggi juga meningkat terutama pendidikan kejuruan teknik dan pendidikan bagi orang yang kembali ke kampus untuk belajar. Pada umumnya beban biaya pendidikan bagi mahasiswa negeri lebih berat dibanding beban biaya untuk mahasiswa swasta.
Dan dilihat dari Kurikulum dan Metodologi Pengajaran negara amerika serikat Kebiasaan otonomi yang sudah lama dan kuat serta keadaan masyarakat  sangat mempengaruhi bentuk kurikulum serta cara mengajar di Amerika Serikat. Disini tidak ada  kurikulum nasional yang resmi. Bagian pendidikan negara bagian menggariskan kurikulum dengan tingkat variasi yang cukup besardan memberi peluang pada daerah setempat. Pada awalnya sekolah amerika sangat dipengaruhi oleh agama dan fokus pada keterampilan tulis baca. Semenjak abad ke 19 perhatian terhadap masalah sosial semakin menonjol. Pada akhir abad ke 19 muncul tuntutan untuk mengubah kurikulum dan metode mengajar dengan mengarahkan perhatian pada kebutuhan muris yang berbeda, serta perhatian terhadap kebutuhan individu. Dengan demikian siswa memiliki peluang yang besar untuk menentukan pilihan. Pertambahan jumlah populasi sekolah yang sangat cepat dan kemajuan iptek menjadi dorongan untuk inovasi-inovasi baru terutama metode pengajaran. Di daerah perkotaan persoalan sosial telah mendorong munculnya mata pelajaran baru yaitu studi etnis, pendidikan lingkungan, pendidikan seks, pendidikan narkoba dan sebagainya. Namun, awal 1980-an ada kecendrungan untuk kembali pada yang lama serta kebutuhan baru atas pendidikan akhir.
Sistem pendidikan di Amerika mempunyai sifat yang khas yang berbeda dari sistem pendidikan di  negara-negara lain. Hal ini terutama karena sistem pemerintahannya yang mendelegasikan kebanyakan wewenang kepada negara bagian dan pemerintahan lokal (distrik atau kota). Amerika tidak memiliki sistem pendidikan nasional yang ada adalah sistem pendidikan dalam artian terbatas pada masing-masing negara bagian. Hal ini berdasarkan padafilosofi bahwa pemerintah (federal/pusat) harus dibatasi perannya, terutama dalam pengendalian kebanyakan fungsi-fungsi publik seperti sekolah, pelayanan sosial dan lain-lain. Karena itu di Amerika dalam pendidikan dasar dan menengah tidak ada kurikulum nasional bahkan tidak ada kurikulum negara bagian. Apa yang ada hanyalah semacam standar-standar kompetensi lulusan yang ditetapkan pemerintahan negara bagian ataupun pemerintahan lokal. Walaupun begitu pemerintah federal (pusat) diberi wewenang terbatas.
ISU ISU DAN REFORMASI PENDIDIKAN
Mungkin banyak orang yang beranggapan bahwa pendidikan di negara amerika serikat sudah mantap dan hampir tidak punya masalah yang berarti karena di dasarkan alasan alasan yang sangat kuat yaitu kestabilan politik dan selain itu amerika sudah lama melaksanakan sistem pendidikan tersebut sehingga bayak negara negara lain yang mengikuti sistem ini dan di jadikan referensi bukan itu aja banyak negara di dunia untuk kuliah di Amerika serikat dan amerika memiliki beasiswa yang sangat banyak dan di ungulkan.selain kategori itu sistem pendidikan di amerika serikat juga mengalami masalah yaitu.
            Yang pertama, dinamika perubahan sosial masyarakat amerika serikat yang terjadi dalam beberapa dekade terakhir sangat mempengaruhi pendidikan mualai dari tingkat prasekola sampai tingkat perguruan tinggi. Sebagai hasil emansipasi yang sejak lama di perjuangkan di amerika serikat hampir semua wanita sudah mendapat pendidikan yang sama dengan pria dan wanita juga sudah mendapat tempat yang sangat luas dalam lapangan kerja baik bagi merekas yang sudah bekeluarga ataupun yang belum berkeluarga, bagi yang berkeluarga menitipkan anak ya yang resmi dan mereka juga mendapat rumah yang kosong kaena kedua orang tuanya tinggal di tempat ia bekerja
            Yang ke dua ialah, masyarakat amerika serikat saat ini di hadapkan dengan tingkat  perceraian , mungkin di antara negara negara di dunia yanhg mengakibat kan banyak anak anak yang hidupnya hanya satu orang tuanya dan mau tidak mau harus bekerja untuk hidup mereka sehingga banyak diatas garis ke miskinan dan bahkan ada yang dap[at bantuan dari pemerintah .
            Yang ke tiga ialah amerika serikat memiliki berbagai badan badan resmi hyang berpungsi sebagai instrumen minitoring dan evaluasi pendidikan dianaranya kialah NAEP, OERI, OPIP, OLP. Berdasarkan hasil penelitian bahwasanya kualitas sistem pendidikan engalami kemunduran yang cukup serius dan hal ini di ambil serius oleh media massa.dan ada laporan yang mengungkapkan rasa kesedihan yang sangat mendalam bahwa hasil yang di capai siswa amerika serikat sangat mengecewakan dalam perbandinagn internasional dalam ujian pelajaran matematika,sains dan geografi. Sedangkan laporan lain ialah meningkatnya jumlah anak di amerika serikat yang putus sekolahdi kota kota oleh karena itu di perlukan pendidikan yang komprehensif.
DAFTAR PUSTAKA
[2] Mc Adam, Richad P.(1993). Lessons from abroad : How 0ther countries educate their Children ( chapter 2 : the amerikan education ( 1sted), Oxford : pergamon press. Hal 23

No comments:

Post a Comment