Jumat, 18 Desember 2015

SEJARAH MACHU PICCHU, MAHAKARYA PERADABAN SUKU INCA YANG MEMUDAR DI AMERIKA SELATAN


DESI WIDIA YANTI/PIS/A

Kerajaan Inca adalah sebuah kerajaan kuno yang telah ada sejak ratusan tahun lalu yang terletak di Peru dan musnah ketika bangsa Spanyol memasuki wilayah Amerika Selatan. Suku Inca dengan ibu kota Cuzco atau Qosqo, sekarang adalah Peru terletak di sisi paling selatan tepatnya dipegunungan Andes, berakhir pada 1533 masehi. Inca disebut sebagai peradaban "pra-Columbus, artinya sudah ada sejak sebelum kedatangan Christopher Columbus. Selama periode tersebut, Inca menguasai sebagian besar wilayah Amerika Selatan bagian barat.

Menurut legenda, inca didirikan oleh Manco Capacm, yang diperintah  oleh ayahnya, yang bernama inti ( matahari). Cuzco  berasal dari kata Quecha yang mempunyai arti " pusat " menjadi pusat kerajaan inca . bangsa ini mempunyai semboyan yaitu  "bekerja", sedangkan sumpah yang diucapkan dan merupakan asas dari kerajaan mereka adalah " Manan sua, Manan Iluclla, Manan qulle" ( jangan mencuri, jangan membunuh, jangan malas"). Pada akhirnya penguasa yang agung itu wafat dan digantikan oleh 13 penguasa agung lainnya secara berturut.
Legenda lainnya, mendapatkan asal-usul suku bangsa Inca berawal dari sekelompok anak dewa matahari, yang berasal dari sebuah gua di sebelah tenggara kota Cuzco. Bangsa Inca telah mendiami daerah Cuzco sejak kira-kira tahun 1200. tetapi sejak penaklukan oleh kekuasaan Panchacuti dalam tahun 1438, bangsa Inca mulai memperluas wilayahnya dengan menaklukan daerah-daerah sekitarnya. Akhirnya mereka membentuk suatu wilayah kekuasaan besar dan luas yang membentang dari Quito di Utara sampai Chile bagian tengah. Bahasa Inca menyebut wilayah kekuasaannya Tabuantisuyu, artinya daerah yang meliputi empat wilayah.Empat wilayah tersebut adalah Chinchasuyu, Antisuyu, Contisuyu, dan  Collasuyu.
Machu Picchu adalah peninggalan terbesar dari peradaban Inca kuno. Machu Picchu adalah kota yang dibangun tinggi di pegunungan Andes, Peru. Situs yang berada 2.400 meter di atas permukaan laut ini terletak sekitar 80 kilometer barat laut Cuzco (ibukota kerajaan Inca).
Suku Inca mulai membangun situs Machu Picchu pada pertengahan 1400-an. Selama kurun waktu lama, tidak ada yang tahu pasti siapa yang membangun situs ini. Sebagian besar ahli mengatakan bahwa Machu Picchu adalah mahakarya penguasa Inca, Pachacuti Inca Yupanqui. Banyak spekulasi tentang tujuan pembangunan Machu Picchu. Ada yang mengatakan Machu Picchu dibangun untuk pemujaan dewa matahari Inca. Teori lain mengatakan situs ini merupakan tempat pemukiman para raja.
Fitur yang paling mencolok dari Machu Picchu adalah arsitekturnya. Situs ini memiliki sekitar 200 struktur, sebagian besar terbuat dari granit. Para pembangun Inca memasang batu itu dengan rapat sehingga mereka tidak memerlukan mortir untuk menyatukan batu-batu granit tersebut.
Bangsa inca berdiri beberapa abab sebelumnya, penduduk andes didaerah andes peru pernah hidup dalam kelompok komunal yang dikenal dengan nama Ayllus. Tanah, kerja dan dan kekayaan dibagikan menurut perbandingan. Peradaban indian juga telah berkembang tinngi dengan penduduknya yang gemar berkerja keras dan cinta damai.
Sebelum kelompok komunal ini juga pernah hidup manusia yang pernah hidup pada Zaman Chinchorro, zaman ini adalah zaman awal dimana manusia yang hidup memuja arwah nennek moyang yang dimulai pada  tahun 5000 SM. Dan kota yang paling awal berdiri adalah e.g Caral diperkirakan tahun 3000 SM yang didasarkan pada  tempat untuk pemujaan. Kemundian muncul negara paling awal berdiri yaitu Cahvin yang diperkirakan hidup pada 900- 300 SM.
Ada beberapa jenis bangunan di Machu Picchu. Diantaranya adalah kuil, tempat penyimpanan, dan rumah-rumah. Sejumlah rumah dibangun dalam kelompok-kelompok kecil di sekitar halaman tengah. Lainnya diatur berbaris di terasering yang tampak seperti tangga besar. Beberapa diantaranya merupakan bangunan dua lantai.
Menjelang tahun ini penduduk daerah pegunungan ini telah menjadi perkerja bangunan, pemahat batu dan pembuat batu karang tembikar yang yang terampil sekali. Kebudayaab cahvin dengan kuilnya yang terkenal yang pernah dibangun bermula sejak zaman agama kristen. Tak hanya didaerah pegunungan saja di pantai kebudayaan parakas berkembang menghasilkan bahan tekstil yang kaya. Dan suku – suku lain seperti Chimu, Chan-chan dan moche yang disebelah utara merupakan pembuat bangunan yang hebat dan pencipta hasil kerajinan yang hebat. Suku Moche hidup pada tahun 200- 600 M selain pencipta patung dan lukisan yang indah, suku mocche juga dikenal dengan pengorbanan manusianya.
Suku termasuk kelompok bangsa yang sedikit jumlahnya, tetapi teratur baik sehingga dapat membawahi suku bangsa peru yang lain. Untuk kemudian berhasil menegakkan  kerajaan yang paling menakjubkan dan paling terbesar dalam peradaban di amerika selatan. kerajaan ini kemudian pada abab 11 atau mungkin pada abab 12
Salah satu obyek paling terkenal di Machu Picchu adalah pilar batu berukir. Pilar ini disebut Intihuatana. Para arkeolog percaya pilar ini suci. Pilar ini sangat penting bagi suku Inca karena berfungsi untuk menentukan posisi matahari, terutama saat titik balik matahari musim dingin, di mana matahari hanya nampak sebentar. Pada saat itu, seorang pendeta akan melakukan upacara khusus. Dalam upacara ini, ia akan "mengikat" matahari ke pilar ini untuk mencegahnya menghilang.
Struktur di Machu Picchu dikelilingi terasering pertanian yang besar. Terasering ini membuat Macchu Picchu terlihat seolah-olah kota yang diukir dari gunung. Saluran luas dibangun untuk mengalirkan air ke tanaman, seperti jagung dan kentang.
Bukti menunjukkan bahwa suku Inca tidak menempati Machu Picchu dalam waktu yang lama. Mereka meninggalkan situs ini sekitar 100 tahun setelah membangunnya dengan alasan yang tidak jelas. Tapi kebanyakan sejarawan berpikir bahwa penduduk situs itu terserang cacar. Bangsa Spanyol membawa penyakit ini ke Meksiko, menyebar hingga ke selatan Peru dan menghancurkan Inca. Para penakluk Spanyol tidak pernah tahu tentang Machu Picchu, sehingga mereka tidak menghancurkannya seperti yang mereka lakukan pada kota-kota Inca lainnya. Kota ini akhirnya ditutupi oleh hutan lebat dan tetap tersembunyi selama ratusan tahun.
Orang modern pertama yang menemukan Machu Picchu adalah arkeolog Amerika, Hiram Bingham. Ia menemukannya pada tahun 1911. Ia juga mencari kota Inca yang lain, Vilcabamba. Namun pada tahun 1867 kota ini berhasil ditemukan oleh Augusto Berns, seorang petualang Jerman yang mengambil banyak artefak berharga. Beberapa penduduk setempat diyakini juga tahu tentang keberadaan situs tersebut.
Penguasa Inca yang pertama adalah Manco Capac. Disini tidak ada data yan spesifik mengenai kapan Manco capac memerintah, tetapi yang diasumsikan adalah tahun 1250 sampai 1438 masa pemerintahanya. Inca yang dimulai pada di Cusco dan ber pusat di tanah tinggi yang dan memperluas sepanjang pantai. Basis dari penaklukan Inca dipercaya untuk organisasi mereka. Lambang yang ilahi mereka adalah matahari dewa, sistem birokratis mereka yang terdiri dari suatu lingkaran dari pejabat yang melambangkan sebelas kerajaan ayllus, dan garis keturunan yang dilanjutkan sampai perkawinan yang tidak sah dengan seorang putri yang kemudian menjadi coya atau " legal queen.".  Perluasan dari Inca kerajaan mungkin kondisi-kondisi iklim yang diakibatkan oleh. Sumber daya mereka di tanah tinggi telah dibatasi pada llama, alpaka, dan vicuna.
Setelah mengalami pergatian kekuasaan hingga pada akhirnya suku inca berkembang sejak kekuasaan dipegang oleh Pachacuti (Yupanqui) yang memerintah tahun 1438 – 1471, Inca kemudian memperluas wilayah kekuasaannya dengan menaklukan daerah-daerah sekitarnya. Berkat berhasil menguasa daerah – daerah sekitarnya inca dikenal dengan para prajurit dengan suatu angkatan perang kuat dan kuat. Dan berhasil membuat inca menjadi sebuah Imperium atau kekaisaran
Karena keganasan dari angkatan perang inca dan organisasi hirarkis mereka, mereka menjadi paling besar Masyarakat Amerika asli. Kemudian dengan Kelompok yang berdekatan yang ditaklukkan dulu, kemudian menyebar ke (orang) yang lain sepanjang daerah kekuasaan di sekitar Andes. Pada pemeritahan Pachacuti, Pachacuti juga meruapakan arsitektur pembuat kota Machu Pichu, sebagai "villa" keluarga kerjaan dan tempat pemujaan di lokasi terpencil dipegunungan.
Masa Pachacuti juga mengatur imperium Inca dan mengirimkan mata-mata ke semua wilayah di luar kekuasaannya untuk mendapatkan data intelijen tentang politik, militer, dan informasi lainnya. Ia mengirimkan pesan kepada negara tetangga untuk bersatu di bawah imperium Inca agar seluruh Indian Andean (suku-suku Indian di Andes dan sekitarnya) menjadi lebih kuat dan kaya raya. Sebagian kerajaan tetangga setuju untuk bersatu dengannya dalam damai
Imperium Inca semakin luas dan besar. Pachacuti dan anaknya Tupac Inca selaku Panglima Militer pada tahun 1463-an melakukan ekspansi ke utara. Saat Pachacuti wafat (1471), Tupac Inca melanjutkan eskpansi militer tersebut dan menaklukkan kerajaan Chimor, musuh besar Inca di pantai Peru. Serdadu Ekspedisi Tupac Inca terus merangsek ke utara dan menguasai wilayah Equador dan Kolombia (yang sekarang).
Selama pemerintahan Topa Inca , tetap meluaskan wilayah kekuasaan Inca diperluas ke utara. Pengganti Topa Inca adalah Huayna Capac yang memerintah dari tahun 1493 sampai tahun 1525 M. Ekspansi militer kemudian diteruskan anaknya Huayna Capac ke wilayah selatan. Ia berhasil menundukkan seluruh Peru, Bolivia, terus ke Chili dan sebagian Argentina. Sejak itu Inca menjadi benar-benar luas, besar, terorganisir dan kaya raya. Semua pendapatan dihitung dalam persentase lalu dengan sistem pajak dan bagi hasil dibagi kepada wilayah-wilayah sekutu.
Setelah meniggalnya Huayna Capac, terjadi perebutan kekuasaan antara Huascar dan Attahualpa. perselisihan antara provinsi mulai terjadi dan intrik-intrik perebutan kekuasaan pecah secara tertutup maupun terbuka. Sampai imperium Inca mulai merapuh secara politik dan militer, akhirnya seratusan tentara ekspedisi Spanyol mendarat yang di pimpin oleh Fransisco Pizzaro.
Pada saat itu kerajaan inca sedang dalam keadaan tidak siap menhadapi spanyol. Hal ini dikarenakan bahwa  terjadi perebutan kekuasaan antara Attahualpa dan Huascar. Dengan mudah Pasukan spanyol berhasil masuk kepedalaman  sampai Cajamarca, jumlah pasukan spanyol pada waktu itu adalah kurang dari 200 orang. Cajamarca adalah tempat Attahualpa menanti mereka di markasnya. Kemudian para pasukan spanyol menangkap Attahualpa dan membunuh beribu-ribu pasukan dan para pengikutnya. Sementara Attahuapa di penjara, huascar telah dibunuh oleh orang Spanyol.
Meskipu para rakyat inca telah memenuhi permintaan Spanyol dengan memberikan tebusan yang berupa emas dan perak yan penuh pada sebuah kamar untuk membebaskan Rajanya. Akan tetapi rajanya tetapi dibunuh oleh orang spanyol. Kemudian Dengan menggunakan tipu daya dan persenjataan modern memanfaatkan kekacauan dan menaklukkan seluruh Inca dengan mudah sejak 1530-an. Perang habis-habisan melawan Spanyol dipimpin raja Inca terakhir Tupac Amaru pada 1571. Benteng pertahanan Inca runtuh dan semua tentara Inca yang tersisa dibantai. Inilah akhir imperium Inca.
Bangsa Inca adalah bangsa yang bersifat nasional. Penggunaan bahasa nasional dipaksanakan oleh raja kepada penduduknya. Pada masa Topa Inca, bahasa Quechua ditetapkan sebagai lingua franca  di seluruh wilayah Tahuanntinsuyu.
Bangsa Inca memiliki mata pencaharian dari kehidupan agraris atau pertanian. Sejak tahun 600–1000 Masehi, bangsa Inca telah berkembang dalam bidang pertanian. Mereka membuat sistem terasering untuk menahan banjir. Untuk mengolah tanah, mereka menggunakan bajak yang terbuat dari perunggu. Tanaman yang bayak ditanam oleh masyarakat Inca adalah kacang-kacangan, jagung, merica, tomat, dan kentang. Hasil pertanian ini digunakan untuk mmenuhi konsumsi petani, juga untuk makan tentara dalam jumlah besar, golongan birokrasi dan ribuan buruh pabrik. Minuman khas dari bangsa Inca adalah Chica yaitu semacam bir yang terbuat dari jagung. Dan untuk transpotasi menggunakan Llama dan dapat juga diambil dagimgnya untuk dimakan.Bangsa inca juga telah mengenal adanya sistem terasiring yang digunaka untuk mecegah erosi dan baik uuntuk pertanian di dataran tinggi. Kerajaan Inca terdiri atas empat suyu. Bahasa resmi kerajaan adalah bahasa Quechua, walaupun ada sekitar 700 bahasa lokal yang digunakan. Suku Inca melakukan pemujaan atas dewa-dewa, dengan Inti sebagai dewa matahari yang merupakan dewa terdepan.
Bangsa Inca memiliki organisasi masyarakat yang teratur. Sebagai unit dasar atau paling bawah dari organisasi masyarakat Inca adalah ayllu, yaitu keluarga yang bersifat endogama berdasar garis keturunan laki-laki. Kelompok ayllu yang bersal dari satu wilayah kemudian membentuk kelompok lebih besar yang disebut saya. Tiap-tiap wilayah (propinsi) biasanya terdiri atas dua atau tiga wilayah administratif (waman). Kekuasaan tertinggi pemerintah Inca terdiri ada ditangan seorang kaisar yang menyatakan dirinya sebagai keturunan dewa matahari Inti. Oleh karena itu gelar yang dipakai penguasa Inca dalah Intip Cori (yang bererti Putra Dewa Matahari). Kaisar  Inca juga dik enal dengan berbagai sebutan antara lain: " Sapa Inca," " Capac Apu," dan " Intip Cori". Sering kali, suatu kaisar adalah hanya dikenal sebagai " Inca". Di bawahnya adalah pejabat yang disebut apo sebagai penguasa tiap-tiap wilayah bagian (4 wilayah). Di bawah apo ada tokrikoq yang menjadi penguasa tiap propinsi. Raja sangat menaruh perhatian dalam hal perkawinan. Laki-laki atau perempuan yang sudah dewasa dan belum memiliki pasangan diplilihkan orang lain lain sebagai pendampingnya. Kemudian mereka dikawincan dalam upacara umum.
Bangsa Inca memiliki ilmu pengetahuan yang maju dan berkembang. Walaupun ilmu pengetahuan yang berkembang di Inca tidak dapat mengungguli perkembangan ilmu pengatahuan di Aztec dan Maya. Dalam bidang Matematika dan Astronomi bangsa Inca tidak dapat mengungguli kemajuan di Aztec dan Maya. Untuk bidang arsitektur bangsa inca telah  membangun banyak bangunan dan kuil dan jalan-jalan. Jalan yang dibangun mencapai lebih dari 10.000 miles, dan telah juga membuat jembatan yang kokoh untuk menyeberangi sungai. Selain itu juga membangun saluran irigasi untuk pertanian. Bangunan lainnya yang dibangun adalah Kuil dewa Matahari di Vicas huaman, Benteng sachas huaman di Cuzco. Dan pembangunan kota Machu Pichu.
Tembok Batu yang merupakan bagian kebudayaan Peradaban Inca yang disebut benteng Sacsay Huaman yang terletak di Cuzco. Pembangunan benteng dengan menggunakan batu berukuran 30cm, cara pembangunan  yang agak rumit karena batu-batu tersebut dapat menempel lekat tanpa alat perekat seperti semen benteng ini merupakan benteng terakhir dari orang-orang inca sebelum di binasakan oleh orang spanyol. Jalan, sistem irrigasi, sistem terasisring dan monumen lainya seperti sacsai huaman dibangun dengan mengunakan dengan sistem Mita. Sedangkan tradisi membangun sebuah tembok berasal dari dan dimulai dari danau Titicaca.
Bidang religi, bangsa Inca mempercayai dewa matahari. Raja-raja mereka dipercaya memiliki hubungan genealogis atau asal-usul keturunan dengan dewa matahari. Dewa matahari ternyata sangat besar pengaruhnya dalam masyarakat Inca dan bahkan pada masyarakat Inca terdapat suatu kepercayaan bahwa dewa Matahari itulah yang menurunkan keluarga raja Inca. Oleh karena itu, setiap raja yang sedang memerintah dipandang sama dengan dewa matahari. Tidak diketahui dengan pasti, apakah bangsa Inca juga melakukan upacara pengorbanan manusia seperti bangsa Aztec.
Di samping memuja dewa matahari, masyarakat Inca juga melakukan pemujaan terhadap roh para leluhurnya. Pemujaan itu dilakukan dengan suatu upacara yang luar biasa besarnya. Di Cuzco mereka menyimpan mummi dalam bungkusan kain, konon mummi itu adalah para Raja yang memerintah pada zaman Manco capac (Inca yang pertama). Mummi tersebut ditempatkan pada sebuah rumah yang megah, seperti istana, sekakan-akan mereka masih hidup secara bergantian dikeluarkan untuk menyaksikan upacara. Anggota keluarga raja yang kurang penting, para bangsawan tinggi dan rakyat yang mampu mengawetkan jenazah keluarganya atau yang disebut juga mummifikasi.
Suku ini kemungkinan menjadi penyembah matahari dan memiliki tradisi yang kejam. Setelah Inca muncul dan mengalahkan suku tersebut, maka warisan kebudayaan yang sama membuat Inca merenovasi dan membuat kepercayaan pada para dewa semakin kuat. Penemuan ini terungkap berdasarkan penemuan mumi anak-anak berusia 15 tahun yang diperuntukkan bagi sang dewa. Dari helai-helai rambut yang ada diketahui bahwa anak tersebut digemukkan sebelum dikorbankan.( http://agusdd.wordpress.com/2008/03/30/kota-inca-yang-hilang/).
Tardisi pengorbanan manusia di inca ini disebut dengan Capacocha. Dengan mengorbankan anak-anak yang tidak berdosa yang telah dipilih sebelumnya. Hal itu merupakan suatu penghormatan bagi sang keluarga bagi anak yang dipilih tadi, setelah itu anak yang dikorbankan tadi diperlihatkan dulu pada kaisar di cuzco. Setelah anak tersebut dikorbankan mereka percaya bahwa anak itu akan menjadi dewa sehingga dibuatkan patungnya.Kepercayaan terhadap dewa di Inca tidak memaincan peranan yang meliputi seluruh kehidupan namun kerajaan Inca mempunyai lembaga agama yang mantap sebagai bagian dari pemerintah dan berada di bawah pemerintahan. Kebudayaan inca yang lain adalah mengenai seni musicnya, Musik menjadi bagian dari upacara. Inca sudah mengenal bagaimana cara membaui dan batang-batang rel dilempar sehingga mereka buat banyak orang jenis instrumen yang berbeda seperti terompet dan bel ke luar dari bahan-bahan, bakal-bakal seperti kuningan atau batu.
Ekonomi inca adalah ekonomi pertanian. Tanah pegunungan dibuat berteras untuk pertanian dan dengan irigasi yang maju diciptakan. Mereka sudah mengenal pemupukan. Dan sudah mengenai pembagian kerja semua orang bekerja kecuali sangat orang muda dan sangat tua. Anak-anak yang dikerjakan dengan pedoman menakuti agar pergi binatang dari tanaman panenan dan membantu di rumah. Disini juga sudah mengenal pajak, yang disebut Mita dalam bentuk tenaga kerja.
Inca adalah terkenal untuk emasnya. Mereka menambang deposito yang luas tentang emas dan perak, tetapi kekayaan ini pada akhirnya menjadi  bencana yang dibawa di abad yang ke - 16, ketika Tentara Spanyol datang kekayaan pencarian untuk diri mereka sendiri dan raja mereka. Emas di inca disebut juga " sweat of the sun" yang dapat diartikan keringat dari matahari. Dan perak adalah disebut "tears of the moon" air mata dri bulan.
Uang di inca  hidup dalam wujud pekerjaan. Masing-Masing subjek dari pajak kerajaan yang dibayar oleh pekerja untuk membaut  jalan-jalan, teraciring , terusan pengairan, kuil, atau benteng. Sebagai balasan, para penguasa membayar pekerja mereka di (dalam) pakaian dan makanan. Perak dan emas adalah sangat berlimpah-limpah, tetapi hanya menggunakan untuk ilmu keindahan.
Untuk roda, abjad dan sistem tulisan tidak ada bukti disini. Bangsa inca menyimpan sejarah resmi dan dokumnen mereka didalam sebuah alat yang dinamakan Quipu. alat ini terdiri atas rangkaian benang yang berwarna-warna dan sejumlah benang yang didalamnya dibuat simpul untuk mengingatkan quipucayocs, yaitu pemegang quipu, tentang angka dan statistik, kejadian dan fakta yang dikehendaki.


DAFTAR PUSTAKA
Von Hagen, Victor W. 1963. Realm of the Inca. New york ; the new american Library.



1 komentar:

  1. saya ingin berbagi cerita kepada semua teman-teman bahwa saya yg dulunya orang yg paling tersusah,walaupun mau makan itu pun harus hutang dulu sama tetangga dan syukur kalau ada yg mau kasi,semakin aku berusaha semakin jauh juga pekerjaan dan selama aku ingin berbuat baik kepada orang lain semakin banyak pula yg membenci saya karna saya cuma dianggap rendah sama orang lain karna saya tidak punya apa-apa,dan akhirnya saya berencana untuk pergi mencari dukun yg bisa menembus nomor dan disuatu hari saya bertemu sama orang yg pernah dibantu sama AKI ALHI dan dia memberikan nomor AKI ALHI,dia bilan kepada saya kalau AKI ALHI bisa membantu orang yg lagi kesusahan dan tidak berpikir panjang lebar lagi saya langsun menghubungi AKI ALHI dan dengan senan hati AKI ALHI ingin membantu saya,,alhamdulillah saya sudah menang togel yg ke5 kalinya dan rencana saya bersama keluarga ingin membuka usaha dan para teman-teman diluar sana yg ingin seperti saya silahkan hubungi AKI ALHI,di 0823 1366 9888 saya sangat bersyukur kepada allah karna melalui bantuan AKI ALHI, dan kini kehidupan saya sudah jauh lebih baik dari sebelumnya,ingat kesempatan tdk akan datan untuk yg kedua kalinya
    Atau KLIK TOGEL AKURAT 88


























    saya ingin berbagi cerita kepada semua teman-teman bahwa saya yg dulunya orang yg paling tersusah,walaupun mau makan itu pun harus hutang dulu sama tetangga dan syukur kalau ada yg mau kasi,semakin aku berusaha semakin jauh juga pekerjaan dan selama aku ingin berbuat baik kepada orang lain semakin banyak pula yg membenci saya karna saya cuma dianggap rendah sama orang lain karna saya tidak punya apa-apa,dan akhirnya saya berencana untuk pergi mencari dukun yg bisa menembus nomor dan disuatu hari saya bertemu sama orang yg pernah dibantu sama AKI ALHI dan dia memberikan nomor AKI ALHI,dia bilan kepada saya kalau AKI ALHI bisa membantu orang yg lagi kesusahan dan tidak berpikir panjang lebar lagi saya langsun menghubungi AKI ALHI dan dengan senan hati AKI ALHI ingin membantu saya,,alhamdulillah saya sudah menang togel yg ke5 kalinya dan rencana saya bersama keluarga ingin membuka usaha dan para teman-teman diluar sana yg ingin seperti saya silahkan hubungi AKI ALHI,di 0823 1366 9888 saya sangat bersyukur kepada allah karna melalui bantuan AKI ALHI, dan kini kehidupan saya sudah jauh lebih baik dari sebelumnya,ingat kesempatan tdk akan datan untuk yg kedua kalinya
    Atau KLIK TOGEL AKURAT 88



    BalasHapus