Rabu, 23 Desember 2015

Bangsa Aborigin Di Australia


Ega Elfischa/14B/SAO
A.    Aborigin Australia
           Bangsa Aborigin adalah penduduk asli/awal benua Australia dan kepulauan disekitarnya, termasuk juga mencakup Tasmanian dan kepulauan selat Torres. Kata aborigin dalam bahasa Inggris mempunyai arti "penduduk asli/penduduk pribumi", dan mulai digunakan sejak abad ke-17 untuk mengacu kepada penduduk asli Australia saat itu. Saat ini belum ada teori yang jelas atau berterima tentang asal ras bangsa aborigin Australia. Meskipun mereka bermigrasi ke Australia melalui Asia Tenggara,  namun tidak ada keterkaitan dengan populasi suku-bangsa di Asia, dan juga dengan penduduk kepulauan yang berdekatan, seperti Melanesia dan Polinesia.Anda dapat melihat seni dan tarian kontemporer Aborigin di kota-kota Australia.  Atau kunjungi daerah pedalaman dan dengarkan mitos penciptaan Dreamtime dengan ditemani api unggun.  Jalan-jalan di hutan semak, snorkeling, berbagi makanan khas hutan semak atau belajar membuat tombak dan menangkap ikan dengan cara
tradisional.  Orang-orang Aborigin akan membantu Anda memahami tanah purba ini, beserta spiritualitas dan keajaibannya. Salah satu budaya yang terkenal dari suku Aborigin adalah senjata berburu yang sering mereka gunakan, yaitu Boomerang. Senjata ini sangatlah unik karena setelah dilempar jauh,dapat kembali lagi, senjata ini sering digunakan untuk berburu di hutan maupun padang savannah. Dalam kehidupan sehari-hari suku Aborigin memang di habiskan untuk berburu binatang liar seperti Kanguru (binatang khas Australia), selain menggunakan Boomerang mereka juga menggunakan senjata-senjata tradisional seperti tombak dan panah.Di saat musim dingin suku Aborigin menggunakan pakaian yang terbuat dari kulit kanguru. Bagi orang-orang Aborigin yang masih hidup secara tradisional, mereka tidak pernah mengenal bercocok tanam dan memelihara ternak, itulah sebabnya kelompok mereka tidak pernah pergi jauh dari sumber air maupun sungai. Tempat tinggalnya pun masih bersifat nomanden atau berpindah-pindah, rumah yang dibuatnya pun sangat sederhana dan hanya terbuat dari ranting-ranting pohon dan daun-daun yang di susun.
           Dalam kehidupan bersosial antar suku, sebuah kelompok Aborigin diketuai oleh seorang pemimpin suku, ketua suku tersebut juga merangkap jabatan sebagai dukun atau tabib, dan turut memimpin dalam ritual-ritual adat maupun acara perkawinan. Suku Aborigin sendiri terbagi atas banyak kelompok menurut wilayah yang mereka tinggali, diantaranya adalah Aborigin Bama di wilayah Queensland, Aborigin Koori di wilayah New south Wales dan Victoria, Aborigin Murri di wilayah Queensland selatan, Aborigin Noongar di wilayah selatan bagian Australia barat, Aborigin Nunga di wilayah Australia selatan, Aborigin Anangu di wilayah dekat perbatasan Australia selatan dan barat, serta Aborigin Palawah yang tinggal di pulau Tasmania. Komunitas Aborigin terbanyak ialah Aborigin Anangu yang memiliki populasi 32,5% dari seluruh orang Aborigin di Australia, namun jika dihitung keseluruhan dengan penduduk Australia suku Aborigin hanya berjumlah 517.000 jiwa dan jika di persentasi hanya 2,3%.Sempat terjadi diskriminasi dari orang-orang Eropa terhadap suku Aborogin, bahkan suku Aborigin kerapkali dianggap sebagai Fauna/hewan, namun diskriminasi tersebut saat ini berangsur-angur melunak, dan salah satu strategi politik untuk permasalahan Aborigin adalah dengan proses Asimilasi antara orang kulit putih dan kulit hitam Suku Aborigin. Perkawinan campur ini banyak membuat anak-anak mereka menjadi tidak lagi berkulit hitam, bahkan untuk generasi-generasi berikutnya semakin putih sama dengan orang Eropa.Dalam kehidupan bersosial antar suku, sebuah kelompok Aborigin diketuai oleh seorang pemimpin suku, ketua suku tersebut juga merangkap jabatan sebagai dukun atau tabib, dan turut memimpin dalam ritual-ritual adat maupun acara perkawinan.
           Suku Aborigin sendiri terbagi atas banyak kelompok menurut wilayah yang mereka tinggali, diantaranya adalah Aborigin Bama di wilayah Queensland, Aborigin Koori di wilayah New south Wales dan Victoria, Aborigin Murri di wilayah Queensland selatan, Aborigin Noongar di wilayah selatan bagian Australia barat, Aborigin Nunga di wilayah Australia selatan, Aborigin Anangu di wilayah dekat perbatasan Australia selatan dan barat, serta Aborigin Palawah yang tinggal di pulau Tasmania. Komunitas Aborigin terbanyak ialah Aborigin Anangu yang memiliki populasi 32,5% dari seluruh orang Aborigin di Australia, namun jika dihitung keseluruhan dengan penduduk Australia suku Aborigin hanya berjumlah 517.000 jiwa dan jika di persentasi hanya 2,3%. Sempat terjadi diskriminasi dari orang-orang Eropa terhadap suku Aborogin, bahkan suku Aborigin kerapkali dianggap sebagai Fauna/hewan, namun diskriminasi tersebut saat ini berangsur-angur melunak, dan salah satu strategi politik untuk permasalahan Aborigin adalah dengan proses Asimilasi antara orang kulit putih dan kulit hitam Suku Aborigin. Perkawinan campur ini banyak membuat anak-anak mereka menjadi tidak lagi berkulit hitam, bahkan untuk generasi-generasi berikutnya semakin putih sama dengan orang Eropa.
           Tujuh tempat khusus di mana dapat berhubungan dengan Aborigin Australia
A.Uluru, NT
1. Taman Nasional Uluru-Kata Tjuta, Teritorial Utara
Kunjungi Uluru dan Anda akan mengetahui mengapa batu raksasa dan tanah sekitarnya ini mempunyai makna spiritual yang sangat besar bagi kaum Aborigin Anangu.  Menurut mitos penciptaan mereka, makhluk-makhluk nenek moyanglah yang membentuk Uluru, yang terletak di Red Centre Australia , berbentuk seperti jantung berukuran raksasa yang tampak muram .  Pemandu Aborigin Anda akan menceritakan kisah kuno ini sembari Anda berjalan mengelilingi dasar batu.  Hanya dalam jarak 32 kilometer terdapat sebuah tempat keramat lainnya – Kata Tjuta.  Hati siapa pun pasti terpesona oleh kubah-kubah bulat berwarna coklat kemerahan yang curam ini, dengan luas lebih dari 3.500 hektar.
B. Kimberley, NT
2. Kimberley, Australia Barat
Dengan cakrawala yang luas dan ngarai-ngarai kuno, wilayah Kimberley adalah salah satu area alam bebas besar terakhir di dunia.  Di sini Anda akan menemukan gambar-gambar Wandjina yang dilukis di dalam gua dan lukisan Gwion Gwion yang misterius.  Pelajari legenda "kubah sarang lebah" berwarna oranye dan hitam dari Bungle Bungles, dan tinggallah di dalam komunitas Aborigin.
C.Daintree Rainforest, QLD
3.Daintree, Queensland
Dengan usia lebih dari 135 juta tahun, Hutan Hujan Daintree kami yang mempesona, rumah bagi suku Wujal Wujal, adalah hutan hujan tertua di dunia. Lintasi payung hijau raksasa ini dan temukan burung-burung yang unik dan margasatwa lainnya, yang banyak di antaranya tidak dapat ditemui di tempat lain di dunia.
D. Coorong, SA
4. Coorong, Australia Selatan
Menyatulah dengan alam saat Anda menaiki kayak di sepanjang laguna dan perairan di Coorong. Pemandu Ngarrindjeri Anda akan berkisah tentang makanan khas hutan semak, obat-obatan tradisional dan kehidupan burung lokal yang luar biasa. Saat malam tiba, Anda dapat mendengarkan cerita dan mencium aroma damper segar (roti pedalaman) yang sangat lezat saat dikeluarkan dari bara api unggun.
E.Gippsland, VIC
5. Gippsland, Victoria
Temukan sejarah Aborigin yang kaya di sepanjang pesisir Gippsland yang berbukit-bukit.  Jelajahi rimbunnya pepohonan pakis, pantai-pantai berpasir dan hutan eukaliptus di tanah keramat yang sekarang dikenal sebagai Taman Nasional Wilsons Promontory.  Ikutilah jejak rute perdagangan kaum Aborigin yang telah berusia 18.000 tahun.  Saksikan kaum Aborigin setempat membuat keranjang, tombak, perisai dan kano dengan cara tradisional di Bairnsdale.  Atau temukan tempat Dreamtime menyentuh ngarai, hutan hujan dan aliran air di Woolshed Creek.
F.Sydney, NSW
6.Tur budaya Sydney, New South Wales
Tengoklah kehidupan penduduk asli Sydney dengan berlayar di pelabuhan atau mengikuti tur jalan kaki.  Anda dapat mempelajari nama-nama kaum Aborigin dan arti tempat-tempat penting di Sydney sembari berlayar di pelabuhan bersama pemandu Aborigin.  Kunjungi pahatan batu dan perkampungan kuno Aborigin, lalu mampir di Clark Island untuk mendapat sambutan tradisional kaum Aborigin.  Setelah turun dari perahu, Anda dapat mencicipi makanan ala hutan semak dan mempelajari penggunaan tetumbuhan oleh kaum Aborigin, di dalam tur jalan kaki melintasi Botanical Gardens yang rimbun di tepi pelabuhan Sydney.
7. Bangarra Dance Company, Nasional
Jangan lewatkan pertunjukan dari salah satu kelompok tari paling inovatif, tertua dan sekaligus termuda di Australia.  Bangarra memadukan tradisi yang telah berusia 50.000 tahun dengan pengaruh tari kontemporer dari seluruh dunia.  Saksikan bahasa tari Australia sejati ini di dalam teater utamanya di Sydney, atau di panggung berbagai kota di seantero Australia.
DAFTAR PUSTAKA
-          Siboro, J. 1989. Sejarah Australia. Jakarta: Departemen Pendidikan dan     Kebudayaan, Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Proyek     Pengembangan Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan.
-          Channel, Richard H. 1992. Budaya dan Politik Australia, diterjemahkan oleh Sujinah Harlinah, Ismu. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia.
-          Harjono, Ratih. 1992. Suku Putihhnya Asia: Perjalanan Australia MencariJati Dirinya. Gramedia Pustaka.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar