MASUK NYA KERAJAAN ROMAWI DI BELGIA


YURESHA FEBRIANTI FAHMI / PIS /A

            Belgia secara politik tidak ada sebelum tahun 1830 . jukius caesar dalam commentaries yang menjelaskan kampanye nya melawan suku keltik mengatakan "dari semua suku bangsa ini , orang belgia adalah orang yang paling berani" namun  caesar mengalahkan suku bangsa pemberani ini dan romawi selama kira-kira 500 tahun runtuhnya kekaisaran romawi diikuti oleh tahun-tahun kekacauan wilayah itu akhirnya menjadi bagian negara eropa baratyang besar dulunya adalah kekaisaran charlemagne pada permulaan abad ke-9 , charlemagne memilih kota-kota wilayah ini dan mendukung perdangangan yang sebelumnya oleh orang romawi

            Dalam periode feodal tidak ada penguasa pusat yang tegas . belgia belgia terbagi diantara para pangeran , uskup , dan penguasa lokal lainya sebagian bersekutu dengan prancis , sebagian lagi dengan jerman. Sejarah abad pertengahan belgia di dominasi oleh berbagai peristiwa yang menyangkut ke uskupan liege, penguasa brabant, dan luxembourg flanders, tumbuh menjadi penting . zaman itu dan berkembangnya suatu kelas menengah yang kaya dan terpelajar.
            Pada abad ke-15 , melalui penaklukan, perjanjian, dan perkawinan kaum bangsawan. Seluruh belgia yang sekarang berada di bawah pemerintahan raja muda burgundia. Mereka mencoba untuk menyatukan negara dengan membatasi kebebasan kota-kota perang dan perkawinan akhirnya membawa belgia kebawah pemerintahan spanyol (1519-1715) , austria (1715-1794) dan prancis (1794-1815). Setelah kekalahan napoleon pada tahun 1815 di waterloo , beberapa mil sebelah selatan brussel, belgia di serahkan kepada belanda oleh para penanda tanganan perjanjian paris
            Bangsa belgia tidak senang di bawah pemerintahan belanda. Sebuah pemberontakan meletus di brussel di gedung opera pada tanggal 25 agustus 1830. La muette de portici (si bisu portici)karangan daniel auber sedang di mainkan dan permohonan untuk kebebasan yang yang merupakan bagian dari opera membangkitkan imaginasi penonton. Mereka menyerbu dan merampok rumah-rumah menteri raja wiliam I dari belanda. Pemberontakan menyebar sehingga negara-negara penanda tangan perjanjian paris terpaksa bertemu di london. Pada bulam desember 1830, secara resmi mereka memutuskan pemisahan belgia dari belanda. Wiliam I menolak keputusan itu dan menyerbu belgia. Dengan bantuan tentara prancis dan inggris, kemerdekaan belgia di kukuhkan. Pada tahun 1839 kekuatan-kekuatan dieropa menjamin kemerdekaan belgia dan "kenetralannya yang abadi"
            Raja pertama belgia, yang di pilih oleh rakyat untuk memerintah mereka di bawah kekuasaan konsitutusional yang sangat terbatas, adalah pangeran leopold dari saxe coboug gotha , yang menjadi leopord I dari belgia adalah paman ratu victoria dari inggris di bawah pemerintahannya dan pemerintahan  leopord II negara ini bertambah makmur dan mulai berkembang menjadin pusat industri, perdangangan, dan perbankan seperti sekarang ini.
            Leopond II yang bertindak sebagai seorang warga negara pribadi , dengan bantuan beberapa teman , membiyai penelitian dan penjajahan daerah kongo di afrika. Pemerintah menolak untuk meyokong usaha ini, tetapi pada tahun 1876 leopond mendirikan association internasionale ricaine (penghipunan internasional afrika) ia dan rekannya mengumpulkan tembaga,emas dan berlian. Perkebunan kapas dan daerag perternakan didirikan. Negara afrika yang luas menjadi sumber utama bahan mentah untuk belgia dan tempat pemasaran barang jadi belgia, akhirnya pada tahun 1908 parlemen belgia mengambil alih administrasi negara merdeka kongo sebagai sebuah daerah jajahan belgia pada tahun 1960 kongo belgia memperoleh kemerdekaannya semula di kenal sebagai republik demokrasi kongo (kinshasa) dan sekarang menjadi republik zaire. Negara ini tetap teikat dengan belgia karena ikatan finansial dan perdangangan. (sebuah artikel mengenai zaire terdapat pada jilid 2).
Meskipun ada jaminan kenetralan, pihak jerman menyerbu belgia pada tahun1914 saat pecah perang dunia I. Tentara belgia dibawah raja albert yang telah siap untuk peristiwa ini, bertempur dengan sengit. Mereka mundur dan kembali bertempur di atas tanah prancis . orang belgia tetap berada di bawah pendudukan jerman menderita kesulitan yang sungguh hebat setelah perang rakyat bekerja keras dibawah raja mereka yang populer untuk membangun kembali negara mereka yang hancur.
Pada tahun 1937 raja leopond III  menarik belgia dari persekutuan dengan inggris dan prancis dan mengumumkan bahwa belgia sama sekali netral. Hilter sendiri berjanji untuk mempertahankan kenetralan belgia, tetapi setelah perang dunia II mulai tank-tank jerman menyerbu belgia (10 mei 1940) sedangkan pesawat-pesawat udara jerman membom pelabuhan udara, stasiun kereta api, dan pusat komunikasi negara itu. Raja leopond III memilih untuk tinggal di negara nya dari pada mengikuti nasehat kabinetnya, yaitu membentuk pemerintahan persaingan. Leopond di penjarakan oleh pihak jerman, tetapi kabinet belgia melanjutkan pertempuran dari london. Ketika tentara sekutu datang membebaskan negeri ini pada tahun 1944, puhak oposisi yang terdiri atas sebagian besar orang belgia, yang menantang leopond karena tindakannya di waktu perang, membuat raja itu turun tahta pada tahun 1951 yang mengangkat putranya menjadi raja baudouin I. Leopond kemudian hidup dalam pengasingan sampai meninngal pada tahun 1983.
BELGIA SAAT INI            
            Belgia adalah monarki konstitusional dengan bentuk pemerintahan parlementer. Sebagai pelopor dalam perjuangan mengurangi pembatasan ekonomi, militer, dan politik antarnegara, belgia telah bertindak sebagai sebuah negara percontohan dengan bekerja sama sebaik-baiknya dengan negara tertangga.
            Dalam uni benelux, ketiga negara yaitu belgia, negara luxembourg dijadikan satu unit tampa cukai ataupun batasan ekomomi lain. Belgia telah menjadi pelopor pengembangan masyarakat bangsa-bangsa eropa sehingga belgia, prancis,jerman barat, italia, luxemboug dan negeri belanda telah mengintegrasikan ekonomi mereka dan telah mengambil sedikitnya beberapa langlah menuju kesatuan politik yanglebih besar. Agen untuk tindakan kerja sama ini adalah masyarakat ekonomi eropa (pasaran bersama) masyarakat batu bara dan baja eropa dan EURATOM, masyarakat tenaga atom eropa. Ketika organisai itu bermarkas besar di brussel.
Sebagai sebuah negara dengan ekonomi yang stabil, yang menikmati perkembangan industri yang tinggi dan kepemimpinan dalam kerja sama dunia , belgia harus bekerja keras untuk mengatasi masalah yang unik negara ini harus memulihkan hubungan yang retak antara orang fleming dan utara orang walloon di selatan yang, meskipun merasa bangga sebagai orang belgia, seringkali mengiginkan pemisahan. Usaha-usaha untuk mengurangi ketentangan pada tahun 1980 karena tingkat pengganguran yang tinggi dan ekonomi.
            Belgia (secara resmi disebut kerajaan belgia) adalah sebuh negara yang terletak di bagian barat benua eropa. Negara ini merupakan negara anggota pendiri uni eropa dan menjadi ibukota uni eropa, serta organisasi internasional lainnya termasuk NATO.belgia meliputi wilayah seluas 30.528 km2 dan memilki populasi penduduk sekitar 10,5 juta jiwa.
            Terletak di antara dua pembatasan budaya antara daerah jermanik dan latin, belgia adalah sebuah negara dari dua kelompok etnik, flandria dan prancis yang mana sebagian besarnya adalah walloon dan sekelompok adalah pembicaraan pembicara bahasa jerman.
            Dari tinjauan geografis, dua area terbesar dari belgia adalah wilayah penutur bahasa belanda yang merupakan area dari flandria yang ada di utara, dengan 59% dari populasi secara keseluruhan, wilayah penuntur bahasa prancis terletak di bagian selatan dari daerah walonia, dengan populasi sebesar 31%. Daerah ibukota brussel, walaupun secara resmi memiliki 2 bahasa nasional, namun pada umumnya penutur berbahasa prancislah yang mendominasi daerah kantong ini. Keseluruhan wilayahnya berada di wilayah flandria yang berbahasa belanda, dan memiliki populasi sebesar 10% dari populasi keseluruhan.
            Nama belgia berasal dari gallia belgica sebuah provinsi roman di area selatan jauh dan galia yang di diami oleh belgae, suatu campuran dari etnik kelt dan orang-orang jerman. Dari sejarah belgia, belanda,dan luksemburg dikenal sebagai negara-negara bawah, yang dulunya menempati area yang lebih luas dari kelompok negara-negara benelux saat ini. Sejak abad pertengahan hingga abad ke-17, daerah itu sudah menjadi pusat dari perdangangan dan kebudayaan. Sejak abad ke-16 hingga revolusi belgia yang terjadi pada tahun 1830, banyak terjadi perang saudara memperebutkan kekuatan eropa dan seringnya terjadi di area belgia.menyebabkannya dijuluki lapangan perang dari eropa.
            Membuat nya kuat dan membutuhkan banyak material aspek terakhir adalah faktor yang timbulkan sejak zaman kerajaan belgia kolonial selama 2 milenia terakhir, daerah yang kini dikenal sebagai belgia telah menyaksikan pergolokan demografi,politik, dan budaya. Populasi yang pertama kali terdokumentasi ialah penaklukan kawasan itu oleh republik roma pada abad ke-1 SM , disusul pada abad ke-5 oleh bangsa frank jermanik. Bangsa mendirikan kerajaan merovingia, yang menjadi kekaisaran karoligia pada abad ke 8. Selama abad pertengahan, negeri-negeri rendah terpecah menjadi banyak negara feodal kecil. Sebagian besar bersatu selama abad ke 14 dan 15 oleh bangsa burgundia sebagai belanda burgundia. Negara-negara itu mendapatkan derajat otonomi pada abad ke-15 dan kemudian di namai tujuh belas provinsi.
Sejarah belgia bisa di bedakan dari negeri-negeri rendah dari abad ke-16. Perang 80 tahun (1568-1648) membagi 17 provinsi menjadi provinsi bersatu  di utara dan belanda selatan. Provinsi selatan diprintah secara suksetif oleh habsburg spanyol dan austria hingga saat kemerdekaan, belanda selatan di cari oleh sejumlah penakluk prancis dan merupakan teater sebagian besar peperangan prancis, spanyol, dan prancis-austria selama abad ke-17 dan 18 menyusul kampanye 1794 dalam peperangan revolusi prancis, wilayah-wilayah yang termasuk negeri-negeri rendah yang tidak pernah di bawah kekuasaan habsburg, seperti keuskupan liege di keroyok oleh prancis, mengakhiri kekuasaan spanyol-austria di kawasan itu. Persatuan kembali negeri-negeri rendah seperti kerajaan belanda bersatu terjadi di akhir kekaisaran prancis pada 1815. Walaupun begitu pengaruh prancis  masih terasa kental khususnya di bidang politik dan telah lebih dari 350 tahun menjalin hubungan dengan negara rendah.
Revolusi belgia pada tahun 1830 menimbulkan pendirian belgia merdeka katolik dan netral di bawah pemerintahan sementara dan kongres nasional. Sejak pelantikan leopold I sebagai raja pada 1831, belgia telah menjadi monarki konstitusional dan demokrasi parlementer. Antara kemerdekaan dan perang dunia II, sistem demokrasi berubah dari oligarki yang dicirikan oleh kedua pihak utama, katolik dan liberal, menjadi sistem hak pilih universal yang termasuk pihak ke-3 partai buruh, dan peran kuat buat persatuan dagang. Aslinya, bahasa prancis yang merupakan  bahasa teradopsi dari kaum bangsawan dan borjuis, menjadi bahasa resmi. Sejak itu negeri itu mengembangkan sistem dwi bahasa , bahasa prancis – bahasa perancis.
Konferensi berlin 1885 setuju untuk menyerah kongo kepada raja leopond II sebagai milik pribadinya, disebut negara bebas kongo. Pada 1908 diserahkan kepada belgia sebagai koloni , selanjutnya di sebut kongo belgia kenetralan belgia ternoda pada 1914, saat jerman menyerang belgia sebagai bagian rencana schieffen . bekas koloni jerman ruanda urundi kini disebut rwanda dan burundi di caplok oleh kongo belgia pada 1916 kedua koloni itu diamanatkan pada 1924 ke belgia oleh liga bangsa-bangsa dan 1980 regionalisasi persatuan telah menimbulkan pendirian sistem federal 3 badan tingkat , komunitas linguistik dan pemerintah regional , kompromisasi yang di rancang untuk memperkecil ketengangan linguistik . kini entitas-entitas federal itu lebih menjujung kekuasaan legislatif  dari pada parlemen 2 kamar nasional, sedangkan pemerintah nasional masih mengendalikan hampir semua pajak, lebih dari 80% keuangan  pe,erintahan komunitas dan kawasan , dan 100% keamanan sosial.
            DAFTAR PUSTAKA:
NEGARA DAN BANGSA.ED.1.(JAKARTA)2002 EDISI KE ENAM GROLIER INTERNASIONAL,INC.

No comments:

Post a Comment