SEJARAH PENJARA FREMANTLE DI AUSTRALIA

Nadia Anugrah


Penjara Fremantle adalah salah satu penjara yang ada di kota kecil di Australia Barat. Penjara ini terletak di muara Sungai Swan,di pinggiran Perth. Kota kecil ini dibangun oleh Kapten Charles Howe Fremantle pada tahun 1829. Kapten Charles Howe  Fremantle diperkirakan adalah orang yang membuat kota kecil ini menjadi kota yang cukup bersejarah dalam fikiran manusia sekarang atau di zaman dahulunya.Kapten Charles ini juga ingin membuat kota kecil yang masih belum maju ini untuk menjadi  kota yang di kenal oleh banyak orang. Sehingga,Kapten Charles Howe Fremantle ini membawa orang-orang Inggris sebanyak 2.000 orang untuk membangun kota impiannya.

Tetapi perkiraan Kapten Charles Howe Fremantle  bahwa kota impiannya dapat terwujud hanya dengan 2.000 orang Inggris yang di bawanya dari Inggris ke kota kecil ini kurang tepat. Karena,ternyata dia membutuhkan orang yang lebih banyak untuk membangun kota impiannya ini. Sehingga Kapten Charles ini memutuskan untuk membawa tahanan yang ada di Inggris dan Irlandia sebanyak mungkin untuk mempekerjakan mereka dalam pembangunan kota impiannya yang maju itu.

Tahanan yang di bawanya dari Inggris dan Irlandia di janjikan akan bebas jika kota impiannya sudah terwujud,tapi nyatanya tidak. Tahanan yang dibawa oleh Kapten Charles Howe ternyata terlalu banyak dan para tahanan itu membeludak di kota kecil tersebut. Sehingga,Kapten Charles ini bekerja sama dengan pemerintah Inggris untuk membangun  penjara bagi para tahanan yang ada. Maka berdirilah Penjara Fremantle pada tahun 1850 an. Rancangan Penjara Fremantle didasarkan pada Penjara Pentonville di Inggris[1].

Penjara Fremantle ini juga diperkirakan menjadi blok sel penjara terpanjang. Selain itu,tanah  tempat berdirinya Penjara Fremantle ini adalah tanah hasil hibah dari narapidana asli,ukuran tanah tersebut diperkirakan seluas 36 hektar. Penjara Fremantle  ini  terbuat dari batu kapur. Penjara Fremantle juga memiliki dinding yang setinggi 15 kaki menutupi main Cell Blok,dapur, bakehouse,komleks,washouse,pemandian,bengkel Rumah Sakit dan sel tahan api[2].

Nah,mari kita bahas bagian dalam Penjara Fremantle yang dibuat oleh orang inggris. Bagian Blok Sel Utama menyediakan akomodasi untuk 1000 pria yang kebanyakkan berada dalam sel tunggal atau asrama besar. Akomodasi juga dibangun untuk pengawas Keuangan Umum,Pantera Pekerjaan,Insinyur Kerajaan,sipir dan penjaga tahanan. Di dalam Penjara Fremantle juga terdapat tiang gantung tempat para tahanan yang bersalah dibunuh. Di bagian atas tembok-tembok terdapat kawat tajam yang menjulang tinggi. Di sana juga terdapat padang tembak dan menara senjata.

Di dalam Penjara Fremantle juga terdapat terowongan bawah tanah.Terowongan bawah tanah ini dibuat oleh para tahanan. Torowongan ini sangatlah penting bagi orang-orang yang ada di dalam penjara.Karena,terowongan ini digunakan untuk pemasok air bagi tahanan dan penjaga yang ada di penjara tersebut. Di dalam Penjara Fremantle juga terdapat tiang pencabukkan bagi para tahanan  yang bersalah. Di dalam Penjara Fremantle juga ada  kamar mayat untuk menyimpan mayat para tahanan yang mati,baik tahanan yang mati karna dicambuk atau di gantung.

Penjara Fremantle walau sudah dibangun begitu menakkutkan dan ketat,tetap saja ada tahanan yang berani melarikan diri dari Penjara Fremantle. Tahanan yang lari atau kabur tersebut ada yang berhasil dan ada yang gagal.Tahanan yang gagal akan dikenakan hukuman yang sangat menyeramkan. Hukuman yang diberikan kepada tahanan antara lain : hukuman gantung,hukuman cambuk dan hukuman kerja paksa yang menyeramkan.

Kisah para tahanan yang di hukum karena mencoba melarikan diri dari Penjara Fremantle ini ada yang menjadi cukup terkenal kisahnya di telinga masyarakat di Australia. Kisah hukuman  yang cukup terkenal ada kisah pembunuh berantai Eric Edgar Cooke  yang dihukum mati di Australia dan kisah ini adalah kisah  hukuman mati terakhir di Australia. Hukuman mati Eric Edgar Cooke ini terjadi pada sekitar tahun 1964. Di balik kisah tahanan yang gagal melarikan diri juga ada kisah tahanan yang dapat melarikan diri dan bebas dari Penjara Fremantle ini. Kisah yang cukup terkenal adalah kisah dari seniman yang kabur dari Penjara Fremantle ini dengan cara yang cerdik. Cara yang dilakukan oleh seniman ini belum diketahui sampai sekarang. Selain kisah dari seniman yang cerdik  itu juga ada kisah dari Moodyne Joe yang berhasil melarikan diri karena dia berhasil membobol tembok batu kapur Penjara Fremantle.

Kisah pelarian para tahanan dari Penjara Fremantle yang di atas ini adalah kisah yang cukup terkenal di kehidupan masyarakat sekarang maupun di sejarah.Kisah Penjara Fremantle ini memang cukup menyeramkan karena banyak kisah-kisah yang berhubungan dengan kematian dan rasa sakit yang di rasakan oleh para tahan yang tinggal di Penjara Fremantle.Alasan dari pemberian  hukuman yang sangat menyakitkan  kepada para tahanan ini agar mereka jera dan tidak berani untuk kabur atau melarikan diri dari Penjara Fremantle ini.Selain itu,alasannya adalah bahwa para penjaga dan Kapten Carles Howe Fremantle ini tidak pernah main- main dengan hukuman-hukuman yang sudah di tetapkan[3].

Namun,Penjara Fremantle ini akhirnya diserahkan kepada otoritas koloni. Penjara Fremantle ini diserahkan kepada otoritas koloni pada tahun 1886. Penjara Fremantle ini digunakan oleh otoritas koloni untuk menampung narapidana lokal. Setelah Penjara Fremantle ini diserahkan kepada otoritas koloni ada perubahan pada Penjara Fremantle. Perubahan Penjara Fremantle antara lain:membangun dinding bagian dalam di biok utama membuat divisi terpisah,merobohkan dinding bagian dalam di antara dua sel,memperkenalkan sistem klasifikasi tahanan.

Selain perubahan yang di atas Penjara Fremantle juga mengalami perubahan kegunaan tapi tidak seluruh kegunaan Penjara Fremantle ini berubah. Kegunaan Penjara Fremantle hanya berubah sebagian yaitu Penjara Fremantle digunakan sebagian penjara militer saat perang dunia meletus. Penjara Fremantle juga mengalami perubaha divisi baru,divisi baru ini selesai pada tahun 1907 dan ditempati pada tahun berikutnya.

Perubahan-perubahan Penjara Fremantle ini tidak berjalan terlalu mulus,seperti yang dibayangkan oleh otoritas koloni. Sebab,saat setelah terjadinya perubahan pada Penjara Fremantle ini banyak kritikan-kritikan yang hadir. Kritikan-kritikan ini hadir karena disebabkan perubahan Penjara Fremantle ini  memiliki dokumen yang lemah. Selain itu,Sheriff diizinkan untuk memegang kantor pengawas keuangan umum penjara yang secara efektif membuatnya tidak lebih dari perubahan nama.

Selain memdapat kritikan dari berbagai pihak yang ada dikarenakan perubahan yang kurang senang untuk diterapkan di Penjara Fremantle ini. Terdapat juga perubahan-perubahan yang baik,baik untuk narapidana yang ada. Contoh perubahan yang baik di penjara Fremantle ini adalah adanya  perobohan bagian sel dalam untuk mmperluas sel para tahanan dan agar membuat penjara tidak terlalu sesak lagi. Sehingga para tahanan dapat betah di dalam penjara.

Setelah beberapa saat,departemen pemerintah yang bertanggung jawab atas Penjara Fremantle ini melakukan beberapa reorganisasi. Reorganisasi ini dilakukan pada tahun 1970an. Tetapi,budaya Penjara Fremantle menolak untuk berubah. Sehingga,terjadi ketidak puasan para tahanan Penjara Fremantle ini memuncak. Para tahanan ini marah dan membuat kerusuhan. Kerusuhan terjadi pada tahuun 1988. Para tahanan menyandera para penjaga sebagi aksi protes dan terjadinya kebakaran di Penjara Fremantle dan dalam peristiwa itu memakan biaya ganti rugi yang sanggat mahal.Sehingga,Penjara Fremantle di tutup pada tahun 1991dan ditinggal begitu saja.

Kemudian pada tahun berikutnya,kota kecil Fremantle ini dibuka kembali dan Pennjara Frementle tidak berpenghuni lagi. Kota kecil dan Penjara Fremantle dijadikan tempat wisata bagi masyarakat maupun turis. Di sana  kita bisa melihat artefak bersejarah dan lukisan-lukisan para tahanan di dinding bekas Penjara Fremantle. Penjara Fremantle berjarak sekitar 13 mil(22 kilometer) di selatan Perth dan mudah dicapai dengan angkutan umum. Tempat ini buka setiap hari sepanjang tahun kecuali selama jumat agung dan natal[4].

 

KESIMPULAN

     Penjara Fremantle adalah penjara yang dibuat oleh para tahanan Inggris yang di bawa oleh Kapten Charles Howe Fremantle dengan bantuan pemerintah Inggris. Penjara Fremantle ini di bangun dari  batu kapur. Di Penjara Fremantle ini juga ada kisah- kisah yang menyeramkan terjadi. Contoh dari kisah yang menyeramkan salah satunya adalah kisah Eric Edgar Cooke yang dihukum mati di Penjara Fremantle.Ada banyak kerusuhan yang terjadi.Akibatnya,Penjara Fremantle pada tahun 1991 di tutup. Kemudian,beberapa tahun kemudian Penjara Fremantle di buka lagi sebagai tempat wisata bagi masyarakat sekitar maupun turis.



[1] Tempo. Indonesia. https://travel.tempo.co/read/650813/menelusuri-penjara-fremantle-yang-legendaris. Diakses 26 Desember 2020.                                 

[2] Fremantle Prison.Indonesia. https://translate.googleusercontent.com/translate_c?client=srp&depth=2&hl=id&nv=1&prev=search&rurl=translate.google.com&sl=en&sp=nmt4&tl=id&u=https://web.archive.org/web/20140513080020/http://www.fremantleprison.com.au/Cultural_Heritage/prisonbuildings/Pages/default.aspx&usg=ALkJrhjopc8VNhag7ZNleXcjpQSb6DjqSw.  Diakses 26 Desember 2020.

[3] Tari Danawidjaja. Coincidentia. Jakarta. 2005.  Hal 44

[4] Agung Basuki. Wisata  Hemat: Australia Perth & Fremantle. Jakarta. 2012 . Hal 117.

 

DAFTAR PUSTAKA

Agung Basuki. 2012. Wisata  Hemat: Australia Perth & Fremantle.  Jakarta .

Fremantle Prison. ”Indonesia”.https://translate.googleusercontent.com/translate_c?client=srp&depth=2&hl=id&nv=1&prev=search&rurl=translate.google.com&sl=en&sp=nmt4&tl=id&u=https://web.archive.org/web/20140513080020/http://www.fremantleprison.com.au/Cultural_Heritage/prisonbuildings/Pages/default.aspx&usg=ALkJrhjopc8VNhag7ZNleXcjpQSb6DjqSw Diakses 26 Desember 2020    

Tari Danawidjaja. 2005. Coincidentia.  Jakarta .

Tempo.” Indonesia”. https://travel.tempo.co/read/650813/menelusuri-penjara-fremantle-yang-legendaris  Diakses 26 Desember 2020

No comments:

Post a Comment