Washington Ibukotanya Amerika Serikat

 IRKFA ZUHAYRIAH TANJUNG /PIS

Washington ,D.C.secara formal bernama Distrik Columbia dan umumnya disebut Washington "the Distric",atau D.C. saja adalah ibukota Amerika Serikat .Pada tanggal 16 Juli 1790,Kongres Amerika Serikat menyetujui pembentukan distrik khusus untuk digunakan sebagai ibukota nasional permanen sebagaimana yang diijinkan oeh kostitusi Amerika Serikat .Distrik ini bukan bagian dari negara bagian AS manapun dan seara langsung diawasi oleh pemerintah federal.
Distrik Federal dibentyk diatas tanah sepanjang Sungai Potomac yang disumbangkan oleh negara bagian Maryland dan Virginia.Namun,bagian Virginia dikembalikan kepada Kongres pada tahun 1846.Sebuah ibu kota baru yang dinamai menurut nama George Washington didirikan pada tahun 1791 disebeah timur pelabuhan Georgetown.Kota Washington,Georgetown ,dan wilayah terluar didalam Distrik dikonsoidasi dalam satu pemerintahan tunggal pada tahun 1871 yang membentuk Washington,D.C.seperti sekarang ini.Kota ini berbagi namanya dengan negara bagaian Washington yang teretak dipesisir Pasifik Amerika Serikat.
Washington ,D.C.adaah sebuah kota terencana .Desain kota Washington adaah hasil karya Pierre(Peter)harles L'Enfant,seorang arsitek,insinyur,dan penata kota keahiran Perancis yang pertama tiba di koloni ini sebagai insiyur militer barsama mayor Jendral Lafayette selama perang Revousi Amerika Serikat.Pada tahun 1791,presien Washingtin memperkerjakan L'Enfant untuk merancang tata ibu kota negara yang baru.Atas permintaan L'enfant ,Thomas Jefferson memberikan gambar tata kota Amsterdam ,Paris,Frankfurt,Karlsruhe dan Milan ,yang ia bawa pulang dari Eropa pada tahun 1788.Tata kota Washington dibuat daam gaya Barok dan jalan-jalan yang menjalar keuar dari segi-segi empat,sehingga memberikan lahan untuk ruang terbuka dan lanskap kota.Desain L'Enfant juga meliputi "jaan raya"yang dijajari kebun sepanjang 1 mil(1.6km)dan selabar 400 kaki (120m)didaerah yang sekarang bernama National Mall.
Pada bulan Maret 1792,Presiden Washington memecat L'Enfant karena bersikeras mengerjakan sendiri perencanaan kota yang mengakibatkan konflik dengan 3 komisaris yang ditunjukkan Washington untuk mengawasi pembangunan ibu kota .Andrew Ellicont yang bekerja bersama L'Enfant ketika menyurvey kota ,kemudian ditugaskan untuk menyelesaikan renana ini.Meski Elicont membuat revisi terhadap rencana asi tersebut ,termasuk perubahan terhadap sejumah poa jalanan,L'Enfant masih diberi penghormatan atas keseluruhan desain tata kota ini .Kota Washington berbatas dengan Florida Avenue di sebelah utara,Rock Creek di barat ,dan sunagai Anacostia di Timur.
Pada awal abad ke 20 visi L'Enfant berupa ibu kota dengan taman terbuka dan monumen nasional besar rusak akibat kawasan kumuh dan bangunan-bangunan yang didirikan sembarangan ,termasuk stasiun kereta api di National Mall.Tahun 1900 Kongres membentuk panitia bersama ,diketuai Senator James McMilan,yang ditugaskan mempercantik pusat seremonial Washington.McMilan Plan akhirnya selesai dibuat tahun 1901.Rencana ini meliputi ulang lahan Capito dan Mall,pembangunan gedung dan monumen federal yang baru ,penggusuran kawasan kumuh ,dan pendirian sistem taman kota yang baru.Arsitek yang diperkerjakan panitia ini melindungi sebagian besar tata asli kota dan karya-karya mereka dianggap berhasil mengembaikan desain kota L'Enfant.
Washington ,D.C. memiliki populasi tetap 601.723 jiwa karena adanya komuter dari pinggiran sekitar di negara bagian Maryand Metropolitan Washington yang juga ditempati Distrik ,memiliki populasi hampir 5,6 juta,wilayah metropolitan terbesar ketujuh di negara ini.
Pusat dari ketiga cabang pemerintahan federal AS berada di Distrik ini ,sebagaimana halnya beberapa monumen dan museum nasional.Washington ,D.C.memiliki 176 kedutaan besar asing serta kantor pusat Bank Dunia ,Dana Moneter International(IMF),organisasi Negara-negara Amerika(OAS),Inter American Development Bank,dan Pan American Health Organization (PAHO)Kantor pusat berbagai institusi lain seperti serikat dagang ,organisasi nirlaba,grup peobi dan asosiasi profesiona juga berdiri dikota ini.
Distrik ini dipimpin oleh seorang wali kota dan dewan kota beranggota 13 orang.Meski begitu,Kongres Amerika Serikat memiliki otoritas tertinggi dikota ini dan mampu mengubah hukum setempat .Akibatnya ,Penduduk kota memiiki pemerintahan daerah yang kurang jika dibandingkan dengan penduduk negara-negara bagian AS.Distrik ini memiiki delegasi Kongres tanpa suara ,namun tidak memiliki senator .Penduduk D.C.tidak dapat memberi suara pada pemilihan presiden hingga diaksanakannya ratifikasi Amandemen ke 23 Konstitusi Amerika Serikat pada tahun 1961.
EKONOMI
Washington memiliki ekonomi terdiversifikasi yang sedang tumbuh dengan jumlah pekerjaan jasa profesional dan bisnis yang semakin meningkat.Produk negara bagian bruto di Distrik ini pada tahun 2010 senilai $103,3 miiar ,tertinggi ke 34 diantara 50 negara bagian Amerika Serikat .Pada juni 2011,Wiayah Metropolitan Washington memiiki tingkat pengangguran sebesar 6,2 %terendah kedua diantara 49 wiayah metro terbesar dinegara ini.Distrik Columbia sendiri memiiki tingkat pengangguran sebesar 9,8%pada bulan tersebut.Eastern Market dibuka pada tahun 1873 sebagai pasar umum pertama dalam sistem miik kota beasar ,pasar ini berisikan penjua makanan dan tenda-tenda pedagang.
Pada tahun 2008 ,pemerintahan federal mewakii 27%pekerjaan yang ada di Washington ,D.C.Jumah ini diduga untuk mengebakan Washington dari krisis ekonomi nasional karena pemerintah federal melanjutkan operasinya bahkan ketika terjadi resesi.Namun,pada Januarai 2007 karyawan federal di wilayah Washimgton hanya mewakii 14%dari seluru tenaga kerja pemerintahan Amerika Serikat.Banyak organisasi nirlaba ,firma,pelobi,serikat dekat D.C.agar dekat dengan pemerintahan federal.
Distrik ini memiiki industri yang tumbuh pendidikan,keuangan,kebijakan masyarakat,dan namun tidak terkait langsung dengan pemerintahan terutama pada bidang penelitian ilmiah .Universitas Georgetown,Universitas George Washington ,Washingtoon Hospita Center ,Children's National Media Center dan Universitas Howard merupakan 5 pembuka lapangan pekerja non-pemerintah terbanyak dikota ini pada tahun 2009.Ada lima perusahaan Fortune 1000 yang berpusat di Washington ,dua diantaranya juga masuk Fortune 500.
Washington menjadi pemimpin investasi lahan yayasan asing pada tahun 2009,didepan London dan New York City,daam survei terhadap 200 perusahaan pengembangan teratas dunia.Pada tahun 2006 Expansion Magazine menempatkan D.C.diantara sepuluh daerah terbaik untuk ekpansi bisnis di Amerika Serikat.Meski terjadi krisis ekonomi nasional dan penurunan harga rumah ,Washington menempati peringkat kedua pada daftar pasar rumah berjangka panjang terbaik di Amerika Serikat menurut majalah.
Bangunan ini di deasain arsitek Robert Mills dan dikerjakan sejak tahun 1848.Bentuknya sederhana mirip tonggak urus lanip setinggi 555 kaki lebih atau sekitar 169.294 meter.berbahan baku marmer,granit,dan batu pasir putih,tugu itu tampak menonjo.Dari seberang Sungai Potomac,monumen itu seperti tonggak putih yang angkuh.
Disalah satu sudut jauh dari National Mall ,terdapat bangunan terkena lain ,yaitu The united States Capitol terdapat .Gedung yang didirikan tahun 1800-an dengan arsitek William Thornton itu menjadi kantor bagi anggota parlemen AS.Bangunan ini punya kubah besar bergaris dibagian tengah.
Didepan gedung ada kolam beasar saat malam hari air kolam merefleksikan bayangan gedung berhias lampu temaran.Waaupun untuk kantor resmi gedung ini terasa indah .kata seorang pegunjung perempuan asal Meksiko.
White House ,Washington Monument dan United States Capitol berdiri paa titik segitiga di jantung kota Washington D.C. Pada jarak urus antara Washington Monument dan United States Capitol terdapat jalur besar yang biasa disebut National Mall .Dari jalur terbuka iniah para wisatawan leuasa mengamati kota.
Tiga bangunan itu merefleksikan semangat kebangsaan modern AS.White House mewakili kekuasaan eksekutif.United States Capitol mencerminkan ruang kebebasan dari pada wakil rakyat .Washington  Monument tanda kenangan sejarah bangsa modern yang merdeka tahun 1776 itu.
Tata Kota
Diluar soal simbol ketiga bangunan itu menggambarkan tata kota Washington D.C.yang rapi .Dari tiga titik itu ,menyebar berbagai bangunan ,taman,dan jalur-jalur jalan raya .Setiap jalan punya sempadan yang cukup nyaman untuk lalu lintas para pejalan kaki.
Washington DC (singkatan dari District of Columbia)didirikan tahun 1790.Kota pinggir Sungai Potomac ini didesain arsitek Perancis,Pierre Chares L'Enfant sebagai ibu kota negara .Rancangannya bergaya Eropa abad pertangahan .
Hingga kini gedung-gedung lama peninggalan masa itu masih terjaga .Bangunan itu rata-rata bergaya neoklasik,georgian,atau gotik dengan tiang-tiang besar dan beberapa ornamen.Namun,bangunan baru cenderung bergaya modern ,bebas,meski tetap berangkat dari kebutuhan fungsi,Semua gedung dikota itu tak boleh lebih tinggi dari United States Capitol dan Washington Monument.
Monument
Menyusuri Washington ,D.C. lebih seksama semakin tersa hadirnya banyak bangunan untuk memperingati sejarah atau pahlawan.Lurus di depan The Washington Monument ,misalnya,terdapat taman peringatan Lincol Memorial dan Vietnams  Veterans Memorial .Disamping kanan tugu ada dua taman peringatan lain yaitu Franklin Delano Roosevelt Memoria dan Thomas Jefferos Memorial.Ketiganya presiden AS yang dikenang dengan sebagai jasa.
Ditengah pertigaan jalan banyak dibuat taman meingkar .Disitu berdiri patung-patung para jenderal dari masa-masa peperangan.Beberapa diantara mereka digambarkan naik kuda dengan gagahnya.
Mengamati berbagai bangunan monumen itu sepertinya kota ini dibuat untuk mengabadikan sejarah kebanggaan dan kebesaran Amerika Serikat .Negeri ini serius mengukuhkan sejarahnya lewat sebuah kota.
DAFTAR PUSTAKA
Washington:The Indispensabe Man,New American Library,1984
www.bimbie.com/sejarah-ibukota-amerika-serikat-washington-dc.htm
http://id.wikipedia.org/wiki/sejarah_washington_dc       
en.wikipedia.org/wiki/Washington

No comments:

Post a Comment