JEPANG PADA ZAMAN RESTORASI MEIJI


Wahyu Sinto/Pengantar Ilmu Sejarah/14/B

Pemerintah periode meiji jepang dari 1868-1911 adalah suatu evolusi dari lembaga-lembaga dan struktur dari tatanan feodal dari tokugawa bakufu menuju sebuah monarki konstitusional forma meliputi pro demokrasi perwakilan.
MASA PERKEMBANGAN AWAL SAMURAI
Samurai adalah istilah untuk perwira militer kelas elit sebelum zaman industrialisasi di jepang.Samurai harus sopan dan terpelajar,dan semasa keshogun tokugawa berangsur –angsur kehilangan fungsi ketentaraan mereka.pada akhir era tokugawa,samurai secara umumnya adalah kaki tangan umum bagi daimyo,dengan pedang mereka hanya gunakanuntuk adat istiadat.
Dengan reformasi meizi pada akhir abad ke-19,samurai dihapuskan sebagai kelas berbeda dan digantikan dengan tentara nasional yang menyerupai negara barat.Perkataan samurai berasal pada sebelum zaman heian dijepang dimana bila seseorang disebut sebagai saburai, itu berarti dia adalah seorang suruhan atau pengikut. Hanya pada awal zaman modren, khususnya pada era azuchi-momoyama dan pada akhir abad ke-16 dan awal abad ke-17 perkataan saburai bertukar diganti dengan perkataan samurai.
SENJATA
Samurai menggunakan beberapa jenis senjata, katana adalah senjata yang identik dengan keberadaan, dalam bushido diajarkan bahwa katana adalah roh dari samurai dan kadang kadang digambarkan bahwa seorang samurai sangat tergantung pada katana dalam pertempuran. Sebutan untuk katana tidak dikenal sampai masa kamukara(1185 -1333) sebelum masa itu pedang jepang lebih dikenal sebagai tachi dan uchigatana,dan katana sendiri bukan menjadi senjata utama sampai masa edo.
Senjata samurai yang lain adalah yumi atau busar komposit dan dipakai selama beberapa abad sampai masa masuknya senapan pada abad ke-16.Setelah restorasi meiji, para para pemimpin dari samurai yang menggulingkan shogun tokugawa tidak memiliki agenda yang jelas atau pra dikembangkan  rencana bagaimana menjalankan jepang.
Namun pada tahun 1867,negara ini sebagian besar merupakan koleksi feodal semi-independen domain diselanggarakan bersama oleh kekuatan militer aliensi satcho,dan oleh prestise istana.pada awal maret 1868,sementara hasil dari perang boshin masih belum jelas,pemerintah meiji baru memanggil delegasi dari seluruh domain ke kyoto untuk membangun konsultatif sementara majelis nasional.pada bulan april 1868, piagam sumpah dan diresmikan,dimana kaisar meiji menetapkan garis besar untuk pembangunan jepang dan modernisasi.
Dua bulan kemudian,pada bulan juni 1868,diresmikan seitaisho untuk mendirikan dasar administrasi baru untuk perintah meiji.kode administratif ini dirancang oleh fekuoka takachika dan soejima taneomi (keduanya diantaranya pernah belajar diluar negeri dan yang memiliki pandangan politik liberal),dan campuran yang aneh dari konsep-konsep barat seperti pembagian kekuasaan,dan kebangkitan kembali struktur birokrasi kuno berpacaran kembali kepriode nara jepang.pemerintah daerah terdiri dari wilayah disita dari tokugawa,yang dibagi menjadi prefektur(ken)dan kotamadya (fu)diatur dari departemen urusan sipil,dan semi indipenden 273domain.agen dari pemerintah pusat dikirim ke masing masing domain untuk bekerja menuju keseragaman  administarasi dan konformasi dengan arahan dari pemerintah pusat.pada awal 1869,ibukota negara dipindahkan dari kyoto ke edo,yang berganti nama menjadi tokyo(timur modal).
Pada bulan maret 1869, pemerintah pusat yang dipimpin oleh Okubo Toshimichi dari Satsuma merasa cukup kuatuntuk efek sentralisasi lebih lanjut.setelah menggabungkan pasukan Satsuma dan Choshu menjadi kekuatan gabungan,Okubo dan Kido Takayoshi meyakinkan daimyo dari Satsuma,Choshu,Hizen dan tosa untuk menyerahkan mereka pada kaisar domain.
Pada musim semi tahun 1871.Okubo.Kido,Inoue Kaore,Yamagata Aritomo,Saigo Takomori,oyama Iwao,sanjo sanetomi dan Iwakura mengadakan pertemuan rahasia selama masih memutuskan untuk melanjutkan dengan melanjutkan dengan penghapusan han domain.Belakangan tahun itu,semua mantan daimyo dipanggil kepada kaisar.Pada 1871,pemerintah pusat mendukung penciptaan merakit konsultatif di tingkat pemerintahan terendah,dikota,desa,dan tingkat kabupaten.
REORGANISASI DARI PEMERINTAH PUSAT
Sementara sedang domain dihapuskan dan batas batas administrasi setempat dipindahkan sekitar,pada bulan Agustus 1869,pemerintah pusat sendiri mengalami beberapa restrukturisasi untuk memperkuat otoritas pusat. Seperti yang ditunjuk semua prefektur gubernur,dan dikendalikan aparat kepolisian adalah pelayanan yang paling kuat dalam pemerintahan,dan ini dicatat bahwa Okubo meninggalkan Departemen Keuangan untuk kepala Home Kementerian ketika didirikan. Salah satu tekanan pada awal pememrintahan perwakilan,berdasarkan model model luar negeri,dan semakin banyak faksi konservatif yang disukai terpusat, kekusaan otoriter.Pendukung utama pemerintahan perwakilan Itagaki Taisuke,pemimpin yang kuat Tosa pasukan yang telah mengundurkan diri dari posisi dewan negara atas urusan korea pada tahun 1873.Itagaki mencari damai dari pada pemberontak untuk mendapatkan suara dalam pemerintahan.gerakan semacam itu mendapatkan suara dalam pemerintahan.
Dalam suatu tindakan yang paling terkenal ,itagi membantu menemukan jiyuto(Partai Liberal),yang disukai perancis doktrin politik.pada 1882 okuma shigenobu mendirikan rikken kaishinto(konstitusi partai progresif),yang menyerukan inggris gaya demokrasi konstitusional.mengakibatkan pembatasan politik pemerintah lebih lanjut.Pembatasan menghambat partai partai politik dan menyebabkan perpecahan didalam dan diantara mereka.The Jiyuto, yang telah menentang Kaishinto,dibubarkan pada tahun 1884, dan Okuma Kaishinto mengundurkan diri sebagai presiden.
PEMBENTUKAN MAJELIS NASIONAL
Pemimpin pemerintahan,lama disibukkan dengan ancaman kekerasan untuk stabilitas dan kepemimpinan yang serius perpecahan atas urusan Korea, umumnya sepakat bahwa pemerintah harus konstitusional dibentuk suatu hari nanti.Kido takayoshi telah lebih menyukai suatu bentuk pemerintahan konstitusional sejak sebelum 1874, dan beberapa proposal yang memberikan zaminan konstitusional.
Undang undang baru padatahun 1875 dilarang tekan kritik terhadap pemerintah atau diskusi tentang hukum nasional. Para majelis umum undang undang (1880) sangat terbatas disallowing pertemuan umum oleh kehadiran oleh kehadiran oleh pegawai negeri dan polisi memerlukan izin untuk semua rapat.0kuma menyurukan pemilu yang diadakan oleh 1882 dan untuk majelis nasional yang akan diselaggarakan oleh 1883; Menolak model inggris ,iwakura Tomomi dan lain lain sangat konservatif meminjam dari Prusia sistem konstitusional.ItoHirobumi menolak konstitusi Amerika Serikat yang terlalu liberal dan sistem Inggris terlalu berat dan memiliki parlemen dengan terlalu banyak kendali atas monarki,perancisdan spanyol ditolak karna cenderung kearah desptisme.
PENGUATAN OTORITAS NEGARA
Salah satu tindakan pertama pemerintah untuk menetapkan Kazoku sistem gelar bangsawan dengan peringkat baru bagi kaum bangsawan.Ito ditugaskan dari Biro Investigasi baru Konstitusi Systems pada 1884,dan dewan negara pada tahun 1885 diganti dengan kabinet oleh ito sebagai perdana menteri.Ketika akhirnya diberikan oleh kaisar sebagai tanda dari berbagai kekuasaan dan memberikan hak hak dan kebebasan kepada rakyatya.Namun demikian perubahan perubahan kelembagaan ini,kedaulatan masih tinggal di sultan atas dasar keturunan illahiya.Dengan demikian konstitusi meizi adalah untuk terakhir sebagai hukum dasar sampai 1947.
PEMILIHAN DAN POLITIK POWER
Pemilu pertama dilaksanakan pada tahun 1890,dan 300 anggota terpilih menjadi anggota majelis rendah.Dalam tahun tahun awal pemerintahan konstitusional,kekuatan dan kelemahan dari konstitusi meizi diturunkan. Secara kolektip,genro membuat keputusan dicadangkan untuk kaisar, masalah politik biasanya diselesaikan melalui kompromi,dan pemerintah dan memegang peranan yang semakin besar dalam proses politik.
POLITIK PERJUANGAN
Setelah pahit persaingan politik antara lahirnya Diet pada 1890-1894,ketika bangsa itu bersatu untuk upaya perang terhadap cina,ada lima tahun mengikuti kesatuan,kerjasama yang tidak biasa dan koalisi kabinet.Ketika Ito kembali sebagai perdana menteri pada 1898,ia kembali mendorong partai pemerintah,tetapi ketika Yamagata dan lain lain menolak,Ito mengundurkan diri.
Dengan tidak adanya penerus bersedia diantara genro,yang Kenseito(partai konstitusi) di undang untuk membentuk kabinet dibawah pimpinan okuma dan itagaki,perestasi besar dalam partai partai oposisi persaingan dengan genro keberhasilan ini hanya berumur pendek,yamagata kemudian kembali sebagai perdana menteri dengan dukungan militer dan birokrasi.Meskipun dukungan luas pandanganya tentang membatasi pemerintahan konstitusional,yamagata membatasi pemerintahan.
Surat suara rahasia memenangkan dukungan diet yamagata anggaran dan kenaikan pajak.Dia terus menggunakan tata cara kerajaan namun,untuk menjaga pihak pihak dari berpartisipasi sepenuhya dalam birokrasi dan untuk memperkuat posisi sudah merdeka militer.Ketika yamagata gagal untuk menawarkan lebih banyak kompromi ke kenseito aliansi berakhir pada 1900,memulai fase baru pembangunan politik.
ITO MENJADI PERDANA MENTERI
Ito dan para anak didik,kimmochi saionji akhirnya berhasil membentuk partai partai yang progovernment seiyukai kansei, pada bulan september 1900,dan sebulan kemudian ITO menjadi perdana menteri kabinet seyukai pertama.The seiyukai memegang mayoritas kursi di DPR,tetepi sekutu Yamagata konservatif memiliki pengaruh besr di house of peers,memaksa ito untuk mengundurkan diri,Ito mengundurkan diri pada tahun 1901.Setelah itu,perdana menteri berganti ganti antara anak didik Yamagata,Taroad Katsura saionji.Alternating kekuasaan politik merupakan indikasi dari kedua belah pihak kemampuan untuk bekerja sama dan berbagi kekuasaan dan membantu mendorong perkembangan terus partai politik.
AKHIR DARI ZAMAN MEIJI
Zaman Meiji berakhir dengan kematian kaisar pada tahun 1912 dan awal zaman Taisho(1912-1926)sebagai putra mahkota yoshito menjadi kaisar baru(Emperor Taisho) Akhir zaman Meiji ditandai oleh pemerintah besar dalam negeri dan luar negeri program investigasi dan militer,hampir habis kredit,dan kurangnya devisa untuk membayar utang,awal era taisho ditandai dengan krisis politik,ketika perdana menteri Saionji mencoba untuk memotong anggaran militer,tentara menteri mengundurkan diri,membawa ke Seiyukai kabinet.Baik Yamagato dan menolak melanjutkan Saionji kantor,dan genro tidak dapat  menemukan solusi.Kemarahan publik atas manipulasi militer dan Kabinet Katsura penarikan kembali untuk masa jabatan ketiga masih mengarah pada tuntutan untuk mengakhiri genro politik.Meskipun penjaga tua oposisi,kekuatan konservatif membentuk partai sendiri pada tahun 1913,yang Rikken Doshakai(Asosiasi Konstitusi Friends),sebuah partai yang memengkan mayoritas DPR atas Seiyukai pada akhir 1914.
Daftar Pusataka
-Ahmal.2013.Masyarakat Asia Timur Dalam Pusaran Sejarah.Pekanbaru.
-Sakamoto Tamo.1982.Jepang Dulu Dan Sekarang.Jakarta: Gajah Mada Universitas Presss Yayasan Obor Indonesia.
-Dasuki, Achmad.Rochiati Wiratmadja.1976. Sejarah Asia Timur.Bandung.IKIP


No comments:

Post a Comment