REZI  YUNI ZAHRI/SP/B
A.    Pendahuluan
Pendidikan  memiliki peranan penting dalam membangun suatu masyarakat bangsa. Melalui pendidikan,  suatu bangsa dapat mengembangkan masyarakatnya menjadi maju. China memiliki  keunikan tersendiri dalam hal pendidikan. Ada tiga hal mendasar yang penting  ditanamkan dan diterapkan China hingga mencapai kemajuan seperti sekarang,  yaitu kepercayaan diri, pendidikan dan peta jalan kedepan. Ketiga hal ini terus  diimplementasikan oleh China di kehidupan berbangsa dan bernegara. China mampu  bertahan karena memiliki sistem pendidikan yang mampu membangun suatu peradaban  yang praktis sehingga peradaban itu tidak mudah hancur.
B.   Sistem Pendidikan di China
·      Pendidikan di China pada Masa  Klasik
Sikap  masyarakat Tiongkok yang mementingkan pendidikan di dalam kehidupan telah  melahirkan sebuah filosofis masyarakat Tiongkok mengenai pendidikan dam telah  lama menjaga kekuasaan Tiongkok sampai masuknya bangsa asing ke Tiongkok dan  mengubah sistem pendidikan kuno di Tiongkok. Pendidikan di Tiongkok kuno  mencapai puncak kejayaannya pada masa Dinasti Han. 
Tujuan  pendidikan di China adalah Lao Tse dan Konfusius, untuk meningkatkan kualitas  orang-orang dalam masyarakat dan secara langsung akan menumbang pada  pengembangan sosio ekonomis penduduk. Adapun ciri-ciri pendidikan di China pada  masa klasik, yaitu:
1.       Pendidikan tidak dihubungkan dengan  agama, tetapi dengan tradisi dan kehidupan praktis. Bukan pendeta yang harus  dihormati tetapi leluhur.
2.       Penyelenggara pendidikan adalah negara  dan keluarga.
3.       Tujuan pendidikan: mendidik  kepala-kepala keluarga yang baik, pegawai yang rajin, suami yang setia, anak-anak  yang patuh, warga negara yang jujur dan rela berbakti, serta tentara yang gagah  berani.
Penyelenggaraan  pendidikan di China:
1.       Umur 6 tahun, pendidikan diselenggarakan  dirumah sebelum anak masuk sekolah. Mereka menerima pelajaran dari guru yang  didatangkan ke rumah dan yang diajarkan adalah ilmu hitung.
2.       Umur 10 tahun, pendidikan  diselenggarakan disekolah. Anak-anak akan dikirim ke sekolah dan yang diberikan  adalah berhitung, menulis, membaca, musik, dan menari. Yang paling diutamakan  adalah pelajaran menulis.
3.       Pendidikan untuk pegawai, untuk  mendapatkan jabatan yang tinggi harus menempuh ujian dulu yaitu setiap 3 tahun  sekali wajib mengikuti ulangan dan ujian.
·      Pendidikan di China Pada Saat Ini
a.      Jenjang Pendidikan 
Anak-anak  di China belajar 5-5,5 hari/minggu. Tahun akademik dibagi menjadi 2 semester  yang terdiri dari 9,5 bulan dimulai pada tanggal 1 September dan Maret. Berikut  adalah jenjang pendidikan di China:
1.       Pendidikan Dasar
Dimulai  pada usia 3 tahun memasuki pra sekolah dan memasuki SD pada usia 6 tahun yang  berlangsung selama 6 tahun dengan mata pelajaran utama, yaitu: Bahasa China,  Matematika, Sejarah, Geografi, Sains dan sebagainya. 
2.       Pendidikan Menengah 
Pendidikan menengah  dibagi menjadi 2, yaitu: akademis dan kejuruan. Lalu, pendidikan menengah  dibagi menjadi 2 level, yaitu junior dan senior. Junior dimulai pada usia 12  tahun dan berlangsung selama 3 tahun. Untuk masuk ke tingkat senior mereka  harus lulus tes yang menentukan apakah mereka dapat melanjutkan ke tingkat  senior atau mengikuti kelas kejuruan. Senior dimulai pada usia 15 tahun selama  2 atau 3 tahun. Di sekolah menengah senior, murid-murid memilih untuk masuk ke  sains atau sosial dan lulusannya akan diarahkan untuk lulus Ujian Masuk  Perguruan Tinggi Nasional, begitu pula dengan kejuruan, sekolah kejuruan akan  diorientasikan untuk memenuhi kebutuhan tenaga kerja yang terlatih.
3.       Pendidikan Khusus 
China  juga memiliki suatu sistem pendidikan khusus untuk anak-anak dengan kemampuan  khusus, anak-anak ini akan diarahkan untuk mencapai kemampuan standar minimum.
4.       Pendidikan Tinggi
Pendidikan  tinggi menawarkan program akademik dan kejuruan. Sebenarnya ada banyak  universitasdan college di China, tetapi tingkat dan kualitasnya berbeda. Misalnya,  Beijing University dan Shanghai's University, umumnya mereka harus menjalankan  4-5 tahun untuk mendapatkan gelar sarjana. Gelar sarjana diberikan oleh universitas  dan institusi spesialisasi, juga diberikan oleh universitas vokasi. Universitas  dan institusi menyelenggarakan pendidikan lanjutan dan memberikan diploma pada  lulusannya. Gelar Magister dan Doktor diberikan oleh universitas dan beberapa  institusi lainnya
b.       Kurikulum
Kurikulum  di China sudah mengalami perubahan sebanyak 7 kali sejak berdirinya Republik  Rakyat China. Perubahan kurikulum dilakukan agar China menyesuaikan dengan  kebijakan ekonomi dan pasar kerja domestic maupun global. Reformasi yang  dilakukan oleh bangsa China langsung mengubah kurikulum sekolah dimana  ditekankan pada pengembangan potensi yang dimiliki siswa agar berkembang  optimal. Sistem sekolah di China mewajibkan setiap muridnya untuk berlatih  olahraga dan seni setidaknya selama 1 jam. Sistem penilaian di China juga  berkaitan dengan sistem ujian. Sekolah Dasar dan Menengah melaksanakan 4 macam  ujian, seperti: ujian semester, ujian tahunan, ujian akhir sekolah dan ujian  masuk SMP/SMA. 
c.        Struktur Mata Pelajaran 
Kerangka  Dasar dan Struktur Kurikulum di China adalah kurikulum jenis pendidikan umum,  kejuruan dan khusus pada jenjang pendidikan dasar dan menengah yang terdiri  atas:
-           Kelompok mata pelajaran China dan Moral.
-           Kelompok mata pelajaran Ilmu  Pengetahuan, Teknologi dan Matematika.
-           Kelompok mata pelajaran Sosial dan  Politik.
-           Kelompok mata pelajaran Olahraga,  Jasmani dan Kesehatan.
-           Kelompok mata pelajaran Bahasa China dan  Bahasa Asing.
d.       Jumlah Mata Pelajaran
-           Sekolah Dasar memiliki 10 mata pelajaran  wajib.
-           Sekolah Menengah Pertama memiliki 13 mata  pelajaran wajib.
-           Sekolah Menengah Atas tidak memiliki  bobot mata pelajaran yang diwajibkan karena mempunyai suatu sistem yang  menyesuaikan mata pelajaran dengan keinginan siswa.
·      Dasar Hukum Pendidikan China
Sejak  pertengahan tahun 1980-an, telah ada hukum untuk menegaskan pelaksanaan  pendidikan di China. Pemerintah menegakkan hukum ini untuk mengalokasikan dana  pendidikan, perencanaan pendidikan, evaluasi penyelenggaraan pendidikan. Hukum yang  dimaksud, yaitu: School Act, Educational  Examination Act, Educational Investment Act, Lifelong Learning Act, Compulsory  Education Law, Teacher Act, Higher Education Act, Academic Degrees Regulations,  Private and Non- Governmental Education Promotion Act, National Act on Language  and Scrip System dan Regulation on  China-Foreign Joint Education Institutions and Programmes. Beberapa peraturan  perundangan merupakan hasil dari diskusi mendalam antara pemerintah pusat  dengan para pemangku kepentingan, pengambil kebijakan, ahli, dosen dan guru.
DAFTAR  PUSTAKA:
Sejarah Pendidikan Dunia dan Indonesia  oleh Asril, M.Pd
 
 
No comments:
Post a Comment