Senin, 14 Oktober 2013

GERAKAN REFORMASI

Andi aminah riski/pis
Reformasi adalah suatu perubahan tatanan perikehidupan lama ke tatanan perikehidupan baru yang lebih baik. Gerakan reformasi yang terjadi di Idonesia pada tahun 1998 merupakan suatu gerakan yang bertujuan untuk melakukan perubahan dan pembaharuan, terutama perbaikan tatanan perikehidupan dalam bidang politik, ekonomi, hukum, dan sosial. Dengan demikian, gerakan reformasi telah memiliki formulasi atau gagasan tentang tatanan perikehidupan baru menuju terwujudnya Indonesia baru.
Agenda Reformasi yang disuarakan para mahasiswa mencakup beberapa tuntutan, seperti:
a.       Adili Suharto dan kroni-kroninya,
b.      Laksanakan amendemen UUD 1945,
c.       Penghapusan Dwi Fungsi ABRI,
d.      Pelaksanaan otonomi daerah yang seluas-luasya,
e.       Tegakkan supermasi hukum
f.       Ciptakan pemerintah yang bersih dari KKN.
Sebab-sebab lahirnya reformasi:
Ketidakadilan di bidang politik,ekonomi dan hukum. Tekad Orde Baru pada awal kemunculannya pada tahun 1966 adalah akan melaksanakan Pancasila dan UUD 1945 secara muri dan konsekuen dalam tatanan kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.
Bidang politik
Disebabkan adanya KKN, ketidakadilan dalam bidang hukum, pemerintahan orde baru yang otoriter dan tertutup, besarnya peranan militer dalam orde baru, serta munculnya demo mahasiswa yang menginginkan pembaharuan di segala bidang. Gerakan reformasi juga menuntut agar dilakukan pembaruan terhadap lima paket undang-undang politik yang dianggap menjadi sumber ketidakadilan, diantaranya:
1.      UU No. 1 tahun 1985 tentang pemilihan Umum.
2.      UU No.2 tahun 1985 tentang susunan, kedudukan, tugas dan wewenang DPR/MPR.
3.      UU No.3 tahun 1985 tentang partai politik dan golongan karya
4.      UU No.5 tahun 1985 tentang referendum
5.      UU No. 8 tahun 1985 tentang organisasi massa.
Bidang ekonomi
Disebabkan adanya sistem monopoli di bidang perdagangan, jasa, dan usaha. Pada masa orde baru, orang-orang yang dekat dengan pemerintah akan mudah mendapatkan fasilitas dan kesempatan, bahkan mampu berbuat apa saja demi keberhasilan usahanya.
Selain itu juga disebabkan oleh krisis moneter. Krisi tersebut  membawa dampak yang luas bagi kehidupan manusia dan bidang usaha. Banyaknya perusahaan yang ditutup sehingga terjadi PHK dimana-mana dan meyebabkan angka penganguran meningkat tajam serta muncul kemiskinan dimana-mana dan krisis perbankan. Hal-hal tersebut membuat perlu dilakukannya tindakan-tindakan yang cepat dan tepat untuk mengatasinya.
Bidang sosial
Krisis ekonomi dan politik masa pemerintahan orde baru berdampak pada kehidupan sosial indonesia. Mucul peristiwa pembunuhan dukun santet Situbondo, perang saudara di Ambon, peristiwa Sampit, beredar luasnya narkoba, meningkatnya kejahatan, pembunuhan, dan pelacuran. Hal tersebut membuat diperlukanna tindakan yang cepat dan tepat
Bidang hukum
Pelaksanaan hukum pada masa pemerintahan orde baru terdapat banyak ketidakadilan. Sejak munculnya gerakan reformasi yang dimotori oleh kalangan mahasiswa. Masalah hukum juga menjadi salah satu tuntutannya. Masyarakat menghendaki adanya reformasi dibidang hukum agar dapat menundukkan maslah-masalah hukum pada kedudukan masalah-masalah hukum pada kedudukan atau posisi sebenarnya.
Daftar pustaka
Suroso,asih.2006:ilmu pendidikan sosial untuk SMP. Jakarta:Widya Duta.
I Wayan Legawa. Sejarah Indonesia baru II. Malang:IKIP Malang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar