Senin, 14 Oktober 2013

LATAR BELAKANG PENDUDUKAN JEPANG DI INDONESIA

AINUN SYARIFATUL ALFIAH/PIS

Secara geografis negara Jepang terdiri dari pulau-pulau kecil di tengah-tengah laut yang luas sehingga merupakaan wilayah terbuka yang sangat mudah untuk di terobos masuk oleh negar-negara lain.keadaan demikian menyadarkan bangsa Jepang bahwa Jepang harus menjadi negara yang kuat dalam industri maupun militer untuk melindungi kedaulatan maupun kepentingan negaranya. Unktuk mencapai tujuan tersebut pada masa pemerintahan Kaisar Tenno Meiji di lakukan suatu perubahan yang di kenal Restorasi Meiji.
 Restorasi Meiji adalah perubahan yang di lakukan oleh pemerintah Tenno Meiji yang bercita-cita merubah negara jepang menjadi negara industri modern setara dengan bangsa-bangsa di Eropa dan Amerika. Adanya Restorasi Meiji menyebabkan jepang mengubah kebijakan politiknya yaitu pemerintah jepang yang bersifat isolatif(menutup diri) dari pengaruh asing berubah menjadi negara yang terbuka. Langkah ini mendorong untuk jepang berhubungan dengan negare-negara lain. Semangat kerjasama dengan negara lain di landasi dengan semboyan bangsa jepang yaitu Hakko-ichi-u. Sembuyan ini sangat mempengaruhi kebijakan politik pemerintah jepang yaitu suatu semboyan yang memiliki tujuan memyatukan wilayah Asia sebagai sutau kesatuan wilayah di bawah pegangan pemerintah jepang. Sembiyan ini memyebabkan jepang berubah menjadi negara imperialis. Imperialis ini muncul karena perkembangan industri yang asangat pesat.
 Kemajuan industri jepang menyebabkan  kemakmuran secara ekonomi tetapi juga menyebabkan keunggulan pesat di bidang militer dan jepang mampu mematahkan pendapat kebanyakan orang  yang menyatakan bahwa barat selalu lebih unggul daripada timur, dengan kata lain bangsa Asia tidak mungkin memngalahkan bangsa Eropa. Kemenagan ini menyebabkan jepang ingin mengambil alih kekuasaann barat atas negar-negara Asia. Sebagi negara industri baru, jepang sangat memerlukan bahan baku industri sedang bahan baku dalam negeri tidak mencukupi. Untuk memenuhi kebutuhan  industrinya itu di jepang mulai mencari daerah yang dapat mencukupi kebutuhannya. Pemerintah dengan peran militernya mendukung pemenuhan kebutuhan tersebut..
Jepang adalah sebuah negara  dengan pulau-pulau kecil di kawasan Asia Timur. Jepang setelah mengetahui keterlibatan Amerika Serikat di peperangan Eropa maka jepang merasa memiliki kesempatan memegang Hegemoni di Asia. Pada tanggal 7 desember 1941 waktu indonesia jam 01.40 pagi jepang menyerang pangkalan Angkatan laut di Amerika Serikat di Pearl Harbour Hawai. Keadaan ini membuat cemas penguasaan belanda di indonesia setelah Jepang mulai masuk menguasai indonesia indonesia secara bertahap yakni:
1.       Tanggal 10 januari 1942, Tarakan(kalimantan timur) di lanjutkan penguasaan wilayah lain yang meliputi Minahasa,balikpapan,ambon,pontianak, makasar,banjarmasin, palembang dan bali.
2.      Tanggal 15 januari Singapura di kuasai
3.       Tanggal 1 maret 1942 pasukanjepang mendarat di pulau jawa tepatnya di Bantenn, Indramayu, Kragan dan Kalijati di lanjutkan penguasaan wilayah Batavia dan bandung.

Akhirnya dengan mudah jepang mengambil kekuasaan belanda  di indonesia setelah panglima Tertinggi di jawa, Jendral Ter Poorteen menyerah kepada jendral imamura. Kemenangan jepang  atas Belanda di bumi di sambut rakyat dengan sukacita, rakyat indonesia mengangganp jepang berhasil membebaskan rakyat dari penjajah.
 Pada tanggal 7 maret 1942 pemerintah militer jepang di jakarta menerbitkan  undang-undang bala tentara Dai Nippon no 1, tentang pemerintahan militer di pulau jawa. Dalam uu itu di terangkan niat Bala tentara  Dai Nippon untuk memperbaiki nasib rakyat indonesia yang sebangsa dengan bangsa nippon. Dai nippon akan  memelihara ketentraman sebaik-baiknya untuk dapat hidup makmur bersama rakyat indonesia dengan jalan mempertahankan Asia Raya bersama-sama. Dalam UU itu juga di jelaskan bahwa kekuasaan Gubernur Jendral di ambil oleh Bala tentara jepang dan semua badan pemerintahan yang ada tetap dipertahankan dan tidak bertentangan dengan peraturan militer.
tujuan pendudukan jepang di indonesia.       
1.      Indonesia adalah negara yang kaya sumber bahan mentah untuk industri manufactur atau industri pendukung mesin perang. Sebelum menguasai indonesia secara menyeluruh jepang menguasai lebih dulu wilayah kaya minyak seperti, Taraka dan balikpapan, palembang di sumatera selatan, dalam arti sebenarnya tujuan jepang menduduki indonesia adalah untuk memenuhi kebutuhan industri dan militer.
2.       Menpersatukan kekuatan rakyat indonesia untuk mendukung jepang dalam perang Asia Timur Raya yang berfungsi sebagi penahan gempura pasukan Sekutu yang identik dengan negara imperiallis barat.

Daftar pustaka
Hardoyo,Rahmat. tanpa tahun.sejarah untuk smp XI.jakarta:penerbit prima pustaka
Madjid,Nurcholis.2004.Indonesia kita.jakarta:penerbit PT Gramedia Pustaka Utama

Tidak ada komentar:

Posting Komentar