Kamis, 03 Oktober 2013

PERADABAN AWAL BANGSA INDIA

SRI OKTAVIANI/PIS

            Secara geografis, wilayah India merupakan suatu jazirah dari benua Asia.Letak India seakan–akan terpisah dari daratan Asia.Hal ini disebabkan oleh pegunungan Himalaya disebelah utara India.Karena posisi wilayahnya menyendiri dari daerah Asia yang kain maka India sering disebut"anak benua Asia".
            Ditengah-tengah daerah India terdapat pegunungan Windya.Pegunungan ini membagi India menjadi dua bagian yaitu India utara dan India selatan.Pada daerah India bagian utara,mengalir Sunagi Shindu(Indus),Gangga,Yamuna,dan Brahmaputera.Daerah ini merupakan daerah subur sehingga padat penduduknya.India bagian selatan terdiri dari bukit-bukit dan gunung-gunung yang kering dan tandus.Dataran tinggi di India bagian selatan diberi nama Dataran Tinggi Dekkan.DAlam sejarahnya,India memiliki dua peradaban kuno,yaitu peradaban lembah sungai Indus(Shindu)dan peradaban lembah sungai Gangga.kedua peradaban ini menjadi bukti penting keberadaan bangsa India salah satu pemilik kebudayaan tertua yang sangat ternama di dunia.
1.PERADABAN LEMBAH SUNGAI INDUS(SHINDU)
Pusat peradaban lembah sungai Indus (Shindu) dapat diketahui berdasarkan penemuan sisa-sisa peninggalan kebudayaan di dua situs bekas kota kuno,yakni Mohenjo-Daro dan Harappa.Mohenjo-Daro yang ditemukan di daerah Shindu(sekarang wilayah Negara Pakistan diperkirakan pernah dijadikan sebagai ibu kota lembah Shindu bagian utara.Harappa yang terletak di daerah Punjab, dekat sungai Ravi,diperkirakan sebuah ibu kota dari lembah sungai Shindu bagian selatan.
Berdasarkan hasil penelitian para ahli terhadap kota Mohenjo-Daro dan Harappa, didapatkan sebuah kesimpulan bahwa kedua kota tersebut telah memiliki system Planologi (perencanaan tata kota) yang teratur dan termasuk yang pertama dan yang tertua di dunia.
Kepercayaan masyarakat Lembah Sungai Shindu bersifat Politheisme (memuja banyak dewa) dewa-dewa yang dipujanya , seperti dewa bertanduk besar dan dewa perempuan yang melambangkan kemakmura serta kesuburan (dewi ibu).
Adapun benda-benda lain yang berhasil ditemukan adalah:
1.      Di kota Harappa, ditemukan beberapa arca yang masih sempurna bentuknya dan dua buah Torso (arca yang telah hilang kepalanya).
2.      Di kota Mohenjo-Daro, ditemukan arca seorang pendeta berjanggut ia memakai pita yang melingkari kepalanya dan berpakain baju yang berhias gambar-gambar yang menyerupai daun semanggi
3.      Arca lain yang ditemukan di kota Mohenjo-Daro adalah arca berbentuk gadis penari yang terbuat dari perunggu.
Penemuan dari kota Mohenjo-Daro dan Harappa menunjukkan bahwa bahwa peralatan-peralatan tumah tangga dan senjata tel;ah terbuat dari logam, seperti perunggu.
2.PERDABAN LEMBAH SUNGAI GANGGA
            Lembah sungai gangga terletak diantara Pegunungan Himalaya dan Pegunungan Windya-Kenda.Sungainya bermata air dari pegunungan Himalaya dan mengalir melalui kota-kota besar ,seperti Delhi,Agra,Allahabad,Patna,Benares, melalui wilayah Benglades dan bermuara di teluk Benggala.Sungai Gangga juga dianggap keramat dan suci oleh umat Hindu.
            Kebudayaan lembah Sungai Gangga merupakan kebudayaan campuran antara kebudayaan bangsa Aria dengan bangsa Dravida.kebudayaan campuran ini lebih dikenal dengan sebutan kebudayaan Hindu.Setelah itu muncullah ajaran agama Budha yang pertama kali disebarkan oleh pangeran Sidharta Gautama dari kerajaan Kapilawastu (suku sakia).
            Perkembangan system pemerintahan di lembah sungai Gangga merupakan kelanjutan dari system pemerintahan masyarakat di daerah sungai Shindu.Runtuhnya kerajaan Maurya langsung digantikan Kerajaan Gupta.kerajaan Gupta didirikan oleh Raja Candragupta I (320-330) dengan pusatnya di lembah sungai Gangga.Agama Hindu dijadikan sebagai agama yang dianut mereka.
            Serelah Raja Candragupta I meninggal dia langsung digantikan oleh anaknya yang bernama Raja Candragupta II (375-415)terkenal sebagai Wikramaditiya.Akan tetapi setelah meninggalnya Raja Candragupta II, kerajaanGupta mulai mundur bahkan banyak berbagai serangan yang muncul.
            India mengalami masa kegelapan dan baru pada abad ke-7 M muncullah seorang Raja yang kuat bernama Harshawardana.Setelah masa pemerintahan Raja Harshawardana hingga abad ke-11 M tidak ada lagi raja-raja yang berkuasa.sehingga india mengalami masa kegelapan.

Daftar Pustaka:
Sejarah untuk SMA dan MA kelas X oleh Magdalia Alfian, Nana Nurliana Soeyono, Sundarini Suhartono penerbit Esis
coretantikantara.blogspot.com/.../peradaban-awal-bangsa-india.html


Tidak ada komentar:

Posting Komentar