OLEH: M. ALI/SI3/A
A. KEDATAGAN VOC DI BAKTAVIA
Sejak awal VOC berdiri,basisnya wilayah pelabuhan Batavia di kembangkan oleh Verenigde Oostindische compagnie (VOC) pada tahun 1619 dengan fungsi utama sebagai kota dagang ,tempat terjadinya transakai aramada dagang yang dtang dari penjuru dunia.wilayah pelabuhan Batavia juga berfungsi sebagai rendezvous.tempat berlabuh dan berkumpulnya kapal kapal VOC beserta awak yang datang dari belanda,sebelum mereka kembali ke negaranya membawa rempah rempah yang akan di olah dan di jual di eropa.
Sejak dibentuk 1602,VOC sudah di rancang sebagai suatu perusahaan yang akan melakukan perdangan secara monopoli diwlayah asia,pedagan yag dari balanda yang yang hendak berdagan di asia harus bergabung dengan VOC melalui pembelian saham atau pembelian dagang di pusat pusat pelelangan di negeri belada.komuditas pertama VOC adalah rempah rempah dari wilayah nusantara.(MALUKU DAN TIMUR)
Demi kepentigan colonial,VOC melakukan politik perbudakan dan sering kali tak segan menghukum para pelanggar dengan rotan,bambu,atau cambuk.orang upahan VOC di sebut baljuw seorang penegak huku VOC yang garang.rigan tangan dan sering main hakim sendiri.memukul serta menganiaya para budak pribumi yang di anggap membangkang.
Di balik sejarah kekerasan tadi,berbagai perlawanan anak negeri mulai bermunculan,diamnya anak bangsa yang telah di perbudak di masa penjajahan colonial ternyata tidka berkepenjangan,dan ahirnya mereka melawan,
untung surupati seorang budak dari kota Batavia,selalu mengadakan perlawanan melawan imprialisme barat.perjuangan seorang untung surupati merupakan contoh perjuangan golongan budak pada masa VOC. Budak yang hak hak yang telah di rampas ternyata tetap genjar melawan perlakuan VOC yang tidak manusiawi bahkan sempat terjadi dua kali peristiwa pengepungan terhadap Batavia.
B. KAPAL KAPAL MATARAM
Tujuh buah armada kapal kerjaan mataram yang di pimpin oleh temenggung baureksa panglima tertinggi armada jawa pernah barlabuhdi muara jawa ciliwung dan menyerang kota pelabuhan Batavia.dan akibat nya bagian selatan bativia hancur dan berbagai bangunan rumah di bakar sampai serata dengan tanah.
pada malam harinya pasukan mataram semakin gigih menyerang serdadu belanda,bahkan sempat menduduki benteng pertahanan beberapa saat. Malang tak dapat di tolak.baureksa gugur dalam peperangan ini alhasil 200 armada kapal mataram yang berlbuh di sungai murunda habis terbakar dan hanya tersisa 50 kapal baja untuk kembali ke mataram meskipun ahirnya kalah rupaya smangat perjuangan anak anak bangsa ini tak pernah putus pada umum nya mereka bersemboyan (rewew rewe rantes malang malang putung maju terus pantang mundur)
Pengapungan periode ke dua masih di lakukan oleh mataram.dengan mengirim sebagian besar pasukan kerajaan nya sampai mendekati kali ciliwung.meeka menyusun strategi dengan mengutus temenggung tegal menyampaikan keinginan mataram untuk berdamai,dengan sarat VOC memberi mataram kebebasan berdagang di wilayah Batavia.maksud di balik strategi itu pasukan mataram ingin mengetahui persedian logistik pihak VOC sebelum melakukan serengan besar besaran yang ke dua.ternyata strategi ini tidak berhasil,dan armada kapal mataram memaksakan diri menyerang pelabuhan Batavia.dan kembali berahir dengan kekalahan.
sebab utamanya kekalahan ini adalah lemahnya dukungan logistic armada laut mataram sehingga sebelum perang seradu belanda terlebih dahulu menghabiskan lumbung persedian bahan makanan pasukan mataram.
walau ke dua pengepungan wilayah Batavia ini berahir dengan kekalahan dari pihak mataram namun demikian perlawanan anak anak bangsa ini tak pernah surut.serangan kemudian juga di lakukan oleh pihak kerajaan banten.serangan ini di pacu oleh meletusnya konflik lama antara VOC dan banten yang tak kunjun bereda danjustru mungkin kini memuncak belan da berhasil merebut jayakarta.strategi yang dilakukan oleh adalah beroura pura benyergap dan membunuh orang orang belanda bagi VOC.
banten merupakan musuh yang memusingkan karna letak banten dengan VOC demi membunuh gubernurjendral belanda JR.coen pihak banten membuat pikiran orang belanda akan panik setelah pimpinannya berhasil dibunuh sehingga aka nada kesempatan baik untuk menyerang dan merebut Batavia.sayang nya saat itu terlanjur tercium oleh VOC.sebelum itu pasukan banten sering kali melakukan penyerangan terhadap pos pos belanda bahken mereka juga sering mendekat dengan Batavia memudahkan mereka untuk menyerang VOC
.sebelum itu,kapal kapal banten yang lebih kecil ukuran nya kerap menyulitkan petempuran,pertempuran semakin sengit ketika 5000 pasukan banten bermaksud menyerang Batavia di daerah angke dan tangerang.namun demikian armada VOC.yang menggunakan persenjataan lebih canggih berupa mariam berukuran besar ahirnya berhasil menggagalkan sebuah pasukan banten.
Dengan menggunakan taktik pertempuran gerylia perlawanan sengit terhadap panjajahan belanda oleh anak anak bangsa dari jawa terus berlangsung di masa itu.di antaranya adalah perlawanan pangeran di ponigoro dab mataram,sultan ageng tirtayasa dari bantan,dan untung surupati.politik monopoli dagang VOC.melaliu pelabuhan Batavia trans meluas sampai ke wilayah timur nusntara,utama monopoli rempah rempah dari Maluku.sehingga ahirnya perlawanan terhadap colonial belanda/monopoli dagang VOC.juga dagang dari wilayah timur nusantara di antaranya yang legendaries adalah perlawanan kapiten pattimura (Maluku) dan sulta hassnuddin (Sulawesi)
C.KAPAL KAPAL VOC YANG DATANG DI BATAVIA
DAN KEMBALI KE BELANDA
Muatan kapal dagang VOC yang dating dan kembali ke Negara asal mulanya,kapal dagang VOC umumnya membawa muatan dari negranya untuk di jual di wilayah nusantara,kemudaian mengisi kembali kapalnyya dengan muatan kumuditas pertaian nusantara untuk di jual kembali di Negara asalnya.muatan kapal kapal VOC yang berlabuh di Batavia sebagian besar merupakan komuditas pertanian yang di peroleh dari daerah pedlaman nusantara .kapal kapal dagang VOC semakin ramai dating ke perairan nusantara seiring meluasnya enkspansi monopoli dagang VOC di tanah air.bahkan setelah merebut pelabuhan sunda kelapa pada tahun 1602.yang kemudaian berganti nama pelabuhan Batavia kapal kapal eropa sering mengunjungi pelabuhan tersebut.pada tahun 1774-1777 lima belas pelabuhan pantai utara jawa berisikan kapal kapal pedagang VOC yang berlabuh di beberapa pelabuhan di mulai di sebelah barat menuju timur,meliputi pelabuhan banten,batavia,Cirebon,tegal,pakalong gan semarang,jempara,juana,rembang,gersik,Surabaya,pasuruan,pangkalan,bayuwangi dan sumenep.muatan komuditas yang di angkut kapal kapal VOC adalah melalui pelabuhan Batavia.yang mencapai muatan 2.038.400 ton.periode tahun 1774-1777 adalah masa gencarnya perdangan belanda sistem monopoli dagang VOC.diantara ke lima belas pelabuhan yang terbentang di sepanjang pesisir utara jawa,empat di antaranya,yaitu Batavia,Cirebon,semarang dan Surabaya.merupakan palbhan terbesar pada era perdangan VOC.pelabuhan yang lainya merupakan pelabuhan kecil yang juga memiliki peranan sebagai perekonomian setempat.
DAFTAR PUSTAKA
Pramono Djoko.2005.Budaya Bahri.Jakarta.Gramedia Pustka Utama.
Isjoni.2008.Sejarah Maritim.Pekanbaru.cendikia insane.
No comments:
Post a Comment