Minggu, 10 Januari 2016

Sejarah Koloni Australia Barat


Faisal /14B / SAO

Daerah pantai Australia Barat sudah dikenal oleh pelaut-pelaut Belanda sejak dekade kedua abad ke -17. Kondisi alamnya yang gersang ,tidak merangsang orang-orang Belanda maupun Inggris untuk mendudukinyna. Pada akhir abad ke -18 dan permulaan abad ke-19 Perancis mulai melakukan ekspedisi daerah pantai barat Australia tersebut, lalu tersiar kabar yang tidak jelas bahwa Perancis bermaksud menduduki daerah itu.

Pada tahun 1827, James Stirling menyelidiki daerah Swan River. Ia mendorong para pemilik modal untuk dating kesana dan membuka usaha disana.orang pertama yang membuka koloni di Australia barat ialah Thomas Peel. Australia barat juga sempat mengalami kegagalan salah satunya masalah tenaga kerja. Oleh sebab itu daerah ini merupakan koloni terakhir yang menjadi daerah otonom. Queensland merupakan negara bagian terbesar kedua di Australia setelah Australia barat dan menempati daerah timur laut di benua ini. Queensland merupakan negara bagian yang jumlah penduduknya terpadat nomor tiga setelah New South Wales dan Victoria.
A.    Awal Pembentukan Koloni Australia Barat
Selama abad ke-17 dan ke-18 pantai barat Australia mendapat banyak kunjungan pelaut-pelaut Belanda dalam pelayaran mereka dari dan ke Indonesia, terutama setelah pelayaran Brouwer. Pelaut Inggris yang pertama sekali mengunjungi daerah ini adalah William Dampier. Dua kali Dampier mengunjungi daerah ini, yang pertama dengan kapal Cygnet, ia mengunjungi Buccaneers Archipelago, dan yang kedua dengan kapal Roebuck ia mencapai pantai yang diberi nama Shark Bay. Sampai pada saat itu, baik Belanda maupun Inggris belum berniat menduduki daerah tersebut.
Dalam abad ke -18, ekspedisi penyelidikan ilmiah Perancis di bawah pimpinan Baudin, melakukan penyelidikan dan pemetaan terhadap banyak pantai bagian barat Australia. Kunjungan kapal-kapal Peracis ke Australia ini menimbulkan kecurigaan Inggris, karena selain mengunjungi pantai Australia Barat, pelaut-pelaut Perancis sering juga berlayar di Selat Bass. Setelah menduduki bagian-bagian tertentu dari Australia, tentu Inggris tidak mau ada bangsa lain yang menduduki Australia. Ketakutan didahului oleh Perancis, mendorong gubernur New South Wales, Darling, mengirimkan Mayor Lockyer beserta pasukan pada tahun 1827 untuk mendirikan pos di Albany atau King George Sound.
Pada tahun 1827 itu juga, Kapten James Stirling, dengan menggunakan kapal H.M.S.
Success menyelidiki daerah Swan River. Nama Swan River ini sebenarnya diberikan oleh seorang orang Belanda bernama Vlaming. Ketika Vlaming mengunjungi daerah itu ia melihat di sana sejenis angsa berwarna hitam yang dalam bahasa Belanda diungkapkan dengan "een soorte van swarte swanen", sehingga ia menyebut daerah itu dengan Swanerevier. Rupanya Stirling sangat tertarik pada apa yang dilihatnya, lebih-lebih karena ahli botani yang menyertainya, Fraser, memberikan gambaran yang bersemangat tentang keindahan sungai dan kebaikan tanahnya.
Dalam laporan resminya ia mengatakan bahwa daerah itu memenuhi segala persyaratan sebagai pemukiman,sehingga gubernur darling sangat menginginkan daerah itu dibuka koloni,ia mengirim james stirling dengan rekomendasinya,tapi pemerintah inggris menolaknya,karena faktor biaya.james stirling membujuk pemilik modal dan ia berhasil,tapi diputuskan tidak membawa narapidana,yang dibawa hanya pekerja bebas dan koloni yang dibuka adalah koloni tempat menginvestasi modal.
B.     Perkembangan koloni di australia barat

            Dalam sejarah australia.26 januari 1788 dipandang sebagai awal pertumbuhan dan perkembangan masyarakat dan bangsa Australia,koloni dibuka sebagai tempat pembuangan narapidana atau disebut "Penal Settlement".dalam perkembanganya,membangun suatu koloni  dan membangun masyarakat baru bukanlah yang mudah.apalagi komposisi masyarakat yang sebagian besar dari narapidana menambah kesuliatan dalam usaha membangun koloni baru,semuanya ini menuntut kesabaran,ketekunan,keteguhan pikiran,dan kesetiaan kepada tujuan yang harus dicapai.
            Philip membangun koloni dengan menggunakan narapidana sebagai sumber tenaga kerja.ia melakukan pembentukan koloni di wilayah ini dengan melakukan hal-hal yang diantaranya;
1.      Dituntut mengembangkan persahabatan dengan penduduk asli;
2.      Membina ketertiban dan ketaatan beribadah dalam kehidupan masyarakat;
3.      Mengusahakan agar koloni itu segera berproduksi;
4.      Menjaga agar persendian makanan yang dibawa inggris cukup untuk 1 tahun.

Tokoh terkenal dari rencana ini adalah thomas Peel.ia menyewa sebuah kapal dan 300 pekerja bebas.pada tahun 1829 Thomas Peel dan james Stirling beserta rombongan  pertama mendarat dikota yang sekarang dikenal sebagai negara bagian (state) Australia barat. Kemudian menyusul lagi rombongan – rombongan yang berikutnya.sehingga dalam 6 bulan pertama sudah ada 1300 penduduk dipemukiman baru itu beserta ternak ( sapi dan biri-biri ),alat-alat pertanian dan benih tanaman.lebih dari setengah juta acte tanah telah dibagi-bagikan,tetapi tidak  semuanya ditempati.

Masalah yang timbul dalam pembentukan koloni di australia barat,diantaranya sebagai berikut;
a)      Tanah yang tersedia tidak sesuai dengan harapan.
b)      Kebijaksanaan yang keliru dalam hal pembagian tanah,orang yang memiliki uang yang banyak boleh memilih lokasi tanah yang akan dimiliki,tanah yang mereka pilih tanah yang dekat dengan pusat kota (perth).
c)      Para imigran mengira setiap barang yang mereka bawa akan dihitung sebagai investasi,padahal mereka belum mempunyai rumah dan tidak memiliki alat pengangkut dari pantai,sehingga banyak barang yang ditinggalkan dipinggir pantai.

Adapun faktor lain dan berdampak pada perkembangan pembentukan koloni di australia barat,diantaranya;
a)      Kekurangan tenaga kerja,karena tenaga pekerja yang dibawah adalah tenaga pekerja bebas yang menuntut upah tinggi,setelah lama mereka bekerja dan menabung.mereka membeli tanah sendiri dan meninggalkan majikan nya.
b)      Banyak imigran yang datang sebagai spekulan,bukan sebagai petani,mereka menuntut tanah nya dan menjual dengan harga tinggi.
c)      Para pegawai dibayar dengan tanah,namun tidak mengusahakannya.
d)     Petani yang sungguh – sungguh mau berusaha tidak memiliki pekerja secara teoritais seorang petani pionir paling sedikit memiliki dua hal,yaitu :
- Tanah yang baik;
- Pekerja yang cukup

Pada tahun 1848 gubernur yang baru Sir Charles Fitzgerald mengambil langkah "berani" yaitu membuat rencana baru untuk menerima narapidana dalam mengatasi kekurangan tenaga kerja.pada tahun 1849 disetujui satu resolusi rapat umum di perth untuk pemerintah inggris dan pemerintahan inggris menerimanya.
Rombongan pertama narapidana tiba pada bulan juni 1850,kedatangan rombongan itu tepat sekali waktunya karena banyak penduduk yang meninggalkan koloni itu terbawa arus "gold rush" ke New South Wales dan victoria.australia barat menerimatransportasi narapidana sampai tahun 1868.selama 18 tahun itu tercatat kemajuan yang sangat mengembirakan.selain itu kemajuan australia barat ditentyukan juga dengan ditemukanya kandungan emas yang kaya di Coolgardie dan di kalgoorlie.

Dalam hal ini,narapidana di bagi dalam 3 jenis tenaga kerja,diantaranya sebagai berikut;
·         Tenaga kerja narapidana yang dalam rangka pelaksanaan hukumanya harus bekerja di gedung-gedung pemerintah dan jalan-jalan umum tanpa mendapat upah/gaji.namun diluar jam kerjanya pada pemerintahan,mereka dibolehkan menawarkan tenaganya untuk mendapat upah.
·         Narapidana yang dipinjamkan kepada penduduk bebas atau orang-orang yang telah mendapat hadiah tanah,karena tanah tanpa bekerja tidak ada gunanya.napi yang dipinjamkan ini disebut jugha dengan "Assigned Convicts"menjadi tanggung jawab penerima,baik makanan,pakaian,maupun pemondokannya.tenaga kerja ini sedikit mendapat upah,sebagian besar berupa barang-barang ekstra seperti tembakau,teh,gula.
·         Tenaga kerja bayaran terdiri dari tenaga kerja bebas yang jumlahnya sangat sedikit.sebagian besar berasal dari bekas-bekas narapidana yang sudah selesai masa hukumannya atau narapidana yang dibebaskan karena memperlihatkan kerajinan dan kelakuan yang baik.

Ketiga jenis tenaga kerja inilah yang melaksanakan seluruh pekerjaan yang berkaitan dengan pengolahan tanah dan pekerjaan – pekerjaan umum di koloni itu.dalam perkembangan koloni dan pembentukan nya di australia barat,para narapidana diperkerjakan dalam pembangunan gedung-gedung pemerintahan,kebersihan umum,pembuatan jalan,dan sebagainya sebagai solusi dalam mengatasi hambatan perkembangan koloni di australia barat.dan setelah itu berbagai kemajuan koloni tercapai setelah ditemukanya kandungan emas yang kaya di coolgardie dan di kalgoordie.

Daftar Pustaka
-          J. Siboro, 1996,Sejarah Australia, TARSITO, Bandung
-          Dr. Siboro. 1989. PengantarSejarah Australia. Bandung: IKIP Bandung.
-          Drs. Santoso&Dra. AnikAndayani. Sejarah Australia dan Oceania. Surabaya: UNIPRESS IKIP Surabaya.
-          Hudaidah. 2004. Sejarah Australia dan Oceania. Palembang: FKIP UNSRI.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar