SOEKARNO PROKLAMATOR REPUBLIK INDONESIA

ELA HERLIA/SEJ.V/A

Dr. Ir. Soekarno (1901-1970)
A .  Biografi Soekarno

            Dr. Ir. Soekarno sebenarnyaa lebih akrab dengan sebutan bung karno. Ia merupakan pejuang kemerdekaan sekaligus presiden pertama republlik indonesia. Ia dilahirkan didaerah bagian timur pulau jawa , tepat nya di blitar, jawa timur , pada tanggal 6 juni  1901.

Bung karno dinyatakan mulai menurn kesehatanya semenjaktahun 1965. Pada tanggal 21 juni 1970,  setelah bertahun-tahun menjadi tahanan rumah  , akhirnya bungkarno meninggal dirumah sakit gatot subroto, jakarta.  Jenazah nya kemudian dibawa ketanah kelahiran nya, keblitar, disana lah  kemudian ia dikebumikan. Sesuai dengan pesan bung karno sebelum meninggal, pada salah satu nisan makam nya dituliskan kata-kata " disini sedang beristirahat bung karno, penyambung lidah  rakyat.
Sejak itu, rakyat indonesia sangat terpukul  karena kehilangan sosok pejuang sekaligus  pemimpin yang sangat kharismatik.jasa-jasa nya yang sangat besar bagi indonesia senantiasa   terukir dalam benak  generasi berikutnya. Bahkan meski jasad nya telah tiada, tetapi perjuangan nya sentiasa hidup seiring   dengan perubahan dan perkembangan zaman. Yang  jelas, nama nya senantiasa terukir sebagai pejuang dan peletak dasar-dasar negara indonesia.
Terlepasa dari hal  itu, sepanjang perjalanan bung karno  dalam memperjuang kan kemerdekaan indonesia, berulang kali ia harus keluaar masuk penjara . bahakan, pengaruhnya yang sangat besar terhadap masyarakat indonesia  membuat belandaa khawatir akan  keberadaan nya. Karena itu, untuk menghilangkan pengaruh dan memadamkan api perjuangan nya, maka belanda mengasingkan  bung karno.
Terkait dengan hal  itu bung  karno pernah dua kali diasingkan oleh belanda. Pada tahun 1933, ia di asingkan untukpertama kali nya  ke daerah ende flores . lima  tahun kemudian , tepat nya pada tahun 1938, bung karno dipindah kan ke daerah bengkulu , sumatera. pada tahun 1942,  ketika  belanda ditaklukan oleh jepang, akhirnya bung karno mendapat kebebasan nya.
Meskipun demikian, penjara   dan pahit-getirnya  ditanah pengasinagn tidak mampu  memadakan semangat  perjuangan unntuk memerdekakan indonesia. Hal ini sangat sesuai dengan slogan  yang pernah diucapkan nya  ketika ia  berada  dipenjara sukamiskin. Kono seorang sipir pernah bertanya "apakah ia akan memulai hidup baru setelah dipenjara"? lalu bung karno menjawab seorang tidak berubah karena tahanan. Saya masuk penjara karena memperjuangkan kemerdekaan dan saya meninggalkan  meninggalkan penjara dengan pikiran yang sama.
Pada tahun 1927, bungkarno mendirikan partai nasional indonesia(PNI) dengan didukung oleh keenam rekan seperjuangan nya yang tergabung dalam algemene studie club, yaitu mr. Iskaq tjokrohadisuryo, Dr. Tjipto mangkusumo, mr. Budiarto, dan mr.  Sunaryo . pada dasar nya  PNImerupakan hasil transformasi  dari organisasi algemene studie club. Perubahan tersebut dimaksudkan untuk mengisi kekosongan  pemimpin gerakan  kemerdekaan setealah kegagalan PKI.  Dengaan demikian PNI mengorientasikan pergeraakan nya untuk mengawal indonesia menuju kemerdekaan sepenuh nya.
Sejak itu aktivitas politik bung karno bersama rekan-rekannya daalam PNI semakin intents.oleh karena itu lah  pihak belanda mulai khawatir bahwa kegiatan politik  yang mereka lancarkan dapat mengganggu stabilitas pemerintahan belanda. Akhirnya , bung karno pun ditangkap dan dipenjarakan di bentjeut, sebuah penjara yang terlrtak dotengah-tengah kota bandung. Atas penangkapan tersebut , kemudian bung karno diadili dan dijatuhi hukuman  empat tahun penjara. Akan tetapi , keputusan tersebut memicu muncul nya protes keras dari berbagai golongan. Karena pihak belanda khawatir akan munculnya protes yang lebih besar lagi, akhirnya bung karno  pun dibebaskan. Pada tanggal 31 desember 1931.
Setelah menghirup udara  kebebasan, bung karno tidak sedikitpun mengendurkan semangat perjuangan. Ia kembali aktiv  dalam kegiatan-kegiatan politik  dan tidakm henti-hentinya. Meneriakan ide-ide  pemberontakan dan perlawanan bauk dalam orasi maupun tulisan. Dua tahun berselang dari pembebasan,   tepat nya pasa tahun 1933 , bung karno ditangkap  dan dipenjarakan untuk kedua kalinya. Penangkapan bung karno kali ini di dasarkan pada keberanianya dan kelantangan nya dalam meneriakan ide-ide   perlawanan dan pemberontakan.  Kali ini, bung karno dipenjarakan  disebuah sel khusus dalam penjanra sukamiskin di bandung.  Dalam sel khusus ini,  sebuah ruangan sempit  yang berada ditengah-tengah ruangan besar , bungkarno hanya dikurung seorang diri selma  kurang lebih delapan  bulan.  Akan tetapi, gejolak perjuangan dari para  pendukung bungkarno tidak kunjung reda. Oleh karena itu  bung karno dibuang dan diasingkan diflores, tepatnya disebuah kampung nelayan yang terletak  dikota ende. Peristiwa ini lh yang menjadi pengasingan pertamanya  sekaligus pengasingan yang menyiksa bung karno, baik secara  fisik maupun mental.
Selama pengasingan tersebut ,  jiwa bung karno sangat tertekan dan kesepian, meskipun ia bebas berinteraksi dengan masyarakat  setempat yang mayoritas masihh terbelakang, tetap  sajamasih tersa sepi.  Ditambah lagi dengan sakit malria yang dideritanya,yang membuat ia hanya bisa terbaring ditempat tidur. Meskipun demikian , tetapsaja bung karno  menyebut kota  ende dengan "pulau  bunga" yang telah mmberikan pengalaman berharga bagi dirinya.
Pengasingan di kota ende Proses penyembuhan mental bung karno yaitu  :
1.      Secara total, bung karno terlatih menjadi seorang suami  dan bapak tanpa terganggu oleh kegiatan politik . ia menanam sayur-manyur , memetiknya untuk dimakan  dirumsh kontrakan nya demi lima anggota keluarga nya. Sebagai bapak keluarga , ia mengjadi seorang muslim yang taat-shalat  sehari lima waktu dan setiap jumat  pergi kemasjid.
2.      Soekarno secar berlahan-lahan menghidupkan kembali inntelektualnya, khususnya mendalami pemehaman tentang islam, semasa di jawaia lebih terfokus pada marxisme , dan tidak kurang memperhatikan islam. Ketika dijawa bung karno melihat islam dari kaca mata marxisme. Sedangkan di ende bung karno melihat islam dari kaca mata islam itu sendiri.
3.       Semasa di ende, bung karno dijauhi masyarakat  golongan atas dan ditakuti  masyarakat golongan bawah. Hal itu terjadi karena ada propaganda dari  belanda  yang menganggap dirinya sebagai komunis.  Kondisi inilah yang kemudian membuat bung karno mengeluh,"  orang disini yang  mengerti tidak bicara, dan  yang bicara tidak mengerti. Aku akan membentuk masyrakat ku sendiri dan mempersettankanorang yang pintar tolo itu". atas dasar itu lah bung  karno mendirikan komunitas teater yang diberi nama kelimoetoe toneel club. Komunitas tersebut sebagian besar beranggotakan para penjahit, sopir dan nelayan. Untuk kelompok nya tersebut, bung karno mulai menulis 13 naskah teater danmementaskanya selama 4 tahun. Dengan anggota antara 56 dan 90 orang. Ia membentuk "massa kecil" kemudian jadi  "kampus" tempat diskusi. Dalam komunitas ini bung karno  mulai menanamkan kesadaran akan kemerdekaan, tentunya secara simbolik .  sebab, terdapat 5 polisi kolonial  yang senantiasa mengawasi gerak-gerik bung karno selama di ende..
4.      Semasa di ende , secra  berlahan, bung karno mulai mengalihkan  perhatianya untuk berkomunikasi dan berdiskusi dengan para  pastor/misionaris. Terkait dengan  hal itu,  bung karno secara rutin mengadakan   forum diskusi dengan mereka  menggunakan bahasa belanda. Dalam forum itu lah, mulai mempelajari agama modial  dandidukung pula oleh buku-buku  yang terdapat diperpustakaan pribadi pastor . bahkan dalam forum ini pula   bung  karno membandingkan sosialismenya dengan sosialisme   gerja yang dipelajari disana.
5.      Dari  diskusi tersebut , bung karno senantiasa merenung dan mulai meramu pemahamannya. Bahkan, ditempat inilah , bung karno mulai menggali  dan mengkonsep nilai-nilai pemahamanya  yang kelak disebut pancasila.

Bung karno sebagai politikus yang sibuk dengan PNI.  Kemudian ia bermetamorfosis  menjadi negarawan yang  memikirkan masa depan bangsa nya;  dari seorang aktivis politik  menjadipemikir  tentang dasar negara nya, dan dari seorang yang terobsesi   dengan trilogi " nasionalisme, islamisme dan marxisme" menjadi seseorang  yang mencetus pancasila sebagai filsafat negara yang universal. Terlepas dari hal itu, semasa  dipengasingan ende, bung karno terserang panyakit yang cukup mematikan , yaitu malaria. Kabar penyakit malaria yang terdengar oleh para pengikutnya dipulau jawa.  Hal itulah yang kemudian memicu munculnya protes yang cukup keras dari berbagai golongan.
Atas protes itulah,  akhirnya bung karno dipindah kan  kedaerah bengkulu , tepat nya pada  tahun 1938. Alasan pemilihan bengkulu sebagai tempat pengasiangan bung karno selanjutnya karena  saat itu bengkulu merupakan terpencil dan aksesnya cukup sulit.  Pada dasarnya, perpindahan bung karno sebenarnya sudah diketahui  oleh para tokoh gerakan bengkulu. Oleh  karena itu,  mereka kemudian secara diam-diam membentukpanitia penyambutan kedatangan bung karno . bahkan, secara diam-diam , mereka juga melakukan penjemputan tarhadap bung karno.
Saat bung karno  dikabarkan naik busdari lubuk linggau sumatera selatan ,maka  panitia  penjemputan  bung karno dibagi menjadi duakelompok. Kelompok pertama  dipimpin oleh samaun bakri(salah satu tokoh muhammadiyah bengkulu), daan salmiah(taman siswa) bertugas untuk menunggu bung karno  dipasar pengantungan. Sedangkan , kelompok kedua dipimpin oleh kakaung gunadi(taman siswa), yang bertugas menungggu bung karno   ditempat pemberhentian bus terakhir, tepat nya disebuah kampung cina dekat rumah shin chi hoo. Sesuai dengan waktu yang telah ditentukan, akhiirnya bung karno, tiba dibengkulu dan langsung menyalami  semaun bakri  dan salmiah pane. Di awal kedatanganya, bung karno memilih untuk menginap dihotel sentrum( hotel asia sekarang). Selang beberapa hari, barulah bung karno  mulai mencari sebuah rumah  yang akan dijadikan  tempat tinggaal nya selama dibengkulu. Pada awala nya, bung karno memili menyewa sebuah rumah milik penduduk setempat  yaitu H.Middin, untuk  dijadikan sebagai tempat tinggal. Tapi tidak lama kemudian, bung karno memutuskan untuk pindah ke anggut atas yang saat ini sudah dijadikan museum  bung karno.
Selama dibengkulu, bung karno kerap kali menngunjungi bebrapa sekolah yang ada disana . di antarnya adalah sekolah muhammadiyah di kebun Roos, dan teruma sekolah taman siswa yang saat itu masih menjafi sekolah kebanggan bagi masyarakat bengkulu. Konon, setiap hari sabtu, terutama ketika jam pelaran akan bearakhir ,  hampir bisa dipastkan  bung karno telah berkumpul dengan para guru di ruang kantor taman siswa. Saat itu, seluruh murid akan dikumpulkan dalam sebuah ruangan besar . mereka diajak  menyanyikan lagu  indonesia raya.
Hal itu lah yang menjadi salah satu alasan bung karno sangat  senang mengunjungi sekolah tersebut. Bung karno juga kerap kali  ikut serta menanamkan  rasa cinta  tanah air  kepada seluruh siswa dilakukan dengan cara senantiasa terlibat langsung dalam  berbagai kegiatan siswa  , seperti halnya kegiatan kepannduan bangsa indonesia(pramuka). Selain itu, bung karno  juga pernah mengadakan lomba  cerdas  tangkas  yang  diikuti  oleh sebagian besar  besar siswa. Dalam   perlombaan ini, ia  memberikan pertanyaan mengenai nama-nama pahlawan pada masa itu.  bung karno juga mengajak para siswa untuk mengenal tokoh-tokoh terdahulu yang diceritakan dalam pewayangan, sepert ken dedes,  ken arok, empu gandring dan lainya. Melalui beberapa cara itulah , bung karno berhasil menanamkan rasa cinta tanah air kepada seluruh siswa. Bung karno juga suka  berkumpul dengan pemuda-pemuda bengkulu. Dalam hal ini,  bung karno mengumpulkan pemuda melalui komunitas  musik monte carlo  yang dipimpin oleh manaf sofyan atau manaf laboe.
Bersama para pemuda ini lah , bung karno mulai melanjutkan aktivitas  kesenian,  seperti yang pernah dilakukanyan di ende. Bung karno mengajak mereka mengelar sebuah pementasan  drama. Kearaban pemudabengkulu dengan bung karno tersebut menimbulkan kekhawatiran dari pihak belanda . oleh karena itulah  , pihak belanda mulai memanggil dan dan menarik sebagian sebagian pemuda dari  kelompok tersebut , khusus pemuda-pemuda  yang saat itu menjadi pegawai negeri dalam pemerintahan belanda. Pada pemuda tersebut kemudian  diberikan dua pilihan oleh pihak belanda; tetap menjadi pegawai negri atau komunitas bung karno.
Sejak itu lah nama bung karno semakin mendapat perhatian penduduk bengkulu, dan monte carlo   semakin  bertambah keanggotaanya. Akan tetapi tentunya pemerintah belanda tidak akan membiarkan  hal itu berjalan dengan mulus. Karena itu pemerintah  belanda mulai menjaga dan mempersempit ruang gerak bung karno  bersama monte carlo.
Selain itu , pemerintah belanda juga mengutus dua orang reserse yang bertugas khusus untuk mengawasi serta membuat laporan kepada pemerintah belanda   tentang gerak gerik bung karno setiap harinya. Jika sekejap saja mereka kehilangan jejak bung karno maka keduaa polisi tersebut mendapat hukuman.
Terlepas dari hal itu, masa-masa  bung karno di bengkulu merupakan tempat persemaia cinta bung karno  dengan fatmawati. Dari fatmawati ini lah , bung karno dikarunia dua orang putra dan tiga orang putri, yaitu  Guntur Soekarnoputra, Megawati Soekarnoputeri, Rachamawati Soekarnoputeri, Sukmawati Soekarnoputri, Dan Guruh Soekarnopurtra.
Setelah empat tahun menjalani pengasinangan di bengkulu, akhirnya pada tahun 1942, bung karnomengdapatkan  kebebasanya, khususnya ketika pasukan jepang mampu memukul mundul pasukan belanda  dari negara indonesia. Pada saa itu lah , bung karno dibebaskan , dan ia kembali ketanah jawa  untuk melanjutkan perjuangan kemerdekaan .
Singkat nya, pada tanggal 17 agustus  1945, bung karno bersama bung hatta berhasil memproklamasikan kemerdekaan indonesia. Sejak itulah indonesia berdaulat sebagai negara yang merdeka.



Daftar pustaka
Faidi . A. 2014 . JEJAK-JEJAK PENGASINGAN . JOGJAKARTA:  SAUFA
Jazimah .Ipong .2011. Detik-Detik Proklamasi . Jogjakarta : Narasi

No comments:

Post a Comment