SEJARAH PEMBENTUKAN KOLONI AUSTRALIA SELATAN DAN PERKEMBANGAN ADELAIDE SEBAGAI IBU KOTA AUSTRALIA SELATAN

TRESHA LENDIA PRATIWI

 

Orang eropa pertama kali datang ke australia pada  tahun 1788. Seperti yang telah kita ketahui bahwa orang eropa yang lebih tepatnya orang inggris yang datang ke australia adalah para tahanan yang dikirim dari inggris.  Pengiriman ini dilakukan karena tahanan di inggris sudah penuh karena meningkatnya kejahatan, bahkan sungai themes dijadikan pemjara terapung untuk menampung para napi ini.

Lahirnya koloni australia selatan berawal dari teori yang dikemukakan oleh edward gibbon wakefield yang ingin membentuk koloni baru di australia. Saat sturt berencana mendiriksn kota, seorang pengusaha dan juga narapidana mempunyai ide untuk membentuk koloni baru di australia.  Edward gibbon wakefield adalah seorang narapidana di newgate yang menulis buku yang berjudul a letter from

sydney, walaupun sesungguhnya ia belum pernah ke sydney atau ke tempat lain diluar eropa tetapi tulisannya sangat baik dan jelas, sehingga banyak orang yang mengira kalau buku itu ditulis oleh seorang yang sudah tinggal bertahun-tahun di sidney. Buku ini diterbitkan pada tahun 1829, isinya secara garis besar merupakan ide-ide tentang pembentukan suatu kolni baru [1]

Teori wakefield ini berisi:

1. tanah dikoloni baru ini hendaknya dijual debngan harga yang cukup mahal (sufficient price) sehingga seorang imigran pekerja tidak mudah membelinya,. Uang hasil penjualan tanah tersebut hendaknya digunakan untuk mengkongsi migrasi penduduk e koloni baru tersebut dalam rangka menjamin tersedianya tenaga kerja koloni itu.

2. tanah hendaknya dijual dalam partai besar. Bareson dan rosenblat (1979) menyebutnya dengan nama "thirty hectare section dan dibayar tunai lewat suatu lelang.

Pada tahun 1830 wakefield keluar dari penjara. Saat wakefield bebas dari penjara dia menawarkan idenya tersebut ke pemerintah inggris. Wakefield melakukan hubungan dengan orang-orang yang berpengaruh dengan rencananya. Orang0orang ini bersedia mngikuti rencana pembukaan koloni karena keadaan yang buruk pada waktu itu di inggris. Pada saat itu datang sebuah berita tentang perjalanan sturt kedaerah sungai murray. Sturt mengungkapkan tentang adanya tanah yang baik didekat muara sungai murray. Para pengikut wakefield sangat tertarik pada berita ini.

            Wakefield menghadap pemerintah untuk mengatakan idenya ini. Ide wakefield pada awalnya ditolak pemerintah karena  akan memakan biaya yang mahal, dan pemerintah merasa trauma dengan kegagalan koloni australia barat. Selanjutnya suatu perhimpunan australia selatan dibentuk dan dilakukan pendekatan terhadap pemerintah. Ide wakefield ini diterima oleh pemerintah inggris. Pada tahun 1834 parlemen mengeluarkan suatu undang-undang yang memotong 300.000 mil persegi wilayah new south wales untuk mendirikan koloni australia selatan.namun untuk mendirikan koloni ini pemerintah tidak bersedia mengeluarkan biaya.  Lalu wakefield membuat iklan di surat kabar inggris, memberitahukan bahwa siapapun boleh Datang ke adelaide. Mereka boleh membawa keluarga dan para pembantunya. Bahkan wakefield menambahkan  bagi siapa saja yang membeli tanah sebanyak 80 hektar maka akan mendapatkan 1 hektar ranah gratis diwil;ayah perkotaan. Harga yang dipatok betul-betul murah dan memberikan tanah gratis diperkotaan merupakan penarik bagi para penduduk. Mereka busa menginvestasikan tanah yang mereka punya dikota dan mereka bisa menggarap tanah mereka yang berada dipedesaan. Jadi, setiap orang yang memilih untuk datang ke australia selatan akan mendapat keuntungan sekaligus.

Para rombongan wakefield ini merangkat dari inggris ke australia selatan dengan penuh harapan  pada tahun  1836. Rombongan pertama ini tiba pada bulan juli dipulau kangoroo. Ternyata pulau ini kurang cocok dijadikan pemukiman pada waktu itu. Oleh karena itu colonel light seorang penjelajah  ditunjuk oleh pemerintah untuk meneliti daerah asutralia selatan. Dan light akhirnya memilih sebuah lokasi yang sekarang berdiri kota adelaide.

Adelaide terletak di Hamparan adelaide, disebelah utara semenanjung pleurieu, diantara teluk st.vincent dan barisan pegunungan mounth lofty. Nama adelaide berasal dari nama seorang ratu yaitu ratu adelaide, istri raja william IV yang berkuasa pada saat itu.

Pada awalnya adelaide adalah daerah kekuasaan orang-orang aborigin dari suku kaurna. Diperkirakan mereka sudah berada didaerah ini sekitar 40.000 tahun yang lalu. Saat ini mereka hanya tersisa sekitar 300 sampai 400 orang saja yang masih menetap di adelaide. Berkurangnya jumlah penduduk asli aborigin ini disebabkan oleh penyakit yang dibawa oleh orang kulit putih saat orang eropa pertama kali menetap di adelaide. Dan penyebab lainnya adalah kerena pembunuhan yang dilakukan oleh orang-orang kulit putih saat pertama kali menetap didaerah ini.[2]

Orang  aborigin mempunyai nilai dan tradisi berbeda tentang kepemilikan tanah. Mereka tidak mempunyai batas-batas tanah dan kepemilikan tanah. Mereka hidup dengan berburu dan kehidupannya selalu berpindah-pindah, sangat jauh berbeda dengan orang inggris. Saat orang-orang inggris datang ke australia ( adelaide khususnya), mereka mencari tanah yang bisa ditempati  dan mereka mengklaim tanah yang mereka dapatkan sebagai milik mereka dengan membuat pagar atau batas-batas lainnya.  Hal ini membuat masyarakat aborigin semakin tidak mempunyai tempat, dan wilayah mereka untuk berburu semakin sempit. Mereka menjadi semakin terkucilkan. Pemerintah inggris lalu mengkonsentrasikan mereka di derah lincoln dan memberi tanah untuk mereka garap. Namun pada tahun 1960 masyarakat aborigin ini kembali ke adelaide.

Pada  saat itu tanah yang ada di adelaide belum dikotak-kotakan seperti apa yang dijanjikan oleh wakefield, maka yang bertugas membagi tanah tersebut adalah light, light merupakan seorang planner untuk tata kota.  Dengan tekanan dari orang-orang yang sudah datang ke adelaide dan ingin segera menggarap tanah mereka, maka light bisa menyelesaaikan tugasnya dalam 2 bulan. Tata kota adelaide sendiri dibagi menjadi beberapa bagian dan pusat dari pembagian itu adalah victoria square, taman kota yang menjadi jantung kota adelaide.

Dua tahun sebelum kedatangan orang-orang inggris di adelaide, wakefield sudah  mendirikan masyarakat peradaban. Kelompok ini adalah mereka yang tertarik pada seni, ilmu pengetahuan dan literature. Maka, saat datang ke adelaide  mereka sudah siap membawa sebuah buku atau hal apaun yang berkenaan dengan hal tersebut untuk mereka terapkan di adelaide. Oleh karena itu light membuat north terrace sebagai daerah culture. Di bagian addelaide kini kita bisa menemukan unversitas adelaide, art gallery dan sebagainya.

Apa yang dilakukan light di adelaide sama dengan cara tata kota di canberra. Kota yang sangat ramai pada saat itu adalah melbourn dan sydney. Kedua kota ini bersaing untuk bisa jadi ibukota. Maka pemerintah inggris merencanakan sebuah kota lain yang berbeda diantara kedua kota besar ini yang nantinya bisa menjadi ibukota negara. Maka dibuatlah sayembara untuk membuat design sebuah kota. Pemenangnya adalah giffith yang membuat suatu planing kota seperti canberra yang kita kenal saat ini.

Gubernur pertama koloni australia selatan adalah kapten hindmarsh. Selain gubernur hindmarsh ada juga komisaris residen yang ditunjuk oleh dewan komisaris, dan yang juga bertugas mencari uang untuk koloni australia selatan.  Adanya dualisme kepemimpinan ini menimbulkan banyak persoalan. Akhirnya pamerintah inggris membuat keputusan dengan memanggil pulang kedua penjabat ini. Pemerintah mengangkat gubernur kedua yaitu kolonel gawler, dan menghapus dualisme kekuasaan di koloni ini. [3]

Koloni australia selatan dibawah gubernur gawler.

Ketika gauwler tiba di australia selatan keadaan koloni ini sangat buruk, sangat berbeda jauh dari teori yang dikemukakan wakefield . uang tidak ada, pekerjaan untuk buruh tidak ada, dan tanah yang diolah sangat sedikit, ternak dan biri-biri hanya seberapa dan para pejabat tidak mendapatkan gaji.

Dalam keadaan seperti ini gawler tidak putus asa  dan terus berusaha membangu kolini ini. Gawler mengatur para pekerja untuk melakukan pekerjaan umum, seperti membangun jalan-jalan , jembatan-jembatan, dan dermaga untuk mendukung kelancaran perekonomian australia selatan.  Karena gawler tidak memiliki uang untuk membayar para pekerja, oleh karena itu ia membuat janji tertulis bahwa dewan komisaris di inggris akan membayarnya dikemuadian hari.  Janji tertulis ini berfungsi sebagai uang kertas ( IOU atau bill). Namun ketikan bill perjanjian ini disampaikan kepada dewan komisaris di inggris tidak bersedia membayarnya. Sementara kemelut keuangan ini belum selesai secara tuntas, gawler diganti oleh gubernur baru bernama george grey, pada bulan mei 1841. [4]

Kegagalan gawler mengakhiri pangawasan dewan komisaris, dan sebuag undang-undang baru yang berisi pembentukan pemerintah yang lebih baik bagi australia selatan yang dikeluarkan pada tahun 1842. Undang- undang ini menempatkan oloni australia selatan sama dengan koloni lain, suatu koloni yang dalam ketatanegaraan inggris disebut crown colony (koloni kerumunan).

Koloni australia selatan dibawah gubernur george grey

Ketika george grey tiba, ia menerima koloni ini dalam keadaan bangkrut tanpa uang. Dalam usahanya membangun kembali koloni australia selatan ia berpendapat bahwa tidak ada sesuatu yang dapat dilakuakn dengan baik kalau pemerintah inggris tidak bertsnggung jawab untuk membayar semua bills yang diberikan gawler. Pada awalnya pemerintah inggris tidak mau bertanggung jawab untuk menbayar hutang-hutang yang dilakukan gawler, namun atas bujukandan janji grey menjadikan koloni itu dapat berdiri sendiri, akhirnya pemerintah inggri membayar sebua bills tersebut.  dalam usahanya memajukan koloni australia selatan grey tertolong oleh penemuan tambang tembaga di kapunda,80 km disebelah utara adelaide pada tahun 1842. [5]

Sejak saat itu australia selatan mampu membiayai seluruh kegiatannya dan denga demikian grey mengakhiri masa pemerintahannya di australia selatan ketika diangkat menjadi gubernur di new zealand.

Ketika pemerintah inggris mengeluarkan australia colonies government act, australia selatan juga mempersiapkan diri untuk menyusun pemerintahan sendiri. Usaha itu dimuali sejak tahun 1853, namun secara efektif baru berlaku sejak tahun 1856 [6].

 

DAFTAR PUSTAKA

[1] Id.m.wikipedia.org/wiki/adelaide_australia_selatan

[2] https://sites.google.com/site/siswaphdflinders/survival-kits/sejarah

 [3]www.catatansejarah.com

[4] Siboro,Drs, J. 1989. Sejarah australia .bandung .penerbit tarsito

[5] mangatthat.blogspot.com/2012/03/sejarah-australia-selatan.html?m=1

[6] Darielszone.blogspot.in/2012/10/mormal-0-false-false-in-x-none-ar.html?m=1

 

No comments:

Post a Comment