SEJARAH PERJALANAN KOTA PERTH

Tika Permata Sari / S AUST

Eksplorasi Eropa awal daerah dimulai pada tahun 1697 dengan penemuan Sungai Swan oleh kapten Belanda Willem de Vlamingh. Sebuah sekoci diseret di atas batu kapur dan berpasir sungai, dan sebuah ekspedisi menemukan sungai. Eksplorasi serupa dilakukan oleh Perancis pada tahun 1801 dan Inggris pada tahun 1822 yang meninggalkan kesan bahwa daerah tersebut tidak memiliki potensi atau keuntungan bagi mereka. Peta rinci pertama dari Sungai Swan, dibuat oleh Perancis pada tahun 1801. Penjelajah pertama untuk mendapatkan opini yang baik dari Sungai Swan adalah Kapten James Stirling, yang menjelajahi daerah pada bulan Maret 1827. Dengan kerabat  kuat di British East India Company tersebut, Stirling cenderung untuk membuat ide koloni di Australia Barat dengan potensi India perdagangan laut .

Dengan Frederick Garling dan ahli botani Charles Fraser, Stirling menghabiskan 12 hari menjelajahi sungai, perjalanan dari hulu hingga ke persimpangan Ellen Brook. Ditemukannya tanah berpasir ditandai banyak tanah di sekitar sungai. Banyak yang menganalisa bahwa tanah tersebut tidak menguntungkan tidaklah benar dan tidak akurat, akan tetapi bagi Stirling menjadi penting dalam keputusannya untuk membangun dan mendirikan Swan River Colony.
Dalam laporannya ke Departemen Dalam Negeri, Stirling mengakui bahwa eksplorasi sebelumnya telah menemukan daerah "steril" dan "tidak ramah" tetapi berpendapat bahwa ia telah menemukan sesuatu yang lebih unggul dari New South Wales bahkan, dipromosikan dengan gembita tentang potensi pertanian di daerah tersebut. Kemudian Stirling melobi para pemilik modal untuk pembentukan pemukiman bebas, tidak seperti pemukiman pidana lainnya di New South Wales, Port Arthur dan Pulau Norfolk. Dengan penuh semangat, ia menceritakan keindahan sungai yang ditemukannya serta kekayaan dan kesuburan tanahnya. Kali ini ia berhasil dan beberapa orang kaya memutuskan untuk membuka koloni baru yang berbeda dengan koloni sebelumnya. Diputuskan untuk tidak membawa narapidana, akan tetapi membawa pekerja keras. Armada pertama pemukim tiba pada bulan Juni 1829, dan mendarat di dekat kota yang sekarang bernama Fremantle. Setelah menyelidiki tempat yang baik bagi kedudukan ibu kota, Stirling memutuskan menetap disuatu tempat yang sekarang bernama Perth sedikit di sebelah utara Fremantle. Dari sinilah berkembang daerah yang sekarang dikenal sebagai negara bagian (state) Australia Barat (Western Australia) [1].
Fremantle adalah menjadi kota pelabuhan, dan masuk ke dalam koloni; Guildford adalah titik pemuatan hasil pertanian yang akan dikirim menyusuri Sungai Swan; dan Perth adalah pusat administrasi dan militer. Ketiga kota berkembang dengan lambat pada awal tahun. Batas-batas ibukota Perth didefinisikan oleh Sungai Swan di selatan dan timur, dengan tanjung Gunung Eliza ke barat, dan dengan rawa dan danau di utara. Hal ini dipilih untuk akses ke air bersih dan transportasi sungai dan  ketersediaan bahan bangunan. Sebanyak lahan yang tersisa ternyata cukup berpasir dan tidak cocok untuk pertanian,. Laporan-laporan ini, bersama dengan sulitnya membuka lahan untuk bercocok tanam, merupakan faktor dalam pertumbuhan yang lambat dari Perth selama dua dekade pertama. Pertanian berkembang jauh dari Perth di tempat-tempat seperti Avon Valley, dan di sepanjang pantai barat daya.
Transportasi di tahun-tahun awal terutama di sepanjang garis pantai dan sungai, dan salah satu proyek awal adalah pembangunan kanal 280 meter yang menciptakan Burswood Island. Dua tahun kemudian, pada 1833, Jembatan pertama adalah causeway melintasi Sungai Swan, sedikit lebih dari sebuah jembatan kayu primitif. Aktivitas bangunan awal meletakkan dasar-dasar administrasi, kelembagaan dan sosial masyarakat kolonial. Pada 1831 Round House selesai, menyediakan koloni dengan penjara pertama; gedung pengadilan dibuka pada bulan Desember 1836, tempat ibadah Gereja St George dibangun pada tahun 1842. Ini bukan gereja pertama Gereja Saints di Swan Valley, utara-timur dari Perth, selesai pada 1841. Pembuatan bir pertama koloni, Swan Brewery, didirikan di sudut Spring Street dan Mounts Bay Road, dekat dasar Gunung Eliza di Perth [2].
Pada tahun 1850, populasi koloni Australia Barat telah meningkat menjadi 5.886, sementara penduduk di sekitar Perth masih hanya sekitar 1940, kira-kira sama dengan Fremantle. Hubungan antara Eropa dan Aborigin tidak selalu damai, dan kadang-kadang mengakibatkan perkelahian yang berujung kekerasan. Pada tanggal 11 Juli 1833, seorang prajurit senior yang bernama Yagan, dari suku Aborigin setempat di dekat Sungai Swan, dibunuh setelah dikeluarkan untuk penangkapannya setelah pembunuhan pada beberapa pemukiman.
Pada tahun 1849, setelah satu dekade, Perth menjadi koloni hukuman dan dalam 16 tahun ke depan menerima masuknya lebih 9000 narapidana. Hal ini secara signifikan mengubah dinamika sosial dan ekonomi dari koloni. Para narapidana terlibat dalam pembangunan sejumlah besar infrastruktur dan ini membentuk karakter kota. Bangunan awal Perth sangat sederhana, namun dengan kedatangan tenaga kerja dalam bentuk tenaga kerja narapidana, bangunan baru otoritas kolonial muncul. Ini memeluk budaya dan aspirasi Empire di pemukiman terpencil, dan sebagian besar dibangun dengan gaya Gothic begitu banyak dalam mode di Inggris pada saat itu. Dibangun dari batu bata tanah liat lokal, mellow dalam warna dan lembut di tekstur, arsitektur publik koloni relatif kecil skala sebagai sesuai pemukiman baru. Bangunan yang dibangun selama ini termasuk Fremantle Prison, Government House, Balai Kota Perth, The Cloisters, Perth Gaol, dan Institut Mekanika Swan River The Cloisters di St George Terrace pada tahun 1900 .
Tenaga kerja narapidana menyebabkan peningkatan prospek koloni, namun identitas yang mendasari Perth sebagai kota perbatasan terpencil dan pedesaan tetap tidak berubah. Meskipun dinyatakan sebagai kota oleh Ratu Victoria pada tahun 1856. Paruh kedua abad kesembilan belas, dan khususnya dua dekade terakhir, melihat Perth mulai tumbuh untuk pertama kalinya secara signifikan. Pada tahun 1877, telegraf dari Adelaide ke Perth selesai, sangat meningkatkan komunikasi intracontinental. Hal ini meningkatkan pertumbuhan media kolonial, seperti surat kabar mingguan pertama, Western Mail, yang dimulai pada tahun 1885 dalam penerbitan. Arsitektur pemerintah terus membentuk pusat kota. Pada tahun 1874 kantor pemerintah yang besar dan mengesankan dibangun, perumahan Kabinet, Departemen Keuangan, dan Kantor Pos. Distrik bisnis berkembang perlahan dengan campuran toko-toko dan di sebelah barat Barrack Street [3].
Selama dua dua dekade terjadi perubahan yang signifikan untuk membentuk perkembangan baik pusat Perth dan luas wilayah metropolitan: pembangunan rel kereta api dari Fremantle ke Guildford selesai pada 1881, dan penambangan emas di Australia  Barat dimulai pada tahun 1885. Penemuan emas di daerah Kimberley, Murchison dan Kalgoorlie di tahun 1880-an dan 1890-an, dan bersama pemerintah yang bertanggung jawab untuk Australia Barat pada tahun 1890 memiliki dampak besar pada perkembangan Perth. Sifat fisik kota berubah secara dramatis dengan kemakmuran ekonomi dan peningkatan populasi sebagai akibat dari demam emas imigrasi. Dalam satu dekade penduduk kota tiga kali lipat, dari 8.447 pada tahun 1891 sampai 27.553 pada tahun 1901 .
Pada awal abad kedua puluh, Perth benar-benar berubah. Jalan-jalan yang dilapisi dengan gaya bangunan bertingkat, banyak yang dirancang oleh profesi arsitektur besar, dan penduduk telah tumpah ke pinggiran kota baru yang mengelilingi kota. Lokasi stasiun kereta api central Perth memiliki pengaruh yang sangat besar pada pola dan konsentrasi penggunaan lahan di dalam kota. Dengan jalur kereta api menyediakan batas di utara, dan domain pemerintah di selatan, pembangunan komersial dan profesional terkonsentrasi dalam poros tengah kota, dibatasi oleh William dan Barrack Street. Hal ini menciptakan sebuah distrik yang hidup, dapat diakses oleh angkutan umum, yang tetap sampai hari ini.
Pertumbuhan penduduk memberikan dorongan untuk perluasan infrastruktur, layanan, dan fasilitas, meskipun tidak selalu cukup cepat untuk memenuhi permintaan. Pada tahun 1893, pembangkit listrik dibuat tersedia untuk kota Perth, dan jalur rel pinggiran diperpanjang dari Perth ke Armadale pada tahun yang sama. Pada tahun 1898, Kebun Binatang Perth dibuka. Pada tahun 1897, Fremantle Harbour resmi dibuka. Pelabuhan menyediakan akses ke Sungai Swan untuk kapal-kapal yang lebih besar, dimungkinkan setelah peledakan bar berbatu di mulut Swan River dan pengerukan di bawah bimbingan koloni Insinyur-in-Chief, Charles Yelverton O'Connor .
Pada 28 September 1899, layanan trem listrik pertama dimulai, dioperasikan oleh Perth Listrik Trem Ltd, dengan layanan dari East Perth bersama Hay Street ke Milligan Street. Pada tahun 1902, Claremont Teachers College, di pinggiran kota Claremont, menjadi lembaga pendidikan pasca-sekolah menengah pertama di Australia Barat. Pada tahun 1911, University of Western Australia menjadi universitas pertama di Perth, kampus asli terletak di Irwin Street, antara Hay Street dan St Georges Terrace. Pada bulan Juli tahun 1926, ada banjir besar Sungai Swan. Hal ini menyebabkan Jembatan, rel Kereta Api Fremantle runtuh setelah kereta melintas di atasnya. Jembatan di atas sungai Swan juga rusak akibat banjir. Runtuhnya Jembatan Kereta Api Fremantle setelah kerusakan akibat banjir pada tahun 1926. Pada tanggal 12 Agustus 1929, Perth memperingati 100 tahun pendudukan Inggris. Sir William Campion, Gubernur Australia Barat, melakukan peringatan di perayaan ulang tahun keseratus pada tahun 1929. Pada tahun 1930, layanan telepon menempatkan Perth berhubungan dengan Adelaide, dan kemudian dengan Australia timur [4].

Daftar Pustaka :
[1] Departemen Imigrasi dan Kewarganegaraan. 2007. Kehidupan Di Australia. Commonwealth of Australia. www.immi.gov.au

[2] Davison, G., Hirst, J., & Stuart, M. 2001. Sejarah Ausralia. Edisi Revisi. Oxford University Press.

[3] Siboro, J. 1989. Sejarah Australia. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.
[4] D, Kolit, 1974. Sejarah Australia dan Selandia Baru. Nusa Indah


No comments:

Post a Comment