PERKEMBANGAN KKEHIDUPAN MANUSIA PURBA DI INDONESIA

EGI SEPTIA WINDARI/PIS
1.         Apa Itu Manusia Purba ?
Manusia purba adalah jenis manusia yang hidup jauh sebelum tulisan ditemukan. Manusia purba diyakini telah mendiami bumi sekitar 4 juta tahun lalu. Namun, jenis manusia pertama telah ada di muka bumi ini sekitar 2 juta tahun lalu.
2.         Jenis Manusia Purba Di Indonesia
Jenis manusia purba yang berhasil ditemukan di indonesia, diantaranya :
a.      Meganthropus paleojavanicus,berarti manusia besar. Fosil ini ditemukan di sangiran oleh Von Koeningswald pada tahun 1941. Ciri-ciri Meganthropus palaeojavanicus :
o      Memiliki tulang pupil yang tebal
o      Memiliki otot kunyah yang kuat
o      Memiliki tonjolan kening dan menyolok
o      Memiliki tonjolan belakang yang tajam
o      Tidak memiliki dagu
o      Memiliki perawakan yang tegap
o      Memakan jenih tumbuh-tumbuhan
o      Mempunyai tempat perlekatan otot tengkuk yang besar dan kuat.
b.      Pithecanthropus, berarti manusia kera. Fosil ini ditemukan di Trinil desa Ngawi, Perning daerah Mojokerto, Sangiran, Kedung Brubus, Sambung Macan dan Ngandong.Ciri-ciripithecanthropus :
o      Tinggi badan sekitar 165-180 cm
o      Volume otak berkisar antara 750 cc- 1350 cc
o      Bentuk tubuh dan anggota badan yang tegap
o      Alat pengunyah dan otot tengkuk sangat kuat
o      Bentuk graham yang besar dengan rahang yang sangat kuat
o      Bentuk tonjolan kening tebal
o      Bentuk hidung tebal
o      Tidak memiliki dagu
o      Bagian belakang kepala tampak menonjol
c.       Homo sapien sadalah manusia purba yang telah memiliki bentuk tubuh yang sama dengan manusia sekarang. Ciri-cirinya :
o      volume otaknya antara 1000-1200 cc
o      Tinggi badan antara 130-210 cm
o      Otot tengkuk mengalami penyusunan
o      Alat kunyah dan gigi mengalami penyusutan
o      Muka tidak menonjol ke depan
o      Berdiri tegak dan berjalan lebih sempurna
3..        Kehidupan Manusia Purba
a.         Kehidupan Masyarakat Berburu Dan Mengumpulkan Makanan
Kehidupan masyarakat berburu dan mengumpulkan makanan ini sangat sederhana. Kehidupan mereka tak ubahnya seperti kelompok hewan, karena tergantung pada apa yang disediakan oleh alam.Pada masa berburu dan mengumpulkan makanan, manusia tinggal di alam terbuka seperti hutan, di tepi sungai, di gunung, di goa dan di lembah – lembah. Disamping itu, binatang buas menjadi penghalang bagi manusia untuk melaksanakan kehidupannya.
b.         Kehidupan MasyarakatBercocok Tanam
Kehidupan bercocok tanam yang pertama kali dikenal oleh manusia adalah berhuma. Berhuma adalah tekhnik bercocok tanam dengan cara membersihkan hutan dan menanamnya, setelah tanah tidak subur mereka pindah dan mencari bagian hutan yang lain. Kemudian mereka mengulang pekerjaan membuka hutan, demikian seterusnya.Pada masa kehidupan bercocok tanam, kebutuhan hidup masyarakat semakin bertambah, namun tidak ada satu anggota masyarakatpun yang dapat memenuhi seluruh kebutuhan hidupnya sendiri. Maka diadakanlah pertukaran barang dengan barang (sistem barter). Pertukaran barang dengan barang ini menjadi awal munculnya sistem perdagangan atau sistem perekonomian dalam masyarakat.
c.         Perkembangan Teknologi masyarakat Awal Indonesia
            Perkembangan teknologi di Indonesia dimulai pada masa perundagian, diawali dengan kepandaian menuang logam.Untuk melebur logam dan menjadikan suatu alat diperlukan cara-cara khusus yang belum dikenal sebelumnya. Logam harus dipanaskan hingga mencapai titik leburnya, kemudian dicetak menjadi perkakas yang diperlukan.Sementara zaman logam berkembang di Indonesia, kebudayaan batu tidaklah punah bahkan keduanya berkembang dan tetap dipergunakan.
Dalam perkembangannya kehidupan masyarakat sudah teratur dan telah mengenal bentuk-bentuk pertama sistem pemerintahan kerajaan.Manusia purba telah mampu menghasilkan bangunan-bangunan yang dibuat dari batu-batu besar dan digunakan dalam hubungannya dengan kepercayaan zaman prasejarah.
SUMBER :
Wayan,I Badrika.2006.Sejarah untuk SMA jilid 1 Kelas X. Jakarta: PenerbitErlangga

No comments:

Post a Comment