KERAJAAN KUTAI

RAHMAT ARIFAN/PIS

Kerajaan kutai adalah kerajaan pertama yang ada di indonesia dengan aliran agama hindu,berdasarkan sumber-sumber sejarah yang ditemukan bahwa kerajaan kutai terdapat di kalimantan timur yaitu tepat berada di kawasan hulu sungai mahakam. nama kerajaan kutai diberi sesuai dengan daerah ditemukannya prasasti peninggalan kerajaan kutai,pemberian nama tersebut di karenakan tidak ada satu prasasti pun yang menjadi peninggalan kerajaan kutai yang menyebutkan nama kerajaan tersebut.
A.KEHIDUPAN POLITIK
1.Raja kudungga adalah raja pertama yang memerintah kerajaan kutai akan tetapi jika dilihat dari nama kudungga nama tersebut masih menggunakan nama asli indonesia parah ahli sejarah berpendapat bahwa saat pertama raja kudungga memerintah pengaruh hindu baru masuk ke indonesia tepatnya di kalimantan timur,pada awalnya kudungga adalah seorang kepala suku akan tetapi di karenakan masuknya pengaruh hindu ia lalu mengubah struktur pemerintahan menjadi kerajaan dan ia menjadi raja pertamanya.
2.raja aswarman berdasarkan isi dari prasasti yupa menyatahkan bahwa raja aswarman merupakan seorang raja yang sangat kuat dan cakap dalam pemerintahan, hal tersebut terbukti dengan diadakan upacara asmawedha. Upacara tersebut pernah dilaksanakan di india pada masa raja samudragupta ketika ingin memperluas kerajaan nya,upacara tersebut laksanakan dengan cara pelepasan kuda untuk mentukan batas kerajaan kutai dengan kata lain sampai mana telapak kaki kuda ditemukan sampai situhlah batas kerajaan kutai.
3.raja mulawarman,raja mulawarman adalah raja yang terkenal di kerajaan kutai karena pada masa pemerintahannya kerajaan kutai mengalami masa-masa kejayaan dan kegemilangan rakyat kutai hidup sejaterah dan tentram dengan keberhasilannya memerintah raja mulawarman mengadakan upacara korban emas yang amat banyak.
Berikut ini adalah raja-raja yang pernah memerintah kerajaan kutai setelah raja mulawarman
4. Raja Marawijaya Warman
5. Raja Gajayana Warman
6. Raja Tungga Warman
7. Raja Jayanaga Warman
8. Raja Nalasinga Warman
9. Raja Nala Parana Tungga
10. Raja Gadingga Warman Dewa
11. Maharaja Indra Warman Dewa
12. Raja Sangga Warman Dewa
13. Raja Candrawarman
14. Raja Sri Langka Dewa
15. Rraja Guna Parana Dewa
16. Raja Wijaya Warman
17. Raja Sri Aji Dewa
18. Raja Mulia Putera
19. Raja Nala Pandita
20. Raja Indra Paruta Dewa
21. Raja Dharma Setia
B.KEHIDUPAN SOSIAL
Berdasarkan isi dari prasasti-prasasti kutai dapat ketahui bahwa masyarakat kutai telah menerima pengaruh hindu dari negeri india. Masyarakat kutai telah mendirikan kerajaan yang memiliki polah yang teratur rapi menurut polah pemerintahan india,dan pada saat itu masyarakat indonesia telah berkembang mengikuti polah perkembangan zaman yang disesuaikan dengan tradisi asli indonesia.
C.KEHIDUPAN EKONOMI
Jika dilihat dari isi prasasti-prasasti tidak banyak yang bisa diketahui tentang kehidupan perekonomian rakyat kutai akan tetapi jika dilihat dari letak kerajaan kutai yang strategis berada pada jalur aktivitas perdagangan dan pelayaran antara dunia barat dengan dunia timur,dimana secara langsung hal tersebut mempengaruhi perekonomian rakyat kutai dimana berdagang dijadikan sebagai mata pencarian utama rakyat kutai.
D.KEHIDUPAN BUDAYA
Yupa merupakan salah satu hasil peninggalan budaya dari kerajaan kutai. Yupa merupakan sebuah tugu batu untuk mengikat korban pada saat di persembahkan kepada dewa namun sebenarnya tugu tersebut merupakan warisan dari nenek moyang bangsa indonesia pada zaman megalitikum yaitu tepatnya pada zaman menhir.
DAFTAR PUSTAKA
Wayan,I Badrika.2006.sejarah untuk SMA jilid 2 kelas XI program ips.jakarta.penerbit erlangga

No comments:

Post a Comment