Minggu, 19 Juni 2016

SISTEM PENDIDIKAN NORWEGIA


ISNAINI UMI SHOLEHA/ S.P/A

Kebijakan pendidikan Norwegia berakar pada prinsip kesamaan hak terhadap pendidikan bagi semua anggota masyarakat, tanpa memperhitungkan latar belakang sosial dan budaya atau tempat tinggal. Peranan sekolah adalah menyampaikan pengetahuan dan budaya, serta memajukan mobilitas sosial dan memberikan dasar penciptaan kesejahteraan bagi semua pihak. Kegiatan mengajar di sekolah Norwegia diadaptasikan dengan kemampuan dan keahlian masing-masing siswa. Pendidikan khusus tersedia bagi penyandang catat tubuh atau mereka yang membutuhkan perhatian khusus, yang jika tidak dipenuhi maka tidak mampu berpartisipasi dalam kegiatan mengajar sekolah umum. Sebagai akibat dari meningkatnya imigrasi, maka jumlah siswa yang memiliki bahasa minoritas juga bertambah. Kebijakan pendidikan Norwegia mengatur perhatian bagi kebutuhan khusus akan siswa dengan latar belakang bahasa minoritas, sehingga mereka dapat menyelesaikan pendidikan tingkat menengah atas dengan baik dan melanjutkan ke perguruan tinggi serta kemudian bekerja.
Storting (majelis nasional Norwegia) dan Pemerintah bertanggung jawab menentukan tujuan dan menetapkan kerangka kerja anggaran untuk sektor pendidikan. Menteri Pendidikan dan Penelitian merupakan agen administratif yang bertanggung jawab terhadap hal-hal pendidikan, dan
menerapkan kebijakan pendidikan nasional. Pendidikan wajib di Norwegia adalah 10 tahun, terdiri dari primary, lower secondary, dan upper secondary. Pendidikan dasar dan Menengah semenjak berusia 6 tahun. Materi yang diajarkan umumnya meliputi pengetahuan umum, budaya dan etika. Selanjutnya dilanjutkan dengan pendidikan menengah atas yang ditempuh selama 3 tahun dengan materi berimbang antara pengetahuan teoretis dan praktis.
Pendidikan umum di Norwegia tidak dikenakan biaya hingga dan termasuk tingkat upper secondary. Biaya pendidikan tinggi di semua institusi Negara umumnya tidak mahal. Bantuan Pinjaman Pendidikan Negara didirikan pada tahun 1947, dan memberikan pinjaman pada siswa dan bantuan untuk biaya hidup bagi mereka yang mengikuti program pendidikan tinggi. Bantuan juga diberikan pada siswa Norwegia yang ingin melanjutkan sebagian kegiatan belajarnya di luar negeri. Sekolah swasta memberikan sistem tambahan dari sistem sekolah umum. Direktorat Pendidikan mengawasi sekolah menengah dan lanjutan sesuai kriteria yang telah ditetapkan.
Sistem pendidikan di Norwegia terdiri dari:
·         Pendidikan dasar dan menengah pertama (wajib belajar), 6 tahun sampai 16 tahun, total 10 tahun
·         Pendidikan menengah atas (pendidikan umum dan pelatihan kejuruan), 16 tahun 19 tahun, total 3 tahun
·         Pendidikan tinggi (universitas dan perguruan tinggi)
      Berikut ini gambaran dari sistem pendidikan di Norwegia, langsung dari pendidikan dasar dan menengah ke pendidikan tinggi.
1)      Pendidikan primer dan sekunder (primary dan lower secondary)
            Pendidikan dasar dan menengah wajib di Norwegia membutuhkan waktu sepuluh tahun untuk selesai, dan dibagi menjadi sekolah dasar (kelas 1-7, usia 6-13) dan sekolah menengah pertama (kelas 8-10, usia 13-16). Siswa yang menyelesaikan pendidikan dasar dan menengah pertama berhak mendapat pendidikan tiga tahun dan pelatihan di tingkat menengah atas.
2)      Pendidikan menengah atas (upper secondary)
            Dalam pendidikan menengah atas warga memiliki pilihan antara mengejar pendidikan kejuruan dan pelatihan (yrkesfaglig opplæring) dan program untuk studi umum (studieforberedende opplæring).
·                       Pendidikan kejuruan dan pelatihan mengarah ke kejuruan perdagangan atau profesi dan menganugerahkan kualifikasi kejuruan (yrkeskompetanse).
·                       Program untuk studi umum memberikan kesempatan siswa untuk masuk kualifikasi pendidikan tinggi dan dengan demikian kesempatan untuk melanjutkan belajar di sebuah perguruan tinggi universitas atau universitas.
Seseorang dapat masuk kualifikasi pendidikan tinggi setelah setidaknya 13 tahun pendidikan sekolah dasar, menengah dan atas di Norwegia.
3)      Folk high school
            Folk high school sangat terkenal di Norwegia, terutama sebagai tahun transisi bagi mereka yang ingin libur antara masa pendidikan sekolah menengah pertama dan menengah atas, atau bagi mereka yang ingin beristirahat sejenak untuk mempertimbangkan pendidikan selanjutnya dan kesempatan kerja.
Rata-rata folk high school dimiliki dan dijalankan oleh organisasi swasta dan yayasan, namun 10 diantaranya dimiliki oleh otoritas daerah dan kotapraja. Siswa tidak membayar biaya sekolah, namun diharuskan untuk membiayai kehidupan mereka sendiri dan membayar untuk kegiatan darmawisata, kegiatan siswa dan materi studi. Pinjaman siswa dan beasiswa diberikan melalui Dana Pinjaman Pendidikan Negara Norwegia.
4)      Pendidikan kejuruan
            Sekolah pendidikan kejuruan dan pelatihan (fagskoleutdanning) adalah kursus singkat di tingkat tersier yang menyediakan alternatif kejuruan untuk pendidikan tinggi. Semacam ini tentu saja dapat memberikan kualifikasi untuk bekerja di pekerjaan yang berbeda, dari administrasi untuk pengobatan alternatif, mata pelajaran teknis dan administrasi kesehatan, dan sebagainya.
5)      Universitas dan perguruan tinggi
            Sektor pendidikan tinggi terdiri dari program pendidikan di universitas dan akademi. Ada total tujuh universitas, sembilan lembaga universitas khusus dan 36 perguruan tinggi universitas yang terakreditasi di Norwegia.
Lembaga yang menawarkan pendidikan tinggi dapat dibagi menjadi dua sektor:
·         Sektor universitas meliputi enam universitas
·         Sektor universitas perguruan tinggi mencakup 26 regional tersebar perguruan tinggi negeri - salah satunya adalah Vestfold University College.
            Universitas dan perguruan tinggi sebagian besar adalah milik negara dan dijalankan oleh negara. Biaya mengikuti program ini umumnya tergantung pada penyelesaian tiga tahun pendidikan upper secondary. Sebagai peraturan, biaya pendidikan dibebaskan untuk program pendidikan profesional tertentu, program pendidikan khusus dan di beberapa institusi swasta.

Daftar Pustaka
website
Buku
Boyesen, Hjalmar H. 1886. STORY OF NORWAY. New York : knickerbocker   Press

Coffman, Linda, Lindsay Benett, Ralph Grizzle. 2008. European Ports Of Call. New York : Random House, Inc.

Library Of Congress Cataloging in Publication Data. 1976. Encyclopedia International. New York : Lexicon Publication

Tidak ada komentar:

Posting Komentar