Sabtu, 04 Juni 2016

Pendidikan di Ukraiana

Dhea Alvionita Rezha/S.P/015A

A.      Profil Ukraina
Ukraina adalah sebuah negara pecahan dari Uni Soviet yang terletak di Eropa Timur. Nama aslinya yaitu Ukaryina. Dalam bahasa Slavia, Ukraina berarti "daerah perbatasan". Ukraina berbatasan dengan: Rusia disebelah timur laut; Belarus di utara; Polandia, Slowakia dan Hongaria disebelah barat; Rumania dan Moldavia disebelah barat daya; dan Laut Hitam di selatan. Ibukota Ukraiana berada di Kiev. Bahasa resmi yang digunakan adalah Bahasa Ukraina dan Bahasa Yiddi. Ukraina memiliki luas wilayah 603,628 km2. Wilayah Ukraina modern telah dihuni sejak tahun 32.000 SM. Setelah perpecahan di abad 13, wilayah ini diperebutkan, diatur dan di bagi-bagi oleh berbagai macam penguasa, termasuk diantaranya Lithuania, Polandia, Kekaisaran Ottoman, Austria-Hungaria, dan Rusia. Dua periode singkat memperjuangkan kemerdekaan terjadi selama abad ke 20, yang pertama menjelang berakhirnya Perang Dunia I dan yang kedua selam Perang Dunia II. Namun dua peristiw ini pada akhirnya berhasil ditakhlukkan dan dikonsolidasikan kedalam republik Soviet, sebuah situasi yang berlangsung hingga 1991, ketika akhirnya Ukraina mendapatkan kemerdekaannya pasca pembubaran Uni Soviet di akhir Perang Dingin. Setelah kemerdekaan Ukraina menyatakan dirinya berada dalam status netral, tetapi tetap membentuk kemitraan
militer terbatas dengan Federasi Rusia, negara-negara CIS lainnya, dan kerja sama dengan NATO sejak 1994.[1]
B.       Pendidikan di Ukraina
Kemajuan yang pesat daari dunia pendidikan Ukraina yang dulu hanya negara kecil pecahan Uni Soviet yang jatuh bangun membangun negeri mereka sehingga sekarang berada pada puncak kemajuan yang bisa dikatakan maju dan berkualitas. Ukraina masuk ke dalam peringkat ke 3 negara Eropa yang memiliki kebijakan sendiri dan strategi di bidang pendidikan, saat ini menurut PBB UNESCO Ukraina memiliki hampir 1000 lembaga pendidikan yang lebih tinggi dari semua tingkat akreditas dan bentuk kepemilikan : Universitas, Akademi, Institut, konservatori, Perguruan Tinggi, Teknis dan Sekolah Khusus. Ukraiana telah menandatangani Konvensi Lisbon yaitu pengakuan kualifikasi di bidang pendidikan tinggi di kawasan Eropa pada bulan Mei 2016 dengan menjadi anggota yang sama dari Proses Bologna dan merupakan peserta aktif dalam pengembangan kawasasan Eropa Umum di bidang pendidikan tinggi. [2]
Di Ukraina, seperti di negara maju lainnya, pendidikan dianggap sebagai salah satu nilai utama  manusia dan memiliki berabad-abad sejarah, tradisi nasional dan prestasi tinggi di dunia. Ukraina telah mewarisi dari sistem masa lalu yang berkembang dengan baik dan multifungsi pendidikan yang memiliki struktur yang fleksibel yang diakui oleh UNESCO dan organisasi yang berpengaruh internasional. Pembentukan sistem pendidikan nasional yang lebih tinggi didasarkan atas legislatif dan metodologi baru.
Jenjang pendidikan di Ukraina
Tidak jauh berbeda dengan negara lainnya, sistem pendidikan di Ukraina dibagi dalam  4 level yaitu :
1.        Pendidikan Dasar
2.        Pendidikan Menengah
3.        Pendidikan Tinggi
4.        Pendidikan Postgradute
Pendidikan primer dan sekunder adalah pendidikan umum di Ukraina yang pada saat ini dalam keadaan transformasi. Selama masa pemerintahan Uni Soviet lama pendidikan primer dan sekunder adalah 10 tahun. Setelah kemerdekaannya pendidikan primer dan sekunder tersebut diperpanjang sampai 11 tahun. Undang-Undang tentang pendidikan menengah umum diterapkan pada 1999 yang direncanakan akan membawa perubahan yang signifikan dalam struktur, durasi dan isi bahan pokok pengajaran pada tingkat pendidikan menengah yang bertujuan memperkenalkan 12 tahun wajib belajar bagi semua negara, itu dimulai pada tahun 2001 dan akan selesai pada tahun 2012 atau 2013 mendatang [3]
Adapun pembagian jenjang pendidikan formal di Ukraina adalah sebagai berikut:
1)        Primary School Level 1 (Sekolah Dasar tingkat 1).
Di tingkat ini adalah dari usia 6 sampai 9 tahun ditempuh dalam waktu 4 tahun (kelas 1-4). Anak-anak mulai bersekolah pada usia enam tahun. Undang-Undang pendidikan sekunder umum (1999) menetapkan durasi pendidikan dasar adalah 4 tahun (kelas 1-4) dan bahwa sebagian besar anak-anak harus masuk sekolah pada usia 6 tahun. Akn tetapi terdapat pengecualian bagi siswa berbakat dan berprestasi, mereka bisa langsung masuk di kelas 2 dan pada saat menyelesikan kelas 3 mereka secara otomatis dapat duduk di kelas 5 sekolah menengah level 2 (secondary school) ketentuan ini dijamin oleh hukum.
2)        Secondary School Level 2 (Sekolah Menengah tingkat 2)
Di tingkat ini adalah dari usia 10 sampai 12 tahun ditempuh dalam waktu 5 tahun (kelas 5-9). Sekolah menengah (tingkat II) dasar umum sekunder pendidikan dasar berlangsung 5 tahun (kelas 5-9) dan disediakan oleh dasar sekolah menengah. Setelah melewati ujian akhir siswa diberikan sertifikat dari dasar menengah pendidikan umum yang memungkinkan lulusan baik melanjutkan pendidikan di sekolah menengah (atas) senior tingkat III. Lulusan kelas 9 memperoleh ijazah yang disebut dengan Swidoctwo Pro Nepownu Serdniu Oswitu atau singkatnya disebut Atestat (sertifikat), sebagai sayarat untuk melanjutkan ke jenjang menengah atas 3.
3)        Senior Secondary School Level 3 (Sekolah Menengah tingkat akhir)
Di tingkat ini adalah dari usia 13 sampai 18 tahun ditempuh dalam waktu 3 tahun (kelas 10-12). Ketika memasuki kelas 10, siswa dapat memilih jurusan sekolah biasa, Litsey dan Gymnasium (3 tahun) dan teknikum (4 tahun). Lulusan kelas 12 memperoleh ijazah Atestat/Matriculation Scool Certificate. Ketika kelas 11 (usia  sekitar 17 tahun), murid menghadapi berbagai ujian. Ketika kelas 9 smpai dengan 12, murid mengikuti IGT (Independent Government Tests), yang memungkinkan mereka sesudah lulus kelas 12 masuk universitas tanpa perlu ujian masuk.
4)        Higher University Level (Tingkat Universitas/Perguruan Tinggi)
Di tingkat ini adalah dari usia 19 sampai 24 tahun. Pendidikan tinggi di Ukraina dikelolah Kementerian Pendidikan dan Pengetahuan . sesuai Undang-Undang Pendidikan Ukrain, terdapat 4 kategori pendidikan tinggi, yaitu :
ü  Kategori 1-> Sekolah kejuruan Teknik dan Vikasional
ü  Kategori 2 -> Colege dan Tenikum yang memberikan gelar sarjana muda dan junior spesialis
ü  Kategori 3 -> Institut, Konservatori, dan Universitas yang memberikan gelar sarjana muda, magister dan spesialis muda
ü  Kategori 4 -> Institut, Konservatori, Akademi dan Universitas yang memberikan gelar sarjana muda, magistar dan spesialis.
Saat ini sistem gelar dalam dunia pendidikan di Ukraina tengaj direformasi untuk menggantikan gelar "spesialis" (lama pendidikan 5 tahun) peninggalan Soviet dengan gelar "Bachelor" dan "Magister" yang sejalan dengan Bologna process. Peneriman mahasiswa di lembaga pendidikan tinggi di Ukraina baik negeri maupun swasta, berdasarkan test masuk yang dilakukan sebelumnya. Bagi mahasisw yang bersedia membayar pendidikan, tidak perlu mengikuti test masuk tersebut. Mahasiswa yang belajar dengan biaya Negara, memperoleh beasiswa jika nilai mereka pada ujian akhir semester rata-rata 4 (skala nilai 2 hingga 5). Jika nilai IPK mahasiswa rata-rata 5, maka beasiswa dinaikan 25 %. Meski begitu, bagi kebanyakan mahasiswa, subsidi beasiswa yang diberikan Negara tidaklah cukup untuk memenuhi biaya hidup mereka. Banyak Universitas yang menyediakan asrama bagi mahasiswa yang berasal dari luar kota. Perpustakaan umumnya juga menyediakan buku-buku yang dibutuhkan mahasiswa yang terdaftar.
5)        Postgradute Level (Tingkat Pasca-Sarjana)
Mahasiswa yang telah meraih tingkat Master atau Spesialis dapat melanjutkan pendidikannya di Universitas maupun Institut tertentu untuk program post-graduate. Tahap pertama pada pendidikan post-graduate ini disebut dengan Aspirantura yang menghasilkan gelar Kandidat Nauk (Candidate of Sciences). Selanjutnya untuk meraih gelar Kandidat Nauk, yang bersangkutan harus lulus 3 ujian khusus yang meliputi :
o    disiplin yang ditekuni, bahasa asing pilihannya serta filsafat
o    menerbitkan sekurangnya 3 artikel ilmiah
o    menulis disertasi dan mempertahankannya
Gelar ini kira-kira sepadan dengan gelar Ph.D. di Amerika Serikat. Setelah meraih gelar kandidat Nauk, mahasiswa dapat melanjutkan pendidikan post-graduate berjangka 2-4 tahun yang disebut Doctorantura. Suatu temuan ilmiah penting harus didapatkan serta yang bersangkutan harus menulis thesis baru. Lulusan pendidikan ini memperoleh gelar Doctor Nauk (Doctor of Sciences), namun cara praktis yang ditempuh biasanya dengan bekerja di Universitas atau Institute riset sambil menggarap thesis. Waktu yang diperlukan antara mencapai Kandidat dan gelar Doctor sekitar 10 tahun dan kebanyakan dari penyandang gelar ini berusia 40 tahun ke atas. Hanya satu dari 4 kandidat yang berhasil mencapai level ini. Seorang Kandidat Nauk dapat bekerja dalam posisi Associate Professor di berbagai Universitas, atau Researcher/Senior Researcher di lembaga riset. Seorang Doctor Nauk dapat memegang posisi sebagai Professor penuh, kepala laboratorium atau posisi yang lebih tinggi. Kementerian Pendidikan dan Pengetahuan Ukraina bertahap mengubah gelar bergaya Soviet Kandidat Nauk dan Doctor Nauk ini menjadi gelar Doctor of Philosophy dan Doctor Habilitation[4]
Bicara tentang jenjang pendidikan maka tidak akan lepas dari sistem evaluasi yang menentukan siswa untuk naik dari jenjang satu ke jenjang selanjutnya, di Ukraina sistem evaluasi diselenggarakan secara nasional setiap jenjangnya yaitu melalui tes IGT (Independent Goverment Tests) yaitu tes secara Independent oleh pemerintah nasional dalam rangka mencari bibit siswa yang berkualitas.
Adapun materi yang diteskan antara lain:
§   Bahasa Ukraina dan Sastra
§   Sejarah Ukraina
§   Matematika
§   Biologi
§   Fisika
§   Kimia
§   Geografi
§   Satu bahasa asing (pilihan seperti bahasa Inggris, Jerman, Perancis, atau Spanyol.
Yang menarik dari negara ini adalah semua penulisan kata menggunakan aksara Cylliric (abjad rumpun Rusia). Ijazah atau Atectat yang diterima siswapun ada dua macam yaitu:
v  Atectat Ocbity yaitu diberikan untuk lulusan dengan nilai biasa, yang ditulis dengan tinta biasa
v  Atectat with Honour Gold and Silver yaitu diberikan untuk lulusan dengan nilai diatas rata-rata, lulusan terbaik pertama ditulis dengan tinta emas sedangkan lulusan terbaik kedua ditulis dengan tinta perak[5]
Pendidikan Tinggi di Ukraina
Ukraina memiliki sejarah panjang dan membanggakan pendidikan tinggi, dengan institusi pendidikan tinggi pertama muncul di negara itu pada awal abad 16 dan 17. Sejak tahun1991, negara mulai memodifikasi dan modernisasi sistem untuk kembali ke akarnya sebagai salah satu sistem perguruan tinggi terbaik di Eropa setelah bertahun-tahun di bawah sistem pendidikan totaliter. Saat ini, negara memadukan pendidikan baik akademis dan praktis dalam perjalanan studi.
Tahun 2002 Undang-Undang tentang Pendidikan Tinggi menjabarkan kerangka dasar untuk belajar di Ukraina. Sistem pendidikan tinggi mereka menawarkan empat tingkat pencapaian yaitu:
·           Junior Spesialis, pada tingkat ini siswa mencapai tingkat kemahiran. Siswa memasuki jenjang SMP setelah menyelesaikan setara dengan kurikulum sekolah menengah. Tingkat ini membutihkan waktu 2-3 tahun untuk mendapat ijazah.
·           Sarjana, pada tingkat ini calon mahasiswa dinilai pengetahuan dan kemampuannya di bidang profesional usaha seperti ekonomi, teknik, seni dan bidang lainnya. Diperlukan waktu sekitar 4 tahun untuk mendapatkan gelar Bachelor tingkat diploma
·           Spesialis sarjana, ini adalah satu tingkat diatas gelar Sarjana dan membutuhkan waktu 1 tahun tambahan untuk menyelesaikannya.
·           Master, para master harus menulis dan menyajikan sebuah makalah asli yang menunjukkan kemapuannya untuk mengumpulkan, agregat dan mensintesis data dan pengetahuan dalam subjek. Spesialis dan gelar Master dianggap sebagai bentuk lengkap pendidikan tinggi di Ukraina.
Sistem pendidikan tinggi di Ukraina bertujian untuk membantu siswa memperoleh penglaman profesional praktis dalam bidang yang dipilih. [6]  


Daftar pustaka
Velychenko, Stephen. 2010. Statebuilding in Revolutionary Ukraine a Comparative Study of Governments and Bueaucrats. Tronto :university of Tronto Press.
A Nordic Recognition Network (NORRIC) Country Report (Jaringan kependidikan Kedutaan Ukraina)pdf.
Anita Adesti. Pendidikan komparatif Ukraina,pdf. Universitas Sriwijaya
Sejarah Ukraina diakses pada https://id.wikipedia.org/wiki/Ukraina, tanggal 30 mei 2016
Studi Gelar Sarjana diakses di http://www.masterstudies.co.id/Ukraina/ tanggal 30 mei 2016
[1] wikipedia tentang ukraina diakses pada https://id.wikipedia.org/wiki/Ukraina, tanggal 30 mei 2016
[2] Velychenko, Stephen. 2010. Statebuilding in Revolutionary Ukraine a Comparative Study of Governments and Bueaucrats. Tronto :university of Tronto Press
[3] A Nordic Recognition Network (NORRIC) Country Report (Jaringan kependidikan Kedutaan Ukraina)pdf.
[4] Anita Adesti. Pendidikan komparatif Ukraina,pdf. Universitas Sriwijaya
[5] Anita Adesti. Pendidikan komparatif Ukraina,pdf. Universitas Sriwijaya
[6] studi gelar sarjana diakses di http://www.masterstudies.co.id/Ukraina/ tanggal 30 mei 2016

Tidak ada komentar:

Posting Komentar