PERKEMBANGAN PEMERINTAHAN SOSIAL BUDAYA AUSTRALIA
Sistem Pendidikan di Afrika Selatan dari Pendidikan Tradisional sampai Pendidikan setelah Era Aparteid
NURHASANAH
Di Afrika Selatan, masa persekolahan adalah selama 13 tahun - atau tingkat. Namun, pada tahun pertama pendidikan atau tingkat 0 dan tiga tahun terakhir yaitu dari tingkat 10 hingga tingkat 12 (juga dipanggil "matric") tidak di wajibkan bersekolah. Kebanyakan sekolah dasar menawarkan tingkat 0. Tetapi tingkat ini dapat juga dibuat di TK. Lazimnya untuk memasuki universitas, seseorang wajib lulus "matric" dengan minimum tiga mata pelajaran tingkat tinggi dan bukan sekedar lulus (standar). Malah beberapa universitas prestisius akan mengenakan syarat akademik yang lebih tinggi. Walaupun begitu, mereka yang lulus "National Senior Certificate" layak untuk belajar di "technikon" atau kampus teknikal.
SEJARAH MASUKNYA ISLAM DI BRASIL(BRAZIL)
PERKEMBANGAN PENDIDIKAN ISLAM ANDALUSIA DAN SISILIA (SPANYOL)
BERDIRINYA SEKOLAH ISLAM DI AMERIKA SEJAK TAHUN 1930-an
Sejarah Peradaban Islam di Thailand
Sejarah Pendidikan Di Mesir
STOVIA (School Tot Opleiding Van Indische Artsen ) Di Zaman Kolonial
IRKFA ZUHAYRIAH TANJUNG
School Tot Opleiding Van Indische Artsen ( Sekolah Pendidikan Dokter Hindia ) , atau yang juga dikenal dengan singkatannya STOVIA adalah sekolah untuk pendidikan dokter pribumi di Batavia pada zaman kolonial Hindia Belanda.
Sekolah ini didirikan pada 1851. Sebenarnya langkah untuk menuju kearah pendidikan kedokteran sudah dimulai sejak permulaan abad XIX. Pada 1811, beberapa orang bumiputra dilatih untuk menjadi juru cacar dan mereka dididik oleh para "pemilik vaksinasi". Pendidikan itu dilakukan secara intensif ketika penyakit cacar menjadi ancaman bagi masyarakat pribumi waktu itu.
Sekolah Belanda Untuk Pribumi
IRKFA ZUHAYRIAH TANJUNG
Pendidikan selama penjajahan Belanda, kalangan orang Belanda mulai merasakan semakin perlunya untuk mengembangkan pendidikan gaya barat bagi masyarakat pribumi .Hal ini dimaksudkan bukan saja untuk keperluan perluasan birokrasi dan jaringan administrasi pemerintah kolonial, tetapi juga , seperti dikatakan oleh van der Prijis, untuk membentengi Belanda dari 'Volkano Islam ". Maka sejak awal abad XX, diperkenalkannya sistem sekolah desa atau volksschool yang pendiriannya tergantung atas kemampuan masyarakat setempat , subsidi, dan bimbingan pemerintah .
Setelah menyelesaikan sekolah yang bisa diselesaikan dalam waktu tiga tahun ini dengan materi ajaran sekandar kepandaian membaca , menulis, dan berhitung murid-murid yang terpilih yang dapat melanjutkan pendidikan nya kesekolah sambungan atau Vervolgschool untuk masa dua tahun . Secara berangsur , sistem ini menggantikan keudukan sekolah kelas dua sebagai lembaga pendidikan yang terpenting bagi anak pribumi.Sekolah kelas satu berkembang menjadi HIS(Hollandsch Inlandsche School) pada abad XX .
Perkembangan Pendidikan Islam di Spanyol
MENONGKAH KERANG, BUDAYA MASYARAKAT DUANU DI KABUPATEN INDRAGIRI HILIR
ATIKA NURUL FATHIYAH
I. MENGENAL SUKU DUANU
Suku Duano merupakan Suku dimana penduduknya adalah Orang laut yang tinggalnya di pesisir laut. Mereka sebagian besar berkulit hitam. Suku ini disebut suku laut karena ketergantungan yang sangat tinggi terhadap laut. Namun saat ini sudah banyak masyarakat suku laut yang mendirikan rumah di pesisir pantai dan peraian setelah sebelumnya mereka tiinggal di atas perahu.Laut adalah sumber kehidupannya, dimana setiap harinya untuk bisa bertahan hidup mereka harus menelusuri tanah- tanah berlumpur untuk mencari kerang , kupang dan Lokan.
UPACARA ADAT UPAH-UPAH MASYARAKAT MELAYU di ROKAN HULU
Randai Kuantan
PERKAWINAN TRADISIONAL MASYARAKAT MELAYU DUMAI
Masalah apartheid di Afrika Selatan
Rada Dwiyani
Apartheid berasal dari bahasa Belanda yang artinya pemisahan. Pemisahan disini berarti pemisahan orang-orang Belanda (kulit putih) dengan penduduk asli Afrika (kulit hitam). Apartheid kemudian berkembang menjadi suatu kebijakan politik dan menjadi politik resmi pemerintahan Afrika Selatan yang terdiri dari program-program dan peraturan-peraturan yang bertujuan untuk melestarikan pemisahan rasial. "Secara struktural, Apartheid adalah kebijaksanaan mempertahankan dominasi minoritas kulit putih atas mayoritas bukan kulit putih melalui pengaturan masyarakat di bidang sosial budaya, politik militer dan ekonomi Kebijakan ini berlaku tahun 1948."( http://wartasejarah.blogspot.com)
Apartheid adalah sebutan khusus untuk rasialisme di Republik Afrika Selatan.
ARSITEKTUR BANGUNAN MELAYU DI KABUPATEN SIAK yaitu ISTANA SIAK SRI INDRAPURA
TATA ADAT ISTIADAT PERKAWINAN MELAYU DI DAIK LINGGA BUNDA TANAH MELAYU " Tahapan Seseorang Sebelum Menikah ( Meminang)"
Tugas dan fungsi struktur kemasyarakatan masyarakat melayu di beberapa daerah riau tekhusus siak sri indrapura
Siak Sri indrapura
Kesenian Joget Dangkong di Kecamatan Moro Kabupaten Karimun
Tradisi Begawai pada Pernikahan Suku Talang Mamak
Perkembangan penduduk dan sumber daya manusia di daerah kanada
PERKEMBANGAN NEGARA PERU
PERADABAN BANGSA AMERIKA
FATMAWATI/S
Peradaban bangsa amerika sangat terkenal, sampai saat ini peradaban bangsa amerika sagat banyak di teliti oleh para ilmuan, salah satu peradaban bangsa amerika yang terkenal yaitu suku maya. Peradaban adalah masyarakat kompleks yang dicirikan oleh praktik dalam pertanian, hasil karya dan pemukiman, perbandingan budaya lain, dimana anggota peradaban disusun berdasarkan pembagian kerja dan struktur hirearki social. Beberapa peradaban bangsa amerika Menurut para ahli, bangsa yang mengembangkan peradaban tua benua Amerika berasal dari daratan Siberia di Rusia yang menyeberang melalui Selat Bering ketika saat itu masih sempit pada kira-kira 20.000 - 50.000 tahun lalu. Berdasarkan tenuan-temuan arkeologis diperkirakan bahwa mereka berasal dari berbagai suku bangsa. Yang pertama datang adalah bangsa Amurian yang memiliki ukuran tubuh lebih pendek dibandingkan dengan orang Eropa. Kemudian disusul oleh bangsa yang memiliki ras Mongolia yang datang pada kira-kira awal abad Masehi. Dari percampuran kedua bangsa tersebut melahirkan bangsa Indian Amerika (American Indians) yang disebut juga bangsa Amerind. Bangsa Amerind adalah bangsa
KEMAJUAN DAN SISTEM PENDIDIKAN DI SWISS
KHOLIFA TULHASSANA
Swiss sudah sejak lama menjadi pusat pendidikan. Sistem pendidikan modern Swiss menjadi yang terbaik di dunia. Angka buta huruf di Swiss adalah 0%. Pendidikan di Swiss banyak dipengaruhi oleh sejarahnya. Pendidikan agama yang diterapkan di Swiss dipengaruhi oleh John Calvin yang datang ke negara ini tahun 1536. Pendidikan Swiss yang mengutamakan ekspresi individu (individual self expression) murid-muridnya dipengaruhi oleh seorang filsuf ternama di Swiss pada abad pertengahan 18, Jean Jacques Rousseau. Johann Pestalozzi, seorang yang merupakan pejuang pendidikan, turut memberikan pengaruh besar bagi sistem pendidikan Swiss. Johann Pestalozzi menekankan bahwa anak-anak sebaiknya belajar dari pengalaman mereka sendiri. Seorang psikolog Swiss, Jean Piaget, turut berperan dalam menerapkan konsep kemampuan belajar dan kebiasaan anak-anak dalam sistem pendidikan di Swiss.
LATAR BELAKANG PERLAWANAN RAYAT INDONESIA TERHADAP JEPANG
Febby Indri R
Pendudukan Jepang di Indonesia berjalan kurang lebih selama 3,5 tahun, dimulai dari tahun 1942 sampai tahun 1945, tepatnya pada tanggal 17 Agustus 1945 dengan diproklamirkannya Kemerdekaan Indonesia oleh pasangan dwi tunggal Soekarno dan Hatta atas nama bangsa Indonesia.
Pada awal Perang Dunia II (Mei 1940), Belanda diduduki oleh tentara Nazi Jerman. Hindia Belanda kemudian mengumumkan keadaan siaga dan pada bulan Juli 1940 mengalihkan ekspor yang awalnya ke Jepang pindah ke Amerika Serikat dan Inggris. Negosiasi Belanda dengan Jepang untuk mengamankan persediaan bbm pesawat gagal pada bulan Juni 1941, dan Jepang pun mulai dengan aksi penaklukan Asia Tenggara di bulan Desember 1941. Pada bulan yang sama, Jepang memberikan bantuan kepada faksi dari untuk mengadakan revolusi terhadap pemerintahan Hindia Belanda. Pengalaman dari pendudukan Jepang di Indonesia sangat bervariasi, tergantung di mana orang itu hidup
Perpecahan Di Tubuh Sarekat Islam ( SI )
USAHA RAKYAT INDONESIA TERHADAP PENJAJAHAN JEPANG
Febby Indri R
Pendudukan Jepang di Indonesia berjalan kurang lebih selama 3,5 tahun, dimulai dari tahun 1942 sampai tahun 1945, tepatnya pada tanggal 17 Agustus 1945 dengan diproklamirkannya Kemerdekaan Indonesia oleh pasangan dwi tunggal Soekarno dan Hatta atas nama bangsa Indonesia.
Pada awal Perang Dunia II (Mei 1940), Belanda diduduki oleh tentara Nazi Jerman. Hindia Belanda kemudian mengumumkan keadaan siaga dan pada bulan Juli 1940 mengalihkan ekspor yang awalnya ke Jepang pindah ke Amerika Serikat dan Inggris. Negosiasi Belanda dengan Jepang untuk mengamankan persediaan bbm pesawat gagal pada bulan Juni 1941, dan Jepang pun mulai dengan aksi penaklukan Asia Tenggara di bulan Desember 1941. Pada bulan yang sama, Jepang memberikan bantuan kepada faksi dari untuk mengadakan revolusi terhadap pemerintahan Hindia Belanda. Pengalaman dari pendudukan Jepang di Indonesia sangat bervariasi, tergantung di mana orang itu hidup
Pengaruh Perhimpunan Indonesia Terhadap Pergerakan Nasional Indonesia
SISTEM SOSIAL BUDAYA INDONESIA
RATIH AYUNING CHINTYA
Sistem sosial budaya Indonesia merupakan nilai, tata sosial dan tata perilaku manusia Indonesia yang mampu mewujudkan pandangan hidup dan falsafah negara Pancasila di segala sudut kehidupan berbangsa dan bernegara. Asas yang melandasi pola pikir, pola tindak, struktur dan proses system sosial budaya Indonesia yang diimplementasikan harus menjadi perwujudan nilai-nilai Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945, transaformasi serta pembinaan system sosial budaya harus tetap berkepribadian Indonesia.
Asas Sistem Sosial Budaya Indonesia
Pada dasarnya, masyarakat Indonesia sebagai suatu kesatuan telah lahir jauh sebelum lahirnya (secara formal) masyarakat Indonesia. Peristiwa sumpah pemuda antara lain merupakan bukti yang jelas.
PARTAI KOMUNIS INDONESIA (PKI)
KIKI AMALIA
Partai Komunis Indonesia (PKI) adalah partai politik di Indonesia. PKI berdiri tanggal 23 Mei 1920. PKI adalah partai komunis non-pengusaha terbesar di dunia setelah Rusia dan Tiongkok sebelum akhirnya ddi hancurkan pada tahun 1965 dan dinyatakan sebagai partai terlarang pada tahun berikutnya. Dalam melaksanakan programnya PKI berpegangn teguh pada kebijakan Komintern (Komunis Internasional). Sesuai dengan kebijakannya, PKI menyusup ke partai-partai lain pada saat itu. Terutama Sarekat Islam sebagai organisasi massa terbesar pada saat itu.
Sewaktu Komintern memutuskan untuk menentang Pan Islamisme, anggota PKI membentuk kubu Sarekat Islam Prokomunis. Kubu ini berpusat di Semarang di bawah pimpinan Semaun dan Darsono.
PENGARUH PROPAGANDA GERAKAN 3A JEPANG DI INDONESIA
ARI GABRIEL SEBASTIAN
Masa pendudukan Jepang di Indonesia dimulai pada tahun 1942 dan berakhir pada 17 Agustus 1945 seiring dengan Proklamasi Kemerdekaan Indonesia oleh Soekarno dan M. Hatta atas nama bangsa Indonesia. Kedatangan Jepang di Indonesia untuk menarik simpati Indonesia tidak sesulit ketika Belanda datang ke Indonesia dan Ingin menduduki wilayah Indonesia. Banyak hal yang dilakukan oleh Jepang untuk menarik simpati rakyat Indonesia. Salah satu cara yang dilakukan Jepang adalah dengan menerapkan suatu gerakan atau Propaganda. Propaganda Jepang di Indonesia menganggap Jepang sebagai saudara tua bangsa Asia. Melancarkan semboyan 3A (Jepang pemimpin, Jepang cahaya dan Jepang pelindung Asia) Melancarkan simpati lewat pendidikan berbentuk beasiswa pelajar, berbentuk menarik simpati umat Islam untuk pergi Haji, Menarik simpati organisasi Islam, Melancarkan politik dumping, Mengajak untuk bergabung tokoh-tokoh perjuangan Nasional Dengan cara membebaskan tokoh tersebut dari penahanan Belanda. Propaganda jepang ini melancarkan simpati lewat pendidikan berbentuk beasiswa pelajar, berbentuk menarik simpati umat Islam untuk pergi Haji, Menarik simpati
Periode-Periode Perkembangan Islam Di Spanyol
Intan Permatasari/S/EA
Islam pertama kali masuk ke Spanyol pada tahun 711 M melalui jalur Afrika Utara. Spanyol sebelum kedatangan Islam dikenal dengan nama Iberia/ Asbania, kemudian disebut Andalusia, ketika negeri subur itu dikuasai bangsa Vandal. Dari perkataan Vandal inilah orang Arab menyebutnya Andalusia.
Sebelum penaklukan Spanyol, umat Islam telah menguasai Afrika Utara dan menjadikannya sebagai salah satu provinsi dari dinasti Bani Umayah. Penguasaan sepenuhnya atas Afrika Utara itu terjadi di zaman Khalifah Abdul Malik (685-705 M). Khalifah Abd al-Malik mengangkat Hasan ibn Nu'man al-Ghassani menjadi gubernur di daerah itu. Pada masa Khalifah al-Walid, Hasan ibn Nu'man sudah digantikan oleh Musa ibn Nushair. Di zaman al-Walid itu, Musa ibn Nushair memperluas wilayah kekuasaannya dengan menduduki Aljazair dan Maroko. Selain itu, ia juga menyempurnakan
KRISIS EKONOMI UKRAINA
JANJI KEMERDEKAAN OLEH JEPANG DAN PEMBENTUKAN BPUPKI
SISKA MAULANA PUTRI
Peristiwa pertama yang terjadi sebelum lahirnya proklamasi kemerdekaan Indonesia adalah kekalahan Jepang dan kekosongan kekuasaan. Dari tahun 1942 sampai 1945 Indonesia berada di bawah kekuasaan Jepang. Dan kekalahan Jepang dalam perang dunia ke II sangat berpengaruh dan menjadi salah satu faktor utama lahirnya Proklamasi Indonesia.
Dalam sejarahnya Jepang merupakan penyebab terjadinya Perang Dunia ke II. Hal ini terjadi setelah Jepang menghancurkan Pearl Harbour. Tidak hanya itu setelah itu Jepang juga mulai meluaskan wilayah jajahannya setelah berhasil memporak porandakan Pearl Harbour, yakni dermaga pasukan terbesar pasukan sekutu. Dan hal ini membuat pihak sekuta menjadi kacau. Dan Jepang mulai bergerak menuju wilayah yang memiliki potensi besar dalam membantu Jepang dalam perang dunia II (bahan tambang seperti minyak, karet, timah, boksit, manggan). Dan wilayah yang di kuasai pihak sekutu, dan Indonesia merupakan salah satunya. [1]
GAPI (GABUNGAN POLITIK INDONESIA) DAN INDONESIA BERPARLEMEN
Peranan Pemuda dalam Peristiwa Rengasdengklok
Budi Utomo dan Awal Pergerakan Nasional Indonesia
Muhammadiyah Sebelum Jepang ( Mengenal Sosok K.H. Hisyam pada Bidang Pendidikan Tahun 1934 – 1936 )
PERJUANGAN MELALUI VOLKSRAAD (FRAKSI NASIONAL)
CYNDI DWI RAHMADANI
Volksraad sebagai dewan rakyat yang didirikan tahun 1918, menjadi wadah bagi pemimpin organisasi untuk menyalurkan aspirasi perjuangan tanpa takut adanya penangkapan dan pembuangan seperti yang diberlakukan pada kaum pergerakan yang radikal. Ini tidak berarti bahwa di luar volksraad tidak ada aksi perjuangan. Organisasi pergerakan tetap giat melakukan akitivitas di berbagai bidang dalam rangka meningkatkan kesejahteraan rakyat, seperti mendirikan Rukun Tani, Rukun Pelayaran, mengusahakan bank, koperasi dan sebagainya.
Walaupun volksraad tidak mempunyai kekuasaan legislatif dan wewenangnya hanya terbatas memberi advis, sehingga tidak pernah memuaskan harapan rakyat Indonesia, namun volksraad merupakan satu-satunya tempat yang aman untuk mencurahkan kecaman terhadap pemerintah Hindia Belanda. Untuk
PERANAN PERHIMPUNAN INDONESIA DALAM PERGERAKAN NASIONAL
DESI PURNAMA INDAH
Organisasi Perhimpunan Indonesia (PI) didirikan oleh para mahasiswa Indonesia di Belanda pada tahun 1908 dengan nama Indische Vereeniging. Organisasi ini bersifat sosial. Sementara itu bermunculan pula organisasi lain yang ada hubungan dengan Indonesia di negeri Belanda, sehingga kebutuhan akan suatu federasi sangat dirasakan. Atas prakarsa Dr. Yap, Dr. Laboor, Suwardi Suryaningrat dan Ratulangi kemudian didirikan federasi yang bernama De Vrije Gedachte (Pikiran Bebas). Pada bulan Nopember 1917 federasi ini diberi nama baru, yaitu Indonesisch Verbond van Studeerenden. Ini adalah organisai pertama yang memakai nama Indonesia.Indische Vereeniging merupakan anggota dari Verbond yang paling besar jumlah anggotanya.[1]
SEJARAH BAZIL
UPACARA BELIAN , UPACARA ADAT SUKU PETALANGAN RIAU
"PENDIDIKAN DAYAH DI NANGGROE ACEH DARUSSALAM"
Yara Tifany/2B/S P
1. Pendidikan Dayah
Dayah di Aceh diyakini ada sejak 800 M. Tertua bernama Cot Kala. Tidak dapat dipungkiri, pondok pesantren atau yang lebih dikenal di kalangan masyarakat Aceh dengan istilah dayah mempunyai peranan penting dalam proses tumbuh dan berkembangnya pendidikan Islam di Nusantara.
Keunikannya juga telah membuat hampir setiap orang mengenalnya. Kepercayaan diri dan kebanggaan atas ketradisionalitasannya justru merupakan faktor yang membuat dayah semakin survive, bahkan dianggap sebagai alternatif dalam hegemoni modernisme masyarakat masa kini.
ETHIOPIA DALAM SEJARAH AFRIKA
WIJAYANTI
1. Kemerdekaan Ethiopia
Satu-satunya kerajaan mayoritas penduduknya beragama nasrani dan bukan hasil civilization. Agama Nasrani aliran Koptik seperti halnya pada sebagian penduduk Mesir. Penduduknya semula Negro setelah kedatangan kaum Hamid bersamaan dengan waktu timbulnya Mesir kuno, pada sekitar 1000 SM lahirlah Negro Sudan. Hamid di desak Samid dan mendirikan Kerajaan Aksum. Pada abad ke-IV M datang penyebar Injil dari Siria sehingga Aksum menjadi Kerajaan Nasrani. Ketika kekuasaan Islam sejak abad VII M menyebar ke Asia Timur maupun utara, Kerajaan Maksum tetap tegak walaupun terkucil (Soepratignyo,1992:61).
Perkembangan Islam di Kamerun
ASIA TIMUR
SANTI RAHMAWATI
Historiografi Jepang
Jepang merupakan salah satu Negara yang berada di Asia Timur yang memiliki perjalanan peradaban yang panjang. Sebagaimana Negara yang diberbagai belahan dunia lainnya, jepang juga memiliki sejarah panjang, dan hal ini tentunya tidak bias lepas dari yang namanya Historiografi. Dinegara jepang tidak memiliki arsip nasional pusat, sehingga institute Historiografi dan universitas Tokyo yang melayani sebagai penggantinya. Sejarah juga merupakan salah satu bidang akademis yang popular di jepang mendapat pengaruh dari berbagai teori sejarah. Seperti pengaruh teori Budhisme.
PERAN K.H AHMAD DAHLAN DALAM PENDIDIKAN ISLAM DI INDONESIA
AHMAD SUHARLAN
K. H. Ahmad Dahlan merupakan salah satu tokoh pembaharu dalam Islam sekaligus sebagai pendiri persyarikatan Muhammadiyah. K. H. Ahmad Dahlan mulai melakukan ide pembaharuan sekembalinya dari haji pertama yaitu pada tahun 1888, melihat keadaan masyarakat Islam di Indonesia yang mengalami kemerosotan disebabkan oleh keterbelakangan pengetahuan akibat tekanan penjajahan pemerintah Belanda. Pemerintah Belanda menginginkan rakyat pribumi sebagai buruh kasar dengan upah rendah sehinga tidak lagi
memikirkan pendidikan. Adanya perbedaan dalam pendidikan menyebabkan berkembangnya dualisme pendidikan yakni sistem pendidikan kolonial Belanda dan sistem pendidikan Islam tradisional yang berpusatkan di pondok pesantren. Melihat perbedaan pendidikan yang terjadi pada saat itu maka
PENDIDIKAN DI INDONESIA PADA MASA AWAL KEMERDEKAAN DAN PADA MASA DEMOKRASI TERPIMPIN
SEJARAH dan PUSAT ISLAM di RUMANIA
YUNDHA NINGRUM
Rumania atau Rumania dengan kota Transylvanianya sudah begitu identik dengan legenda Drakula. Legenda ini sudah menjadi salah satu objek wisata andalan bagi kawasan Transylvania di Rumania. Legenda drakula emang lahir di kawasan ini, tak mengherankan bila sebagian ribuan tahun ribuan wisatawaan mendatangi kawasan ini untuk berwisata menikmati sebuah legenda tentang drakula.
Namun, dibalik semua legenda itu, Rumania meiliki sejarah Islam yang begitu panjang. Negeri ini pernah menjadi bagian dari Kekhalifaan Turki Usmani ( lidah orang eropa menyebutnya otoman ) selama lima abad lamanya. Tak mengherankan bila islam di negeri ini bukan lagi hgal yang asing dan sudah memiliki akar tradisi yang begitu kuat meskipun secara keseluruhan islam merupakan agama minoritas di negeri tersebut.