SEJARAH KOTA BERTUAH TANJUNG PINANG

CIFTA AYU OLISSTIOWATI

 

Pada zaman dahulu, tersebutlah sebuah bandar kecil Anjang Luku di pantai barat Pulau Bintan. Konon disitulah tempat persinggahan Laksamana Hang Tuah, tatkala beliau berlayar dari Malaka Pulau ke Sungai Duyung Ulu Bintan, kampung halamannya.

Menurut yang empuhnya cerita, bandar kecil Anjang Luku itu banyak sekali ditumbuhi pokok pinang. Batang-batang  pinang itu berjejer di pinggir pantai, berseleret-leret sejak Tanjung Buntung hingga ke muara Sungai Bintan. Paling subur tumbuhnya berumpun-rumpun, disekitar cabang anak sungai yang menngalir dari bukit ke lembah. Tandanya di situ memiliki sumber air. Air itupun senantiasa mengalir, tidak pernah susut sekalipun musim kemarau.

Tidaklah mengherankan jika sesudah zaman Laksamana Hang Tuah itu pun bandar kecil Ajang Luku masih cukup ramai disinggahi orang. Ada yang berhenti untuk berlindung dari angin ribut yang tengah membadai, dan ada pula pelaut yang singgah mengambil air perbekalannya.

SEJARAH MACHU PICCHU, MAHAKARYA PERADABAN SUKU INCA YANG MEMUDAR DI AMERIKA SELATAN


DESI WIDIA YANTI/PIS/A

Kerajaan Inca adalah sebuah kerajaan kuno yang telah ada sejak ratusan tahun lalu yang terletak di Peru dan musnah ketika bangsa Spanyol memasuki wilayah Amerika Selatan. Suku Inca dengan ibu kota Cuzco atau Qosqo, sekarang adalah Peru terletak di sisi paling selatan tepatnya dipegunungan Andes, berakhir pada 1533 masehi. Inca disebut sebagai peradaban "pra-Columbus, artinya sudah ada sejak sebelum kedatangan Christopher Columbus. Selama periode tersebut, Inca menguasai sebagian besar wilayah Amerika Selatan bagian barat.

SEJARAH PERANG TELUK PERSIA

Isnaini Umi Sholeha / P.I.S/ A

Perang antara Irak dan Iran dikenal dengan Perang Teluk Persia pertama karena terjadi di Teluk Persia perbatasan antara Irak dan Iran. Perang ini juga dikenal sebagai Pertahanan Suci dan Perang Revolusi antara Irak dengan Iran. Perang ini terjadi pada tanggal 22 September 1980. Latar belakang terjadinya perang ini adalah perebutan perbatasan negara antara kedua negara tersebut.
 Sebelum terjadinya perang ini, telah terjadi konflik antara aliran Sunni dan aliran Syi'ah. Di Iran penduduknya 100% beraliran Syi'ah sedangkan di Irak kira-kira 60% beraliran Syi'ah. Tetapi di Irak diperintah oleh orang –orang yang beraliran Sunni yang minoritas di wilayah tersebut. Orang – orang yang beraliran Syiah memberontak kepemimpinan Saddam Hussen karena dianggap anti Islam. Karena merasa dianaktirikan oleh orang –orang syiah, pemimpin Bagher Sadr disingkirkan.

BUDAYA KABUPATEN SIAK

PUTRI KHAIRUNNISA/PBM/BI

            Kata "kebudayaan" berasal dari (bahasa Sanskerta) yaitu "buddhayah" yang merupakan bentuk jamak dari kata "buddhi" yang berarti budi atau akal. Kebudayaan diartikan sebagai "hal-hal yang bersangkutan dengan budi atau akal". Kuncaraningrat mengemukakan pengertian kebudayaan sebagai keseluruhan dari kelakuan dan hasil kelakuan manusia yang diatur oleh tata kelakuan yang harus di dapatnya dengan belajar dan semuanya tersusun dalam kehidupan masyarakat. Menurut PJ. Zoedmulder, kata budaya adalah perkembangan majemuk budi daya, yang berarti daya dari budi. Jadi kebudayaan adalah segala hasil cipta., karya dan rasa. Basuki Sukanto dalam bukunya yang berjudul "Antropologi Budaya" memberikan istilah kebudayaan sebagai cara orang bersikap dan bertingkah laku yang dipelajari dan sudah menjadi adat kebiasaan masyarakat beserta hasil-hasilnya. Ahli antropologi pertama yang merumuskan batasan kebudayaan secara sistematis dan ilmiah adalah E.B Tylor dalam bukunya yang  terkenal berjudul "Primitive Culture." Tylor mengatakan bahwa kebudayaan adalah keseluruhan yang kompleks, yang didalamnya terkandung ilmu pengetahuan,

TRADISI DAN ADAT MASYARAKAT BANGKINANG

Feni Harti/PBM/BI

            Adat adalah aturan-aturan tentang beberapa segi kehidupan manusia yang tumbuh dari usaha orang dalam suatu daerah yang terbentuk di indonesia sebagai kelompok sosial untuk mengatur tata tertib tingkah laku anggota masyarakatnya. Di indonesia, aturan-aturan tentang segi kehidupan manusia itu menjadi aturan hukum yang mengikat dan disebut hukuk adat (Yayasan Kanisius, 1973). Sedangkan adat Riau itu sendiri adalah ketentuan-ketentuan yang mengatur tingkah laku dan hubungan antara anggota masyarakat dalam segala segi kehidupan. Oleh karena itu, adat merupakan hukum tidak tertulis dan sekaligus sebagai sumber hukum. Sebelum hukuk barat masuk ke indonesia, adat adalah satu-satunya hukum rakyat yang kemudian disempurnakan dengan hukum islam, sehingga disebut "adat bersendikan syarak". Menyatunya adat melayu dengan hukum syarak diperkirakan terjadi setelah islam masuk ke malaka pada akhir abad ke-14, sebagaimana di ungkapkan Tonel (1920)

MASUKNYA AGAMA ISLAM DI KERAJAAN CHAMPA VIETNAM


NURLIZA SEMBIRING/PIS/1A

Islam masuk di Vietnam pada adab ke 10 dan 11 Masehi melalui jamaah dari India, Persia dan pedagang Arab, dan menyebar antara jamaah cham sejak adanya perkembangan kerajaan mereka di daerah tengah Vietnam dan dikenal dengan nama kerajaan Champa.
a.      Sejarah Kerajaan Campa
Campa terletak di seberang laut sebelah selatan propinsi Goangdong (Tiongkok Selatan) demikian menurut catatan Ma Huan dalam bukunya YingYang Sheng Lan (pemandangan indah di sebrang samudra) orang berlayar menuju ke sebelah barat daya dari kabupaten Chang Le, propinsi Fujian (Tiongkok Selatan) bila ada angin buritan kapal akan sampai di Campa pada hari ke-10. Di sebelah selatan Campa terdapat kerajaan tetangga bernamaKamboja. Di sebelah barat berbatasan dengan dengan Laos. Di sebelah laut timur adalah laut besar.

SEJARAH PERKEMBANGAN KERAJAAN SAFAWI DI PERSIA SEBAGAI PELETAK DASAR NEGARA IRAN


Machmul Alamsyah Harahap/PIS A

A.    Perkembangan Kerajaan Safawi di Persia
Pada waktu kerajaan Turki Usmani sudah mencapai puncak kejayaannya, kerajaan Safawi di Persia masih baru berdiri. Namun pada kenyataannya kerajaan ini berkembang dengan cepat. Nama Safawi ini terus dipertahankan sampai Tarekat Safawiyah menjadi suatu gerakan politik dan menjadi sebuah kerajaan yang disebut kerajaan Safawi. Dalam perkembangannya, kerajaan Safawi sering berselisih dengan kerajaan Turki Usmani.
Kerajaan Safawi mempunyai perbedaan dari dua kerajaan besar Islam lainnya seperti kerajaan Turki Usmani dan Mughal. Kerajaan ini menyatakan sebagai penganut Syi'ah dan dijadikan sebagai madzhab negara. Oleh karena itu, kerajaan Safawi dianggap sebagai peletak dasar pertama terbentuknya negara Iran dewasa ini .

MUEANG THAI NEGARA TAK PERNAH DIJAJAH


SRI WAHYU ILLAHI/PIS/B
     Meskipun Thailand mendapat tekanan terus dari bangsa eropa, Thailand adalah satu-satunya Negara di Asia tenggara yang tidak pernah di jajah oleh bangsa eropa. Ada dua alasan mengapa Thailand tetap merdeka, yang pertama Thailand memiliki sistem suksesi yang mantap pada abad ke-19. Kedua Thailand mampu mengeksploitasi persaingan dan ketegangan antara Indochina Prancis dan kerajaan Inggris. Hasilnya, Negara Thailand menjadi Negara Buffer antara beberapa Negara Asia Tenggara yang dijajah dua kekuatan inggris dan Prancis.
     Meski begitu, akibat berbagai kesepakatan menjelang akhir abad ke-19, lama-lama wilayah kekuasaan Thailand digerogoti juga. Sisi timur Mekong jatuh ketangan Prancis, sedangkan Shan (sekarang Burma) dan semenanjung Malaya jatuh ketangan Inggris.

KEBIJAKAN PENDIDIKAN ISLAM MASA ORDE BARU


FITRI YANI AMRINA / SIV

Orde Baru memberikan corak baru bagi kebijakan pendidikan Agama Islam, karena beralihnya pengaruh komunisme ke arah pemurnian Pancasila melalui rencana pembangunan nasional berkelanjutan. Masa  Orde Baru disebut juga sebagai Orde Konstitusional dan Orde Pembangunan. Yakni bertujuan membangun manusia seutuhnya dan menyeimbangkan antara rohani dan jasmani untuk mewujudkan kehidupan yang lebih baik. Selain itu, dalam Pelita IV di bidang agama dan kepercayaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa makin dikembangkan. Dengan semakin meningkatnya dan meluasnya pembangunan, maka kehidupan keagamaan dan kepercayaan kepada Tuhan Yang Maha Esa harus semakin diamalkan baik dalam kehidupan pribadi maupun kehidupan sosial kemasyarakatan. Diusahakan supaya terus bertambah sarana-sarana yang diperlukan bagi pengembangan kehidupan keagamaan dan kehidupan kepercayaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa termasuk pendidikan Agama Islam yang dimasukkan dalam kurikulum sekolah mulai dari Sekolah Dasar sampai dengan universitas negeri.

SEJARAH RESTORASI MEIJI DI JEPANG


Fransiska Ima Kulada Kefi/A1//PIS

Tidak seorang pun tahu asal nenek moyang orang Jepang yang sekarang.Namun,Korea yang terletak 161 km ke arah baratdaya pantai Jepang merupakan daerah Asia yang paling dekat dengan Jepang sehingga diduga sebagai satu-satunya rute untuk menyeberang ke timur-ke Jepang.Sebagian lainnya mungkin berpindah dari pulau Okinawa ke Utara atau dari pulau Sakhalin ke selatan.Para ahli sejarah percaya bahwa selama zaman prasejarah,orang dari Siberia,Cina,Korea dan Asia Tenggara menggunakan "jembatan" ini ke Jepang.

Thailand Sepanjang sejarah kerajaan dan modern

cifta ayuolisstiowati

 

Asal mula Thailand secara tradisional dikaitkan dengan sebuah kerajaan yang berumur pendek, Kerajaan Sukhothai yang didirikan pada tahun 1238 Kerajaan Sukhothai adalah salah satu kerajaan tertua di Thailand yang berpusat di sekitar kota Sukhothai, berdiri sejak tahun 1238 sampai 1438. Bekas ibukota Kerajaan Sukhothai lama berada sekitar 12 km dari kota Sukhothai modern, yaitu di Tambon Muang Kao. Saat ini yang tertinggal di kota lama hanyalah puing-puing kota dan Taman Bersejarah Sukhothai. Kota Sukhothai sebelumnya merupakan bagian dari Kerajaan Khmer sampai dengan tahun 1238, yaitu pada saat dua pemimpin bangsa Thai, Pho Khun Pha Muang dan Pho Khun Bang Klang Hao, menyatakan kedaulatannya dan mendirikan kerajaan untuk bangsa Thai. Pho Khun Bang Klang Hao kemudian menjadi raja pertama Sukhothai, dan menamakan dirinya Pho Khun Si Indrathit (atau Intradit). Kejadian ini secara tradisi dianggap merupakan awal berdirinya negara Thai modern, meskipun terdapat beberapa kerajaan Thai yang tidak begitu terkenal, seperti Lanna, Phayao dan Chiang Saen, yang juga didirikan sekitar waktu yang sama.

KEBANGKITAN NASIONAL


WENNI SANTHONY/S/B

Diikuti teori W.J.S purwadinarti dalam kamusnya,maka arti dari pada santri ialah orang yang menuntut pelajaran islam(dengan berguru ketempat jauh seperti pesantren dan sebagainya). Tetapi kalau diikuti pengertian umum ,maka santriialah mereka yang memelajari agama islam baikyang pergi jauh mau dekat dengan niat hendak mengamalkn ilmunya dan hendak menyebarluaskannya. Hasil daripada ilmu yang dituntut itu dengan sendirinya mempengruhi perilaku sehari-hari nya. Karenayakin akan kebenaran guruny, mereka meniru tingkah laku gurunya. Ilmu yang diperoleh dari mereka artinya dari gurunya mereka jadikan dasar pola membentuk sikap ental dan watak mereka dalam hidup. Semua ini lantaran didasarioleh suatu niat suci dalam hidupnya, bahwa ilmu-ilmunya memang diyakini kebenarannya serta akan dipraktekan dalam amal sehari-hari. Oleh sebab itu barang siapa yang mempelajari islam sekedar untuk diketahui,baik karena tidak menyakini kebenaran islam maupun untuk tujuan yang merugikan islam dan umatnya,maka ia tidak layak disebut santri.

Pengaruh Sarekat Islam (SI) di dalam Kehidupan Masyarakat Indonesia


Winda Fransisca/S/A

A.    Awal Terbentuknya
Sarekat Islam (SI) pada awalnya adalah perkumpulan para pedagang muslim yang didirikan pada akhir tahun 1911 di Solo oleh H. Samanhudi. Nama semula adalah Sarekat Dagang Islam (SDI). Kemudian tanggal 10 November 1912 berubah nama menjadi Sarekat Islam (SI). H.Umar Said Cokroaminoto diangkat sebagai ketua, sedangkan H.Samanhudi sebagai ketua kehormatan. Latar belakang didirikannya organisasi ini pada awalnya untuk menghimpun dan memajukan para pedagang Islam dalam rangka bersaing dengan para pedagang asing, dan juga membentengi kaum muslimin dari gerakan penyebaran agama Kristen yang semakin merajalela. Dengan nama Sarekat Islam dibawah pimpinan H.O.S. Cokroaminoto organisasi ini semakin berkembang karena mendapat sambutan yang luar biasa dari masyarakat. Daya tarik utamanya adalah asas keislamannya. Dengan SI mereka (umat Islam) yakin akan dibela kepentingannya. [1]

SEJARAH TERBENTUK DAN PERKEMBANGAN KOTA UJUNG BATU


MAMAN KURNIAWAN / SR

Kota Ujungbatu memiliki letak yang sangat strategis dimana berada pada jalan lintas Sumatera yang menghubungkan Kota Medan dan Kota Pekanbaru. Secara Administratif Kota Ujungbatu berada dalam wilayah Kecamatan Ujungbatu yang merupakan wilayah pemekaran dari kecamatan Tandun dalam kabupaten Rokan Hulu. Wilayah Kota Ujungbatu berbatasaan dengan :  Sebelah Utara berbatasan dengan Kecamatan Pagaran Tapah Darussalam,Sebelah Selatan berbatasan dengan Kecamatan Rokan IV Koto, Sebelah Barat berbatasan dengan Kecamatan Rambah Samo, Dan Sebelah Timur berbatasan dengan Kecamatan Tandun. Secara Historis Kota Ujungbatu merupakan wilayah dari Kerajaan Rokan. Seperti Kata adat Ujungbatu dan Lubuk Bendahara merupakan adik dan kakak yang  "Boajok Bokalang Batang Botindik Uwek Padi", yang artinya adalah ujung dan pangkal rumah yang sama-sama dibawah panji kuning kerajaan Rokan. Sehingga dalam hal ini Kota Ujungbatu merupakan wilayah paling Utara dari kerajaan Rokan yang berbatasan dengan Kerajaan Kunto, Kerajaan Rambah, dan Kenegerian Tandun. Sedangkan secara adat yang merupakan "Warih Bojawek, Pisoko Botolong", maka batas ulayat Kota Ujungbatu adalah : "di Sialang Bolantak Bosi Tocacak Pila Sobatang Di Aur Tigo Serayo Ko Hilir Lubuk Jambu Menyoborang Ko Bukik Langgak Ayie Togolek Ko Kiri Daerah Kunto Togolek Ko Kanan Punyo Ujungbatu Sampai Ko Sialang Muaro Birah Adalah Berbatasan Dengan Kerajaan Kunto. Dari Sialang Muaro Birah Sampai Ke Hulu Sungai Danto Bo Batas Dengan Tandun. Dari Hulu Sungai Danto Menuju Bukik Suligi Sampai Ke Koto Ujungbatu Tinggi Berbatasan Dengan Lubuk Bendahara. [1]

Dampak Revolusi Hijau dan Industrialisasi pada masa Orde Baru


Hari Sulistiawati/SI 5

A.      Revolusi Hijau   
Revolusi Hijau merupakan bagian dari perubahan-perubahan yang terjadi dalam sistem pertanian pada saat ini. Revolusi hijau pada dasarnya adalah suatu perubahan cara bercocok tanam dari cara tradisional ke cara modern. Revolusi Hijau ditandai dengan makin berkurangnya ketergantungan petani pada cuaca dan alam, digantikan dengan peran ilmu pengetahuan dan teknologi dalam upaya meningkatkan produksi pangan. Revolusi Hijau sering disebut juga Revolusi Agraria. Pengertian agraria meliputi bidang pertanian, perkebunan, peternakan, perikanan, dan kehutanan.

REVOLUSI KEBUDAYAAN DAN REFORMASI EKONOMI RRC


BEVI ANJELIA LESTARI/PIS/B

Cina atau sekarang yang menjadi Republik Rakyat Cina sejak tahun 1949 merupakan salah satu negara ketiga yang berhasil menerapkan pembangunan sosialisnya dengan gagasan para pemimpinnya yang radikal dan pragmatis- realis, tanpa harus berkiblat kepada negara barat sepenuhnya. Cina yang merupakan negara komunis terbesar kedua setelah Uni Soviet sangat menentang sistem kapitalisme pada rezim Mao zedong, namun kini cina menjadi negara yang kemajuan ekonominya di akui oleh dunia  melalui pasar bebas dan sistem kapitalisme yang dimulai sejak era Deng Xiaoping.

LAHIRNYA ALIRAN NEOTHOMISME DI PRANCIS


MENANTI SINAGA/PIS/B

A.AWAL MULA NEOTHOMISME
Pada awalnya ajaran-ajaran Augustinus (Augustianisme) yang kuat dipengaruhi oleh Platonisme berhasil mempengaruhi tradisi  keagamaan, Intelektual dan politik di Eropa Barat selama berabad-abad lamanya. Namun kecenderungan itu berubah sejalan dengan terjadinya gelombang pengaruh Aristotelianisme  yang melanda Eropa Barat diawal abad yang ke-20. Tradisi keagamaan dan iltelektual eropa  memasuki sebuah babak baru ketika Thomas Aquinas pada tahun 1226-1274 SM mentransmisikan Aristoteliaisme masuk kedalam tradisi intelektual keagamaan. [1]Tokoh yang paling berjasa dalam mentransmisikan Aristotelianisme ke dalam tradisi intelektual ke agamaan itu adalah Thomas Aquinas,  karena Sebelum Thomas Aquinas mentransmisikan  filsafat Aristoteles tersebut ajaran Aristotelianisme ini dianggap sebagai  bagian dari paganisme (ajaran kafir) hingga mengakibatkan tenggelamnya  ajaran itu selama lebih dari setengah milenium lamanya. Namun setelah  Thomas Aquinas mentransmisikan filsafat Aristotelelianisme,filsafat  ini menempati posisi terhormat  dalam biara, gereja dan masyarakat spiritual barat. Pergulatan platonisme yang terefleksi dalam ajaran-ajaran Augustinus melawan aristotelianisme yang diwakili oleh ajaran thomas yaitu Thomisme diakhiri dengan kemenangan Thomisme. dua makna penting  kemenangan Thomisme atas Augustianisme bagi  agama  kristen yang pertama yaitu kemenangan itu menunjukkan  bahwa agama kristen  dan gereja memiliki daya penyesuaian diri  dan kemampuan survival seta vitalitas dan fleksibilitas intelektual yang tinggi.

SEJARAH SINGKAT MASUKNYA ISLAM DI AFRIKA SELATAN

Yulia Yantika/PIS15/B

 

1.  Sejarah Singkat masuknya islam di afrika selatan

       Saat Abdul Muhajir berkuasa di Ifriqiyah ia malah menghancurkan Kairawan yang dibentuk oleh Uqbah berikut dengan masjid yang tersohornya pula setelah itu kemudian Ia membangunnya kembali. Dia melakukan hal ini adalah bertujuan agar sejarah mencatat namanya sebagai pendiri kota dan masjid Kairawan. Di Afrika sendiri ada beberapa dinasti kecil yang memiliki andil yang cukup besar dalam perkembangan Islam kala itu.

SEJARAH KEMERDEKAAN ALJAZAIR


DIZI PAPILA PERTIWI / PIS A

            Penduduk yang mula-mula dikenal oleh Aljazair adalah suku Berber, yaitu orang nomad dari Afrika utara. Di akhir abad ke 9 sebelum masehi, bangsa Funisia mendirikan negara Kartago di negara tetangganya, Tunisia dan selama berabad-berabad memperluas kekuasaanya ke sepanjang pantai Aljazair. Setelah bangsa Romawi mengalahkan Kartago di tahun 146 sebelum masehi, mereka memasuki wilayah yang dihuni suku Berber dan membuat daerah itu sebagai salah satu lahan pertanianuntuk menyediakan makanan bagi Kekaisaran Romawi. Setelah beberapa abad kekuasaan Romawi, suku Vandal dari Spanyol memasuki Aljazair (pada tahun 429) sehingga kekuasaan Romawi terguncang. Satu abad kemudian, Kekaisaran Bizantium mengalahkan suku Vandal. Pada akhir abad ke-7, bangsa Arab memulai penakhlukannya dan membuat suku Berber memeluk agama Islam serta memperkenalkan bahasa Arab. Pada abad ke-11 dan 12 dinasti Berber Islam dari Maroko menguasai Aljazair dan memberikan kesempatan kepada dinasti Aljazair yang merdeka untuk berkuasa sebentar pada abad ke-13.

PERAN MUHAMMAD ALI JINNAH PEMBENTUKAN NEGARA ISLAM PAKISTAN

MUHAMMAD NANDA NIRMAWAN/PIS/B

1. Biografi Muhammad Ali Jinnah
Muhammad Ali Jinnah lahir pada hari Ahad, tanggal 25 Desember 1876, keturunan dari seorang saudagar dari Kathiawar.  Ia dilahirkan dengan nama Mohammed Ali Jinnah Bhai di Karachi, provinsi Sind (dulu di India, tetapi sekarang menjadi wilayah Negara Pakistan) dari pasangan pedagang yang berasal yang bernama Jinnahbhai dengan Mithibhai. Kecerdasan yang ia miliki dan kemampuan materi orang tuanya, memungkinkan ia mendapatkan fasilitas yang besar untuk kepentingan pendidikannya.

SEJARAH KERAJAAN ISLAM MUGHAL

MUHAMMAD NANDA NIRMAWAN/PIS/B

A. Sejarah Lahirnya Kerajaan Mughal di India
Kerajaan Mughal adalah kerajaan Islam yang pernah berkuasa di India dari abad ke- 16 hingga abad ke- 19. Dinasti ini didirikan oleh Zaharuddin Babur yang merupakan keturunan Timur Lenk, penguasa Islam asal Mongol. Babur adalah nama kecil dari Zaharuddin, yang artinya singa, ia lahir pada hari Jum'at 24 Februari 1483. Ayahnya bernama Umar Mirza menjadi amir di Fergana, turunan lagsung dari Miransyah putra ketiga dari Timur Lenk. Sedangkan ibunya berasal dari keturunan Jengkuai, anak kedua dari Jengis Khan. Pada usia 11 tahun,  Babur kehilangan ayahnya dan sekaligus menggantikan kepemimpinan ayahnya dalam usia yang masih sangat muda. namun demikian ia sangat pemberani sehingga kelihatan lebih matang dari usianya. Dia mendapat latihan sejak dini, sehingga memungkinkannya untuk menjadi seorang pejuang dan penguasa besar.

KESULTANAN SIAK SRI INDRAPURA


SRI OKTAVIANI/ SR

            Kesultanan Siak Sri Inderapura ialah sebuah Kerajaan Melayu Islam yang pernah berdiri di Kabupaten Siak, Provinsi Riau, Indonesia. kata Siak Sri Inderapura, secara harfiah dapat bermakna pusat kota raja yg taat beragama, dalam bahasa Sanskerta, sri berarti bercahaya dan indera atau indra dapat bermakna raja. Sedangkan pura dapat bermaksud dengan kota atau kerajaan. Siak dalam anggapan masyarakat Melayu sangat bertali erat dengan agama Islam, Orang Siak ialah orang-orang yg ahli agama Islam, kalau seseorang hidupnya tekun beragama dapat dikatakan sebagai Orang Siak. Nama Siak, dapat merujuk kepada sebuah klan di kawasan antara Pakistan dan India, Sihag atau Asiagh yg bermaksud pedang. Masyarakat ini dikaitkan dengan bangsa Asii, masyarakat nomaden yg disebut oleh masyarakat Romawi, dan diidentifikasikan sebagai Sakai oleh Strabo seorang penulis geografi dari Yunani. Berkaitan dengan ini pada sehiliran Sungai Siak sampai hari ini masih dijumpai masyarakat terasing yang dinamakan sebagai Orang Sakai.[1]

SEJARAH PERKEMBANGAN MASYARAKAT ROKAN HILIR PADA MASA PRASEJARAH HINGGA KOLONIALISME


GUSWITA PUTRI / SR

1.      Perkembangan Masyarakat Rokan Hilir Pada Masa Kerajaan Rokan
Kabupaten Rokan Hilir kira-kira 1300 tahun yang lalu (abad 7-8 M) merupakan daerah kekuasaan Kerajaan Sriwijaya (Shih-li-fo-shih) yang berpusat di Palembang, muara Sungai Musi di Sumatera Selatan. Menurut laporan I-tsing 688 M, wilayah kekuasaan Sriwijaya meliputi Pho-lu-shih (Tanjung Balai, Asahan-Sumatera Utara), Mo-lo-yu (Jambi), Mo-ho-sin (Bekasi-Jawa Bahagian Barat), Holing (Keling, Lembah Sungai Berantas- Jawa Timur), Tantan (Kelantan, Malaysia) Pen-pen (Pahang, Malaysia), Po-li (Kutai, Kalimantan), Chuah-lun, Fo-shih, Po-lo, O-shan dan Mo-chia-man semuanya di Indocina. Negeri-negeri di sepanjang muara Sungai Rokan, Inderagiri, Kampar, Batang Hari, Siak merupakan kawasan penting bagi mendukung perekonomian Kerajaan Sriwijaya. Komoditas perdagangan penting seperti lada, kayu cendana, gaharu dan emas bersumber dari daerah ini (Wolters, 1967). Namun tidak ada catatan sejarah yang merekam, apakah nama negeri-negeri yang berada di sepanjang Sungai Rokan itu. Namun dari laporan I-tsing, diperkirakan wilayah Rokan masuk daerah Mo-lo-yu.

Sejarah Peradaban Islam Indonesia


INDAH APRITASARI/S/B

A.    Masuk dan berkembangnya Islam di Indonesia
1.      Teori tentang masuknya Islam di Indonesia
      Islam di Indonesia baik secara historis maupun sosiologi sangat kompleks, terdapat banyak masalah, misalnya tentang sejarah dan perkembangan awal Islam. Suatu kenyataan bahwa kedatangan Islam di Indonesia dilakukan secara damai.[1] berbeda dengan penyebaran Islam di Timur Tengah yang dalam beberapa kasus disertai dengan pendudukan wilayah oleh militer Muslim. Islam dalam batas tertentu disebarkan oleh pedagang, kemudian dilanjutkan oleh para guru agama  (da'i) dan pengembara sufi. Bersamaan dengan para pedagang datang pula da'i-da'i dan musafir-musafir sufi. Melalui jalur pelayaran itu pula mereka dapat berhubungan dengan pedagang dari negeri-negeri diketiga Benua Asia itu. Hal ini memungkinkan terjadinya hubungan timbal balik, sehingga terbentuklah perkampungan masyarakat Muslim. Pertumbuhan perkampungan ini makin meluas sehingga perkampungan itu tidak hanya bersifat ekonomis, tetapi membentuk struktur pemerintahan dengan mengangkat Meurah Silu, kepad suku Gampung Samudra menjadi Sultan Malik as-Sholeh.[2]

Gerakan Aceh Merdeka (GAM)

Fahmi Amri Toedien

 

Gerakan Aceh Merdeka (GAM) merupakan sebuah bagian dari sejarah bangsa Indonesia. Sebuah sejarah yang dapat ditulis dengan tinta darah, karena telah banyak menumbalkan sesama anak bangsa. Sebuah konflik yang ironisnya untuk memperjuangkan hal yang sama, namun dipersepsi dan diinterpretasikan secara berbeda oleh kedua belah pihak yang bertikai. Sebuah perbedaan dalam memaknai nasionalisme. Sebuah  perjuangan untuk mempertahankan nasionalisme. Sebuah pertikaian yang memang harus dipetik dari buah simalakama yang bernama, nasionalisme GAM lahir karena kegagalan gerakan Darul Islam pada masa sebelumnya. Darul Islam muncul sebagai reaksi atas ketidak berpihakan Jakarta terhadap gagasan formalisasi Islam di Indonesia. Darul Islam adalah sebuah gerakan perlawanan dengan ideologi Islam yang terbuka. Bagi Darul Islam, dasar dari perlawanan adalah Islam, sehingga tidak ada sentimen terhadap bangsa-bangsa lain, bahkan ideologi Islam adalah sebagai perekat dari perbedaan yang ada. Gagasan ini juga berkembang dalam gerakan Darul Islam di Aceh

SEJARAH KOREA


WILDA VERONICA SABEILAI/ PIS/ B

Sekarang ini Korea merupakan negara berkembang di Asia yang paling maju. Korea dikenal sebagai choson yang artinya negeri setenang pagi hari.
            Sejarah awal Korea berkisar pada kerajaan kuno Choson yang muncul pada sekitar 2.300 tahun sebelum Masehi. Pada sekitar abad kedua sebelum Masehi, bangsa Cina mendirikan koloni didaerah kerajaan tersebut. Namun, lima abad kemudian bangsa Korea mengusir mereka keluar. Sejak itu muncul sebuah kerajaan, yaitu Silla.

MASUK NYA KERAJAAN ROMAWI DI BELGIA


YURESHA FEBRIANTI FAHMI / PIS /A

            Belgia secara politik tidak ada sebelum tahun 1830 . jukius caesar dalam commentaries yang menjelaskan kampanye nya melawan suku keltik mengatakan "dari semua suku bangsa ini , orang belgia adalah orang yang paling berani" namun  caesar mengalahkan suku bangsa pemberani ini dan romawi selama kira-kira 500 tahun runtuhnya kekaisaran romawi diikuti oleh tahun-tahun kekacauan wilayah itu akhirnya menjadi bagian negara eropa baratyang besar dulunya adalah kekaisaran charlemagne pada permulaan abad ke-9 , charlemagne memilih kota-kota wilayah ini dan mendukung perdangangan yang sebelumnya oleh orang romawi

Sejarah Berdiri Khilafah Bani Abbasiyah Dan Puncak Keemasaannya

Setyawati/PIS/1B

Di antara yang mempengaruhi berdirinya khilafah bani Abbasiyah adalah terdapatnya beberapa kelompok umat yang sudah tidak mendukung kekuasaan imperium bani Umayah yang notabenenya korupsi, sekuler dan memihak sebagian kelompok diantaranya adalah kelompok Syiah dan Khawarij[1] serta kaum Mawali yaitu orang-orang yang baru masuk islam yang mayoritas dari Persi. Mereka merasa di perlakukan tidak setara dengan kelompok Arab karena pembebanan pajak yang terlalu tinggi kelompok ini lah yang mendukung revolusi Abbasiyah

SEJARAH KOTA SELATPANJANG KABUPATEN KEPULAUAN MERANTI

        
               Ainun Syarifatul Alfiah/SR

ASAL MULA KOTA SELATPANJANG
Daerah Selatpanjang dan sekitarnya sebelumnya merupakan wilayah kekuasaan Kesultanan Siak Sri Indrapura yang merupakan salah satu kesultanan terbesar di Riau saat itu.Pada masa pemerintahan Sultan Siak VII yaitu Sultan Assyaidis Syarif Ali Abdul Jalil Syaifuddin Baalawi ( yang bertahta tahun 1784 - 1810 ), biasa disapa Sultan Syarif Ali, memberi titah kepada Panglima Besar Muda Tengku Bagus Saiyid Thoha untuk mendirikan Negeri atau Bandar di Pulau Tebing Tinggi. Selain tertarik pada pulau itu juga karena Sultan Assyaidis Syarif Ali Abdul Jalil Syaifuddin Baalawi sendiri pernah singgah ke daerah itu, tujuan utama Sultan Syarif Ali ingin himpun kekuatan melawan kerajaan Sambas ( Kalimantan Barat ) yang terindikasi bersekutu dengan Belanda yang telah khianati perjanjian setia dan mencuri mahkota Kerajaan Siak. Negeri atau Bandar ini nantinya sebagai ujung tombak pertahanan ketiga setelah Bukit Batu dan Merbau'' untuk menghadang penjajah dan lanun.

SEJARAH MASUKNYA ISLAM DI MALAYSIA


SAID JANATUN NAIM / P. I. S/1A

A.        Sejarah Masuknya Islam ke Malaysia
            Banyak pendapat pendapat dari pakar sejarah yang menyatakan tentang sejarah masuknya islam di Malaysia diantaranya Wan Hussein Azmi, dalam kitabnya Islam di Malaysia Kedatangan  dan Perkembangan ( Abad 7-20 M), berargumen bahwa Islam datang pertama kali ke Malaysia sejak abad ke 7 M. Pendapat in berdasarkan pada sebuah argumen bahwa pada pertengahan abad tersebut pedagang Arab sudah sampai pada gugusan pulau-pulau Melayu, dimana Malaysia secara geografis tidak dapat dipisahkan darinya. Para pedagang Arab yang singgah dipelabuhan dagang Indonesia pada paruh ketiga abad tersebut, menurut Azmi tentu juga singgah di pelabuhan- pelabuhan dagang di Malaysia.

PENGARUH KOLONIALISME DAN IMPERIALISME TERHADAP PERKEMBANGAN BANGSA-BANGSA ASIA SELATAN


Ida Nurjannah/PIS/B

1.      Awal Mula Munculnya Imperialisme dan Kolonialisme oleh Bangsa Barat
            Sistem koloni sudah muncul pada zaman yunani kuno. Dalam sejarah perkembangan koloni, politik kolonial modern sudah muncul sejak abad ke-16. Kolonisator pertama adalah orang-orang portugis, selnjutnya muncul bangsa inggris, prancis, dan belanda yang menguasai sebagian amerika utara, hindia barat, hindia muka(asia  selatan), dan hindia timur(hindia belanda). Abad ke-19 merupakan puncak perkembangan kolonialisme. Hampir semua            Benua Afrika dikuasai bangsa eropa sementara itu, dalam sejarah imperialisme muncul di inggris pada masa berkembangnya industri modern. Ketika Benyamin Disraeli, menjabt sebagai Perdana Mentri Inggris ia bercita-cita mewujudkan suatu imperium Inggris yang meliputi seluruh dunia namun ditentang keras oleh golongan oposisi yang disebut kaum oposan.

BERDIRINYA KERAJAAN YAHUDI BERBAJU ISLAM


Yodhi Edya Pratama/PIS/A

            Kerajaan Arab Saudi adalah Kerajaan yang didirikan oleh orang Yahudi, dengan memakai kedok Islam, yang bertujuan untuk memecah belah Islam dengan ajaran-ajarannya yang mengkafirkan sesama Islam, membid'ahkan sesama Islam. Bahkan, memang dalam sejarahnya melakukan pembunuhan-pembunuhan terhadap umat Islam sendiri.

PERAN BUDI UTOMO DALAM PERKEMBANGAN PERGERAKAN NASIONAL DI INDONESIA

Yastika Wilandri/S

Budi Utomo (Boedi Oetomo) adalah sebuah organisasi pergerakan nasional yang paling berpengaruh di Indonesia.Budi Utomo didirikan pada tanggal 20 Mei 1908 oleh sejumlah mahasiswa STOVIA (School tot Opleiding van Indische Artsen) seperti Soetomo,Gunawan, Cipto Mangunkusumo, dan R.T Ario Tirtokusumo.Dimana,hingga sekarang ini,tanggal 20 Mei yang mana merupakan hari lahirnya Budi Utomo,diperingati sebagai hari lahirnya Kebangkitan Nasional. Berdirinya Budi Utomo tak bisa lepas dari peran dr. Wahidin Sudirohusodo, walaupun bukan pendiri Budi Utomo,namun beliaulah yang telah menginspirasi Sutomo dan kawan-kawan untuk mendirikan organisasi pergerakan nasional ini. Wahidin Sudirohusodo sendiri adalah seorang alumni STOVIA yang sering berkeliling di kota-kota besar di Pulau Jawa untuk mengkampanyekan gagasannya mengenai bantuan dana bagi pelajar-pelajar pribumi berprestasi yang tidak mampu melanjutkan sekolah. Gagasan ini akhirnya beliau kemukakan kepada pelajar-pelajar STOVIA di Jakarta,dan ternyata mereka menyambut baik gagasan mengenai organisasi pendidikan tersebut.

Gerakan Persamaan Hak Kulit Hitam di Amerika Serikat Tahun 1954-1983


Rut Sontiara/PIS/B

Sebagaimana yang telah diketahui bahwa Amerika Serikat merupakan negra yang menjunjung tinggi hak asasi manusia dan demokrasi. Negara tersebut juga telah memahami peristiwa Bill of Right dan dapat melahirkan Decration of Independence . Bill Of Riht yang dianut oleh pemerintah Amerika Serikat telah menempatkan hak asasi manusia pada system hukum Negara tersebut. Salah satu isi dari Bill Of Right diantaranya Negara melanggar adanya perbudakan . ngara harus melindungi hak warga Negara untuk memilih dan menetang penyangkalan atas ras, warna kulit, dan jeni kelamin . selain itu,  Decralation Of Independence telah mendekralasikan bahwa semua manusi di ciptakan sederajat oleh sang pencipta dan mereka di karuniai hak hak tertentu yang tidak dapat dicabut , hak hak tersebut diantaranya adalah hak kehidupan, kemerdekaan, dan usaha untuk mencari kebahagiaan akan tetapi pada kenyataannya Negara amerika belum mampu merealisasikan nilai tersebut . hal ini dibuktikan dengan adanya sikap distriminatif terhadap warga kulit hitam . sikap distriminatif ini berlangsung sampai tahun 1960an .sikap tersebut ditunjukan dengan adanya peraturan yang membeda bedakan fasilitas antara kulitputih dan kulit hitam selain itu sebagian besar massyarakat kulit hitam belum mendapat hak hak sipil . hal hal tersebut telah mendorong munculnya gerakan gerakan social yang dilakukan oleh warga kulit hitam yang menentang segala bentuk diskriminasi . Gerakan ini bertujuan untuk memberikan jaminan hak asasi terhadap semua warga negara serta menghendaki pemerintah yang demokratis .

JEPANG MENCARI PERAN DALAM ABAD KE -20


Dina Uli Arta Sinaga/PIS/15

            Dalam abad ke-20, paduan segala unsur dalam zaman Meji yang dilambangkan kelompok kecil yang kompak pemuka masyarakat itu telah digantikan oleh keadaan dimana birokrat sejati dan kelompok kepentingan menguasai apa yang kelihatannya, dari permukaan, suatu perkembangan tertib menuju pandangan dan lembaga yang lebih liberal. Namun sebenarnya pada dasarnya tekanan lebih sering diletakkan pada memelihara dari pada membaharui. Dalam puluh tahun pertama setelah Perang Dunia 1, ketika aliran sosialis dan aliran komunis saling mendekat, dan ketika ekonomi Jepang mengalami depresi setelah masa kejayaan ditahun-tahun perang, pemerintah mengambil tindakan dalam bentuk usaha menetapkan aturan prilaku dan mengendalikan pikiran.

SEJARAH KESULTANAN SIAK


ANISA MUTIARA PRIYADI/SR

            Sebelum abad 16  wilayah siak masih termasuk daerah taklukan Kesultanan Malaka hingga tahun 1511, dan  sekitar tahun 1625 Kerajaan Aceh semasa Iskandar Muda untuk daerah Bintan masuk kedalam kekuasannya, sehingga Siak  belum tumbuh sebagai Kesultanan yang cukup kuat, sehingga daerah tersebut sebelum tahun 1641  masih berada pada naungan Kesultanan Aceh atau setidaknya masih dalam lindungan Kesultanan Aceh sama seperti halnya dengan Kampar dan Inderagiri. Selain itu peranan Kesultanan Aceh masih dominan sampai tahun 1641. Sedangkan Siak baru berdiri tahun 1708, semenjak Kesultanan Aceh memudar mulai timbul kerajaan Islam yang baru di Pulau Sumatera, rata-rata para pemimpin di sekitar kekuasaan Kesultanan Aceh berasal dari Aceh yang dimana para Panglima Aceh mengambil keuntungan semenjak kekuasaan Aceh meredup.

SEJARAH AWAL PERKEMBANGAN SISTEM PENDIDIKAN DI AMERIKA SERIKAT

Aisyah Nur Hanifah/ PIS/ IA


A.      Sejarah awal berkembangnya pendidikan di AmerikaSerikat

Negara Amerika Serikat, adalah sebuah negara yang mana memiliki bangsa-bangsa emigran dari beberapa kawasan didunia,terutama berasal dari kawasan Eropa sebagai bagian yang dominannyamerupakan imigran tua yagn berasal dari daerah Eropa Utara dan Barat,seperti Negara Inggris,Scotlandia,prancis,Belanda dan Jerman,dan kemudian diikuti oleh negara Eropa Selatan dan Timur,diantaranya adalah Negara Italia,Rusia,Polandia,Austria,dan Hongaria.Dimana setiap bangsa yang datang,masing-masing membawa kepercayaan,adat istiadat,bahasa,dan berbagai segi-segi kebudayaan,sehingga menjadikan Amerika Serikat menjadi suatu tempat peleburan  dari berbagai segala jenis kebudayaan asli dan para pendatang yang berasal dari benua hitam Afrika.Sehingga inilah yang menjadi dasar terbentuknya kebudayaan di Amerika Serikat saat ini.

PEMBERONTAKAN ORGANISASI PAPUA MERDEKA


TITIN SUMARNI/S/A

Lahirnya OPM di kota Manokwari pada tanggal itu ditandai dengan penyerangan orang-orang Arfak terhadap barak pasukan Batalyon 751 (Brawijaya) di mana tiga orang anggota kesatuan itu dibunuh. Picu "proklamasi OPM" yang pertama itu adalah penolakan para anggota Batalyon Papua (PVK = Papoea Vrijwilligers Korps ) dari suku Arfak dan Biak untuk didemobilisasi, serta penahanan orang-orang Arfak yang mengeluh ke penguasa setempat karena pengangguran yang tinggi serta kekurangan pangan di kalangan suku itu.