Sejarah Perkembangan Pendidikan di Italia


RINALDI AFRIADI SIREGAR / SP
Italia menganut sistem pendidikan berupa sekolah publik yang cakupannya sangatlah luas dimana sistem pendidikan di negara ini sudah berlangsung sejak 1859, ketika Legge Casati (Casati UU) mengamanatkan pendidikan sebagai tanggung jawab bersama (Penyatuan Italia, terjadi di tahun 1861). Undang–undang yang dibuat Casati merupakan undang-undang yang mewajibkan pendidikan dasar dengan tujuan untuk mengurangi buta huruf yang ada di negeri Italia.
Undang-undang ini memberikan kontrol pendidikan dasar ke satu kota, dari pendidikan menengah ke regioni (negara) dan perguruan tinggi yang dikelola oleh negara. Bahkan dengan Undang-Undang Casati yang telah diberlakukan dengan mewajibkan siswa untuk mendapatkan pendidikan, tetap saja masih ada anak yang tidak dikirim sekolah oleh orangtuanya terutama di daerah pedesaaan bagian Selatan Italia.
Seiring berjalannya waktu, undang-undang yang mengatur tentang pendidikan terus dikaji hingga akhirnya Italia memiliki suatu sistem yang digunakan oleh semua anak. Dasar dari sistem pendidikan di Italia untuk anak-anak di sekolah diberi nama sistem Lombardia. Maksudnya, pendidikan di Italia mencakup semua tahapan pendidikan yaitu mulai dari sekedar menitipkan bayi untuk pra-dasar, pendidikan dasar, pendidikan menengah hingga pendidikan yang bertaraf Internasional. Kurikulum yang mereka gunakan  pun telah disyahkan dalam bentuk undang-undang. [1]
Saat ini sistem sekolah yang ada di Italia, yaitu :
1.      TK/Pra-sekolah, Scuola Materna (3 - 5 tahun)
2.      Sekolah Dasar, Scuola Primer (6 – 10 tahun)
3.      Sekolah Menengah, Scuola Media (11 – 14 tahun)
4.      Sekolah Menengah Atas, Scuola Superiore, liceo (15 – 19 tahun)
5.      Pendidikan Tinggi, Universita  (19 tahun dan seterusnya)
Pemerintah Italia membebaskan biaya (gratis) untuk semua anak hingga akhir pendidikan dasar. Selain itu, semua anak yang ada di Italia wajib bersekolah hingga usia mereka 16 tahun. Departemen Pendidikan, Penelitian dan Perguruan Tinggi (Ministero dell'Universita'e della Ricerca) bertanggung jawab untuk administrasi sekolah negeri di Italia.
Masa wajib belajar berlangsung selama Sembilan tahun dan terdiri dari sekolah dasar dan sekolah menengah di semua daerah. Tahun ajaran di Italia biasanya berjalan dari pertengahan September sampai akhir Juni. Untuk jam sekolah bervariasi antara daerah yang satu dengan daerah yang lain, bisa 5 jam, 6 jam, setengah hari, bahkan satu hari penuh.
Anak-anak balita di Italia dijaga dengan berbagai cara, antara lain dengan childminders, dititipkan di kelompok bermain, ataupun tempat penitipan anak dengan fasilitas yang lengkap. Pengelolaan fasilitas ini dilakukan dalam suatu organisasi, bisa oleh pemerintah ataupun swasta.
Tempat penitipan anak dengan fasilitas kesehatan yang lengkap diperuntukkan bagi anak-anak yang berusia 3 bulan sampai dengan 3 tahun. Komunitas ini disebut Asile nido. Tidak semua anak diwajibkan untuk dititipkan di tempat ini, biasanya orang tua yang sibuk bekerjalah yang menggunakan komunitas ini. Biaya untuk setiap anak bergantung pada pendapatan setiap orang tua yang menitipkan anaknya. Asile nido merupakan komunitas yang dimiliki oleh pemerintahan Italia yang telah memiliki reputasi yang sangat baik dan memiliki standar yang lebih tinggi daripada swasta. Asile nido memiliki jadwal makan dengan kandungan gizi pada menu yang telah diperhitungkan dan dikonsultasikan oleh ahli gizi yang diberikan kepada anak-anak yang dititipkan di tempat ini. Asile nido biasanya buka dari 09:00-16:00 namun fleksibel terhadap kemungkinan bagi orang tua yang bekerja melebihi jam tersebut.
Asile nido merupakan salah satu bukti bahwa pendidikan memiliki peranan yang sangat penting di negara ini. Berawal dari usia dini, setiap anak diperhatikan kebutuhannya, baik dari segi gizi, kenyamanan, hingga pembelajaran yang kelak berguna bagi tumbuh kembang anak tersebut. [2]
Pendidikan Khusus di Italia
Italia telah memiliki kebijakan pendidikan inklusif sejak tahun 1970-an dengan anak-anak cacat yang dididik di sekolah-sekolah umum. Tambahan dukungan yang diberikan kepada sekolah-sekolah umum tersebut adalah dalam bentuk guru kelas yang memiliki kompetensi untuk mendampingi anak-anak (individu) berkebutuhan khusus.
Berbagai langkah-langkah legislatif telah berusaha dilakukan oleh pemerintah Italia untuk mencapai integrasi penuh dari anak-anak cacat tersebut, sehingga mereka mendapatkan pendidikan secara penuh di kelas yang berisikan anak-anak normal di setiap tingkatan yang ada di sekolah. Setiap kelas yang berisikan 20-25 anak normal diperkenalkan dengan satu anak penyandang cacat. Selanjutnya, anak yang menyandang kecacatan tersebut mendapatkan hak yang sama dengan anak-anak lainnya. Selain itu, guna mengoptimalkan pencapaian pendidikan pada anak-anak yang memiliki kecacatan ataupun anak yang berkebutuhan khusus tersebut, maka sekolah menyediakan satu guru khusus yang telah memiliki potensi dalam menangani dan mendampingi anak-anak berkebutuhan khusus di masing-masing kelas yang memiliki anak berkebutuhan khusus. Dukungan yang ditawarkan untuk anak-anak berkebutuhan khusus pun sangatlah penuh, tidak hanya guru yang mendampingi mereka secara khusus, akan tetapi semua guru yang ada di sekolah pun memberikan layanan kepada mereka, misalnya : jika suatu sekolah memiliki 20 guru, maka guru tersebut akan menyediakan waktunya hingga 20 jam per minggu dan memberikan layanan kepada anak berkebutuhan khusus tersebut.
Pemerintah Italia sendiri telah mewajibkan setiap anak yang ada di negara mereka untuk bersekolah, tanpa kecuali para penyandang cacat fisik dan mental, ataupun anak berkebutuhan khusus lainnya. Pemerintah menetapkan suatu kurikulum yang melandasi pendidikan di setiap sekolah, namun tetap memberikan kebebasan setiap sekolah untuk menjalankan sekolah mereka sesuai dengan anak (individu) yang ada di sekolah tersebut.
Hukum yang mengatur anak-anak penyandang cacat, (1992), secara garis besar menyatakan bahwa pendidikan diberikan kepada para penyandang cacat mulai dari taman kanak-kanak, SD, dan sekolah menengah. Beberapa kelas juga diadakan di pusat-pusat rehabilitasi dan rumah sakit sehingga bagi anak-anak berkebutuhan khusus yang tidak bisa datang ke sekolah, tetap dapat belajar dan memperoleh pendidikan seperti anak-anak normal lainnya. Kelas ini diatur oleh Direktorat Pendidikan yang ada di tingkat provinsi yang berkoordinasi dengan layanan kesehatan, serta pusat-pusat masyarakat dan swasta di bawah naungan Departemen Kesehatan dan Departemen Tenaga Kerja. Pemerintah menyewa guru untuk mendampingi anak-anak berkebutuhan khusus tersebut lalu diberikan pelatihan khusus dalam hal psikologi dan pedagogi yang terkait. Guru dengan mandat khusus tersebut menjadi guru (Insegnanti di Sostegno) di sekolah setempat kelompok (Circolo Didattici) dan bertugas memberikan pembelajaran hingga anak berkebutuhan khusus tersebut siap masuk ke sekolah formal sesuai dengan tingkat pencapaian masing-masing anak, seperti masuk ke sekolah dasar ataupun sekolah menengah di setiap sekolah. Guru-guru pendamping anak berkebutuhan khusus ini pun melakukan kerja sama dengan guru biasa dalam menyediakan dukungan kepada anak-anak berkebutuhan khusus tersebut.
Selain itu, setiap anak berkebutuhan khusus dipelihara dan sangat diperhatikan oleh negara, walaupun fasilitas yang ada di negara tersebut belum lengkap benar. Akan tetapi, banyak orang di italia akan bersedia membantu individu berkebutuhan khusus secara sukarela dan spontan. [3]
Pengaruh Home Schooling terhadap Pendidikan Inklusi di Italia
Saya mengalami kesulitan dalam mencari sumber yang menjelaskan tentang home schooling yang ada di Italia. Tidak ditemukan satu situs resmi yang menjelaskan mengenai home schooling ini. Hal ini dikarenakan home schooling 'illegal' di negara ini. Padahal salah satu metode home schooling yang terkenal dan banyak digunakan oleh keluarga-keluarga di dunia berasal dari negara ini, yaitu Metode Montessori. Penemu dari Metode Montessori adalah Dr. Maria Montessori, seorang pendidik dan psikolog yang berasal dari Italia. Beliau menemukan metode ini sekitar akhir abad ke-19 dan awal abad ke-20. [4]
Metode ini sangat terkenal karena digunakan untuk mendidik anak-anak berdasarkan pada teori perkembangan anak. Metode ini diterapkan terutama di pra-sekolah dan sekolah dasar, walaupun ada juga penerapannya sampai jenjang pendidikan menengah. Ciri dari metode ini adalah penekanan pada aktivitas pengarahan diri pada anak dan pengamatan klinis dari guru (sering disebut "direktur" atau "pembimbing"). Metode ini menekankan pentingnya penyesuaian dari lingkungan belajar anak dengan tingkat perkembangannya dan peran aktivitas fisik dalam menyerap konsep akademis dan keterampilan praktek. Ciri lainnya adalah adanya penggunaan peralatan otodidak (koreksi diri) untuk memperkenalkan berbagai konsep. Sehingga, anak-anak yang belajar dengan metode ini memungkinkan untuk belajar secara mandiri dengan memanfaatkan kelima inderanya secara optimal dimana proses belajar bagi mereka pada akhirnya adalah sebuah proses inovasi, penyelidikan, dan kegiatan yang mereka cintai, serta dikerjakan dengan sepenuh hati.
Menurut saya, kurangnya situs resmi yang menjelaskan tentang home schooling di Italia karena pemerintah Italia sendiri telah mewajibkan setiap anak yang telah berusia 3 tahun dan/atau lebih untuk mengenyam pendidikan di sekolah formal. Selain itu, pemerintah Italia pun membebaskan biaya untuk anak-anak tersebut dalam memperoleh pendidikan hingga mereka selesai sekolah dasar. Jadi, kalaupun ada home schooling di negara tersebut, terbatas pada kegiatan les/kursus-kursus guna menambah pengetahuan ataupun untuk mengasah bakat mereka, demikian halnya dengan anak yang berkebutuhan khusus. Selain itu, home schooling di Italia relatif mahal. [5]
Pengaruh Pendidikan Multikultural dalam Pendidikan Khusus di Italia
Pendidikan multikultural merupakan ide, sebuah gerakan reformasi pendidikan dan proses (Bank, 1997). Sebagai gambaran, pendidikan multikultural berusaha untuk menciptakan kesempatan pendidikan yang sama bagi semua siswa, termasuk orang-orang dari berbagai ras, etnis, kelas sosial dan kelompok. Pendidikan multikultural mencoba untuk menciptakan kesempatan pendidikan yang sama bagi semua siswa dengan mengubah total lingkungan sekolah sehingga akan mencerminkan keragaman budaya dan kelompok dalam masyarakat dan bangsa dalam kelas. Pendidikan multikultural merupakan sebuah proses karena tujuannya adalah cita-cita para guru dan administrator dalam upayanya mencapai pendidikan untuk semua.
Istilah multikulturalisme umumnya merujuk kepada diterapkannya suatu ideologi dari ras, budaya, dan etnis keragaman dalam demografis dari suatu tempat tertentu, biasanya pada skala sebuah organisasi seperti sekolah, bisnis, lingkungan, kota, dan bangsa. Beberapa negara yang memiliki budaya yang berbeda-beda/multikulturalisme memiliki tujuan untuk mengenali, mempertahankan dan merayakan perbedaan budaya atau identitas budayanya di dalam masyarakat untuk mempromosikan kohesi sosial. Dalam konteks ini, multikulturalisme merupakan bagian dari masyarakat yang membentang adil dengan status perbedaan budaya dan kelompok agama, dengan tidak ada satu budaya pun yang saling mendominasi. [6]
Sedangkan tujuan pendidikan multikultural yang berkaitan dengan pembelajaran (instructional goals) adalah untuk memperbaiki distorsi, stereotip, dan kesalahpahaman tentang kelompok etnik dalam buku teks dan media pembelajaran, memberikan berbagai strategi untuk mengarahkan perbedaan di depan orang, memberikan alat-alat konseptual untuk komunikasi antar budaya, mengembangkan keterampilan interpersonal, memberikan teknik-teknik evaluasi, membantu klarifikasi nilai, dan menjelaskan dinamika kultural.
Italia merupakan negara multikultur. Negara ini kaya budaya karena Italia memiliki daerah-daerah (provinsi) yang terbentang luas dari utara hingga ke selatan. Selain itu, banyak imigran baik legal maupun ilegal datang ke negara ini dengan tujuan untuk menetap, mencari pekerjaan ataupun bersekolah. Penyebaran imigran yang masuk ke Italia hampir merata di semua wilayah di Italia.
Hal ini dikarenakan posisi geografis Italia yang memiliki kontak langsung dengan budaya dan etnis utama kawasan Eropa lama (neo-Latin, Jerman, dan warga negara Slavia-daerah Balkan) dan juga melalui negara-negara di Afrika Utara dengan Dunia Arab. Akibatnya, sementara orang-orang yang awalnya sekedar singgah di Italia, lama-kelamaan akan memutuskan untuk menetap di negara ini.
Semakin banyak imigran/pendatang yang masuk ke Italia, semakin memperkaya budaya negara ini. Pemerintah Negara Italia pun telah mengatur dalam keanekaragaman ini dalam suatu undang-udang. Pemerintah menganjurkan kepada keluarga-keluarga pendatang atau keluarga yang memiliki kewarganegaraan asing yang memiliki anak usia sekolah untuk dimasukkan ke sekolah-sekolah yang ada di Italia. Anak-anak ini akan diajarkan bahasa Italia sebagai bahasa kedua mereka. Bila anak-anak tersebut masih mengalami kesulitan bahasa, maka akan didampingi oleh satu guru yang memahami bahasa mereka, sehingga mereka tetap dapat menerima pelajaran sama seperti anak-anak yang berkebangsaan Italia (pribumi). Keberagaman yang dimiliki oleh Negara Italia ini bukan merupakan hambatan melainkan merupakan kekuatan mereka dalam menarik minat individu-individu dari negara lain untuk mempelajari kebudayaan mereka.
Hal yang sama pun terjadi pada individu-individu berkebutuhan khusus, dengan kekhususan setiap anak dan asal daerah anak tersebut yang berbeda-beda, maka akan disatukan dalam suatu sistem pendidikan formal yaitu sekolah dimana setiap anak memiliki hak yang sama dalam memperoleh pendidikan.
NOTES :
[1] Sekilas Pendidikan di Italia _ Sekolah Bintang Bangsaku.html
[2] http://www.childrencrossingborders.org/italy.html
[3] Psikologi Pendidikan, Penulis : Mahani Razali, Ramlah Jantan & Shahabudin Hashim. Hal : 255.
[4] Seratus Tokoh Yang Paling Berpengaruh Dalam Sejarah, Penulis : Michael H. Hart. Hal :  443.
[5] http://en.wikipedia.org/wiki/Legality_of_Homeschooling
[6] Pendidikan Multikultural, Penulis : Choirul Mahfud, Penerbit : Pustaka Pelajar, Yogyakarta.

No comments:

Post a Comment