Peradaban Islam Di Kamerun

Isra Algifari/S/E-A

Kamerun (Cameroon) adalah sebuah negara di Afrtika Barat, sedikit lebih besar dari California, menurut para ahli arkeologi telah dihuni manusia sejak 50.000 tahun yang lalu. Pada abad ke-5 sebelum Masehi, suku Hanno dari Kartago (Tunisia sekarang), orang asing pertama yang memasuki Kamerun, dan selama berabad-abad mengeksplorasi perdagangan budak. Pada abad ke-2 sampai dengan abad ke-1 sebelum Masehi, suku Bantu (dikenal dengan sebutan Pygmi) yang berasal dari Nigeria Utara mulai berimigrasi ke Kamerun (dikenal dengan Cameroon Highlanders), mereka ahli dalam pertanian. Para

SEJARAH BULGARIA ( EROPA TIMUR )

Firna Agustina/S/EA

Republik di eropa tenggara,temasuk eropa timur.disebelah utara berbatasan dengan rumania,disebelah selatan dengan turki dan yunani,sebelah barat dengan yugoslavia dan makedonia,dan disebelah timur dengan L.hitam.luas: 110.994 km2.penduduk: 8.985.000. kepadatan penduduk: 81/km2. bahasa bulgaria (resmi). agama: gereja ortodoks timur (27%); islam (8%); kepercayaan lain [protestan,katolik roma] (1%); ateis (64%).ibu kota:sofia.satuan mata uang:Lev (Leva).

POLA PENDIDIKAN ISLAM PADA PERIODE KHULAFAUR RASYIDIN

PIMA PUTRIANA

 

Pendidikan islam merupakan suata hal yang paling pokok yang harus di penuhi oleh setiap individu, golongan bahkan negara, karena dengan pendidikan tersebut seorang bisa lebih maju, dengan pendidikan tersebut suatu kelompok atau golongan dapat di katakan sebagai golongan yang berkualitas, tidak hanya kuantitas saja dan dengan pendidikan suatu negara akan terlihat dominan di mata dunia. Terselenggaranya pendidikan secara baik akan membawa dampak terhadap pemahaman dan pengalaman ajaran agama. Al-quran dan Hadits merupakan sumber utama dalam pendidikan Islam khususnya pendidikan agama yang di harapkan dapat memberikan petunjuk dan membimbing manusia kejalan yang lurus sesuai dengan fitrahnya. Maka dari itu pendidikan sangat di butuhkan oleh setiap individu manusia.

PENDIDIKAN CINA PADA ZAMAN KLASIK


Rapni Yelti/SP/014/A

Filsafat Pendidikan Cina

Dinasti Han tahun 206 SM – 220 M merupakan dinasti kekaisaran besar pertama didalam perjalanan sejarah kekaisaran Cina. Pada masa ini banyak literature lama yang dikumpulkan dan diperbaiki kembali. Hal tersebut dikarenakan pada masa pemerintahan sebelumnya ajaran-ajaran kong hu cu diberantas habis. Pada masa ini Confusianisme menjadi falsafah terkemuka dan menjadi inti bagi sistem pendidikan. Pada masa Dinasti Han ini yang menjadi dasar masyarakat Tionghoa, ialah pengajaran counfusius Pada negeri Cina pendidikan mendapat tempat yang penting sekali dalam penghidupan Hal tersebut dikarenakan masyarakat Cina menganggap pendidikan sejalan dengan filsafat, bahkan menjadi alat bagi filsafat, yang mengutamakan etika

SEJARAH PERADABAN ISLAM DI SINGAPURA

UTARI SONATA/S/EB

Singapura, adalah sebuah desa nelayan Melayu.Terbukti tempat ini menjadi luar biasa bermanfaat untuk memancing karena terletak di mulut sungai Singapore. Ini terjadi sebelum pendudukan Eropa tetapi sekarang Singapura dikenal dengan jelas sebagai negara kota pulau. Banyak suku asli dan cerita rakyat hidup di daerah perbatasan pulau dan sungai . Sejarah menyatakan bahwa British East India Company yang dipimpin oleh Sir Stamford Raffles telah mendirikan sebuah tempat perdagangan di pulau yang menjadikan

SEJARAH KEBUDAYAAN BANGSA AZTEC DI MEKSIKO


Ayu Andriyani / S / Pe-B

Aztec merupakan satu dari beberapa kebudayaan yang disebut secara umum sebagai "nahuan" mengikuti bahasa mereka.Ketika kaum astec sampai ke lembah anahuac,mereka dianggap oleh nahuas lain sebagai yang paling tidak berperadaban,jadi mereka memutuskan belajar dan mengambil dari kaum-kaum lain.Mereka banyak belajar dari toltec tua (yang sering dikelirukan dengan kebudayaan teotihuacan yang lebih tua).

Sejarah Perkembangan Pendidikan Islam Pada Masa Bani Abbasyiyah


Refligy Yulia Fitri / SP/ A

Popularitas daulah Abbasyiyah mencapai puncaknya di zaman khalifah Harun Al-Rasyid (786-809 M) dan puteranya Al-Ma'mum (813-833 M). Harun Al-Rasyid adalah figur khalifah shaleh ahli ibadah, senang bershadaqah, sangat mencintai ilmu sekaligus mencintai para 'ulama, senang dikritik serta sangat merindukan nasihat terutama dari para 'ulama. Pada masa pemerintahannya dilakukan sebuah gerakan penerjemahan berbagai buku Yunani dengan menggaji para penerjemah dari golongan Kristen dan penganut agama lainnya yang ahli. Ia juga banyak mendirikan sekolah, yang salah satu karya besarnya adalah pembangunan Baitul Hikmah, sebagai pusat penerjemahan yang berfungsi sebagai perguruan tinggi dengan perpustakaan yang besar. Perpustakaan pada masa itu lebih merupakan sebuah universitas, karena di samping terdapat kitab-kitab, di sana orang juga dapat membaca, menulis dan berdiskusi.

TENUNAN SIAK MASYARAKAT MELAYU DISIAK SRI INDRAPURA

LAILATUL BADRIAH/PBM/FB

1.      SEJARAH TENUNAN SIAK
Kesenian siak yang sangat terkenal ialah kesenian menenun kain yang disebut tenunan kain tenunan siak.
Dari kapas menjadi benang
Pilin menjadi kain
Bidal tua melayu diatas merupakan tugu pengingan dan symbol kreatifitas masyarakat mengubah kapas menjadi tenunan yang eksotik yang menjadi simbol keagungan, yaitu tenun siak. Semasa dahulu pekerjaan menenun hanya dikenal dilingkungan istana saja sebagai pekerjaan sambilan. Namun sesuai dengan perkembangan zaman, pekerjaan menenun merembes keluar tembok istana (Adila Suwarno, 2005 : 125).

PENDIDIKAN ISLAM DI BRUNEI DARUSSLAM


            Merri Natalia S/SP

Islam diperkirakan telah datang ke Brunei sejak abad ke-15. Catatan Portugis oleh de Brito tahun 1514, menyatakan bahwa raja Brunei masih belum masuk islam tetapi para pedagangnya sudah Muslim. Laporan lain menyebutkan ketika Pegaffeta mendarat di pantai Brunei tahun 1521, ia telah melihat adanya kota dengan penduduk yang padat. Sultan tinggal di sebuah pemukiman yang dikelilingi benteng. Pendatang disambut dengan upacara kebesaran. Walaupun memberikan dukungan kepada Muslim, tetapi raja Awang Alak Betatar baru memeluk islam pada masa kemudian dan dan diberi gelar Sultan Muhammad Shah (1363-1402). Dialah sultan Brunei pertama dan penguasa Brunei saat ini merupakan keturunannya. Secara

HAMBATAN MASUKNYA AJARAN DAN PENDIDIKAN ISLAM DI PERANCIS


MERRI NATALIA S/SP

Di Prancis, jumlah umat Islam diperkirakan mencapai 6-7 juta orang. Angka ini merupakan perkiraan karena dalam sensus penduduk Prancis tidak ada pertanyaan tentang agama yang dianut penduduknya. Statistik agama secara resmi dilarang oleh hukum Prancis. Seperti diketahui bersama, Prancis adalah negara sekuler, berbeda dari Indonesia yang adalah negara Pancasila. Di Indonesia, negara tidak mendasarkan pada agama tertentu, tetapi juga bukan negara sekuler yang memisahkan agama sebagai urusan privat dengan negara yang dianggap sebagai ruang publik. Statistik agama justru disediakan negara. Umat Islam di Prancis berasal dari berbagai ras dan etnik dari seluruh dunia, terutama dari daerah Maghrib dan Afrika, selain itu juga dari Turki, Bangladesh, Suriah, Mesir, dan bahkan Indonesia. Mereka banyak yang