SEJARAH KEBUDAYAAN BANGSA AZTEC DI MEKSIKO


Ayu Andriyani / S / Pe-B

Aztec merupakan satu dari beberapa kebudayaan yang disebut secara umum sebagai "nahuan" mengikuti bahasa mereka.Ketika kaum astec sampai ke lembah anahuac,mereka dianggap oleh nahuas lain sebagai yang paling tidak berperadaban,jadi mereka memutuskan belajar dan mengambil dari kaum-kaum lain.Mereka banyak belajar dari toltec tua (yang sering dikelirukan dengan kebudayaan teotihuacan yang lebih tua).

Sejarah Perkembangan Pendidikan Islam Pada Masa Bani Abbasyiyah


Refligy Yulia Fitri / SP/ A

Popularitas daulah Abbasyiyah mencapai puncaknya di zaman khalifah Harun Al-Rasyid (786-809 M) dan puteranya Al-Ma'mum (813-833 M). Harun Al-Rasyid adalah figur khalifah shaleh ahli ibadah, senang bershadaqah, sangat mencintai ilmu sekaligus mencintai para 'ulama, senang dikritik serta sangat merindukan nasihat terutama dari para 'ulama. Pada masa pemerintahannya dilakukan sebuah gerakan penerjemahan berbagai buku Yunani dengan menggaji para penerjemah dari golongan Kristen dan penganut agama lainnya yang ahli. Ia juga banyak mendirikan sekolah, yang salah satu karya besarnya adalah pembangunan Baitul Hikmah, sebagai pusat penerjemahan yang berfungsi sebagai perguruan tinggi dengan perpustakaan yang besar. Perpustakaan pada masa itu lebih merupakan sebuah universitas, karena di samping terdapat kitab-kitab, di sana orang juga dapat membaca, menulis dan berdiskusi.

TENUNAN SIAK MASYARAKAT MELAYU DISIAK SRI INDRAPURA

LAILATUL BADRIAH/PBM/FB

1.      SEJARAH TENUNAN SIAK
Kesenian siak yang sangat terkenal ialah kesenian menenun kain yang disebut tenunan kain tenunan siak.
Dari kapas menjadi benang
Pilin menjadi kain
Bidal tua melayu diatas merupakan tugu pengingan dan symbol kreatifitas masyarakat mengubah kapas menjadi tenunan yang eksotik yang menjadi simbol keagungan, yaitu tenun siak. Semasa dahulu pekerjaan menenun hanya dikenal dilingkungan istana saja sebagai pekerjaan sambilan. Namun sesuai dengan perkembangan zaman, pekerjaan menenun merembes keluar tembok istana (Adila Suwarno, 2005 : 125).

PENDIDIKAN ISLAM DI BRUNEI DARUSSLAM


            Merri Natalia S/SP

Islam diperkirakan telah datang ke Brunei sejak abad ke-15. Catatan Portugis oleh de Brito tahun 1514, menyatakan bahwa raja Brunei masih belum masuk islam tetapi para pedagangnya sudah Muslim. Laporan lain menyebutkan ketika Pegaffeta mendarat di pantai Brunei tahun 1521, ia telah melihat adanya kota dengan penduduk yang padat. Sultan tinggal di sebuah pemukiman yang dikelilingi benteng. Pendatang disambut dengan upacara kebesaran. Walaupun memberikan dukungan kepada Muslim, tetapi raja Awang Alak Betatar baru memeluk islam pada masa kemudian dan dan diberi gelar Sultan Muhammad Shah (1363-1402). Dialah sultan Brunei pertama dan penguasa Brunei saat ini merupakan keturunannya. Secara

HAMBATAN MASUKNYA AJARAN DAN PENDIDIKAN ISLAM DI PERANCIS


MERRI NATALIA S/SP

Di Prancis, jumlah umat Islam diperkirakan mencapai 6-7 juta orang. Angka ini merupakan perkiraan karena dalam sensus penduduk Prancis tidak ada pertanyaan tentang agama yang dianut penduduknya. Statistik agama secara resmi dilarang oleh hukum Prancis. Seperti diketahui bersama, Prancis adalah negara sekuler, berbeda dari Indonesia yang adalah negara Pancasila. Di Indonesia, negara tidak mendasarkan pada agama tertentu, tetapi juga bukan negara sekuler yang memisahkan agama sebagai urusan privat dengan negara yang dianggap sebagai ruang publik. Statistik agama justru disediakan negara. Umat Islam di Prancis berasal dari berbagai ras dan etnik dari seluruh dunia, terutama dari daerah Maghrib dan Afrika, selain itu juga dari Turki, Bangladesh, Suriah, Mesir, dan bahkan Indonesia. Mereka banyak yang

PEMBAHARUAN PENDIDIKAN ISLAM DI TURKI


Merri Natalia S/SP

Pada abad pertengahan Dunia Barat telah maju, ditandai dengan beberapa kemajuan dan penemuan teknologi modern seperti kaca lensa (1250) dan alat percetakan (1450). Perkembangan IPTEK ini disamping menimbulkan hal-hal yang positif adapula negatifnya; sedangkan umat islam dibelahan bagian timur sedang bersimpuh dibawah penindasan dan juga terlena dibawah sisa kemegahan kulturnya dimasa silam yang telah sirna, namun dibelahan barat (asia barat) ± tahun 1300 telah berdiri pula kerajaan turki usmani, namun mereka kurang berbudaya, mereka hanya mengandalkan kemajuan militer, keberanian dan fisik mereka yang kuat, namun mereka ini merupakan ancaman bagi Eropa.  Wilayah kekuasaan Usmani sejak

Dinamika Lembaga Lembaga Pendidikan Islam di Nusantara


ARMINAL HABLI / SP / B

1.      Awal Pertumbuhan Surau
Di Minangkabau, keberadaan lembaga pendidikan Islam sejak masa awal telah mendapat perhatian yang cukup besar. Pada masa ini, surau merupakan lembaga pendidikan Islam yang sangat strategis. Eksistensi surau memiliki fungsi ganda, yaitu di samping sebagai tempat ibadah, pendidikan serta tempat berkumpulnya anak laki laki. Fenomena ini telah ikut memperlancar terjadinya proses pendidikan Islam secara efektif. Upaya pelacakan surau sebagai lembaga pendidikan Islam awal di Minangkabau, seringkali terlupakan. Hal ini

PENDIDIKAN KEBIDANAN DI AUSTRALIA


TRI HARTONO/SP/14B 

  1. Awal Mula Pendidikan Bidan di Australia
 Florence Nightingale adalah pelopor kebidanan dan keperawatan yang dimulai dengan tradisi dan latihan-latihan pada abad 19. Tahun 1824 kebidanan masih belum dikenal sebagai bagian dari pendidikan medis di Australia, kebidanan masih didominasi oleh profesi dokter.  Pendidikan bidan pertama kali di Australia dimulai pada tahun 1862. Lulusan itu dibekali dengan pengetahuan teori dan praktek. Pendidikan diploma kebidanan dimulai tahun 1893. Dan sejak itu tahun 1899

SISTEM PENDIDIKAN DI AUSTRALIA


TRI HARTONO/SP/14B

Di Australia, pendidikan itu sangat diperhatikan oleh pemerintahnya,sampai-sampai setiap anak yang terlahir di Australia punya kewajiban untuk bersekolah. Bahkan pemerintah tidak segan-segan memberi sanksi terhadap orang tua jika anaknya sering membolos dan malas untuk sekolah,jadi tidak heran kalu masyarakat Australia mayoritas berpendidikan. Untuk tahun akademik sedikit berbeda jika dibandingkan dengan Indonesia. Di Australia,tahun ajaran baru dimulai dari awal tahun dan berakhir di akhir tahun. Satu tahun ajaran dibagi menjadi 4 term dan masing-masing term ada ujiannya.  Untuk tingkat pendidikan awal,ada namanya Taman Kanak-Kanak,kemudian setelah tamat dilanjutkan ke Sekolah Dasar. Disini siswa

PENDIDIKAN DI INDONESIA DARI MASA KE MASA


MUHAMMAD HAKIKI / SP

Pendidikan di Indonesia setelah proklamasi diatur dalam Undang-Undang Dasar 1945 pasal 31 ayat 1,2 dan pasal 32. Pasal 31 ayat satu (1) berbunyi "Setiap warga negara berhak mendapatkan pendidikan " dan ayat dua (2) berbunyi "Setiap warga negara wajib mengikuti pendidikan dasar dan pemerintah wajib membiayainya". Pasal 32 ayat satu (1) berbunyi "Negara memajukan kebudayaan nasional Indonesia di tengah peradaban dunia dengan menjamin kebebasan masyarakat dalam memelihara dan mengembangkan nilai-nilai budayanya" dan pasal 32 ayat dua (2) "Negara menghormati dan memelihara bahasa daerah