PERKEMBANGAN PENDIDIKAN ISLAM DI ANDALUSIA


Mardalena/ SP
 
Dalam sejarah ilmu pengetahuan dan peradaban Islam, tanah Spanyol lebih banyak dikenal dengan nama Andalusia, yang diambil dari  sebutan tanah semenanjung Iberia. Julukan Andalusia ini berasal dari kata Vandalusia, yang artinya negeri bangsa Vandal, karena bagian selatan semenanjung ini pernah dikuasai oleh bangsa Vandal sebelum mereka dikalahkan oleh bangsa Gothia Barat pada abad V. Daerah ini dikuasai oleh Islam setelah penguasa Bani Umayyah merebut tanah semenanjung ini dari bangsa Gothi Barat pada masa khalifah Al-walid ibn Abdul Malik.

LATAR BELAKANG BERDIRINYA MADRASAH DI INDONESIA

ANDRIZAL SAMIDTRO 

 

 

Di Indonesia, permulaan munculnya Madrasah baru sekitar abab 20, meski demikian latar belakang berdirinya madrasah tidak lepas dari dua faktor, yaitu semangat pembaharuan Islam yang berasal dari islam pusat(timur Tengah) dan merupakan respon pendidikan terhadap kebijakaan pemerintah Hindia Belanda yang mendirikan serta mengembangkan sekolah. Hal ini juga diamini oleh M. Arsyad yang dikutip Khoirul Umam, munculnya madrasah sebagai lembaga pendidikan Islam dikarenakan kekhawatiran terhadap pemerintah Hindia Belanda yang mendirikan sekolah-sekolah umum tanpa dimasukkan pelajaran

Sejarah Pendidikan di Negara Sudan


ANA SEPTI YANA /B

Pendidikan di Sudan digratiskan dan diwajibkan bagi seluruh anak-anak usia 6 sampai 13 tahun. Pendidikan dimulai dari pendidikan dasar selama dari delapan tahun, kemudian pendidikan menengah tiga tahun. Jenjang pendidikan diubah menjadi berformat 6 + 3 + 3 pada tahun 1990. Bahasa pengantar pedidikan yang digunakan di semua tingkatan adalah bahasa Arab. Lokasi sekolah terkonsentrasi di sejumlah daerah perkotaan, yang mana sejumlah sekolah yang terletak di bagian Selatan dan Barat telah rusak bahkan hancur akibat konflik di Negara tersebut. 

SISTEM PENDIDIKAN DI NEGARA MESIR


PIMA PUTRIANA / SP

Republik Arab Mesir, lebih dikenal sebagai Mesir, adalah sebuah negara yang sebagian besar wilayahnya terletak di Afrika bagian timur laut. Dengan luas wilayah sekitar 997.739 km² Mesir mencakup Semenanjung Sinai (dianggap sebagai bagian dari Asia Barat Daya), sedangkan sebagian besar wilayahnya terletak di Afrika Utara. Mesir berbatasan dengan Libya di sebelah barat, Sudan di selatan, jalur Gaza dan Israel di utara-timur. Perbatasannya dengan perairan ialah melalui Laut Tengah di utara dan Laut Merah di timur.Mayoritas penduduk Mesir menetap di pinggir Sungai Nil (sekitar 40.000 km²). Sebagian besar daratan merupakan bagian dari gurun Sahara yang jarang dihuni.

RWANDA dan BURUNDI: Represi Mayoritas Terhadap Minoritas

Indah Kesuma Noer/S/EA

            Rwanda dan Burundi termasuk dua Negara kecil yang tidak memiliki pantai, tidak makmur dan tidak dikaruniai kesamaan identitas pada waktu merdeka pada 1 Juli 1961. Persiapan penyerahan kekuasaan dari pihak Belgia berjalan tergesa-gesa. Administrasi kolonial Belgia mencoba untuk memuaskan tuntutan politik suku Hutu sedangkan kepada suku Tutsi disampaikan usul agar proses kemerdekaan bagi Rwanda-Burundi dilakukan secara tahap demi tahap. Usul pihak Belgia itu membangkitkan amarah rakyat. Ketegangan

SEJARAH PENDIDIKAN ISLAM DI AMERIKA SERIKAT

SISKA MAYA RENTI

 

Sejarah Masuknya Islam di Amerika.

Ternyata Amerika yang selama ini identik sebagai pusat kekafiran, justru lebih dulu mengenal Islam sebelum para penyebar agama lain dari Eropa menguasai negeri itu. Fakta-fakta ini mungkin akan membuat kita berbeda memandang Amerika, yaitu sebagai bagian dari wilayah yang dakwah disana harus diteruskan.

Masuk dan kedatangan Islam sudah dimulai sejak zaman Bani Umayyah di Spanyol yaitu pada masa pemerintahan Abdurahman III (912-961M). Pada masa kepemimpinan Abdurahman III, ia berhasil menciptakan kemakmuran dan kemajuan Spanyol, seperti kemajuan dalam bidang perekonomian, seni

Sistem Pendidikan Amerika Serikat (Sistem Pendidikan Peradapan - peradapan Amerika Kuno)

SRI RAHMI UTARI/SP/ 14 B


1. Peradaban Maya
Peradaban suku maya adalah sebuah peradaban yang muncul di Mesoamerika. Peradaban Maya mulai berkembang dari tahun 2000 SM sampai dengan 1600 SM. Peradaban Maya tumbuh dan berkembang dalam negara-negara kota seperti polis-polis di Yunani.
Kerajaan Maya terletak di Meksiko selatan dan amerika tengah,wilayah kerajaan Maya meliputi semenanjung Yucatan (Meksiko),  Honduras, dan Guatemala. pusat peradabannya ada di semenanjung Yucatan.

PERKEMBANGAN PEMERINTAHAN SOSIAL BUDAYA AUSTRALIA

SHERLY MOTAVANI/S/PE-B

            Australia adalah negara yang berada di bagian selatan dunia. Australia juga merupakan benua terkecil di dunia. Walaupun letaknya di dekat Asia, namun masyarakat Internasional lebih sering menyebut Australia sebagaidunia barat karena kehidupannya yang mirip dengan gaya kehidupan negaranegara di Eropa Barat dan Amerika Serikat. Negara yang merupakan bekas jajahan Inggris ini mempunyai delapan negara bagian, yaitu enam negarabagian dan dua wilayah besar. Enam negara bagian tersebut adalah New SouthWales, Queensland, Victoria, Tasmania, Australia Barat (Western Australia),Australia Selatan

Sistem Pendidikan di Afrika Selatan dari Pendidikan Tradisional sampai Pendidikan setelah Era Aparteid

NURHASANAH

 

Di Afrika Selatan, masa persekolahan adalah selama 13 tahun - atau tingkat. Namun, pada tahun pertama pendidikan atau tingkat 0 dan tiga tahun terakhir yaitu dari tingkat 10 hingga tingkat 12 (juga dipanggil "matric") tidak di wajibkan bersekolah. Kebanyakan sekolah dasar menawarkan tingkat 0. Tetapi tingkat ini dapat juga dibuat di TK. Lazimnya untuk memasuki universitas, seseorang wajib lulus "matric" dengan minimum tiga mata pelajaran tingkat tinggi dan bukan sekedar lulus (standar). Malah beberapa universitas prestisius akan mengenakan syarat akademik yang lebih tinggi. Walaupun begitu, mereka yang lulus "National Senior Certificate" layak untuk belajar di "technikon" atau kampus teknikal.

SEJARAH MASUKNYA ISLAM DI BRASIL(BRAZIL)

INDAH PERMATASARI PUTRI/S/EB

Sejarah masuknya Islam di Brasil dimulai dengan masuknya orang-orang muslim Afrika dalam bentuk perbudakan. Brasil menerima 37% dari seluruh budak Afrika yang diperdagangkan, berjumlah sekitar 3 juta orang bangsa Afrika.Sejak tahun 1550, orang Portugis telah menggunakan budak berbangsa Afrika untuk bekerja di kebun tebu yang sebelumnya dimusnahkan oleh penduduk Tupi setempat.