MYANMAR PADA ZAMAN PENGARUH BARAT


Andi aminah riski/SAT
Myanmar dulu dikenal sebagai Burma, perubahan nama dari Burma menjadi Myanmar dilakukan pemerintahan junta militer pada tanggal 18 Juni 1989. Junta militer mengubah nama Burma menjadi Myanmar agar etnis non-burma merasa menjadi bagian dari Negara. [1]
Myanmar jatuh ketangan Inggris setelah mengalami perang 3 kali yang disebut the Three Burmese wars, sebagai berikut:
1.      perang Myamnar – Inggris I (1824-1826).
Perang ini diakhiri dengan perjanjian Yandabo akibatnya Myanmar menyerahkan Arakan dan pantai Tenaserim ke tangan Inggris. Inggris menempatkan "Residen"-nya di Myanmar, dengan tugas untuk mengawasi pemrintahan Myanmar.
2.      Perang Myanmar - Inggris II (1852-1853)
Dalam periode ini berlangsung sampai ke Birma hulu. Perang ini tidak diakhiri dengan perjanjian yang pasti, namun ada keuntungan bagi Inggris yaitu seluruh Birma hilir jatuh ketangan  Inggris.
3.      Perang Myanmar – Inggris 91885-1889)
Dalam perang ini seluruh Myanmar jatuh ke tangan inggris, dan raja terakhir (thibaw) diturunkan tahtanya dan di buang ke India. [2]
Britain  membuat Burma sebuah provinsi di India pada tahun 1886 dengan ibukota di Rangoon. Burma masyarakat tradisional itu secara drastis diubah oleh runtuhnya monarki dan pemisahan agama dan negara. Meskipun perang resmi berakhir setelah hanya beberapa minggu, perlawanan terus di Burma utara sampai 1890, dengan Inggris akhirnya beralih ke penghancuran sistematis desa dan pengangkatan pejabat baru untuk akhirnya menghentikan semua aktivitas gerilya. Sifat ekonomi masyarakat juga berubah secara dramatis. Setelah pembukaan Terusan Suez , permintaan beras Burma tumbuh dan luas dari tanah terbuka untuk budidaya. Namun, dalam rangka mempersiapkan lahan baru untuk budidaya, petani terpaksa meminjam uang dari rentenir India bernama chettiars tingkat suku bunga yang tinggi dan sering diambil alih pada dan diusir kehilangan tanah dan ternak. Sebagian besar pekerjaan juga pergi ke India buruh diwajibkan, dan seluruh desa menjadi dilarang karena mereka terpaksa untuk 'perampokan' (perampokan bersenjata).Sementara ekonomi tumbuh Burma, semua kekuasaan dan kekayaan tetap di tangan beberapa perusahaan Inggris, Anglo-Burma dan migran dari India. Layanan sipil sebagian besar dikelola oleh Anglo-Burma masyarakat dan India, dan Burma dikeluarkan hampir seluruhnya dari dinas militer. Meskipun negara makmur, rakyat Burma gagal menuai hasilnya. (George Orwell novel Lihat Hari Burma untuk account fiksi dari Inggris di Burma.). Sepanjang pemerintahan kolonial melalui pertengahan tahun 1960, para Anglo-Burma adalah untuk mendominasi negara ini, menyebabkan ketidakpuasan di antara penduduk lokal.
Pada pergantian abad, gerakan nasionalis mulai terbentuk dalam bentuk Young Men's Buddha Asosiasi ( YMBA ), model di YMCA , sebagai asosiasi keagamaan diizinkan oleh pemerintah kolonial. Mereka kemudian digantikan oleh Dewan Umum Asosiasi Burma (GCBA) yang dikaitkan dengan athin Wunthanu atau Asosiasi Nasional yang muncul di desa-desa di seluruh Burma Proper . Sebuah generasi baru pemimpin Birma muncul di awal abad kedua puluh dari antara yang berpendidikan kelas yang diizinkan untuk pergi ke London untuk belajar hukum. Mereka datang dari pengalaman ini dengan keyakinan bahwa situasi Burma dapat ditingkatkan melalui reformasi. Reformasi konstitusi Progresif di awal 1920-an menyebabkan sebuah badan legislatif dengan kekuasaan terbatas, universitas dan otonomi lebih bagi Burma dalam administrasi India. Upaya juga dilakukan untuk meningkatkan representasi dari Burma dalam pelayanan sipil. Beberapa orang mulai merasa bahwa tingkat perubahan tidak cukup cepat dan reformasi tidak cukup luas.
Pada tahun 1920 serangan pertama mahasiswa dalam sejarah pecah . Sebagai protes terhadap UU University baru yang siswa percaya hanya akan menguntungkan elite dan melanggengkan kekuasaan kolonial. 'Sekolah Nasional' bermunculan di seluruh negeri sebagai protes terhadap sistem pendidikan kolonial, dan mogok itu berada diperingati sebagai ' Hari Nasional '. Ada lagi pemogokan dan protes anti-pajak pada tahun 1920 kemudian dipimpin oleh Wunthanu athin s. Menonjol di antara para aktivis politik biksu Budha (pongyi), seperti U Ottama dan U Seinda di Arakan yang kemudian memimpin pemberontakan bersenjata melawan Inggris dan kemudian pemerintah nasionalis setelah kemerdekaan, dan U Wisara, martir pertama dari gerakan mati setelah mogok makan berlarut-larut dalam penjara. (Salah satu jalan utama di Yangon dinamai U Wisara.) Pada bulan Desember 1930, sebuah protes pajak lokal dengan Saya San di Tharrawaddy cepat tumbuh menjadi pertama regional dan kemudian nasional pemberontakan terhadap pemerintah. Yang berlangsung selama dua tahun, pemberontakan Galon, dinamai mitos burung Garuda - musuh Naga yaitu Inggris - terpampang dalam panji-panji para pemberontak dilakukan, diperlukan ribuan pasukan Inggris untuk menekan bersama dengan janji-janji reformasi politik lebih lanjut. Persidangan akhirnya Saya San, yang dieksekusi, diperbolehkan masa depan pemimpin nasional, termasuk Dr Maw Ba dan U Saw , yang berpartisipasi dalam pembelaannya, untuk naik ke menonjol.
Kapal uap dayung Ramapoora  dari India Uap Inggris Navigasi Perusahaan di sungai Rangoon yang baru saja tiba dari Moulmein. 1895. Fotografer: Watts dan Skeen.
Pada Bulan Mei 1930 melihat pendiri Asiayone Dobama (Kami Burmans Association) yang anggotanya menyebut diri mereka thakin (nama ironis sebagai thakin berarti "tuan" dalam bahasa Burma-agak mirip dengan India 'sahib'-menyatakan bahwa mereka adalah majikan sejati negara berhak atas istilah dirampas oleh tuan kolonial). Serangan kedua mahasiswa pada tahun 1936 dipicu oleh pengusiran Aung San dan Ko Nu , pemimpin dari Rangoon University Students Union (Rusu), karena menolak untuk mengungkapkan nama penulis yang telah menulis sebuah artikel di majalah universitas mereka, membuat serangan pedas pada salah satu pejabat senior universitas. Hal ini menyebar ke Mandalay mengarah pada pembentukan Semua Mahasiswa Burma Union (ABSU).  Aung San dan Nu kemudian bergabung dengan gerakan thakin maju dari siswa untuk politik nasional. The Burma terpisah Inggris dari India pada 1937 dan diberikan koloni konstitusi baru menyerukan terpilih perakitan sepenuhnya, tapi ini terbukti menjadi isu memecah belah sebagai beberapa Burma merasa bahwa ini adalah cara untuk mengecualikan mereka dari reformasi India lebih lanjut sedangkan Burma lain melihat tindakan yang dihapus Birma dari kendali India untuk menjadi langkah positif. Maw Ba menjabat sebagai perdana menteri pertama dari Burma, tapi dia digantikan oleh U Saw di tahun 1939, yang menjabat sebagai perdana menteri dari tahun 1940 sampai ia ditangkap pada 19 Januari 1942 oleh Inggris untuk berkomunikasi dengan Jepang. Gelombang pemogokan dan protes yang dimulai dari ladang minyak Burma pusat pada tahun 1938 menjadi pemogokan umum dengan konsekuensi yang jauh jangkauannya. Dalam Rangoon demonstran mahasiswa, setelah berhasil picketing Sekretariat, kursi dari pemerintah kolonial, yang dibebankan oleh Inggris dipasang polisi memegang tongkat dan membunuh Universitas Rangoon mahasiswa disebut Aung Kyaw. Di Mandalay , polisi menembak ke kerumunan pengunjuk rasa yang dipimpin para biksu Budha menewaskan 17 orang.
Gerakan ini dikenal sebagai Htaung thoun ya byei ayeidawbon (yang '1300 Revolusi 'bernama setelah tahun kalender Burma), dan 20 Desember hari martir pertama Aung Kyaw jatuh, diperingati oleh mahasiswa sebagai ' Bo Aung Kyaw Hari ' Meskipun Burma pada waktu itu dibagi menjadi negara merdeka, serangkaian raja berusaha untuk mendirikan kekuasaan absolut mereka, dengan berbagai tingkat keberhasilan. Akhirnya, seorang Inggris ekspansionis Pemerintah mengambil keuntungan dari politik ketidakstabilan's Burma,. Setelah Anglo-Burma tiga perang selama 60 tahun, Inggris mereka menyelesaikan penjajahan negara pada tahun 1886 Burma segera dianeksasi sebagai provinsi Inggris-India, dan Inggris mulai menyerap budaya Burma kuno dengan unsur-unsur asing. kebiasaan Burma seringkali melemah oleh penerapan tradisi Inggris.  Inggris juga dibagi lagi etnis minoritas banyak dengan mendukung beberapa kelompok, seperti Karen, untuk posisi di militer dan di pemerintah desa setempat. Selama tahun 1920, protes pertama oleh's inteligensia Burma dan biksu Budha diluncurkan melawan pemerintahan Inggris. Pada 1935, Mahasiswa Universitas Union di Rangoon berada di garis depan apa yang akan berevolusi menjadi sebuah gerakan aktif dan kuat untuk kemerdekaan nasional. Sebuah hukum muda mahasiswa Aung San, anggota komite eksekutif dan editor majalah untuk Uni Mahasiswa, muncul sebagai pemimpin baru yang potensial dari gerakan nasional. Pada tahun-tahun berikutnya, ia berhasil menyelenggarakan serangkaian pemogokan mahasiswa di universitas, mendapatkan dukungan dari bangsa. Pada waktu itu (1920-1921) di India Ghandi menjalankan Satyagraha (non kooperaftif) terhadap pemerintahan Inggrisgerakan Ghandi tentang satyagraah sesuai denmgan agama Budha yang mengnjurkan kehalusan dalam bertindak dan melarangpembunuhan. Karena itu satyagraha dari Ghandi sangat menarik bagi GCBA di Myanmar. Perlu pula duiingat bahwa pada saat it Myanmar masih merupakan provinsi dati India. Karena masyarakat Myanmar berdasarkan atas agama Budha, mak rakyat Myanmar mendudkung GCBA. Segera berkobarlah semangat nasionalisme yanganti kekerasan dan njuda anti Inggris. Inggris terpaksa mengadakan pemerintahan diarki tahun 1921 sepertidi India. Karena Myanmar pun menolaknya, maka pad tahun 1929 Inggris membentuk "Panitia Simon' (simon Comminission) untuk menyelidiki keadan Myanmar. Commission Simon menganjurkan:
1. Myanmar dipisahkan dari India dan menjadi Negara yang berdiri semdiri
2. harus dibentuk UUd bagi Myanmar Anjuran Simon commission ini kemudian diterima dan  kemudian ditetapkan dalam "round table conference on Burma" pada tahun 1931.
Pada tahun 1933 bersamaan dengan "Government Of India Act": Inggris mengeluarkan "Government Of Burma Act" yang menetapkan ; Myanmar dipisahkan dari India dan menjadi kolioni tersendiridengan ketentuan sebagai berikut:
1. kelapa Negara seoranng gubernur Inggris dengan kekuasaan eksekutif
2. kekuasaan legislative dipegang oleh parlemen yang enggotanga dipilih oleh rakyat Myanmar
3. daerah Sha, Karen, Kachin, Chin, merupakan "excliuded areas" yang diprintahkan langsung oleh Gubernur. Parlemenmyanmar tidak mempunyai hak atas daerah-daerah ini
4. guberniur mempunyai hak vetio
5. government Of Burma Act ini berlaku pada tahun 1937.
Meskipun government Of Burma Act ini tidak memuaskan karena gubernur masih memegang keuasaan yang terlampau besar namun ada akibatnya yang baik yakni karena parlemen berhasil :
1. mengadakan perubahan dalam agrarian sewa tanah diturunkan  pembegian tanah yang lebih        adil    
2. mengadakan pembetasan imigrasi dari India hingga mengadakan pembatasan imigrasi dari India hingga pekerja-pekerja dan kaum pertengahan Myanmar tidak merasa terdesak lagi. [3]

Gerakan-gerakan nasionaslisme di Myanmar
1. GCBA (General Council of Burmese Association) yang didirikan pada tahun 1919, gerakan nasionalisme yang pertama dan bneraliran Budha.
2. Sinyetha (partai rakyat miskin)
Didirikan dan pimpinan oleh Dr. U Ba Mawpada tahun 1922 partai ini menghendaki perbaikan nasib rakyat jelata dan dalam hal nasionalisme kerjasama dengan kongres India. Dr U Ba Mawpada tahhun 1942 menggabungkan diri dengan jepang dan menjadi presiden Republik Myanmar (yang dibentuk jepang 1 Agustus 1943). Pada tahun 1946 ia kembali ke Myanmar tetapi kehilangan pengaruhnya pada rakyat Myanmar.
3. Myochit (partai nasionalis) yang didirikan tahun 1930 dan dipimpin oleh U saw. Partai ini menghendaki status Domonion bagi Myanmar. U Saw adalah tokoh nasionalis anti Inggris dan pro jepang. Karena itu selama perang Dunia II (1942-1945) ia dipenjjrakann oleh Inggris. Usaw inilah yang apada tahun 1947 mengorganisir pembunuhan atas diri U Aung San.
4. Do Bama Asiayone (kita bangsa Myanmar) atau laziam dikenal dengan parta Thakin didirikan tahun 1935. Thakin berarti tuan. Anggota dari partai ini saling menyebut dengan nam thakin akarena partai ini disebut Thakin.
Partai ini dibentuk oleh mahasiswa-mahasiswa yang kemudian berkembang meliputi seluruh pelajar dan pemuda-pemudi. Tujuan partai Thakin yaitu menuntut kemerdekaan penuh bagi Myanmar. Sifat gerakannya revolusioner, patriotis dan sosialistis (lazim bagi gerakan pemuda anti imperialisme). Mereka ini sangat membenci tindakan-tindakan korup dari The old line politicians, terdorong oleh perasaan anti inggris dan terpikat dengan janji-janji Jepang, banyak pemimpin parta Thakin ini bekerajasama dengan Jepang selama penduduakan Jepang di Myanmar. Tetapi penindasan rakyat Jepang terahadap rakyat Myanmar membuka mata mereka dan akhirnya pemuda-pemudi Thakin ini dengan diam-diam membentuk " The Anti Fascist Peoples Freedom League ", pada tahun 1944. AFPFL (organisasi pembebasan anti fasis) ini diabawah pimpinan Thakin Aung San (U Aung San) dan Thakin Than Tun (pemimpin komunis di Myanmar). AFPFL dibawah Aung San memberontak terahadap Jepang dan menghantamnya, hingga mempermudah Inggris untuk mengalahkan Jepang. Kemudian AFPFL menuntut kemerdekaan penuh dari Inggris dengan kekuatan senjata.[4]
NOTES:
 [1]http://www.academia.edu/4643278/Sejarah_junta_militer_myanmar
[2]Hall, D.G.E. tanpa tahun. Terjemahan I.P Soewasha. Sejarah Asia tenggara. Surabaya: Usaha Nasional
[3]http://www.cfob.org/HistoryofBurma/historyOfBurma.shtml
[4] http://www.bimbie.com/sejarah-negara-myanmar.htm

No comments:

Post a Comment