Kebangkitan Peradaban Islam di Eropa


Merri Natalia S/SP

Awal mula kebangkitan peradaban Islam dapat ditelusuri dari perkembangan ilmu pengetahuan dan kegiatan intelektual di Baghdad dan Cordova. Pada masa pemerintahan   Al-Ma'mun (813-833 M), ia mendirikan Bait al-Hikmah di Baghdad yang menjadi pusat kegiatan ilmiah. Pendirian sekolah yang terkenal ini melibatkan sarjana Kristen, Yahudi, dan Arab, mengambil tempat sendiri terutama dengan "pelajaran asing", ilmu pengetahuan dan filosofi Yunani, hasil karya Galen, Hippocrates, Plato, Arsitoteles, dan para komentator, seperti Alexander (Aphrodis), Temistenes, John Philoponos, dan lain-lain. Dalam masa itu,

Eksistensi Muhammadiyah terhadap kependudukan Jepang


Fatimah/ SIV

Muhammadiyah  didirikan di kampong kauman Yogjakarta, pada tanggal 8 Dzulhijah 1330 H/ 18 November 1912 oleh seorang yang bernama Muhammad Darwis, kemudian di kenal dengan K.H.Ahmad Dahlan. Beliau adalah pegawai kesultanan Kraton Yogjakarta sebagai seorang khotib dan sebagai pedagang. Melihat keadaan ummat Islam pada waktu itu dalam keadaan jumud, beku dan penuh dengan dengan amalan-amlan yang bersifat mistik, beliau bergerak hatinya untuk mengajak mereka kembali ke ajaran Islam yang sebenarnya berdasarkan Quran dan hadist. Oleh karena itu beliau memberikan pengertian keagamaan dirumahnya ditengah kesibukannya sebagai khatib dan para pedagang. [1]

Sekilas Pengenalan Pendidikan di Swiss


Titin Sumarni/SP B 014

Pendidikan di Swiss sangat beragam karena konstitusi Swiss delegasi otoritas untuk sistem sekolah kanton.baik sekolah negeri dan swasta, termasuk sekolah internasional swasta. Usia minimum untuk sekolah dasar adalah sekitar enam tahun di semua kanton, tetapi kanton yang paling menyediakan "sekolah anak-anak" bebas mulai empat atau lima tahun dari  kelas empat atau lima, tergantung pada sekolahyang bersangkutan. Secara tradisional, Bahasa Inggris diperkenalkan pertama dalam beberapa kanton.Pada akhir sekolah dasar (atau pada awal sekolah menengah), siswa dipisahkan sesuai dengan kapasitas mereka dalam beberapa  bagian. Para peserta didik yang dianggab jenius atau pintar harus siap untuk studi lebih lanjut dan Matura, sementara siswa yang mengasimilasi sedikit lebih lambat menerima pendidikan yang lebih disesuaikan dengan kebutuhan mereka

Sejarah Pendidikan Wanita di Indonesia pada Abad XIX

IRKFA ZUHAYRIAH TANJUNG 

 

            Salah satu isu penting yang berkaitan dengan perubahan sosial yang terjadi pada awal abad XX di Indonesia adalah pendidikan  kaum wanita .Sebagaimana telah disebutkann ,salah satu pemicu terjadinya perubahan sosial adalah pendidikan Barat.Bukan hanya kaum pria yang menikmati pendidikan dan kemudian menjadi pendidikan kaum wanita pun ikut ambil peran dalam hal ini .Perluasan pendidikan Barat secara Horizontal maupun vertikal dapat disebut sebagai pedang bermata dua .Maksud hati pemerintahan kolonial memberikan pendidikan untuk mencari tenaga terdidik yang dapat digaji rendah , namun disisi sebaliknya malah menghasilkan elite intelektual.Gagasan kemajuan dibicarakan dimana-mana dan semanagat masyarakat pun berubah.

Sejarah Masuknya Islam di Benua Amerika


Merri Natalia S / SP

Christopher Columbus menyebut Amerika sebagai 'The New World' ketika pertama kali menginjakkan kakinya di benua itu pada 21 Oktober 1492. Namun, bagi umat Islam di Era keemasan, Amerika bukanlah sebuah 'Dunia Baru'. Sebab, 603 tahun sebelum penjelajah Spanyol itu menemukan benua itu, para penjelajah Muslim dari Afrika Barat telah membangun peradaban di Amerika. Klaim sejarah Barat yang menyatakan Columbus sebagai penemu benua Amerika akhirnya terpatahkan. Sederet sejarawan menemukan fakta bahwa para penjelajah Muslim telah menginjakkan kaki dan menyebarkan Islam di benua itu lebih dari setengah milenium sebelum Columbus. ''Tak perlu diragukan lagi, secara historis kaum Muslimin

PENDIDIKAN ISLAM PADA MASA KERAJAAN ISLAM DI INDONESIA


PIMA PUTRIANA/SP

     Kedatangan Islam pertama di Indonesia tidak identik dengan berdirinya kerajaan Islam pertama di Indonesia. Mengingat bahwa pembawa Islam ke Indonesia adalah para pedagang, bukan misi tentara dan bukan pelarian politik. Mereka tidak berambisi mendirikan kerajaan Islam. Para pedagang berdagang sambil menyiarkan agama Islam, materi yang diajarkan berawal dari kalimah Syahadat. Barang siapa yang bersyahadat berarti ia telah masuk Islam. Mereka menyiarkan dengan cara damai, tidak ada paksaan sama sekali.

Sejarah Pendidikan Islam Di IndonesiaPada Zaman Penjajahan


Pima Putriana/SP

1.      Zaman Belanda

A.     Zaman VOC (KOMPENI)
Dengan berakhirnya kekuasaan Portugis, maka timbullah kekuasaan baru, yakni kekuasaan Belanda. Orang-orang Belanda yang mula-mula datang ke Indonesia adalah para pedagang yang tergabung dalam "Vereenigde Oest Indische Compagnie" atau disingkat VOC, yang beragama Kristen Protestan. Kebijakan pendidikan VOC adalah melanjutkan kebijakan yang telah dimulai oleh orang-orang Portugis, tetapi terutama berdasarkan agama Kristen Protestan. Untuk keperluan inilah didirikan sekolah-sekolah, terutama daerah-daerah yang telah di-Nasranikan oleh bangsa Portugis dan Spanyol, seperti di Ambon, Ternate, dan lain-lain.

PERADABAN KUNO LEMBAH SUNGAI KUNING (HWANG-HO) DI CINA

RAHMAD ILHAM 

 

Sungai Kuning atau Hwang-Ho bersumber dari pegunungan Kwen-Lun di Tibet. Melalui daerah pengunungan Cina Utara, sungai panjang yang membawa lumpur kuning  membentuk dataran rendah Cina dan bermuara di Teluk Tsii-Li di Laut Kuning. Sedang di dataran tinggi sebelah selatan mengalir Sungai Yang Tse Kiang yang berhulu di Pegunungan Kwen-Lun (Tibet) dan bermuara di Laut Cina Timur. Di sebelah barat dan utara berbatasan dengan daerah Siberia dan Mogolia (Gurun Gobi). Hal yang paling menonjol dari peradaban ini adalah lahirnya system pemerintahan berdinasti dan beberapa kemajuan di berbagai bidang misalnya pertanian, teknologi, ilmu pengetahuan dan kepercayaan.

Peradaban Mesopotamia

ADIL JAYA MANALU/S/EB

Peradaban Mesopotamia merupakan salah satu peradaban tertua di dunia. Letak Mesopotamia berada di wilayah perlembahan yang terletak di antara dua sungai Tigris dan Eufrat, Irak. Hulu kedua sungai tersebut berasal dari dataran tinggi yang bergunung-gunung di Asia Kecil yang mengalir ke arah tenggara secara pararel menyisir hamparan terbuka. Hanya kurang dari dua ratus mil, kedua sungai itu saling mendekat. Daerah yang dilalui kedua sungai itu pada umumnya subur. Sebab daerah itu merupakan daerah yang berupa tanah hasil endapan air yang dihasilkan dari sungai Tigris dan Eufrat. Hal ini menyebabkan rakyat disekitar sungai Tigris dan Eufrat hidup makmur dan sejahtera. Kesuburan dan kemakmuran itu membuat iri hati pada

PENDIDIKAN PERGURUAN TINGGI DI UKRAINA

Ria Gustina/ 014 B/ Sejarah Pendidikan

 

·         Sistem Pendidikan Perguruan Tinggi

        Pendidikan tinggi di Ukraina merujuk pada keseluruhan sistem pendidikan di atas tingkat sekolah lanjutan. Sistem ini meliputi  sekolah teknik dan kejuruan di tingkat pertama, perguruan tinggi teknik dan kejuruan di tingkat kedua, dan sekolah tinggi serta universitas, yang dianggap tingkat ketiga dan keempat. Dalam tulisan ini, kita akan berfokus pada pendidikan universitas, sehingga istilah "pendidikan tinggi di Ukraina" berarti pendidikan di tingkat universitas.

        Pendidikan tinggi di Ukraina dimulai dengan keberhasilan menyelesaikan pendidikan lanjutan dan melewati ujian masuk universitas. Ujian ini dikordinasikan dan diawasi oleh Kementerian Pendidikan dan Ilmu Pengetahuan Ukraina. Gelar yang diberikan pada saat penyelesaian program meliputi Sarjana, Master dan Doktor. Meski terdapat sejumlah gelar yang diberikan di antara gelar tersebut, ketiga gelar yang disebutkan di atas merupakan gelar yang paling strategis.