MASUKNYA PENIDIKAN ISLAM DI SPANYOL


Mamik Yuliana/14/B/SP
Semenanjung Iberia di Eropa, yang meliputi wilayah Spanyol dan wilayah Portugal sekarang ini, menjorok ke selatan ujungnya hanya dipisahkan oleh sebuah selat sempit dengan ujung benua Afrika. Bangsa Grit tua menyebut selat sempit itu dengan tiang-tiang Hercules dan di seberang selat sempit itu terletak di benua Eropa. Selat sempit itu sepanjang kenyataan memisahkan lautan tengah dengan lautan atlantik. Semenanjung Iberia, sebelum ditaklukkan bangsa Visighots pada tahun 507 M, didiami oleh bangsa Vandals. Justru wilayah kediaman mereka itu disebut dengan Vandalusia. Dengan mengubah ejaanya dan cara membunyikannya, bangsa Arab pada masa belakangan menyebut semenanjung Iberia itu dengan Andalusia. Spanyol diduduki oleh umat Islam pada zaman khalifah Al-Walid (705-715 M), salah seorang

PENGARUH PENDIDIKAN ISLAM DI BENUA EROPA


Mamik Yuliana/14/B/PS

A.    Pendidikan Islam Di Spanyol
Islam di Spanyol telah mencatat satu lembaran peradaban dan kebudayaan sangat brilian dalam bentangan sejarah Islam. Ia berperan sebagai jembatan penyebrangan yang dilalui ilmu pengetahuan Yunani-Arab ke Eropa pada abad XII. Minat terhadap pendidikan dan ilmu pengetahuan serta filsafat mulai dikembangkan pada abad IX M selamapemerintahan penguasa Bani Umayyah yang ke-5, Muhammad ibn Abd Al-Rahman (832-886 M). Berdasarkan literatur-literatur yang membahas sejarah pendidikan dan sejarah peradaban Islam secara garis besar pendidikan Islam di Spanyol terbagi pada dua bagian atau tingkatan, yaitu:

SEJARAH PENDIDIKAN DAN PENYEBARAN ILMU PENGETAHUAN ISLAM KE EROPA


Daud Candra Girsang / SP / 14 A

    Penaklukan Islam di Spanyol  tidak terlepas dari kepiawaian tiga pahlawan Islam, yaitu Tharif Ibn Malik, Thariq bin Ziyad, Musa bin Nushair. Perluasan bani umayyah ke Spanyol       diawali oleh rintisan Tharif ibn Malik yang berhasil menguasai ujung paling selatan eropa, upaya ini kemudian dilanjutkan oleh Thariq bin Ziyad yang berhasil menguasai ibu kota Andalusia, Toledo. Kemudian ia juga menguasai Archidona, Elfiro dan Cordova. Bahkan raja Roderick (raja terakhir Vichigothic) berhasil ia kalahkan pada tahun 711 M.

ETNOGRAFI MASYARAKAT EROPA TIMUR: SUKU TATAR

Magdalena Purwasih

 

            Eropa dibagi menjadi 2, yaitu Eropa Barat dan Eropa Timur. Pembagian terjadi pada masa Perang Dingin, dimana Blok Barat dan Blok Timur terbentuk atas dasar perebutan ideologi antara demokrasi-liberalisme dan sosialisme-komunisme. Eropa Barat cenderung mengikuti ideologi Amerika Serikat, yaitu demokrasi-liberalisme, sedangkan Eropa Timur cenderung mengikuti ideologi Uni Soviet, yaitu sosialisme-komunisme. Eropa Timur adalah bagian kawasan dari Eropa yang beranggotakan 10 negara, yaitu Hungaria, Slovakia, Ceko, Bulgaria, Moldova, Polandia, Belarusia, Rusia, Ukraina dan Rumania.

            Dalam peradaban masyarakat Eropa Timur, terdapat sebuah suku yang hingga saat ini masih tetap bertahan dalam menjaga tradisinya dengan pengaruh nilai-nilai universalisme di tengah derasnya arus globalisasi. Dalam analisis tujuh unsur kebudayaan menurut Cliffort Gertz, yang mencakup sistem

SISTEM PENDIDIKAN YUNANI KUNO


INDAH NUSANTARI/SP/14A

Yunani kuno terdiri atas sejumlah negara-kota merdeka, masing-masing dengan hukum dan adat istiadatnya sendiri. Bangsa Yunani menciptakan masyarakat baru bersama dengan berbagai pemikiran baru. Dua negara-kota terpenting adalah Athena dan Sparta, selain kota terpenting lainnya seperti Korintus, Kalkis, Miletos, Smyrna, dan Eretria. Setiap kota mengembangkan cara hidup, adat istidat, dan bentuk pemerintahan sendiri.

SEJARAH SINGKAT PENDIDKAN HINDU BUDHA DI INDONESIA


MASDI/SP

pendidikan pada hakikatnya untuk membangun peradaban bangsa melalui membangun manusia seutuhnya. Pendidikan merupakan hak setiap manusia untuk membangun harkat dan martabatnya dalam kehidupan sehari-hari. Dalam penyelenggaraan pendidikan, banyak faktor yang mempengaruhinya baik yang berasal dari eksternal maupun internal sistem pendidikan. Faktor-faktor yang di luar pendidikan yang seimbang antara kepentingan pemerintah dan rakyat. Selema perjalanan sejarah bangsa indonesia, aspek pendidikan merupakan satu hal yang tidak dapat di pisahkan dari kelangsungan hidup bangsa indonesia itu

PERKEMBANGAN PENDIDIKAN DI INDONESIA MASA ORDE LAMA,BARU DAN REFORMASI DALAM PUSARAN SEJARAH INDONESIA


MASDI/SP

Pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan mengajar dan pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan,pengendalian diri,dan ahklak muliah serta keterampilan yang diperlukan dirinya,masyarakat bangsa dan negara,(UURI no 20 tahun 2003 tentang sistem pendidikan nasional).Selama ada kehidupan,selama itu perlu adanya pendidikan di dunia pendidikan di dunia sejak zaman purba.Dengan kata lain,pendidikan di indonesia telah dilaksanakan sejak sebelum kemerdekaan hingga sekarang,Kondisi

SEJARAH PENDIDIKAN ISLAM PADA MASA TURKI USMANI


MIA NOVRIANTI/SP

Sejarah kerajaan Turki Usmani yang ditulis di dalam buku-buku tarikh Islam di Indonesia sering tidak mendapat porsi sebanyak yang diperoleh Dinasti Umayyah dan Abbasiyah. Melihat dari hasil budaya yang dipersembahkannya dipermukaan, Dinasti Turki Usmani ini tidaklah bisa disamakan dengan kedua Dinasti di atas, tetapi melihat peranannya sebagai benteng kekuatan Islam dalam menangkal ekspansi bangsa Eropa ke timur, maka dengan ini ia tidak bisa ditinggalkan begitu saja dalam kajian sejarah Islam.Turki Usmani telah menunjukkan kehebatannya dalam menangkis serangan musuh. Serangan-serangan perluasan yang dilakukannya langsung menusuk ke wilayah penting, termasuk penaklukan Konstantinopel.Perjalanan panjang kerajaan Turki Usmani telah menampilkan 35 orang Sultan dengan corak pkepemimpinan masing-

PEMIKIRAN KI HADJAR DEWANTARA DALAM SISTEM PENDIDIKAN DI INDONESIA


HASNIDAR/ A / SP

Perkembangan sebuah bangsa dapat dilihat dari perkembangan pendidikannya. Pendidikan merupakan dasar dari suatu bangsa untuk mengembangkan atau mengubah arah haluan negaranya yang sesuai dengan cita-cita bangsanya. Pendidikan menghasilkan sebuah pemikiran dan pandangan dari setiap individu, kecerdasan sosial maupun sikap dan pandangan ke depan setiap individu juga ditentukan oleh pendidikannya. Soewardi Soerjaningrat merupakan keturunan bangsawan yang mendapat kesempatan untuk mengenyam pendidikan lebih baik.

PLATO SANG PERINTIS PENDIDIKAN DI YUNANI


INDAH NUSANTARI/SP/14A

Plato merupakan seorang filsuf dan Matematikawan Yunani  yang terlahir di Athena pada tahun 427 SM, dan meninggal pada tahun 347 SM di Athena pada usia 80 tahun. Ia berasal dari keluarga Aritokrasi yang turun menurun memegang politik penting dalam politik Athena. Ia bercita-cita menjadi orang negara. Tetapi perkembangan politik dimasanya tidak memberi kesempatan padanya untuk mengikuti  jalan hidup yang diingininnya itu. Namanya bermula ialah Aristokles, Plato merupakan nama pemberian gurunya. Ia memperoleh nama itu berhubung dengan dahi dan bahunya yang amat lebar. Akhirnya nama Plato digunakan dalam setiap karya yang  ia hasilkan.