Sejarah Pendidikan Islam Di IndonesiaPada Zaman Penjajahan


Pima Putriana/SP

1.      Zaman Belanda

A.     Zaman VOC (KOMPENI)
Dengan berakhirnya kekuasaan Portugis, maka timbullah kekuasaan baru, yakni kekuasaan Belanda. Orang-orang Belanda yang mula-mula datang ke Indonesia adalah para pedagang yang tergabung dalam "Vereenigde Oest Indische Compagnie" atau disingkat VOC, yang beragama Kristen Protestan. Kebijakan pendidikan VOC adalah melanjutkan kebijakan yang telah dimulai oleh orang-orang Portugis, tetapi terutama berdasarkan agama Kristen Protestan. Untuk keperluan inilah didirikan sekolah-sekolah, terutama daerah-daerah yang telah di-Nasranikan oleh bangsa Portugis dan Spanyol, seperti di Ambon, Ternate, dan lain-lain.

PERADABAN KUNO LEMBAH SUNGAI KUNING (HWANG-HO) DI CINA

RAHMAD ILHAM 

 

Sungai Kuning atau Hwang-Ho bersumber dari pegunungan Kwen-Lun di Tibet. Melalui daerah pengunungan Cina Utara, sungai panjang yang membawa lumpur kuning  membentuk dataran rendah Cina dan bermuara di Teluk Tsii-Li di Laut Kuning. Sedang di dataran tinggi sebelah selatan mengalir Sungai Yang Tse Kiang yang berhulu di Pegunungan Kwen-Lun (Tibet) dan bermuara di Laut Cina Timur. Di sebelah barat dan utara berbatasan dengan daerah Siberia dan Mogolia (Gurun Gobi). Hal yang paling menonjol dari peradaban ini adalah lahirnya system pemerintahan berdinasti dan beberapa kemajuan di berbagai bidang misalnya pertanian, teknologi, ilmu pengetahuan dan kepercayaan.

Peradaban Mesopotamia

ADIL JAYA MANALU/S/EB

Peradaban Mesopotamia merupakan salah satu peradaban tertua di dunia. Letak Mesopotamia berada di wilayah perlembahan yang terletak di antara dua sungai Tigris dan Eufrat, Irak. Hulu kedua sungai tersebut berasal dari dataran tinggi yang bergunung-gunung di Asia Kecil yang mengalir ke arah tenggara secara pararel menyisir hamparan terbuka. Hanya kurang dari dua ratus mil, kedua sungai itu saling mendekat. Daerah yang dilalui kedua sungai itu pada umumnya subur. Sebab daerah itu merupakan daerah yang berupa tanah hasil endapan air yang dihasilkan dari sungai Tigris dan Eufrat. Hal ini menyebabkan rakyat disekitar sungai Tigris dan Eufrat hidup makmur dan sejahtera. Kesuburan dan kemakmuran itu membuat iri hati pada

PENDIDIKAN PERGURUAN TINGGI DI UKRAINA

Ria Gustina/ 014 B/ Sejarah Pendidikan

 

·         Sistem Pendidikan Perguruan Tinggi

        Pendidikan tinggi di Ukraina merujuk pada keseluruhan sistem pendidikan di atas tingkat sekolah lanjutan. Sistem ini meliputi  sekolah teknik dan kejuruan di tingkat pertama, perguruan tinggi teknik dan kejuruan di tingkat kedua, dan sekolah tinggi serta universitas, yang dianggap tingkat ketiga dan keempat. Dalam tulisan ini, kita akan berfokus pada pendidikan universitas, sehingga istilah "pendidikan tinggi di Ukraina" berarti pendidikan di tingkat universitas.

        Pendidikan tinggi di Ukraina dimulai dengan keberhasilan menyelesaikan pendidikan lanjutan dan melewati ujian masuk universitas. Ujian ini dikordinasikan dan diawasi oleh Kementerian Pendidikan dan Ilmu Pengetahuan Ukraina. Gelar yang diberikan pada saat penyelesaian program meliputi Sarjana, Master dan Doktor. Meski terdapat sejumlah gelar yang diberikan di antara gelar tersebut, ketiga gelar yang disebutkan di atas merupakan gelar yang paling strategis.

Kehidupan Sosial dan Budaya di Asia Tenggara Pada Zaman Dahulu

prihartini rahayu

A.    Proses masuknya Hindu Budha Ke Asia Tenggara

Penyebaran Hindu-Buddha di Asia Tenggara erat kaitannya dengan kegiatan perdagangan antara India dan Cina ratusan tahun sebelum Masehi. Asia Tenggara menempati posisi strategis karena perjalanan darat dan laut antara India dan Cina akan melewati kawasan itu. Hubungan perdagangan berlangsung sejak akhir zaman perunggu. Bukti tertua terdapat di Ban Don Ta Phet, Thailand.

Penyebaran pengaruh Hindu-Buddha di Asia Tenggara mengubah pola kehidupan masyarakat di kawasan itu, terutama dalam kehidupan politik, agama, dan sosial. Kehidupan politik mencakup pemerintahan dan pengaturan masyarakat. Kehidupan beragama tercermin dari corak kepercayaan dan tata ibadah. Kehidupan sosial mencakup penataan kelompok dalam masyarakat.

B.     Kerajaan-Kerajaan Bercorak Hindu Budha

SEJARAH KEBIDANAN DI ONTARIO (KANADA)

NUR ANNISA

 

  Di Kanada sulit mendapatkan bidan maka tenaga bidan didapat dari luar. Kebidanan dilakukan oleh perawat (Maternity Nursing) dan tidak mendapat surat ijin praktek. Untuk waktu yang lama Kanada adalah salah satu dari sembilan negara yang tidak mengakui kebidanan, dan masih ada beberapa yurisdiksi di Kanada yang  mana kebidanan tidak diatur. Di Kanada, seperti di sebagian besar negara, "bidan" belum banyak digunakan.

  Ontario merupakan provinsi pertama di Kanada yang menerbitkan peraturan tentang kebidanan setelah sejarah panjang tentang kebidanan yang ilegal dan berakibat pada meningkatnya praktik bidan yang tidak berijin. Seperti selandia baru, wanitalah yang menginginkan perubahan, mereka bicara tentang pilihan asuhan dan keputusan yang dibuat.

IMPLEMENTASI SISTEM PENDIDIKAN DI INDIA DAN CINA


PIMA PUTRIANA/ SP

            Pendidikan memiliki peranan yang sangat strategis dalam membangun suatu masyarakat bangsa. Melalui pendidikan suatu bangsa dapat mengembangkan masyarakatnya menjadi masyarakat dan bangsa yang maju. Karena melalui pendidikan akan dapat dikembangkan sumber daya manusia yang berkualitas sesuai dengan tuntutan dan kebutuhan masyarakat yang ingin dikembangkanya. Hal ini terlihat dari berbagai kenyataan, bahwa suatu masyarakat dan bangsa maju pasti memiliki suatu sistem pendidikan yang baik. Kondisi ini dapat ditafsirkan dengan dua hal. Pertama, pendidikan di negara maju baik karena pemerintahnya

PENDIDIKAN ISLAM DI TURKI USMANI


OKTAVIA SESMITA / SP

Sejarah menunjukkan pada abad ke 15 (ke 9 H) orang turki Usmani membuat debut di panggung sejarah, pada tahun 1455 (853H) mereka menjadi perhatian dunia, ketika Muhammad sang penakluk yang berusia 24 tahun telah merebut konstantinopel ibu kota kerajaan Romawi Timur. Kemenagan ini yang telah membuat umat islam selama 800 tahun dari keadaan sebaliknya, telah menggairahkan kembali seluruh dunia islam dan membangkitkan kembali. 1 Jatuhnya konstantinopel ini yang selama delapan abad tidak berhasil di jatuhkan oleh kaum muslimin,2 memberi bukti kekuatan turki Usmani benar-benar tangguh.  Dengan

SEJARAH PERKEMBANGAN ISLAM DI RUSIA

NIA TIARAWATI

 

Islam adalah agama terbesar kedua setelah Kristen Ortodoks, yakni sekitar 21-28 juta jiwa atau setara dengan 15 sampai 20 persen dari total 142 juta jiwa. Kehidupan Islam juga mulai membaik dibanding dengan masa komunis dulu. Untuk pertama kalinya pemimpin Rusia memasukkan menteri Muslim di dalam kabinetnya dan mengakui eksistensi Muslim di Rusia.

 

Di Rusia Islam masuk pada tahun 992 masehi, ketika sekelompok etnis Rusia yang hidup didaerah Siberia yang disebut Bulgar memeluk agama Islam dan menyebarkannya ke seluruh Rusia. Muslim pertama di wilayah Rusia kini adalah masyarakat Dagestani di selepas penaklukan Arab (pada abad ke-8). Negeri Muslim yang pertama adalah Volga Bulgaria pada tahun 992 dimana kaum Tatar yang mewarisi agama Islam di negeri itu. Kemudia kebanyakan kaum Turki Eropa dan Kaukasia memeluk agama Islam. Kaum Muslimin di Rusia dibagi menjadi empat wilayah administartif, terletak di dua wilayah geografis politis Rusia yang sangat rawan konflik. Enam republik dan satu wilayah administrative berada di Rusia Tengah, berbatasan dengan Kazakhstan, dan tujuh republic lain di Kakasus Utara berbatasan dengan Georgia, Azerbaijan, Turki dan Iran.

Keadaan negara India

Maharunnisah/S/EA
Keadaan Negara India
                  India merupakan negara terbesar ketujuh di dunia yang  Terletak di asia selatan dan india adalah rumah dari lebih satu miliar orang. india merupakan  negara yang memiliki penduduk yang terbesar dan memiliki beragam etnik dan budaya dan Merupakan negara demokrasi terbesar. Wilayah india berbatasan dengan enam negara, paling banyak di bagian utara  di antaranya dengan myanmar,nepal dan bhutan.