Dampak Revolusi Hijau dan Industrialisasi pada masa Orde Baru


Hari Sulistiawati/SI 5

A.      Revolusi Hijau   
Revolusi Hijau merupakan bagian dari perubahan-perubahan yang terjadi dalam sistem pertanian pada saat ini. Revolusi hijau pada dasarnya adalah suatu perubahan cara bercocok tanam dari cara tradisional ke cara modern. Revolusi Hijau ditandai dengan makin berkurangnya ketergantungan petani pada cuaca dan alam, digantikan dengan peran ilmu pengetahuan dan teknologi dalam upaya meningkatkan produksi pangan. Revolusi Hijau sering disebut juga Revolusi Agraria. Pengertian agraria meliputi bidang pertanian, perkebunan, peternakan, perikanan, dan kehutanan.

REVOLUSI KEBUDAYAAN DAN REFORMASI EKONOMI RRC


BEVI ANJELIA LESTARI/PIS/B

Cina atau sekarang yang menjadi Republik Rakyat Cina sejak tahun 1949 merupakan salah satu negara ketiga yang berhasil menerapkan pembangunan sosialisnya dengan gagasan para pemimpinnya yang radikal dan pragmatis- realis, tanpa harus berkiblat kepada negara barat sepenuhnya. Cina yang merupakan negara komunis terbesar kedua setelah Uni Soviet sangat menentang sistem kapitalisme pada rezim Mao zedong, namun kini cina menjadi negara yang kemajuan ekonominya di akui oleh dunia  melalui pasar bebas dan sistem kapitalisme yang dimulai sejak era Deng Xiaoping.

LAHIRNYA ALIRAN NEOTHOMISME DI PRANCIS


MENANTI SINAGA/PIS/B

A.AWAL MULA NEOTHOMISME
Pada awalnya ajaran-ajaran Augustinus (Augustianisme) yang kuat dipengaruhi oleh Platonisme berhasil mempengaruhi tradisi  keagamaan, Intelektual dan politik di Eropa Barat selama berabad-abad lamanya. Namun kecenderungan itu berubah sejalan dengan terjadinya gelombang pengaruh Aristotelianisme  yang melanda Eropa Barat diawal abad yang ke-20. Tradisi keagamaan dan iltelektual eropa  memasuki sebuah babak baru ketika Thomas Aquinas pada tahun 1226-1274 SM mentransmisikan Aristoteliaisme masuk kedalam tradisi intelektual keagamaan. [1]Tokoh yang paling berjasa dalam mentransmisikan Aristotelianisme ke dalam tradisi intelektual ke agamaan itu adalah Thomas Aquinas,  karena Sebelum Thomas Aquinas mentransmisikan  filsafat Aristoteles tersebut ajaran Aristotelianisme ini dianggap sebagai  bagian dari paganisme (ajaran kafir) hingga mengakibatkan tenggelamnya  ajaran itu selama lebih dari setengah milenium lamanya. Namun setelah  Thomas Aquinas mentransmisikan filsafat Aristotelelianisme,filsafat  ini menempati posisi terhormat  dalam biara, gereja dan masyarakat spiritual barat. Pergulatan platonisme yang terefleksi dalam ajaran-ajaran Augustinus melawan aristotelianisme yang diwakili oleh ajaran thomas yaitu Thomisme diakhiri dengan kemenangan Thomisme. dua makna penting  kemenangan Thomisme atas Augustianisme bagi  agama  kristen yang pertama yaitu kemenangan itu menunjukkan  bahwa agama kristen  dan gereja memiliki daya penyesuaian diri  dan kemampuan survival seta vitalitas dan fleksibilitas intelektual yang tinggi.

SEJARAH SINGKAT MASUKNYA ISLAM DI AFRIKA SELATAN

Yulia Yantika/PIS15/B

 

1.  Sejarah Singkat masuknya islam di afrika selatan

       Saat Abdul Muhajir berkuasa di Ifriqiyah ia malah menghancurkan Kairawan yang dibentuk oleh Uqbah berikut dengan masjid yang tersohornya pula setelah itu kemudian Ia membangunnya kembali. Dia melakukan hal ini adalah bertujuan agar sejarah mencatat namanya sebagai pendiri kota dan masjid Kairawan. Di Afrika sendiri ada beberapa dinasti kecil yang memiliki andil yang cukup besar dalam perkembangan Islam kala itu.

SEJARAH KEMERDEKAAN ALJAZAIR


DIZI PAPILA PERTIWI / PIS A

            Penduduk yang mula-mula dikenal oleh Aljazair adalah suku Berber, yaitu orang nomad dari Afrika utara. Di akhir abad ke 9 sebelum masehi, bangsa Funisia mendirikan negara Kartago di negara tetangganya, Tunisia dan selama berabad-berabad memperluas kekuasaanya ke sepanjang pantai Aljazair. Setelah bangsa Romawi mengalahkan Kartago di tahun 146 sebelum masehi, mereka memasuki wilayah yang dihuni suku Berber dan membuat daerah itu sebagai salah satu lahan pertanianuntuk menyediakan makanan bagi Kekaisaran Romawi. Setelah beberapa abad kekuasaan Romawi, suku Vandal dari Spanyol memasuki Aljazair (pada tahun 429) sehingga kekuasaan Romawi terguncang. Satu abad kemudian, Kekaisaran Bizantium mengalahkan suku Vandal. Pada akhir abad ke-7, bangsa Arab memulai penakhlukannya dan membuat suku Berber memeluk agama Islam serta memperkenalkan bahasa Arab. Pada abad ke-11 dan 12 dinasti Berber Islam dari Maroko menguasai Aljazair dan memberikan kesempatan kepada dinasti Aljazair yang merdeka untuk berkuasa sebentar pada abad ke-13.

PERAN MUHAMMAD ALI JINNAH PEMBENTUKAN NEGARA ISLAM PAKISTAN

MUHAMMAD NANDA NIRMAWAN/PIS/B

1. Biografi Muhammad Ali Jinnah
Muhammad Ali Jinnah lahir pada hari Ahad, tanggal 25 Desember 1876, keturunan dari seorang saudagar dari Kathiawar.  Ia dilahirkan dengan nama Mohammed Ali Jinnah Bhai di Karachi, provinsi Sind (dulu di India, tetapi sekarang menjadi wilayah Negara Pakistan) dari pasangan pedagang yang berasal yang bernama Jinnahbhai dengan Mithibhai. Kecerdasan yang ia miliki dan kemampuan materi orang tuanya, memungkinkan ia mendapatkan fasilitas yang besar untuk kepentingan pendidikannya.

SEJARAH KERAJAAN ISLAM MUGHAL

MUHAMMAD NANDA NIRMAWAN/PIS/B

A. Sejarah Lahirnya Kerajaan Mughal di India
Kerajaan Mughal adalah kerajaan Islam yang pernah berkuasa di India dari abad ke- 16 hingga abad ke- 19. Dinasti ini didirikan oleh Zaharuddin Babur yang merupakan keturunan Timur Lenk, penguasa Islam asal Mongol. Babur adalah nama kecil dari Zaharuddin, yang artinya singa, ia lahir pada hari Jum'at 24 Februari 1483. Ayahnya bernama Umar Mirza menjadi amir di Fergana, turunan lagsung dari Miransyah putra ketiga dari Timur Lenk. Sedangkan ibunya berasal dari keturunan Jengkuai, anak kedua dari Jengis Khan. Pada usia 11 tahun,  Babur kehilangan ayahnya dan sekaligus menggantikan kepemimpinan ayahnya dalam usia yang masih sangat muda. namun demikian ia sangat pemberani sehingga kelihatan lebih matang dari usianya. Dia mendapat latihan sejak dini, sehingga memungkinkannya untuk menjadi seorang pejuang dan penguasa besar.

KESULTANAN SIAK SRI INDRAPURA


SRI OKTAVIANI/ SR

            Kesultanan Siak Sri Inderapura ialah sebuah Kerajaan Melayu Islam yang pernah berdiri di Kabupaten Siak, Provinsi Riau, Indonesia. kata Siak Sri Inderapura, secara harfiah dapat bermakna pusat kota raja yg taat beragama, dalam bahasa Sanskerta, sri berarti bercahaya dan indera atau indra dapat bermakna raja. Sedangkan pura dapat bermaksud dengan kota atau kerajaan. Siak dalam anggapan masyarakat Melayu sangat bertali erat dengan agama Islam, Orang Siak ialah orang-orang yg ahli agama Islam, kalau seseorang hidupnya tekun beragama dapat dikatakan sebagai Orang Siak. Nama Siak, dapat merujuk kepada sebuah klan di kawasan antara Pakistan dan India, Sihag atau Asiagh yg bermaksud pedang. Masyarakat ini dikaitkan dengan bangsa Asii, masyarakat nomaden yg disebut oleh masyarakat Romawi, dan diidentifikasikan sebagai Sakai oleh Strabo seorang penulis geografi dari Yunani. Berkaitan dengan ini pada sehiliran Sungai Siak sampai hari ini masih dijumpai masyarakat terasing yang dinamakan sebagai Orang Sakai.[1]

SEJARAH PERKEMBANGAN MASYARAKAT ROKAN HILIR PADA MASA PRASEJARAH HINGGA KOLONIALISME


GUSWITA PUTRI / SR

1.      Perkembangan Masyarakat Rokan Hilir Pada Masa Kerajaan Rokan
Kabupaten Rokan Hilir kira-kira 1300 tahun yang lalu (abad 7-8 M) merupakan daerah kekuasaan Kerajaan Sriwijaya (Shih-li-fo-shih) yang berpusat di Palembang, muara Sungai Musi di Sumatera Selatan. Menurut laporan I-tsing 688 M, wilayah kekuasaan Sriwijaya meliputi Pho-lu-shih (Tanjung Balai, Asahan-Sumatera Utara), Mo-lo-yu (Jambi), Mo-ho-sin (Bekasi-Jawa Bahagian Barat), Holing (Keling, Lembah Sungai Berantas- Jawa Timur), Tantan (Kelantan, Malaysia) Pen-pen (Pahang, Malaysia), Po-li (Kutai, Kalimantan), Chuah-lun, Fo-shih, Po-lo, O-shan dan Mo-chia-man semuanya di Indocina. Negeri-negeri di sepanjang muara Sungai Rokan, Inderagiri, Kampar, Batang Hari, Siak merupakan kawasan penting bagi mendukung perekonomian Kerajaan Sriwijaya. Komoditas perdagangan penting seperti lada, kayu cendana, gaharu dan emas bersumber dari daerah ini (Wolters, 1967). Namun tidak ada catatan sejarah yang merekam, apakah nama negeri-negeri yang berada di sepanjang Sungai Rokan itu. Namun dari laporan I-tsing, diperkirakan wilayah Rokan masuk daerah Mo-lo-yu.

Sejarah Peradaban Islam Indonesia


INDAH APRITASARI/S/B

A.    Masuk dan berkembangnya Islam di Indonesia
1.      Teori tentang masuknya Islam di Indonesia
      Islam di Indonesia baik secara historis maupun sosiologi sangat kompleks, terdapat banyak masalah, misalnya tentang sejarah dan perkembangan awal Islam. Suatu kenyataan bahwa kedatangan Islam di Indonesia dilakukan secara damai.[1] berbeda dengan penyebaran Islam di Timur Tengah yang dalam beberapa kasus disertai dengan pendudukan wilayah oleh militer Muslim. Islam dalam batas tertentu disebarkan oleh pedagang, kemudian dilanjutkan oleh para guru agama  (da'i) dan pengembara sufi. Bersamaan dengan para pedagang datang pula da'i-da'i dan musafir-musafir sufi. Melalui jalur pelayaran itu pula mereka dapat berhubungan dengan pedagang dari negeri-negeri diketiga Benua Asia itu. Hal ini memungkinkan terjadinya hubungan timbal balik, sehingga terbentuklah perkampungan masyarakat Muslim. Pertumbuhan perkampungan ini makin meluas sehingga perkampungan itu tidak hanya bersifat ekonomis, tetapi membentuk struktur pemerintahan dengan mengangkat Meurah Silu, kepad suku Gampung Samudra menjadi Sultan Malik as-Sholeh.[2]