PEMBAHARUAN PENDIDIKAN ISLAM DI TURKI


Merri Natalia S/SP

Pada abad pertengahan Dunia Barat telah maju, ditandai dengan beberapa kemajuan dan penemuan teknologi modern seperti kaca lensa (1250) dan alat percetakan (1450). Perkembangan IPTEK ini disamping menimbulkan hal-hal yang positif adapula negatifnya; sedangkan umat islam dibelahan bagian timur sedang bersimpuh dibawah penindasan dan juga terlena dibawah sisa kemegahan kulturnya dimasa silam yang telah sirna, namun dibelahan barat (asia barat) ± tahun 1300 telah berdiri pula kerajaan turki usmani, namun mereka kurang berbudaya, mereka hanya mengandalkan kemajuan militer, keberanian dan fisik mereka yang kuat, namun mereka ini merupakan ancaman bagi Eropa.  Wilayah kekuasaan Usmani sejak

Dinamika Lembaga Lembaga Pendidikan Islam di Nusantara


ARMINAL HABLI / SP / B

1.      Awal Pertumbuhan Surau
Di Minangkabau, keberadaan lembaga pendidikan Islam sejak masa awal telah mendapat perhatian yang cukup besar. Pada masa ini, surau merupakan lembaga pendidikan Islam yang sangat strategis. Eksistensi surau memiliki fungsi ganda, yaitu di samping sebagai tempat ibadah, pendidikan serta tempat berkumpulnya anak laki laki. Fenomena ini telah ikut memperlancar terjadinya proses pendidikan Islam secara efektif. Upaya pelacakan surau sebagai lembaga pendidikan Islam awal di Minangkabau, seringkali terlupakan. Hal ini

PENDIDIKAN KEBIDANAN DI AUSTRALIA


TRI HARTONO/SP/14B 

  1. Awal Mula Pendidikan Bidan di Australia
 Florence Nightingale adalah pelopor kebidanan dan keperawatan yang dimulai dengan tradisi dan latihan-latihan pada abad 19. Tahun 1824 kebidanan masih belum dikenal sebagai bagian dari pendidikan medis di Australia, kebidanan masih didominasi oleh profesi dokter.  Pendidikan bidan pertama kali di Australia dimulai pada tahun 1862. Lulusan itu dibekali dengan pengetahuan teori dan praktek. Pendidikan diploma kebidanan dimulai tahun 1893. Dan sejak itu tahun 1899

SISTEM PENDIDIKAN DI AUSTRALIA


TRI HARTONO/SP/14B

Di Australia, pendidikan itu sangat diperhatikan oleh pemerintahnya,sampai-sampai setiap anak yang terlahir di Australia punya kewajiban untuk bersekolah. Bahkan pemerintah tidak segan-segan memberi sanksi terhadap orang tua jika anaknya sering membolos dan malas untuk sekolah,jadi tidak heran kalu masyarakat Australia mayoritas berpendidikan. Untuk tahun akademik sedikit berbeda jika dibandingkan dengan Indonesia. Di Australia,tahun ajaran baru dimulai dari awal tahun dan berakhir di akhir tahun. Satu tahun ajaran dibagi menjadi 4 term dan masing-masing term ada ujiannya.  Untuk tingkat pendidikan awal,ada namanya Taman Kanak-Kanak,kemudian setelah tamat dilanjutkan ke Sekolah Dasar. Disini siswa

PENDIDIKAN DI INDONESIA DARI MASA KE MASA


MUHAMMAD HAKIKI / SP

Pendidikan di Indonesia setelah proklamasi diatur dalam Undang-Undang Dasar 1945 pasal 31 ayat 1,2 dan pasal 32. Pasal 31 ayat satu (1) berbunyi "Setiap warga negara berhak mendapatkan pendidikan " dan ayat dua (2) berbunyi "Setiap warga negara wajib mengikuti pendidikan dasar dan pemerintah wajib membiayainya". Pasal 32 ayat satu (1) berbunyi "Negara memajukan kebudayaan nasional Indonesia di tengah peradaban dunia dengan menjamin kebebasan masyarakat dalam memelihara dan mengembangkan nilai-nilai budayanya" dan pasal 32 ayat dua (2) "Negara menghormati dan memelihara bahasa daerah 

MUHAMMAD ABDUH DAN USAHA PEMBARUAN PENDIDIKAN ISLAM DI MESIR


NURMI  SUARI/SP/14 A

A.    Biografi Singkat Muhammad Abduh
Muhammad Abduh lahir pada tahun 1848 M/ 1265 H, di sebuah desa di Propinsi Gharbiyyah Mesir Hilir. Beliau lahir dengan latar belakang keluarga petani yang sangat cinta ilmu pengetahuan, sederhana, da taat. Ayahnya bernama Muhammad 'Abduh ibn Hasa Khairullah. Sedang ibunya-entah bernama siapa- katanya merupakan keturunan Arab yang berkaitan dengan garis nasab dengan suu Umar bin Khaththab. Terlahir dari keluarga muslim yang ta'at, Abduh kecil diarahkan untuk belajar

SEJARAH PENDIDIKAN ISLAM DI INDONESIA


MUHAMMAD HAKIKI /SP

Sejarah pendidikan Islam di Indonesia telah dimulai pada awal abad ke-10 M hingga dewasa ini merupakan perjalanan yang cukup panjang. Dimana perkembangan cukup draktis terjadi pada masa orde lama dan terus berkembang pada masa orde baru. Setelah Indonesia merdeka, pendidikan agama telah mendapat perhatian serius dari pemerintah, baik di sekolah negeri maupun swasta. Usaha tersebut dimulai dengan memberikan bantuan sebagaimana anjuran oleh Badan Pekerja Komite Nasional Pusat (BPKNP)

SISTEM PENDIDIKAN ISLAM SEBELUM REFORMASI


MUHAMMAD HAKIKI / SP

Sejarah pendidikan Islam di Indonesia, boleh dikata sangat tuanya dengan pertumbuhan dan perkembangan umat Islam di bumi nusantara ini. Sejak Islam masuk di Indonesia pada abad VII M dan berkembang pesat sejak abad VIII M dengan munculnya sejumlah kerajaan Islam. Pendidikan Islam pun berkembang mengikuti irama dan dinamika perkembangan Islam tersebut. Dimanapun ada komunitas kaum muslimin, di sana ada aktifitas pendidikan Islam yang dilaksanakan sesuai dengan situasi dan kondisi daerah tempat mereka berada.

SEJARAH PENDIDIKAN MESIR DALAM SEJUMLAH TOKOH PEMBAHARUAN ISLAM


NURMI SUARI/SP.

      Sejarah Pendidikan di Mesir
Secara historis, modernisasi pendidikan di Mesir berawal dari pengenalan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi Napoleon Bonaparte pada saat penaklukan Mesir. Kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi yang dicapai Napoleon Bonaparte yang berkebangsaan Perancis ini, memberikan inspirasi yang kuat bagi para pembaharu Mesir untuk melakukan modernisasi pendidikan di Mesir yang dianggapnya stagnan. Di antara tokoh-tokoh tersebut Jamaluddin al-Afghani, Muhammad Abduh, dan Muhammad Ali

Pendidikan Guru di Wilayah Karen, Birma Myanmar


Putri lestari /2014B/Sejarah Pendidikan

Myanmmar atau Bruma merupakan salah satu Negara di Asia tenggara, yang mana Negara itu hingga saat ini masih menebar konflik dalam politik maupun social yang ada didalam Negara tersebut. Sehingga Martin Smith, salah seorang jurnalis dan dokumentator sekaligus penulis dalam spesialisasi negeri Myanmar, pada tahun 1991, menyebutkan bahwa Negara Myanmmar merupakan Negara yang menakutkan, hal ini terjadi karena konflik yang berkepanjangan didaerah tersebut. Dia menuliskan: