Sistem Pendidikan Amerika Serikat (Sistem Pendidikan Peradapan - peradapan Amerika Kuno)

SRI RAHMI UTARI/SP/ 14 B


1. Peradaban Maya
Peradaban suku maya adalah sebuah peradaban yang muncul di Mesoamerika. Peradaban Maya mulai berkembang dari tahun 2000 SM sampai dengan 1600 SM. Peradaban Maya tumbuh dan berkembang dalam negara-negara kota seperti polis-polis di Yunani.
Kerajaan Maya terletak di Meksiko selatan dan amerika tengah,wilayah kerajaan Maya meliputi semenanjung Yucatan (Meksiko),  Honduras, dan Guatemala. pusat peradabannya ada di semenanjung Yucatan.

PERKEMBANGAN PEMERINTAHAN SOSIAL BUDAYA AUSTRALIA

SHERLY MOTAVANI/S/PE-B

            Australia adalah negara yang berada di bagian selatan dunia. Australia juga merupakan benua terkecil di dunia. Walaupun letaknya di dekat Asia, namun masyarakat Internasional lebih sering menyebut Australia sebagaidunia barat karena kehidupannya yang mirip dengan gaya kehidupan negaranegara di Eropa Barat dan Amerika Serikat. Negara yang merupakan bekas jajahan Inggris ini mempunyai delapan negara bagian, yaitu enam negarabagian dan dua wilayah besar. Enam negara bagian tersebut adalah New SouthWales, Queensland, Victoria, Tasmania, Australia Barat (Western Australia),Australia Selatan

Sistem Pendidikan di Afrika Selatan dari Pendidikan Tradisional sampai Pendidikan setelah Era Aparteid

NURHASANAH

 

Di Afrika Selatan, masa persekolahan adalah selama 13 tahun - atau tingkat. Namun, pada tahun pertama pendidikan atau tingkat 0 dan tiga tahun terakhir yaitu dari tingkat 10 hingga tingkat 12 (juga dipanggil "matric") tidak di wajibkan bersekolah. Kebanyakan sekolah dasar menawarkan tingkat 0. Tetapi tingkat ini dapat juga dibuat di TK. Lazimnya untuk memasuki universitas, seseorang wajib lulus "matric" dengan minimum tiga mata pelajaran tingkat tinggi dan bukan sekedar lulus (standar). Malah beberapa universitas prestisius akan mengenakan syarat akademik yang lebih tinggi. Walaupun begitu, mereka yang lulus "National Senior Certificate" layak untuk belajar di "technikon" atau kampus teknikal.

SEJARAH MASUKNYA ISLAM DI BRASIL(BRAZIL)

INDAH PERMATASARI PUTRI/S/EB

Sejarah masuknya Islam di Brasil dimulai dengan masuknya orang-orang muslim Afrika dalam bentuk perbudakan. Brasil menerima 37% dari seluruh budak Afrika yang diperdagangkan, berjumlah sekitar 3 juta orang bangsa Afrika.Sejak tahun 1550, orang Portugis telah menggunakan budak berbangsa Afrika untuk bekerja di kebun tebu yang sebelumnya dimusnahkan oleh penduduk Tupi setempat.

PERKEMBANGAN PENDIDIKAN ISLAM ANDALUSIA DAN SISILIA (SPANYOL)

Titin Sumarni/1405119171/SP/14 B

Andalusia dahulu sekarang termasyhur dengan nama Spanyol, suatu wilayah yang amat popular di masa kini, kepopuleran di antaranya dikarenakan adanya satu club sepak bola ternama (Real Madrid). Kabar yang amat menggelitik, masyarakatnya lebih mengenal pemain sepakbola ketimbang pemimpin negara mereka, bahkan dalam daftar kekayaan klub ternama di dunia, Real Madrid termasuk rengking teratas dalam peringkat pendulangan harta kekayaan.

BERDIRINYA SEKOLAH ISLAM DI AMERIKA SEJAK TAHUN 1930-an


SUCI PURNANDES/ 14B / SP

Di Amerika, studi studi Islam pada umumnya memang menekankan pada studi sejarah Islam, bahasa bahasa Islam selain bahasa Arab, Sastra, dan ilmu ilmu sosial, berada dipusat studi Timur Tengah atau Timur dekat. Di UCLA studi Islam dibagi kepada komponen komponen.

Sejarah Peradaban Islam di Thailand


Shindi Noviani/S/EB

Thailand adalah sebuah Negara di wilayah Asia Tenggara yang berbentuk Monarki Konstitusi (suatu pemerintahan yang didirikan di bawah sistem konstitusional yang mengakui RajaRatu, atauKaisar sebagai kepala negara). Islam masuk di Thailand diperkirakan sekitar abad ke-10 atau ke-11 dibawa oleh pedagang Arab dan India. Islam pernah berkuasa di wilayah Pattani sejak berdirinya Kerajaan Islam Patani abad ke-14. Namun, sejak berada dalam kekuasaan Kerajaan Siam, hingga sekarang umat Islam menjadi minoritas dan terdiskriminasi oleh pemerintahan Thailand.

Sejarah Pendidikan Di Mesir

DEA ANDHINY/PIS/014A


A.      Sejarah pendidikan di mesir

            pendidikan di mesir ditandai dengan kedatangan Napoleon Bonaparte menguasai Mesir sejak tahun 1798 M. Ini merupakan momentum baru bagi sejarah umat Islam, khususnya di Mesir yang menyebabkan bangkitnya kesadaran akan kelemahan dan keterbelakangan mereka. Kehadiran Napoleon Bonaparte di samping membawa pasukan yang kuat, juga membawa para ilmuwan dengan seperangkat peralatan ilmiah untuk mengadakan penelitian.

STOVIA (School Tot Opleiding Van Indische Artsen ) Di Zaman Kolonial

IRKFA ZUHAYRIAH TANJUNG 

 

            School Tot Opleiding Van Indische Artsen ( Sekolah Pendidikan Dokter Hindia ) , atau yang juga dikenal dengan singkatannya STOVIA adalah sekolah untuk pendidikan dokter pribumi di Batavia pada zaman kolonial Hindia Belanda.

Sekolah ini didirikan pada 1851. Sebenarnya langkah untuk menuju kearah pendidikan kedokteran sudah dimulai sejak permulaan abad XIX. Pada 1811, beberapa orang bumiputra dilatih untuk menjadi  juru cacar dan mereka dididik oleh para "pemilik vaksinasi". Pendidikan itu dilakukan secara intensif ketika penyakit cacar menjadi ancaman bagi masyarakat pribumi waktu itu.

Sekolah Belanda Untuk Pribumi

IRKFA ZUHAYRIAH TANJUNG 

 

            Pendidikan selama penjajahan Belanda, kalangan orang Belanda mulai merasakan semakin perlunya untuk mengembangkan pendidikan gaya barat bagi masyarakat pribumi .Hal ini dimaksudkan bukan saja untuk keperluan perluasan birokrasi dan jaringan administrasi pemerintah kolonial, tetapi juga , seperti dikatakan oleh van der Prijis, untuk membentengi Belanda dari 'Volkano Islam ". Maka sejak awal abad XX, diperkenalkannya sistem sekolah desa atau volksschool yang pendiriannya tergantung atas kemampuan masyarakat setempat , subsidi, dan bimbingan pemerintah .

Setelah menyelesaikan sekolah yang bisa diselesaikan dalam waktu tiga tahun ini dengan materi ajaran sekandar kepandaian membaca , menulis, dan berhitung murid-murid yang terpilih yang dapat melanjutkan pendidikan nya kesekolah sambungan atau Vervolgschool untuk masa dua tahun . Secara berangsur , sistem ini menggantikan keudukan sekolah kelas dua sebagai lembaga pendidikan yang terpenting bagi anak pribumi.Sekolah kelas satu berkembang menjadi HIS(Hollandsch Inlandsche School) pada abad XX .