NEW SOUTH WALES ( Negara Tertua Di Australia Yang Membentuk Koloni pertama )

Abdullah / S AUS

New south wales merupakan suatu negara bagian australia yang tertua negara ini di dirikan pada tahun 1788. Dengan ibukota negara baigian ini ialah sydney. Negara bagian ini juga merupakan negara yang paling padat penduduknya yaitu pada maret 2006 jumlah penduduk negara bagiaan ini mencapai 6.817.100 jiwa. Namun di dalam negara bagian ini terdapat tiga kota besar yaitu sedney newcastle dan wollongong.
Ibukota negara new south wales sydney kita lihat sejarah sydney banyak penelitian mengatakan bahwa daerah sydney ini telah di duduki penduduk asli australia selama 30. 0000 tahun dengan penduduk asli dari ibu kota new sout wales ini ialah orang cadigal, yang tanah nya membentang dari selatan jackson ke petersham sementara ada juga yang berpendapat bahwa penduduk yang datang dari armada pertama ialah pada tahun 1788 yaitu tidak menentu sekitar 4000 sampai 8000 penduduk aborigin orang aborigin ini menetap di ibukota new south wales sebelum kontak dengan britania,sehingga yang meyambut mereka ialah eora kerena ketika di tanya dari mana asal mereka orang orang tersebut menjawab dari eora yang berarti di sini atau di tempat ini dalam bahasa mereka, dan mereka memiliki tiga bahasa yang ada di sydney yang pertama yang di turunkan oleh klan klan kecil yang bahasa pertamnya ialah darug yang di gunakan oleh penduduk asli ibu kota new south wales.
Pada tahun 1770 kapten laut dari britania raya yaitu james cook mendarat di botany baydi semenannjung kurnel sehingga di sanalah james cook membuat kontak dengan 0penduduk asli aborigin yang di bawah pemerintahan britania raya sebuah pemukiman tahanan yang didirikan oleh arthur philip yang tiba di botany bay dengan armada 11 kapal sehingga pada tanggal 18 januari 1788. Tempat ini di anggap tidak cocok untuk di huni karena dengan tanah yang gersang dan sedikit air bersih dan philip menemukan koloni di sepanjang pantai di ibukota new south wales ini cove di port jackson pada tanggal 26 januari 1788 ia menamainnya ssebagai mentri dalam negri britania raya, townshed, lord sydney peran sydney dalam mengeluarkan perjanjian yang membolehkan philip mendirikan koloni awalya philip ingin memberi nama albio hingga pada ahirnya philip memutuskan untuk memberi nama ibu kota new south wales ini sydney.[1]
Pada bulan april 1789 di ibu kota new south wales ini di landa sebuah penyakit yang sejenis cacar sehingga menewaskan sekitar 500 sampai 1000 orang aborigin yatu antara broken bay dan botany bay sehingga terjadi pemberontakan kejam terhadap pemukiman britania yang di kenal sebagai pejuang di botany bay juga konflik sering terjadi di sekitar sungai hawkesbury, setelah mengalami konflik dan penyakit ahirnya penduduk aborigin mengalami kemunduran oenduduk penduduk aborigin hanya tersisi beberapa ratus penduduk. Sehingga gubernur macquari memulai inisiatif nya untuk menyatukan mengkri8stenkan dan mendidik penduduk aborigin dan memisahkan mereka dengan klan klan nya. Jabatan macquari di negara newsout wales ialah yaitu priode ketika sydney di perbaharui dari awal. Jalan, jembatan dermaga dan bangunan publik yang di bagun oleh kriminal britania dan irlandia sehingga pada tahun 1822 kota ini sudah memiliki bank, passar, jalan raya dan kepolisian. Dan pada tahun 1830 – 1840 an adalah preodi pembangunan urban termasuk pingiran kota pertama sementara kota ini tumbuh berkembang cepat ketika kapal kapal berdatangan dari britania dan irlandia dengan imigran mencari kehidupan yang baru. Tanggal 1842 sehingga pada tahun ini kota sydney yang merupakan ibu kota new south wales di nobatkan sebagai kota pertama yang ada di australia. Dengan  wali kota pertama yaitu jhon hosking dan sejak itu ibu kota new south wales ini banyak di kunjungi orang orang dari luar negara.
Kalau kita lihat wilayah urban dari ibu kota new south wales ini ialah yang berada di tepi pantai yang berbatasan dengan samudra fasipik di timur, blue mountains di barat, hawkesbury river di utara dan royan national park di selatan. Terletak di tepi pantai terbanam di mana permukaan laut meningkat dan membanjiri sungai yang dalam pada batuan pasir hawkesbury. Port jvkson di kenal sebagai sydney harbour. Dan negara new south wales ini tidak pernah di kenakan gempa.wilayah urban ini memiliki sekitar 70 pelabuhan dan pantai termasuk bndi beach yang di kenal wilayah urban dari ibu kota negara new south wales memiliki 1.687 km2 sehingga pada tahun 2001 sydney statistical division di gunakan untuk data sensus adalah wilayah metropolitan.
Sektor ekonomi ibu kota new south wales terbesar itu di ukur dari besar orang bekerja termasuk jasa propeti dan bisnis ritel produksi kesehatan dan masyarakat. Pada tahun 1980 an pekerjaan telah berpindah dari produksi ke sektor jasa dan informasi dan sydney merupakan penyumbang 25 persen PDB total negara new south wales. Di negara ini juga sebagai kantor pusat bank dengan 90 bank dan kantor prusahaan terkenal 500 prusahaan multinasional.dari 10 prusahaan terbesar 4 merupakan kantor pusat di ibu kota new south wales daro 54 bank yang ada di australia terdapat 44 bank di ibu kota new south wales.[2]
Pembentukan koloni pertama di new south wales
Revolusi indrustri yang ada di inggris pada tahun 1850 yang mengakibatkan banyak masalah yang terjadi di inggris.
 Seperti kemiskinan,pengangguran, dan kejahatan menjadi motif utama inggris membentuk koloni di new south wales . sedangkan faktor lain ialah kebutuhan tempay pembangun para pelaku kriminal atau narapidana di inggris yang tidak di sukai oleh pemerintah inggris itu sendiri.
Sejak berdirinnya kolonial ini koloni yang di bagun di new south wales yang berdiri  tahun 1809 perkembangan koloni new south wales berkembang sampai ke pemerintahan wiliam bligh. Seorang angkatan laut yang bernama Arthur Philip menjadi pemimpin koloni New South Wales dari mulai berdiri sampai tahun 1809. Pada era kepemimpinan William Bligh di koloni New South Wales terjadi sebuah perselisihan yang hebat atau lebih dikenal sebagai Rum Rebellion. Rum Rebellion adalah sebuah peristiwa pemberontakan di Bounty. Rum Rebellion merupakan pemberontakan yang dilakukan oleh Rum Corps terhadap Gubernur New South Wales pada saat itu, karena tindakan keras Bligh yang melahirkan reaksi pemberontakan yang akhirnya menjatuhkannya. Pemberontakan ini terjadi karena Rum Corps  memonopoli Alkohol impor dan pemberontakan ini ternyata menjadi awal ditandainya berakhirnya masa pengaruh dan kekuasaan perwira corps tersebut. Sehingga ini menjadi alasan kedua terbentuknya koloni New South Wales.[3]
Yang ketiga, perkembangan masa Lachlan Macquarie. Pada 1 januari 1810 Lachlan Macquarie menjabat sebagai gubernur menggantikan jabatan William Bligh setelah peristiwa Rum Rebellion. Lachlan Macquarie merupakan seorang perwira dari Angkatan Darat Inggris, yang melakukan konsolidasi yang berhasil memacu koloni New South Wales mencapai tingkat kemajuan yang pesat. Antara tahun 1811 dan 1812, Macquarie mencapai kesuksesan dalam masa kepemimpinannya di New South Wales. Hal tersebut dibuktikan dengan surat – surat kabar yang beredar di parlemen dan pemerintahan Inggris, menyebutkan bahwa kemajuan New South Wales dalam kehidupan Agama, Moral, dan Pendidikan.
Eksplorasi lanjutan dan perluasan wilayah koloni di New South Wales, menjadi alasan yang keempat dalam pembentukan Koloni New South Wales. Berbagai ilmu pengetahuan akan garis besar pantai di Australia sudah banyak di capai jauh sebelum masa Macquarie terutama berkat jasa – jasa pelaut ulung sebelumnya yakni George Bass dan Matthew Flinders, keduanya merupakan seorang Navigator yang berasal dari Inggris. Great Dividing Range atau The Blue Mountains pada tahun 1813 berhasil di tembus oleh George Blaxland, Lawson, dan Wenworth sehingga ilmu pengetahuan mengenai pedalaman Australia semakin bertambah, yang selanjutnya meletakkan jalan bagi kemungkinan perluasan koloni oleh koloni New South Wales yang selanjutnya bahkan membuka jalan bagi terwujudnya Australia seperti sekarang ini.
Sejak tahun 1809 setelah resmi berdirinya New South Wales menjadi sebuah koloni yang dibentuk oleh pemerintah Inggris, memunculkan beberapa dampak terhadap wilayah – wilayah territorial yang berada di sekitar wilayah koloni pertama tersebut, diantaranya adalah Tasmania, Queensland, Australia Barat, Australia Selatan, dan Victoria.
Tasmania, koloni lain pertama yang berdiri sekaligus menjadi koloni kedua setelah New South Wales. Sampai tahun 1855 Tasmania masih disebut Van Diemen's Land sesuai dengan nama yang diberikan oleh Abel Tasman, orang kedua yang berhasil menemukan wilayah baru di Australia sekaligus pulau Tasmania. Sejak tahun 1813 pemukiman Launceston dan Hobart ditempatkan dibawah kekuasaan seorang letnan gubernur kolonel Davey. Berbagai kekerasan, diantaranya kekerasan perlakuan yang dialami oleh para narapidana, kekerasan masyarakat kulit putih terhadap penduduk asli dan lain-lain mewarnai sejarah berdirinya Tasmania sebagai koloni baru. Sehingga, pada tahun 1825, Tasmania dipisahkan dari New South Wales dan pada tahun 1855 koloni ini menyelenggarakan pemerintahan sendiri, dan secara resmi sejak saat itu merubah nama dari Van Diemen's Land menjadi Tasmania.
Pada tahun 1824, untuk pertama kalinya Queensland dihuni oleh masyarakat berkulit putih. Pada awalnya pemukiman di Queensland, tumbuh dan berkembang sebuah pemukiman sebagai bagian dari New South Wales. Seiring berjalannya waktu, daerah tersebut mengalami kemajuan-kemajuan yang pesat sehingga rakyatnya merasa tidak puas dan ingin segera berpisah dari wilayah New South Wales. Pada tahun 1859 keinginan mereka tersebut dipenuhi oleh pemerintah Inggris, sehingga berdirilah koloni lain yang kedua sekaligus koloni yang ketiga di wilayah benua Australia.[4]
Pada akhir abad ke-18 dan permulaan abad ke-19, ekspedisi-ekspedisi penyelidikan Francis mengunjungi daerah pantai Australia Barat tersebut, lalu tersiar kabar yang tidak jelas yang mengatakan bahwa Francis ingin menguasai daerah pantai barat tersebut. Pada tahun yang sama juga, James Stirling menyelidiki daerah Swan River dan sangat tertarik untuk mendudukinya. Berbagai faktor menyebabkan sejarah permulaan koloni Australia Barat ialah kekurangan tenaga kerja. Oleh karena itu, ketika koloni-koloni lain sudah menolak transportasi narapidana Australia Barat justru meminta. Sejak tahun 1850 dilakukan transportasi narapidana ke Australia Barat yang baru berakhir pada tahun 1868. Akhirnya pada tahun 1829 Australia Barat resmi menjadi daerah koloni lain yang ketiga di benua Australia sekaligus koloni keempat yang resmi berdiri. Dualisme kekuasaan yang membawa berbagai komplikasi, mewarnai berdirinya Australia Selatan sebagai koloni lain keempat atau koloni kelima persemakmuran Inggris yang resmi berdiri pada tahun 1901. Dualism kekuasaan tersebut adalah kekuasaan yang dipimpin oleh seorang Gubernur yakni Kapten Hindmarsh dengan Dewan Komisaris yang mewakili daerah koloni tersebut. Dengan demikian kekuasaan atas Australia Selatan, sempat terbagi dua. Di satu pihak kekuasaan dipegang oleh gubernur yang diangkat dan bertanggung jawab kepada Colonial Office di London, dan di pihak lain ada kekuasaan Dewan Komisaris yang secara teoritis mewakili koloni itu. itulah koloni yang ada di australia, jadi koloni tertua di australia ialah koloni yang ada di new south wales.
DAFTAR PUSTAKA
[1]Ani soetjipyo,2005. Indonesia – australia, Granit Universitas indonesia, Jakarta
[2]David reeve, 1989, sejarah australia, PT gramedia, jakarta
[3]Frank wels, 2006 Australia , overlook pres , jakarta, : hal 719
[4]Sub – bidang sejarah lisan, 1985 , arsip nasional RI, Jakarta: hal 11-13

No comments:

Post a Comment