PARTAI KOMUNIS INDONESIA DALAM PERGERAKAN KEBANGSAAN


DEA ANDHINY / SI IV / 14

Pada akhir dasawarsa kedua perkembangan politik mengalami intensifikasi dan ekstensifikasi, tidak hanya karena tejadi pengetatan politik kolonial tetapi juga karena ada peningkatan tuntutan politik serta meluasnya mobilisasi politik di kalangan rakyat. Sejak dilancarkannya gerakan Indie Weeerbar (Pertahanan Hindia) yang segera disusul oleh kesibukan sekitar persiapan pembentukan Dewan Rakyat (Volksraad), arena politik meluas sekali dan aktivitas politik menjadi sangat intensif. Pada saat yang bersamaan muncul golongan kiri yang berdasarkan analisis historis materialistisnya hendak melancarkan perjuangan kelas melawan kapitalisme dan imperialisme. Dengan munculnya Volksraad pada 1918, muncullah kekecewaan-kekecewaan dari beberapa kalangan atas kinerja lembaga yang mengatas namakan rakyat itu. Kemudian muncullah yang dinamakan Konsentrasi Radikal yang terdiri atas gabungan SI, Insulinde, dan PKI. Pada tahun 1913, H.J.F.M. Sneevliet (1883-1942) tiba di Indonesia. Dialah yang pertama kali memperkenalkan ide-ide sosial-demokrat yang revolusioner dan aktivisme serikat buruh di Indonesia. Pada tahun 1914, dia mendirikan Indische Sociaal-Democratische Vereeniging (ISDV) yang berhaluan kiri, dan dengan cepat menjadi

TENUN SIAK, TENUNAN KERAJAAN


MAHARANI/PBM
 
Songket merupakan sejenis kain yang biasanya ditenun tangan, dan mempunyai corak rumit benang emas atau perak. Kata songket berarti membawa keluar atau menarik benang dari kain atau menenun menggunakan benang emas dan perak. Tenun Songket merupakan seni budaya yang berasal dari daratan Cina, keberadaannya lebih kurang sejak 1000 tahun yang lalu. Songket sudah dikenal Malaysia dan Indonesia sejak abad ke-13 yang lampau. Dalam kisah perjalanannya yang cukup panjang. Tenun Songket kemudian menyebar ke Negeri Siam (Thailand), kemudian menyebar ke beberapa negara bagian di Semenanjung Negeri Jiran Malaysia, seperti ke Selangor, Kelantan, Trengganu dan Brunei Darussalam kemudian menyeberang ke Sumatra yaitu ke Silungkang, Siak dan Palembang. Songket Silungkang berasal dari Negara Bagian Selangor, sedangkan Songket Pandai Sikek berasal dari Silungkang dan Songket Payakumbuh berasal dari Pandai Sikek. Baginda Ali adalah orang yang membawa ilmu songket dari Selangor ke Silungkang pada abad ke-16 atau kurang lebih 400 tahun yang lalu.

Pendidikan di Srilanka


Debora Natalia R./S.P/015A

1.      Profil Srilanka
Srilanka adalah sebuah Negara pulau di sebelah utara Samudera Hindia, di pesisir tenggara India. Srilanka berbatasan laut dengan India di sebelah barat laut dan dengan Maladewa di barat daya. Hingga tahun 1972 dunia Internasional menyebut Negara ini CEYLON. Srilanka adalah sebuah republic. Ibukotanya, Sri Jayawardenapura Kote, adalah kota pinggiran dari kota terbesar di Srilanka, Kolombo. Srilanka sering disebut "Permata Samudera Hindia" karena bentuknya dan juga keindahan alamnya. Negara ini juga terkenal akan produksi tehnya. Suku yang merupawahakan kelompok etnis terbesar kedua di Negara ini diperkirakan mulai menetap ke wilayah ini antara awal masehi hingga abad 12.
Pulau ini dikenal dengan nama Lanka, Lankadeepa (bahasa sansekerta yang berarti "tanah bersinar"), Simoundou, Taprobane, Serendip dan Selan pada zaman kuno. Dibawah penjajahan Britania Raya, pulau ini disebut CEYLON, yang kadang-kadang masih digunakan hingga kini. Pada tanggal 2 Mei 1972 CEYLON berubah menjadi Republik Srilanka.

Sejarah Berdirinya Sekolah Minggu

                                                                                                                  
YULIA YANTIKA/SP/015B

Sekolah minggu merupakan kegiatan bersekolah yang diadakan pada hari minggu didalam gereja yang ditujukan untuk anak-anak. Banyak denominasi gereja yang mengajarkan pelajaran keagamaan di dalam Sekolah Minggu. Bisa dikatakan sekolah minggu adalah wadah pendidikan anak-anak Kristen. Tujuan akhir dari sekolah minggu sendiri ialah menjadikan anak-anak berakhlak mulia (moral yang baik) sesuai dengan ajaran Kristus (Alkitab). Tujuan akhir dari pengaajaran sekolah minggu ini telah muncul dari sebuah gagasan seorang wartawan Inggris yang sesungguhnya telah ada di Alkitab. Wartawan ini bernama "Robert Raikes" ia dikenal sebagai bapak sekolah minggu. Berawal dari sebuah perasaan iba terhadap kelakuan anak-anak nakal di hari minggu,maka tercipta suatu sejarah yang sangat fenomenal.   Apabila melihat lebih jauh kedalam tentang sejarah sekolah minggu sesungguhnya embrio pendidikan anak telah ada sejak zaman PL. Pengajarannya dimulai di lingkungan keluarga orang yahudi pada zaman Musa. Tujuannya pun juga sama dengan gagasan yang muncul dalam benak Raikes pada waktu revolusi industry di Inggris terjadi.  Dimana pada waktu itu merupakan masa transisi dari tenaga manusia ke tenaga mesin uap. Masa ini memaksa anak-anak meninggalkan bangku sekolah hanya untuk bekerja dengan gaji yang sangat minim. 

LATAR BELAKANG PERGERAKAN NASIONAL INDONESIA


ARMINAL HABLI/SI IV/014B
  1. Pengertian Pergerakan Nasional
Ditinjau dari istilah katanya "pergerakan" berasal dari kata dasar "gerak". Di dalam bahasa Inggris pergerakan dapat diartikan movement. Kemudian istilah pergerakan ini digunakan dalam sejarah perjuangan bangsa, menjadi "pergerakan nasional" yang identik dengan "kebangkitan nasional". Pergerakan nasional adalah suatu bentuk perlawanan terhadap kaum penjajah yang dilaksanakan tidak dengan menggunakan kekuatan bersenjata, tetapi menggunakan organisasi yang bergerak di bidang sosial, budaya, ekonomi dan politik. Demikian halnya dengan pergerakan nasional yang terjadi di Indonesia. Pergerakan nasional Indonesia yaitu perjuangan bangsa Indonesia melawan kolonialisme dan imperialisme yang dilalui dengan mendirikan organisasi-organisasi yang bersifat nasional dan tidak terikat lagi dengan perjuangan fisik yang suporadis dan berbau kedaerahan maupun agama.

Gerakan Kepemudaan Tri Koro Dharmo/Jong Java


Pima Putriana

Sebelum Indonesia merdeka, negara kita memiliki berbagai organisasi kepemudaan yang beranggotakan para pemuda-pemudi Indonesia baik yang bersifat nasional maupun kedaerahan. Gerakan pemuda Indonesia sebenarnya telah ada dimulai sejak berdirinya Budi Utomo. Sebab para pendiri Budi Utomo, sebenarnya para pemuda yang masih menjadi murid-murid STOVIA. Namun sejak kongresnya yang pertama, Budi Utomo telah diambil oleh kaum priyayi (bangsawan) dan para pegawai negeri, sehingga para pemuda kecewa lalu keluar dari Budi Utomo.
Organisasi yang pertama kali didirikan dikalangan pemuda ialah Tri Koro Dharmo (Tiga Tujuan Mulia). Organisasi ini berdiri pada tanggal 7 Maret 1915 di Jakarta dr.R.Satiman Wiryosandjoyo, Kadarman, Sunardi dan beberapa pemuda lainnya bermufakat untuk mendirikan perkumpulan pemuda yang mana diterima sebagai anggota hanya anak-anak sekolah menengah yang berasal dari pulau Jawa dan Madura. Perkumpulan yang diberi nama Tri Koro Dharmo merupakan gerakan pemuda pertama yang sesungguhnya. Pada tahun itu juga didirikan cabang di Surabaya. Pada mulanya cabang Jakarta mempunyai lebih kurang 50 anggota. Majalah perkumpulannya juga bernama Tri Koro Dharmo yang diterbitkan buat pertama kalinya pada tanggal 10 November 1915.

AWAL MULA TERJADINYA PERTEMPURAN MEDAN AREA TAHUN 1945

SUCI PURNANDES

 

Pertempuran medan area berawal pada tanggal 9 november  1945 , pasukan sekutu di hawah brigadir Jendral  Ted Kelly mendarat di Sumatra Utara. Pendatang pasukan sekutu itu diikuti oleh pasukan NICA yang dipersiapkan untuk mengambil alih pemerintahan. Pemerintahan Republik Indonesia di Sumatra Utara ternyata memperkenankan mereka menepati beberapa hotel di Medan seperti De Boer, Grand Hotel dan Hotel Asotaria untuk menghormati petugas Sekutu. Selanjutnya sebagian dari mereka di tempatkan di Binjai dan Tanjung morawa.

Setelah sehari mendarat, tim RAPWI mendatangi camp camp tawanan di Pulau Berayan, Sacntis, Rantau Prapat, Pemantang Siantar dan Brastagi untuk membantu membebaskan para tawanan dan dikirim ke Medan atas persetujuan Gubernur '' Teuku Muhamad Hassan''. Namun , para bekas tawanan itu langsung  menjadi intidari Batalion KNIL Medan. Akibat dari tindakan itu ternyata memancing berbagai insiden. Insiden pertama terjadi pada tanggal 13 Oktober 1945 di Jalan Bali, Medan.

SISTEM PENDIDIKAN DI TAIWAN

Dizi Papila Pertiwi 

 

A.    Sistem Pendidikan di Taiwan

Sistem pendidikan di Taiwan terdiri dari: pendidikan dasar (sembilan tahun), pendidikan menengah (tiga tahun) dan pendidikan tinggi (empat tahun gelar sarjana). Pendidikan dasar meliputi TK, SD dan SMP, sedangkan pendidikan menengah termasuk sekolah kejuruan dan sekolah menengah atas. Pendidikan tinggi termasuk perguruan tinggi, universitas, institut teknologi serta lulusan sekolah dan program pascasarjana. Sistem ini mirip dengan sistem pendidikan di Indonesia.

Tahun pelajaran terdiri dari dua semester, yaitu semester musim gugur dan semester musim semi. Semester musim gugur dimulai pada awal September dan berjalan sampai akhir Januari atau awal Februari. Semester musim semi dimulai setelah dua sampai tiga minggu liburan di sekitar Festival Musim Semi dan Tahun Baru Imlek. Semester musim semi biasanya dimulai pada pertengahan Februari

ADAT PERNIKAHAN MELAYU KHUSUSNYA DAERAH TELUK BELENGKONG KABUPATEN INDRAGIRI HILIR


AULIA RAMADHANI / PBM

Sistem adat pernikahan Melayu merupakan salah satu sistem adat yang hingga saat ini masih dilestarikan oleh masyarakatnya, termasuk masyarakat  kecamatan Teluk Belengkong, Indragiri Hilir, Riau. Di daerah ini, adat pernikahan merupakan cerminan luhur agama dan budaya sehingga hal ini baik dan harus dilaksanakan dalam masyarakat. Ajaran dan syariat agama Islam menjadi bagian yang paling utama termasuk pada upacara sakral helat pernikahan, sehingga disebut Adat Melayu bersendikan Syarak, Syarak bersendikan Kitabullah. Adat Melayu yang berpunca serta syarak mengandung nilai-nilai luhur keislaman yang menjadi landasan dan sandaran orang Melayu.
Adapun tahapan-tahapan yang dilalui pada upacara adat pernikahan Melayu ini antara lain :
A.    MERISIK
Dash ( 2016 ) menyatakan bahwa "Sebelum zaman kemajuan seperti sekarang ini, pergaulan wanita dengan laki-laki tidaklah terbuka dan satu sama lain. Mereka dibatasi oleh adat dan budaya suku Melayu yang telah mengatur itu semua dan didukung oleh masyarakat sezamannya itu".

PENDIDIKAN BUMIPUTERA PADA MASA HINDIA BELANDA (1800-1900)


SUCI PURNANDES/14B/SI IV

Belanda merupakan salah satu dari bangsa barat yang pernah menjajah Indonesia, bahkan lama waktunya hampir setengah abad. Pada akhir abad ke – 16 Belanda pertama kali sampai di Indonesia. Pada masa pemerintahannya Belanda, disamping mengeksploitasi Sumber Daya Alam Indonesia, bangsa Belanda juga memberikan pendidikan untuk bangsa Indonesia. Pendidikan dapat diartikan sebagai bimbingan atau pimpinan secara sadar oleh si Pendidik terhadap perkembangan Jasmani dan Rohani si terdidik menuju terbentuknya kepribadian yang utama Dalam makalah ini hanya dibicarakan pendidikan bagi pribumi pada masa Hindia Belanda, mulai dari perkembangan pendidikan bumi putera itu sendiri, kurikulum yang diterapkan, fasilitas dan buku pelajaran yang digunakan, dan guru-guru yang menjadi tenaga pengajar di sekolah-sekolah bumi Putera.
A.    Perkembangan Pendidikan Bumi Putera Pada Masa Hindia Belanda (1800-1900)
Setelah runtuhnya kongsi dagang Belanda VOC (Verenigde Onst Indische Compagny) dan terpaksa gulung tikar pada bulan desember 1799. Pemerintah hindia Belanda kemudian menggantikan kedudukan VOC di Indonesia yang beawal sejak tahun 1800. Pemerintah Belanda mengutus gubernur Jenderal Daendels untuk menjalankan pemerintahan di Indonesia. Deandles memerintah dengan kekerasan dengan dalih untuk mendapatkan keuntungan yang sebesar-besarnya