TRADISI DAN ADAT MASYARAKAT BANGKINANG

Feni Harti/PBM/BI

            Adat adalah aturan-aturan tentang beberapa segi kehidupan manusia yang tumbuh dari usaha orang dalam suatu daerah yang terbentuk di indonesia sebagai kelompok sosial untuk mengatur tata tertib tingkah laku anggota masyarakatnya. Di indonesia, aturan-aturan tentang segi kehidupan manusia itu menjadi aturan hukum yang mengikat dan disebut hukuk adat (Yayasan Kanisius, 1973). Sedangkan adat Riau itu sendiri adalah ketentuan-ketentuan yang mengatur tingkah laku dan hubungan antara anggota masyarakat dalam segala segi kehidupan. Oleh karena itu, adat merupakan hukum tidak tertulis dan sekaligus sebagai sumber hukum. Sebelum hukuk barat masuk ke indonesia, adat adalah satu-satunya hukum rakyat yang kemudian disempurnakan dengan hukum islam, sehingga disebut "adat bersendikan syarak". Menyatunya adat melayu dengan hukum syarak diperkirakan terjadi setelah islam masuk ke malaka pada akhir abad ke-14, sebagaimana di ungkapkan Tonel (1920)

MASUKNYA AGAMA ISLAM DI KERAJAAN CHAMPA VIETNAM


NURLIZA SEMBIRING/PIS/1A

Islam masuk di Vietnam pada adab ke 10 dan 11 Masehi melalui jamaah dari India, Persia dan pedagang Arab, dan menyebar antara jamaah cham sejak adanya perkembangan kerajaan mereka di daerah tengah Vietnam dan dikenal dengan nama kerajaan Champa.
a.      Sejarah Kerajaan Campa
Campa terletak di seberang laut sebelah selatan propinsi Goangdong (Tiongkok Selatan) demikian menurut catatan Ma Huan dalam bukunya YingYang Sheng Lan (pemandangan indah di sebrang samudra) orang berlayar menuju ke sebelah barat daya dari kabupaten Chang Le, propinsi Fujian (Tiongkok Selatan) bila ada angin buritan kapal akan sampai di Campa pada hari ke-10. Di sebelah selatan Campa terdapat kerajaan tetangga bernamaKamboja. Di sebelah barat berbatasan dengan dengan Laos. Di sebelah laut timur adalah laut besar.

SEJARAH PERKEMBANGAN KERAJAAN SAFAWI DI PERSIA SEBAGAI PELETAK DASAR NEGARA IRAN


Machmul Alamsyah Harahap/PIS A

A.    Perkembangan Kerajaan Safawi di Persia
Pada waktu kerajaan Turki Usmani sudah mencapai puncak kejayaannya, kerajaan Safawi di Persia masih baru berdiri. Namun pada kenyataannya kerajaan ini berkembang dengan cepat. Nama Safawi ini terus dipertahankan sampai Tarekat Safawiyah menjadi suatu gerakan politik dan menjadi sebuah kerajaan yang disebut kerajaan Safawi. Dalam perkembangannya, kerajaan Safawi sering berselisih dengan kerajaan Turki Usmani.
Kerajaan Safawi mempunyai perbedaan dari dua kerajaan besar Islam lainnya seperti kerajaan Turki Usmani dan Mughal. Kerajaan ini menyatakan sebagai penganut Syi'ah dan dijadikan sebagai madzhab negara. Oleh karena itu, kerajaan Safawi dianggap sebagai peletak dasar pertama terbentuknya negara Iran dewasa ini .

MUEANG THAI NEGARA TAK PERNAH DIJAJAH


SRI WAHYU ILLAHI/PIS/B
     Meskipun Thailand mendapat tekanan terus dari bangsa eropa, Thailand adalah satu-satunya Negara di Asia tenggara yang tidak pernah di jajah oleh bangsa eropa. Ada dua alasan mengapa Thailand tetap merdeka, yang pertama Thailand memiliki sistem suksesi yang mantap pada abad ke-19. Kedua Thailand mampu mengeksploitasi persaingan dan ketegangan antara Indochina Prancis dan kerajaan Inggris. Hasilnya, Negara Thailand menjadi Negara Buffer antara beberapa Negara Asia Tenggara yang dijajah dua kekuatan inggris dan Prancis.
     Meski begitu, akibat berbagai kesepakatan menjelang akhir abad ke-19, lama-lama wilayah kekuasaan Thailand digerogoti juga. Sisi timur Mekong jatuh ketangan Prancis, sedangkan Shan (sekarang Burma) dan semenanjung Malaya jatuh ketangan Inggris.

KEBIJAKAN PENDIDIKAN ISLAM MASA ORDE BARU


FITRI YANI AMRINA / SIV

Orde Baru memberikan corak baru bagi kebijakan pendidikan Agama Islam, karena beralihnya pengaruh komunisme ke arah pemurnian Pancasila melalui rencana pembangunan nasional berkelanjutan. Masa  Orde Baru disebut juga sebagai Orde Konstitusional dan Orde Pembangunan. Yakni bertujuan membangun manusia seutuhnya dan menyeimbangkan antara rohani dan jasmani untuk mewujudkan kehidupan yang lebih baik. Selain itu, dalam Pelita IV di bidang agama dan kepercayaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa makin dikembangkan. Dengan semakin meningkatnya dan meluasnya pembangunan, maka kehidupan keagamaan dan kepercayaan kepada Tuhan Yang Maha Esa harus semakin diamalkan baik dalam kehidupan pribadi maupun kehidupan sosial kemasyarakatan. Diusahakan supaya terus bertambah sarana-sarana yang diperlukan bagi pengembangan kehidupan keagamaan dan kehidupan kepercayaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa termasuk pendidikan Agama Islam yang dimasukkan dalam kurikulum sekolah mulai dari Sekolah Dasar sampai dengan universitas negeri.

SEJARAH RESTORASI MEIJI DI JEPANG


Fransiska Ima Kulada Kefi/A1//PIS

Tidak seorang pun tahu asal nenek moyang orang Jepang yang sekarang.Namun,Korea yang terletak 161 km ke arah baratdaya pantai Jepang merupakan daerah Asia yang paling dekat dengan Jepang sehingga diduga sebagai satu-satunya rute untuk menyeberang ke timur-ke Jepang.Sebagian lainnya mungkin berpindah dari pulau Okinawa ke Utara atau dari pulau Sakhalin ke selatan.Para ahli sejarah percaya bahwa selama zaman prasejarah,orang dari Siberia,Cina,Korea dan Asia Tenggara menggunakan "jembatan" ini ke Jepang.

Thailand Sepanjang sejarah kerajaan dan modern

cifta ayuolisstiowati

 

Asal mula Thailand secara tradisional dikaitkan dengan sebuah kerajaan yang berumur pendek, Kerajaan Sukhothai yang didirikan pada tahun 1238 Kerajaan Sukhothai adalah salah satu kerajaan tertua di Thailand yang berpusat di sekitar kota Sukhothai, berdiri sejak tahun 1238 sampai 1438. Bekas ibukota Kerajaan Sukhothai lama berada sekitar 12 km dari kota Sukhothai modern, yaitu di Tambon Muang Kao. Saat ini yang tertinggal di kota lama hanyalah puing-puing kota dan Taman Bersejarah Sukhothai. Kota Sukhothai sebelumnya merupakan bagian dari Kerajaan Khmer sampai dengan tahun 1238, yaitu pada saat dua pemimpin bangsa Thai, Pho Khun Pha Muang dan Pho Khun Bang Klang Hao, menyatakan kedaulatannya dan mendirikan kerajaan untuk bangsa Thai. Pho Khun Bang Klang Hao kemudian menjadi raja pertama Sukhothai, dan menamakan dirinya Pho Khun Si Indrathit (atau Intradit). Kejadian ini secara tradisi dianggap merupakan awal berdirinya negara Thai modern, meskipun terdapat beberapa kerajaan Thai yang tidak begitu terkenal, seperti Lanna, Phayao dan Chiang Saen, yang juga didirikan sekitar waktu yang sama.

KEBANGKITAN NASIONAL


WENNI SANTHONY/S/B

Diikuti teori W.J.S purwadinarti dalam kamusnya,maka arti dari pada santri ialah orang yang menuntut pelajaran islam(dengan berguru ketempat jauh seperti pesantren dan sebagainya). Tetapi kalau diikuti pengertian umum ,maka santriialah mereka yang memelajari agama islam baikyang pergi jauh mau dekat dengan niat hendak mengamalkn ilmunya dan hendak menyebarluaskannya. Hasil daripada ilmu yang dituntut itu dengan sendirinya mempengruhi perilaku sehari-hari nya. Karenayakin akan kebenaran guruny, mereka meniru tingkah laku gurunya. Ilmu yang diperoleh dari mereka artinya dari gurunya mereka jadikan dasar pola membentuk sikap ental dan watak mereka dalam hidup. Semua ini lantaran didasarioleh suatu niat suci dalam hidupnya, bahwa ilmu-ilmunya memang diyakini kebenarannya serta akan dipraktekan dalam amal sehari-hari. Oleh sebab itu barang siapa yang mempelajari islam sekedar untuk diketahui,baik karena tidak menyakini kebenaran islam maupun untuk tujuan yang merugikan islam dan umatnya,maka ia tidak layak disebut santri.

Pengaruh Sarekat Islam (SI) di dalam Kehidupan Masyarakat Indonesia


Winda Fransisca/S/A

A.    Awal Terbentuknya
Sarekat Islam (SI) pada awalnya adalah perkumpulan para pedagang muslim yang didirikan pada akhir tahun 1911 di Solo oleh H. Samanhudi. Nama semula adalah Sarekat Dagang Islam (SDI). Kemudian tanggal 10 November 1912 berubah nama menjadi Sarekat Islam (SI). H.Umar Said Cokroaminoto diangkat sebagai ketua, sedangkan H.Samanhudi sebagai ketua kehormatan. Latar belakang didirikannya organisasi ini pada awalnya untuk menghimpun dan memajukan para pedagang Islam dalam rangka bersaing dengan para pedagang asing, dan juga membentengi kaum muslimin dari gerakan penyebaran agama Kristen yang semakin merajalela. Dengan nama Sarekat Islam dibawah pimpinan H.O.S. Cokroaminoto organisasi ini semakin berkembang karena mendapat sambutan yang luar biasa dari masyarakat. Daya tarik utamanya adalah asas keislamannya. Dengan SI mereka (umat Islam) yakin akan dibela kepentingannya. [1]

SEJARAH TERBENTUK DAN PERKEMBANGAN KOTA UJUNG BATU


MAMAN KURNIAWAN / SR

Kota Ujungbatu memiliki letak yang sangat strategis dimana berada pada jalan lintas Sumatera yang menghubungkan Kota Medan dan Kota Pekanbaru. Secara Administratif Kota Ujungbatu berada dalam wilayah Kecamatan Ujungbatu yang merupakan wilayah pemekaran dari kecamatan Tandun dalam kabupaten Rokan Hulu. Wilayah Kota Ujungbatu berbatasaan dengan :  Sebelah Utara berbatasan dengan Kecamatan Pagaran Tapah Darussalam,Sebelah Selatan berbatasan dengan Kecamatan Rokan IV Koto, Sebelah Barat berbatasan dengan Kecamatan Rambah Samo, Dan Sebelah Timur berbatasan dengan Kecamatan Tandun. Secara Historis Kota Ujungbatu merupakan wilayah dari Kerajaan Rokan. Seperti Kata adat Ujungbatu dan Lubuk Bendahara merupakan adik dan kakak yang  "Boajok Bokalang Batang Botindik Uwek Padi", yang artinya adalah ujung dan pangkal rumah yang sama-sama dibawah panji kuning kerajaan Rokan. Sehingga dalam hal ini Kota Ujungbatu merupakan wilayah paling Utara dari kerajaan Rokan yang berbatasan dengan Kerajaan Kunto, Kerajaan Rambah, dan Kenegerian Tandun. Sedangkan secara adat yang merupakan "Warih Bojawek, Pisoko Botolong", maka batas ulayat Kota Ujungbatu adalah : "di Sialang Bolantak Bosi Tocacak Pila Sobatang Di Aur Tigo Serayo Ko Hilir Lubuk Jambu Menyoborang Ko Bukik Langgak Ayie Togolek Ko Kiri Daerah Kunto Togolek Ko Kanan Punyo Ujungbatu Sampai Ko Sialang Muaro Birah Adalah Berbatasan Dengan Kerajaan Kunto. Dari Sialang Muaro Birah Sampai Ke Hulu Sungai Danto Bo Batas Dengan Tandun. Dari Hulu Sungai Danto Menuju Bukik Suligi Sampai Ke Koto Ujungbatu Tinggi Berbatasan Dengan Lubuk Bendahara. [1]