PERADABAN AWAL BANGSA INDIA

SRI OKTAVIANI/PIS

            Secara geografis, wilayah India merupakan suatu jazirah dari benua Asia.Letak India seakan–akan terpisah dari daratan Asia.Hal ini disebabkan oleh pegunungan Himalaya disebelah utara India.Karena posisi wilayahnya menyendiri dari daerah Asia yang kain maka India sering disebut"anak benua Asia".
            Ditengah-tengah daerah India terdapat pegunungan Windya.Pegunungan ini membagi India menjadi dua bagian yaitu India utara dan India selatan.Pada daerah India bagian utara,mengalir Sunagi Shindu(Indus),Gangga,Yamuna,dan Brahmaputera.Daerah ini merupakan daerah subur sehingga padat penduduknya.India bagian selatan terdiri dari bukit-bukit dan gunung-gunung yang kering dan tandus.Dataran tinggi di India bagian selatan diberi nama Dataran Tinggi Dekkan.DAlam sejarahnya,India memiliki dua peradaban kuno,yaitu peradaban lembah sungai Indus(Shindu)dan peradaban lembah sungai Gangga.kedua peradaban ini menjadi bukti penting keberadaan bangsa India salah satu pemilik kebudayaan tertua yang sangat ternama di dunia.
1.PERADABAN LEMBAH SUNGAI INDUS(SHINDU)
Pusat peradaban lembah sungai Indus (Shindu) dapat diketahui berdasarkan penemuan sisa-sisa peninggalan kebudayaan di dua situs bekas kota kuno,yakni Mohenjo-Daro dan Harappa.Mohenjo-Daro yang ditemukan di daerah Shindu(sekarang wilayah Negara Pakistan diperkirakan pernah dijadikan sebagai ibu kota lembah Shindu bagian utara.Harappa yang terletak di daerah Punjab, dekat sungai Ravi,diperkirakan sebuah ibu kota dari lembah sungai Shindu bagian selatan.
Berdasarkan hasil penelitian para ahli terhadap kota Mohenjo-Daro dan Harappa, didapatkan sebuah kesimpulan bahwa kedua kota tersebut telah memiliki system Planologi (perencanaan tata kota) yang teratur dan termasuk yang pertama dan yang tertua di dunia.
Kepercayaan masyarakat Lembah Sungai Shindu bersifat Politheisme (memuja banyak dewa) dewa-dewa yang dipujanya , seperti dewa bertanduk besar dan dewa perempuan yang melambangkan kemakmura serta kesuburan (dewi ibu).
Adapun benda-benda lain yang berhasil ditemukan adalah:
1.      Di kota Harappa, ditemukan beberapa arca yang masih sempurna bentuknya dan dua buah Torso (arca yang telah hilang kepalanya).
2.      Di kota Mohenjo-Daro, ditemukan arca seorang pendeta berjanggut ia memakai pita yang melingkari kepalanya dan berpakain baju yang berhias gambar-gambar yang menyerupai daun semanggi
3.      Arca lain yang ditemukan di kota Mohenjo-Daro adalah arca berbentuk gadis penari yang terbuat dari perunggu.
Penemuan dari kota Mohenjo-Daro dan Harappa menunjukkan bahwa bahwa peralatan-peralatan tumah tangga dan senjata tel;ah terbuat dari logam, seperti perunggu.
2.PERDABAN LEMBAH SUNGAI GANGGA
            Lembah sungai gangga terletak diantara Pegunungan Himalaya dan Pegunungan Windya-Kenda.Sungainya bermata air dari pegunungan Himalaya dan mengalir melalui kota-kota besar ,seperti Delhi,Agra,Allahabad,Patna,Benares, melalui wilayah Benglades dan bermuara di teluk Benggala.Sungai Gangga juga dianggap keramat dan suci oleh umat Hindu.
            Kebudayaan lembah Sungai Gangga merupakan kebudayaan campuran antara kebudayaan bangsa Aria dengan bangsa Dravida.kebudayaan campuran ini lebih dikenal dengan sebutan kebudayaan Hindu.Setelah itu muncullah ajaran agama Budha yang pertama kali disebarkan oleh pangeran Sidharta Gautama dari kerajaan Kapilawastu (suku sakia).
            Perkembangan system pemerintahan di lembah sungai Gangga merupakan kelanjutan dari system pemerintahan masyarakat di daerah sungai Shindu.Runtuhnya kerajaan Maurya langsung digantikan Kerajaan Gupta.kerajaan Gupta didirikan oleh Raja Candragupta I (320-330) dengan pusatnya di lembah sungai Gangga.Agama Hindu dijadikan sebagai agama yang dianut mereka.
            Serelah Raja Candragupta I meninggal dia langsung digantikan oleh anaknya yang bernama Raja Candragupta II (375-415)terkenal sebagai Wikramaditiya.Akan tetapi setelah meninggalnya Raja Candragupta II, kerajaanGupta mulai mundur bahkan banyak berbagai serangan yang muncul.
            India mengalami masa kegelapan dan baru pada abad ke-7 M muncullah seorang Raja yang kuat bernama Harshawardana.Setelah masa pemerintahan Raja Harshawardana hingga abad ke-11 M tidak ada lagi raja-raja yang berkuasa.sehingga india mengalami masa kegelapan.

Daftar Pustaka:
Sejarah untuk SMA dan MA kelas X oleh Magdalia Alfian, Nana Nurliana Soeyono, Sundarini Suhartono penerbit Esis
coretantikantara.blogspot.com/.../peradaban-awal-bangsa-india.html


EKSPANSI BANGSA EROPA KE AFRIKA SELATAN

SRI OKTAVIANI/PIS

            Negara yang paling selatan di benua Afrika adalah Afrika Selatan, memiliki tiga ibu kota yakni, Pretoria, Cape Town, dan Bloemfontein, masing-masing untuk badan eksekutif, legislatif ,dan yudikatif. Orang Eropa pertama kali yang mencapai Afrika Selatan adalah Bartolomeuz Diaz, yang berlayar mengelilingi Tanjung Harapan tahun 1488.
            Keberhasilan Diaz disusul oleh Vasco da Gama pada tahun 1497-1498, yang berlayar mengelilingi Tanjung dan menemukan serta menamakannya sebagai kawasan Natal.Namun orang Portugis tidak sampai menjelajah atau bermukim di wilayah yang sekarang adalah Republik Afrika Selatan.
            Pada abad ke-17 maskapai perdagangan Inggris dan Belanda mulai bersaing untuk menguasai perdagangan di timur, karena pelayaran antara Eropa dan timur, maka diperlukan adanya stasiun persinggahan dan perbekalan.Pada tahun 1652, Dutch East India Company mendirikan Stasiun persinggahan di teluk Table di ujung utara semenanjung Tanjung. Tiga kapal penuh orang dikirim dibawah pimpinan Jan van Riebeeck, setelah mendarat orang-orang Belanda segera mendirikan benteng. Mereka berkebun dan bermukim untuk memelihara ternak.
            Banyak para pedagang Belanda yang keluar dari benteng dan bermukim untuk memelihara sapid an berdagang dengan orang Afrika. Mereka kelak disebut bangsa Boer, yang dalam bahasa Afrikaans disebut Afrikaner.Campuran darah antara orang San, Khoikhoi, dan Boer melahirkan kelompok etnis baru Caope Coloured.
            Tahun 1815 melalui Kongres Wina dengan resmi manetapkan kepemilikan Inggris atas Tanjung.Tahun 1820-an semakin banyak imigran Inggris mulai memasuki Koloni Tanjung.Penduduk Belanda yang disebut kelompok Boer tidak senang terhadap permukiman orang-orang Inggris dan tidak lama kemudian terjadilah pertikain antara keduanya.Pada tahun 1830 terjadilah migrasi besar-besaran orang-orang Boer meninggalkan Tanjung.
            Tahun 1910 berdasarkan Akta Afrika Selatan, terbentuklah Uni Afrika Selatan. Negara ini memihak Inggris dalam Perang Dunia I, dan tentaranya mengalahkan orang Jerman yang menduduki Afrika Barat Daya tahun 1919. Liga Bangsa-Bangsa memberikan wilayah yang diduduki Jerman kepada Afrika Selatan.
            Inggris menguasai Afrika Selatan sampai tahun 1931,Afrika Selatan mendapat kemerdekaannya pada waktu menjadi anggota Negara persemakmuran. Tahun 1948,Partai Nasional yang berkuasa sampai sekarang mendapat kekuasaan penuh dalam menguasai Afrika Selatan dengan system politik Apatheidnya.Tahun 1961 Afrika Selatan menyatakan diri sebagai Negara republik dan memisahkan diri dari keanggotaan Negara persemakmuran.

Daftar Pustaka:
Sejarah Afrika oleh Andri Karmidi,S.Pd,M.Pd
maulanakurnia.blogspot.com/.../ekspansi-eropa-dan-perbudakan-dunia.html(diambil tanggal 2 oktober 2013)

SEJARAH NEGARA TURKEMISTAN

ABDULLAH/PIS

 Kaum nomad berkelana di Asia Tengah kemungkinan sejak 50.000 SM. Pada 5000 SM, kaum-kaum nomad ini mulai terpceah setidaknya menjadi dua kelompok berbeda yang menuturkan bahasa berbeda. Kelompok pertama menuturkan bahasa proto-India-Eropa sedangkan kelompok lainnya menuturkan bahasa proto-Altai. Pada awalnya, bangsa India-Eropa tampaknya tinggai di selatan, di sekitar Laut Kaspia (Georgia dan Armenia modern), sedangkan penutur bahasa Altai tinggai lebih jauh di utara (Rusia dan Mongolia modern). Sekitar 3000 SM, bangsa India-Eropa menemukan cara menjinakkan dan menunggangi kuda. Kemampuan ini membuat bangsa India-Eropa menjadi lebih kuat dan lebih kaya. Mereka mampu mengurus lebih banyak ternak dan menaklukkan bangsa-bangsa lainnya dengan cara menembakkan panah dan melemparkan tombak dari atas kuda. Beberapa kelompok India-Eropa meninggalkan kediaman awal mereka dan menetap jauh di timur, di tempat yang kini menjadi Cina barat. Beberapa lainnya berkelana ke barat dan menetap di Eropa, di mana keturunan mereka di kemudian hari dikenal sebagai bangsa Kelt. Sementara, penutur bahasa Altai juga mempelajari cara menunggangi kuda, dan memulai rangkaian penyerbuan ke Cina di sebelah selatan mereka.
Sekitar 2000 SM, kelompok India-Eropa lainnya meninggalkan Asia Tengah. Beberapa pergi ke barat lagi, dan keturunan mereka dikenal sebagai bangsa Yunani, bangsa Romawi, dan bangsa Jermanik. Beberapa lainnya pergi ke selatan dan menjadi bangsa Het. Pada 1200 SM, beberapa kelompok India-Eropa bergerak ke selatan ke tempat yang kini menjadi Iran, di mana mereka kemudian dikenal sebagai bangsa Persia, dan sebagian lainnya pergi menuju India. Ada pula yang pergi ke timur dan menjadi orang Sogdiana.
Sekitar 500 SM, beberapa kelompok India-Eropa yang masih tinggal di Asia Tengah menyebut diri mereka sebagai bangsa Skythia. Kita mengetahui bangsa Skythia dari sejarawan Yunani, Herodotos. Ia menggambarkan bagaimana mereka menggunakan kuda untuk menggembalakan domba dan sapi di wilayah sebelah utara Laut Hitam (Ukraina dan Rusia modern).
Akan tetapi sekitar 300 M bangsa India-Eropa di Asia Tengah mulai terdesak oleh bangsa Altai. Bangsa Altai sendiri terbagi menjadi bangsa Mongol dan bangsa Turk, Satu kelompok campuran Mongol dan Turk, yaitu suku Rouran, mendirikan sebuah kekhaganan di sebelah utara dan barat Cina (Mongoloa dan Uzbekistan modern), meliputi satu kelompok Turk yang disebut suku Hun Putih (Heftalit). Sekitar 400 SM, suku Hun Putih meninggalkan Kekaisaran Rouran dan bergerak ke barat. Mereka berhasil menguasai Persia timur dan Sogdiana, bahkan hingga ke India utara, untuk waktu yang singkat.
Pada 550 M, suku Rouran ditaklukan oleh kelompok Turk lainnya, yaitu bangsa Gokturk, yang juga menaklukan Sogdiana serta melakukan perluasan hingga Rusia. Mereka juga menyerbu ke sebalah selatan dan timur, ke Cina. Cina berusaha melawan pada 700-an M dengan menyewa kelompok Turk lainnya, yakni suku Uighur. Ada beberapa bagian Negara di asia tengah salah satunya Negara trukmenistan.

Negara Trukmenistan

Republik Turkmenistan (bahasa Turkmenistan: Türkmenistan Respublikasy), juga dikenal sebagai Turkmenia . Sampai tahun 1990, Turkmenistan masih tergabung dalam konstitusi Uni Soviet, yang bernama Republik Sosialis Soviet Turkmenistan. Turkmenistan terletak di Asia Tengah dan berbatasan langsung dengan Iran di selatan, Afganistan di tenggara, Uzbekistan di utara,Kazakhstan di barat laut dan Laut Kaspia di barat. Sebagian besar wilayahnya merupakan hamparan gurun pasir Karakum. Negara ini memiliki cadangan gas alamterbesar kelima di dunia.
Saat ini, Turkmenistan menerapkan sistem politik partai tunggal. Sistem ini dianggap tidak memenuhi prinsip-prinsip dasar demokrasi.[1]. Sejak kemerdekaanya dari Uni Soviet, Turkmenistan dipimpin oleh Saparmurat Atayevich Niyazov, bahkan beliau menamakan dirinya sebagai Turkmenbashi ( yang berarti "Pemimpin semua bangsa Turkmen"). Pada 21 Desember 2006, beliau meninggal dunia dan digantikan oleh Gurbanguly Mälikgulyýeviç Berdimuhammedow yang ditunjuk oleh Dewan Keamanan Negara Turkmenistan, melalui pemilihan umum pada 11 Februari 2007.
Sejarah trukmenistan
Wilayah Turkmenistan telah lama dikenal banyak orang dalam sejarah. Banyak pasukan dari berbagai kerajaan yang dikirim ke wilayah ini, demi mendapatkan wilayah yang lebih makmur. Wilayah ini sudah lama dikenal terutama oleh berbagai kekaisaranPersia. Sejarah wilayah ini dimulai saat Kaisar Akhemeniyah (Kekaisaran kuno pertama Persia) menaklukan wilayah ini dan membaginya dalam tiga wilayah, Margiana, Khwarezmia, Parthia.
Aleksander Agung menaklukan wilayah ini pada abad ke-IV SM pada perjalanannya menuju Asia Tengah, dan pada saat itu pula Jalur Sutra dibangun sebagai jalur perdagangan utama yang menghubungkan Asia dan Cekungan Mediterania. Beberapa abad kemudian, berdiri Kekaisaran Parthia Persia dan membangun ibukotanya di Nisa (Situs Warisan Dunia UNESCO di Turkmenistan), yang saat ini berada sekitar 18 km ke arah barat daya Ashgabat. Setelah kejatuhan kekaisaran Parthia, wilayah ini kerap kali diduduki oleh berbagai kekaisaran Iran untuk beberapa
Pada abad ke-VII M, bangsa Arab menaklukan wilayah ini dan sekaligus memperkenalkan Islam dan juga budaya Timur Tengah. Turkmenistan mulai dikenal luas ketika khalifah Ma'mun Ar-Rasyid dari dinasti Bani Abbasiyah memindahkan ibukota kerajaan Khorasan Raya ke Merw (Situs Warisan Dunia UNESCO di Turkmenistan).
Pada pertengahan abad ke-XI Kekaisaran Turki Seljuk memusatkan kekuasaan wilayahnya di Turkmenistan dalam upaya untuk meluaskan wilayah kekaisarannya hingga Khorasan. Pada pertengahan abad ke-XII, kekuasaan Kekaisaran Turki Seljuk pun jatuh yang dikalahkan oleh Genghis Khan yang pada saat itu berhasil merebut kekuasaan di wilayah timur Laut Kaspia dalam rangka pengembaraannya ke barat.
Tujuh abad kemudian, bangsa Turkmen hidup dibawah kekuasaan berbagai kekaisaran dan perang antarsuku. Sekitar abad ke-XVII dan ke-XIX Masehi, kekuasaan di Turkmenistan diperebutkan oleh Kekaisaran Persia, Kekahanan Khiva, para Emir dari Bukhara, dan penguasa Afganistan. Selama masa ini, pemimpin spiritual Turkmen, Magtymguly Pyragy terkenal karena upaya untuk menjaga kebebasan dan otonomi bagi rakyatnya.
Pada saat itu, wilayah yang luas di Asia Tengah, termasuk Turkmenistan belum dipetakan dan hampir tidak dikenal secara luas oleh bangsa Eropa dan Dunia Barat. Persaingan untuk menguasai wilayah tersebut antara Kekaisaran Inggris dan Kekaisaran Tsar Rusiaditandai dengan Permainan Besar. Sepanjang penaklukan mereka di Asia Tengah, Rusia disambut dengan perlawanan yang paling berat oleh Turkmenistan. Bagaimanapun juga, pada tahun 1894 Rusia telah dapat menancapkan pengaruhnya di Turkmenistan dan memasukkan wilayah itu ke dalam wilayah kekaisarannya.
Masa Uni Soviet di Negara Trukmenistan
Berdasarkan Perjanjian Anglo-Rusia 1907, perang antara Kekaisaran Rusia dengan Kekaisaran Inggris di Asia Tengah pun usai. Sejak saat itu, Turkmenistan berada penuh dalam kekuasan Kekaisaran Tsar Rusia. Berbagai pengaruh dari budaya Rusia, termasuk bahasa pun mulai diperkenalkan kepada bangsa Turkmen. Revolusi Oktober 1917 yang terjadi di Rusia dan ketidakseimbangan politik menyebabkan keinginan bangsa Turkmen mendeklarasikan Republik Sosialis Soviet Turkmenistan, salah satu dari enam republik di Uni Soviet
Perubahan besar terjadi dalam kehidupan bangsa Turkmen. Bangsa Turkmen pun didorong untuk sekular dan mengadaptasi cara berpakain bangsa Eropa. Aksara yang digunakan dalam bahasa Turkmen pun diganti dari aksara Arab kuno ke Latin dan pada akhirnya menggunakan Aksara Sirilik.
Namun, membawa bangsa Turkmen untuk meninggalkan cara-cara tradisional mereka untuk mendukung komunisme tidak sepenuhnya berhasil hingga akhir tahun 1948. Kebijakan nasional Uni Soviet, antara tahun 1920 hingga 1930, sebenarnya mempromosikan "Penemuan Tradisi Bangsa Turkmen,Bangsa Turkmen mendapat perlakuan yang lebih dalam administrasi Soviet dan sistem pendidikan. Selama tahun Stalin memerintah, beliau mengizinkan bahasa Turkmen sebagai bahasa resmi di Republik Sosialis Soviet Turkmenistan.
Masa kemerdekaan Negara Trukmenistan
Ketika Uni Soviet mulai runtuh, Turkmenistan dan republik Asia Tengah lainnya cemas akan keadaan negara, karena mereka membutuhkan kekuatan ekonomi dan pasar umum dari Uni Soviet untuk bisa mencapai kemakmuran. Namun demikian, Turkmenistan mengumandangkan kemerdekaannya pada tanggal 27 Oktober 1991, dan merupakan republik terakhir Soviet yang memisahkan diri.
Pada tahun 1991, Turkmenistan bergabung dalam Persemakmuran Negara-Negara Merdeka, sebuah organisasi internasional yang anggotanya terdiri dari negara-negara pecahan Uni Soviet. Namun, Turkmenistan mngurangi status keanggotaannya dalam organisasi tersebut menjadi "anggota asosiasi" pada Agusus 2004. Pernyataan yang disampaikan oleh Presiden Turkmenistan bahwa kebijakan negara tersebut akan netral selamanya[4].
Pemimpin lama Republik Sosialis Soviet Turkmenistan, Saparmurat Niyazov menjadi presiden pertama Turkmenistan setelahkeruntuhan Uni Soviet. Di bawah kepemimpinan beliau, hubungan antara bangsa Rusia dan Turkmen sangat dingin. Beliau menyebut dirinya sebagai seorang promotor Muslim tradisional dan budaya bangsa Turkmen, bahkan beliau menyebut dirinya sebagai Türkmenbaşy, yang berarti Pemimpin semua bangsa Turkmen. Perpanjangan kekuasaan beliau bertambah besar pada awal 1990an, dan pada tahun 1999, beliau menjadi Presiden seumur hidup.
Beliau meninggal dunia pada 21 Desember 2005 tanpa meninggalkan pewaris. Seorang mantan wakil perdana menteri dikabarkan adalah anak tidak sahnya beliau. Gurbanguly Berdymukhamedov dipilih untuk menggantikan beliau pada 11 Februari 2007 melalui pemilihan umum.
Sistem politik Negara Trukmenistan
Setelah 69 tahun menjadi bagian dari Uni Soviet dan 67 tahun menjadi bagian dari republik kesatuan dalam Uni Soviet, pada tanggal 27 Oktober 1991,rakyat Turkmenistan memutuskan untuk merdeka dan berpisah dari Uni Soviet.
Presiden seumur hidup Saparmurat Atayevich Niyazov yang merupakan mantan birokratPartai Komunis Uni Soviet yang memimpin Turkmenistan dari tahun 1985, ketika beliau menjabat ketua Partai Komunis Turkmenistan. Beliau mengambil alih kepemimpinan setelah keruntuhan Uni Soviet dan pada tanggal 28 Desember 1999, beliau diangkat sebagaiPresiden seumur hidup Turkmenistan oleh Mejlis (majelis setempat).
Bekas partai Komunis, sekarang dikenal sebagai Partai Demokrat Turkmenistan yang merupakan partai tunggal yang diizinkan oleh pemerintah. Partai polik lainnya dianggap tidak sah atau ilegal kecual mendapat persetujuan dari pemerintah.
Pembagian Wilayah
    Turkmenistan dibagi menjadi lima provinsi atau welayatlar (tunggal welayat) dan sebuah wilayah ibu kota yaitu
1. provinsi Ashgabat
2.provinsi Ahal
3. provinsi Balkam
4. provinsi Dasoguz
5. provinsi mary
Iklim yang ada di Negara Trukmenistan
Sebagian besar wilayah Turkmenistan merupakan gurun pasir terkering di dunia, yang dimana di beberapa tempat memiliki curah hujan tahunan hanya mencapai 12 mm (0.47 inci). Suhu tertinggi yang pernah tercatat yaitu sekitar 48.9 °C (120°F) dan di Kerki, sebuah kota kecil yang terletak di tepi Sungai Amu Darya, yaitu sekitar 51.7 °C (125.1 °F) pada Juli 1983.
Letak Geografi Negara Trukmenistan
Terletak di Asia Tengah yang sebagian besar merupakan wilayah gurun pasir yang dibatasi oleh barisan pegunungan, menyebabkan 80% wilayahnya diselimuti oleh gurun Karakum. Di bagian tengah wilayah ini merupakan daerah Dataran rendah Turpan. Di bagian barat daya wilayah ini terdapat pegunungan Kopet Dag yang memiliki puncak tertinggi Kuh-e Rizeh (Gunung Rizeh) sekitar 2,912 meter (9,553 kaki)
Di bagian barat negara ini terbentang Barisan Pegunungan Balkan Besar (sebagian besar terletak di Provinsi Balkan) dan juga Barisan Pegunungan Köýtendag di bagian timur laut yang berbatasan dengan Uzbekistan, yakni di Provinsi Lebap. Barisan Pegunungan Balkan Besar menjulang tinggi dengan puncak tertingginya Gora Arlan (Gunung Arlan) sekitar 1,880 meter (6,710 kaki)[7] dan puncak tertingginya, Ayrybaba yang terletak di Barisan Pegunungan Kugitangtau sekitar 3,137 meter (10,292 kaki)[8]. Terbentang pula sungai-sungai besar seperti Amu Darya, Mughrab dan Hari.
Demografi
Sebagian besar penduduk Turkmenistan merupakan etnis Turkmen dan diikuti oleh etnis-etnis minoritas lainnya seperti etnis Uzbek dan Rusia. Jumlah kecil minoritas lainnya berasal dari etnis Kazakh,Tatar, Ukraina,Azerbaijan, Armenia dan Balokh. Persentasi etnis Rusia menurun dari 18.6% pada tahun 1939 menjadi 9.5% pada tahun 1989.
Bahasa yang di gunakan Negara Trukmenistan
Bahasa Turkmen merupakan bahasa resmi di Turkmenistan, walaupun masih banyak penduduknya yang menggunakan bahasa Rusiauntuk komunikasi antaretnis. Sekitar 72% penduduknya menggunakan bahasa Turkmen, 12% menggunakan bahasa Rusia, 9% menggunakan bahasa Uzbek dan 7% menggunakan bahasa lainnya.
Agama yang ada di Negara Trukmenistan
 Islam dianut oleh sekitar 89% penduduk, sementara 9% penduduknya menganut kristenGereja Ortodoks dan lainnya sekitar 2% dilaporkan sebagai penganut atheis. Islam masuk ke Turkmenistan melalui kegiatan misionaris, dimana para misionaris merupakan orang suci yang terkadang dianggap sebagai leluhur dari suku atau etnik tertentu, kemudian mereka menjadi "pendiri" kelompok suku.
Pada masa Uni Soviet, semua hal yang berhubungan dengan keagamaan dibekukan oleh otoritas komunis Soviet. Sebagian besar sekolah dan lembaga keagamaan ditutup dan dilarang, bahkan sebagian besar mesjid pun ditutup. Namun, sejak tahun 1990, telah dilakukan usaha untuk mengembalikan semua peninggalan budaya yang hilang dan dilarang pada masa Uni Soviet. Presiden pertamaSaparmurat Atayevich Niyazov menyatakan bahwa nilai-nilai dasar keislaman harus diajarkan di sekolah-sekolah umum. Beberapa institusi islam, termasuk sekolah-sekolah keagamaan dan mesjid telah kembali dibuka dengan banyak bantuan dukungan dari Arab Saudi, Kuwait dan Turki. Kelas-kelas keagamaan pun diadakan di semua sekolah dan mesjid dengan beberapa menggunakan Bahasa Arab, pelajaran Al-Qur'an dan Hadis, serta sejarah Islam

DAFTAR PUSTAKA
Hafeez  Malik.2000.Central Asia's Geopolitical Significance and Problems of Independence: An Introductions, New York: St. Martin
Pacicolan paolo.2001.US and Asia Statistic Handbook.washington:Heritage Founddation.
http://id.wikipedia.org/wiki/Asia_Tengah#Sejarah



MASUK DAN BERKEMBANGNYA AGAMA ISLAM DI INDIA

Lisa rahmadania / pis
Agama islam masuk ke india melalaui saudagar –saudagar muslim yang  hendak berniaga di india agama islam mulai berkembang  pada masa pemerintahan chaliffa urrasydin sekitar abat ke 8 yang perkembanganya dari arah barat ke timur kedatangan bangsa arab ke india mulai terganggu karena orang hindu  yang tidak suka dengan tindakan saudagar muslim yang tidak membedakan kasta setiap orang hindu namun hal tersebut membuat para saudagar arab berhasil membangun kerajaan-kerajaan islam kecil di daerah sindh ghazna dan sanarhand serta masih banyak yang lainnya namun keadaan menjadi lain ketika para bangsawan dan pendeta hindu memperlakukan mereka dengan kasar perlakuan kasar yang  di terima oleh orang muslim di daerah sindh, ketika  hal ini dilaporkan ke damaskus  maka dikirimlah utusan dari damaskus untuk menghancurkan sindh dan akhirnya wilayah islam bertambah luas di india dengan jatuhnya  sindh, pengaruh islam khususnya di daera barat makin bertambah baik dan agama hindu pun semakin sempit
Jadi jelas masuknya agama islam di india itu benar-benar menguntungkan karena pemeluk hindu sudah muak dengan perlakuan sewenan- wenang dari para pendetanya serta  kacaunya negara india sejak kematian raja harsya dan sejak saat itu tak ada yang mampu menduduki tahta kerajaan
Sementara itu seorang hamba sahaya dari kerajaan turki yang dapat memerdekan dirinya dan berhasil membangun kerajaan kecil yang berdaulat penuh dengan ibukotanya ghazni meskipun tidak lama memerintah namun hal ini cukup berhasil menjadi cikal bakal kerajaan ghazna yang suatu saat memegang peranan penting di india ,al-patigin nama hamba sahaya tersebut kemudian ia digantikan oleh menantunya yang bernama sabuktigin yang dibawah pemerintahanya kerajaan ghazna semakin luas dan berkembang sampai ke afganistan setelah ia wafat ia digantikan oleh mahmud  dan kerajaan ghazna berhasil memasuki  perbatasan india dimananegara tetangga yang kaya raya dan sangat di idam-idamkan para leluhurnya terdahulu mahmud ghazna mulai naik tahta pada tahun 997 ia berhasil memperluas wilayahnya anatara mesopotamia, laut kaspian dan sungai gangga ia menetapkan beberapa gubernur di daerah terkenal yang letaknya jauh dari ibukota  mahmud ghazna  di kenal sebagai panglima perang yang kejam namun  ia juga pecinta seni dan kebudayaan sehingga ia membangun sebuah mesjid  yang terkenal dengan nama  mesjid mempelai sorga  serta ia membangun sebuah  perguruan tinggi beserta perpustakaanya  setelah ia wafat tahun 1030  ia digantikan  putranaya mus'uud ghazna  namun  pada masa pemerintahanya  banya sekali pemberontakan  dan banyak yang ingin melepaskan diri serta menginginkan kekuasaan yang otonom  maka sejak saat itu kekuasaan dinasti ghazna dihapuskan karna tidak ada pemimpin kerajaan ghazna yang mampu memimpin
Selanjutnya tampil muhammad  ghori sebagai pendiri dinasti ghori  yang mengalahkan dinasti ghazna  namun kekuasaanya tidak berlansung lama  sebab pada tahun 1206 ia digantikan qutbuddin muhammad thori dari dinasti hamba sahaya  pada masa pemerintahannyalah diletakanya dasar-dasar islam di india islam berkembang sangat pesat terutama  karena dorongan  dari penguasah india saat itu namun ia juga tidak lama berkuasa ia dikalahkan  oleh malik samsuddin iltutmish meskipun keadaan saat sedang kacau tapi ia mampu menguasai dan menertibkan pemerintahan  berbagai usaha ia lakukan untuk menyingkirkan kaum oposisi, sebagai raja yang mmapu memperbaiki kerajaanya dengan baik secara physik dan mental ia telah berusaha baik untuk negaranya namun sayang  tidak ada satu pun penggantinya yang mamapu hingga suatu saat  seorang panglima  yang bernama balban  berhasil naik tahta yang mampu mememrintah dengan tangan besi dapat dikatakan pada masa pemerintahanya  dinasti hamba sahaya mencapai puncaknya namun dinasti ini hancur pada tahun 1290  karena balban dibunuh ole jallaludin kemudian ia mendirikan dinasti kalji
Pemerintahan dinasti kalji berjalan  dengan aman dan penuh perdamain dengan raja ayang bijaksana namun hal ini mengundang pemberontakan dan raja itu sendiri di bunuh oleh kemenakanya yang bernama allaudin  yang naik tahta namun tampa ia sadari telah banyak rintangan yang  menghadapinya di depan  baik di dalam maupun luar negri,bangsa turki dan moghul telah masuk ke india dan mereka menetap disana dan merekapun tak mampu menampungnya
Dinasti tughlak (1321-1388)  di bawah pimpinan gyasuddin malik akhirnya berhasil menyingkirkan  dinasti kalji, di bawah dinsti inilah kesultanan delhi mencapai puncaknya  kepemimpinannya pun silih berganti antara yang kuat dan yang lemah, fizuz syah adalah raja yang berhasil dan cukup berjasa dalam pengembangan agama islam yaitu dengan mewajibkan membayar pajak bagi peziarah hindu namun seperti dinasi yang sebelunya dinasti ini hancur juga karena tidak  raja –rajanya yang mampu memimpin. Akhirnya pada tahun 1414 muncul khizir khan yang berhasil mendirikan dinasti sayyid namun umurnya tidak terlau lama dan digantikan dengan dinasti lodi (1451-1526) dengan raja yang bernama  ibrahim lodi  raja yang lemah ini tidak  mampu mengatasi kemelut di negrinya dan untuk mengatasi masalahnya itu maka ia mengundang seorang raja dari moghul yang bernama babur namun  hal ini akan berakibat fatal bagi negara india untuk masa yang akan datang dan pada saat yang tepat dan dengan perhitungan babur datang untuk menguasai india dan usahanya ini tidak sia-sia
Daftar perpustakaan
Erwin.tuti nuriah.asia selatan dalam sejarah,jakarta,1990
murtadinkafirun.forumotion.net/t733-sejarah-masukn...‎

PERKEMBANGAN PASCA KEMERDEKAAN

MARZANIZAM/PIS

 Segera setelah kemerdekaan, 1945, makin terbuka kesempatan bagi bangsa Indonesia untuk mewujudkan impiannya membuat pesawat terbang sesuai dengan rencana dan keinginan sendiri. Kesadaran bahwa Indonesia sebagai negara kepulauan yang luas akan selalu memerlukan perhubungan udara secara mutlak sudah mulai tumbuh sejak waktu itu, baik untuk kelancaran pemerintahan, pembangunan ekonomi dan pertahanan keamanan.
 Pada masa perang kemerdekaan kegiatan kedirgantaraan yang utama adalah sebagai bagian untuk memenangkan perjuangan merebut dan mempertahankan kemerdekaan, dalam bentuk memodifikasi pesawat yang ada untuk misi-misi tempur. Tokoh pada massa ini adalah Agustinus Adisutjipto, yang merancang dan menguji terbangkan dan menerbangkan dalam pertempuran yang sesungguhnya. Pesawat Cureng/Nishikoren peninggalan Jepang yang dimodifikasi menjadi versi serang darat. Penerbangan pertamanya di atas kota kecil Tasikmalaya pada Oktober 1945. Pada tahun 1946, di Yogyakarta dibentuk Biro Rencana dan Konstruksi pada TRI-Udara. Dengan dipelopori Wiweko Soepono, Nurtanio Pringgoadisurjo, dan J. Sumarsono dibuka sebuah bengkel di bekas gudang kapuk di Magetan dekat Madiun. Dari bahan-bahan sederhana dibuat beberapa pesawat layang jenis Zogling, NWG-1 (Nurtanio Wiweko Glider). Pembuatan pesawat ini tidak terlepas dari tangan-tangan Tossin, Akhmad, dkk. Pesawat-pesawat yang dibuat enam buah ini dimanfaatkan untuk mengembangkan minat dirgantara serta dipergunakan untuk memperkenalkan dunia penerbangan kepada calon penerbang yang saat itu akan diberangkatkan ke India guna mengikuti pendidikan dan latihan.
 Selain itu juga pada tahun 1948 berhasil dibuat pesawat terbang bermotor dengan mempergunakan mesin motor Harley Davidson diberi tanda WEL-X hasil rancangan Wiweko Soepono dan kemudian dikenal dengan register RI-X. Era ini ditandai dengan munculnya berbagai club aeromodeling, yang menghasilkan perintis teknologi dirgantara, yaitu Nurtanio Pringgoadisurjo. Kemudian kegiatan ini terhenti karena pecahnya pemberontakan Madiun dan agresi Belanda.
Setelah Belanda meninggalkan Indonesia usaha di atas dilanjutkan kembali di Bandung di lapangan terbang Andir - kemudian dinamakan Husein Sastranegara. Tahun 1953 kegiatan ini diberi wadah dengan nama Seksi Percobaan. Beranggotakan 15 personil, Seksi Percobaan langsung di bawah pengawasan Komando Depot Perawatan Teknik Udara, Mayor Udara Nurtanio Pringgoadisurjo.
 Berdasarkan rancangannya pada 1 Agustus 1954 berhasil diterbangkan prototip "Si Kumbang", sebuah pesawat serba logam bertempat duduk tunggal yang dibuat sesuai dengan kondisi negara pada waktu itu. Pesawat ini dibuat tiga buah. Pada 24 April 1957, Seksi Percobaan ditingkatkan menjadi Sub Depot Penyelidikan, Percobaan & Pembuatan berdasar Surat Keputusan Kepala Staf Angkatan Udara No. 68. Setahun kemudian, 1958 berhasil diterbangkan prototip pesawat latih dasar "Belalang 89" yang ketika diproduksi menjadi Belalang 90.Si Kumbang Pesawat yang diproduksi sebanyak lima unit ini dipergunakan untuk mendidik calon penerbang di Akademi Angkatan Udara dan Pusat Penerbangan Angkatan Darat.
Di tahun yang sama berhasil diterbangkan pesawat oleh raga "Kunang 25". Filosofinya untuk menanamkan semangat kedirgantaraan sehingga diharapkan dapat mendorong generasi baru yang berminat terhadap pembuatan pesawat terbang.
Usaha Pendirian Industri Pesawat Terbang
 Sesuai dengan kemajuan-kemajuan yang telah dicapai dan untuk memungkinkan berkembang lebih pesat, dengan Keputusan Menteri/Kepala Staf Angkatan Udara No. 488, 1 Agustus 1960 dibentuk Lembaga Persiapan Industri Penerbangan/LAPIP. Lembaga yang diresmikan pada 16 Desember 1961 ini bertugas menyiapkan pembangunan industri penerbangan yang mampu memberikan dukungan bagi penerbangan di Indonesia Mendukung tugas tersebut, pada tahun 1961 LAPIP mewakili pemerintah Indonesia dan CEKOP mewakili pemerintah Polandia mengadakan kontrak kerjasama untuk membangun pabrik pesawat terbang di Indonesia. Kontrak meliputi pembangunan pabrik , pelatihan karyawan serta produksi di bawah lisensi pesawat PZL-104 Wilga, lebih dikenal Gelatik. Pesawat yang diproduksi 44 unit ini kemudian  igunakan untuk dukungan pertanian, angkut ringan dan aero club. Dalam kurun waktu yang hampir bersamaan, tahun 1965 melalui SK Presiden RI - Presiden Soekarno, didirikan Komando Pelaksana Proyek Industri Pesawat Terbang (KOPELAPIP) - yang intinya LAPIP - ; serta PN. Industri Pesawat Terbang Berdikari.
 Pada bulan Maret 1966, Nurtanio gugur ketika menjalankan pengujian terbang, sehingga untuk menghormati jasa beliau maka LAPIP menjadi LIPNUR/Lembaga Industri Penerbangan Nurtanio. Dalam perkembangan selanjutnya LIPNUR memproduksi pesawat terbang latih dasar LT-200, serta membangun bengkel after-sales-service, maintenance, repair & overhaul. Pada tahun 1962, berdasar SK Presiden RI - Presiden Soekarno, didirikan jurusan Teknik Penerbangan ITB sebagai bagian dari Bagian Mesin. Pelopor pendidikan tinggi Teknik Penerbangan adalah Oetarjo Diran dan Liem Keng Kie. Kedua tokoh ini adalah bagian dari program pengiriman siswa ke luar negeri (Eropa dan Amerika) oleh Pemerintah RI yang berlangsung sejak tahun 1951. Usaha-usaha mendirikan industri pesawat terbang memang sudah disiapkan sejak 1951, ketika sekelompok mahasiswa Indonesia dikirim ke Belanda untuk belajar konstruksi pesawat terbang dan kedirgantaraan di TH Delft atas perintah khusus Presiden RI pertama. Pengiriman ini berlangsung hingga tahun 1954. Dilanjutkan tahun 1954 - 1958 dikirim pula kelompok mahasiswa ke Jerman, dan antara tahun 1958 - 1962 ke Cekoslowakia dan Rusia. Perjalanan ini bertaut dengan didirikannya Lembaga Persiapan Industri Pesawat Terbang (LAPIP) pada 1960, pendirian bIdang Studi Teknik Penerbangan di ITB pada 1962, dibentuknya DEPANRI (Dewan Penerbangan dan Antariksa Republik Indonesia) pada 1963. Kemudian ditindaklanjuti dengan diadakannya proyek KOPELAPIP (Komando Pelaksana Persiapan Industri Pesawat Tebang) pada Maret 1965. Bekerjasama dengan Fokker, KOPELAPIP tak lain merupakan proyek pesawat terbang komersial. Sementara itu upaya-upaya lain untuk merintis industri pesawat terbang telah dilakukan pula oleh putera Indonesia - B.J. Habibie - di luar negeri sejak tahun 1960an sampai 1970an. Sebelum ia dipanggil pulang ke Indonesia untuk mendapat tugas yang lebih luas. Di tahun 1961, atas gagasan BJ. Habibie diselenggarakan Seminar Pembangunan I se Eropa di Praha, salah satu adalah dibentuk kelompok Penerbangan yang di ketuai BJ. Habibie.
 Ada lima faktor menonjol yang menjadikan IPTN berdiri, yaitu : ada orang-orang yang sejak lama bercita-cita membuat pesawat terbang dan mendirikan industri pesawat terbang di Indonesia; ada orang-orang Indonesia yang menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi membuat dan membangun industri pesawat terbang; adanya orang yang menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi yang berdedikasi tinggi menggunakan kepandaian dan ketrampilannya bagi pembangunan industri pesawat terbang; adanya orang yang mengetahui cara memasarkan produk pesawat terbang secara nasional maupun internasional; serta adanya kemauan pemerintah. Perpaduan yang serasi faktor-faktor di atas menjadikan IPTN berdiri menjadi suatu industri pesawat terbang dengan fasilitas yang memadai. Ketika upaya pendirian mulai menampakkan bentuknya - dengan nama Industri Pesawat Terbang Indonesia/IPIN di Pondok Cabe, Jakarta - timbul permasalahan dan krisis di tubuh Pertamina yang berakibat pula pada keberadaan Divisi ATTP, proyek serta programnya - industri pesawat terbang. Akan tetapi karena Divisi ATTP dan proyeknya merupakan wahana guna pembangunan dan mempersiapkan tinggal landas bagi bangsa Indonesia pada Pelita VI, Presiden menetapkan untuk meneruskan pembangunan industri pesawat terbang dengan segala konsekuensinya. Maka berdasarkan Peraturan Pemerintah No. 12, tanggal 15 April 1975 dipersiapkan pendirian industri pesawat terbang. Melalui peraturan ini, dihimpun segala aset, fasilitas dan potensi negara yang ada yaitu : - aset Pertamina, Divisi ATTP yang semula disediakan untuk pembangunan industri pesawat terbang dengan aset Lembaga Industri Penerbangan Nurtanio/LIPNUR, AURI - sebagai modal dasar pendirian industri pesawat terbang Indonesia. Penggabungan aset LIPNUR ini tidak lepas dari peran Bpk. Ashadi Tjahjadi selaku pimpinan AURI yang mengenal BJ. Habibie sejak tahun 1960an. Tanggal 28 April 1976 berdasar Akte Notaris No. 15, di Jakarta didirikan PT. Industri Pesawat Terbang Nurtanio dengan Dr, BJ. Habibie selaku Direktur Utama. Selesai pembangunan fisik yang diperlukan untuk berjalannya program yang telah dipersiapkan, pada 23 Agustus 1976 Presiden Soeharto meresmikan industri pesawat terbang ini. Dalam perjalanannya kemudian, pada 11 Oktober 1985, PT. Industri Pesawat Terbang Nurtanio berubah menjadi PT. Industri Pesawat Terbang Nusantara atau IPTN. (Subekti. 1997:46) Dari tahun 1976 cakrawala baru tumbuhnya industri pesawat terbang modern dan lengkap di Indonesia di mulai. Di periode inilah semua aspek prasarana, sarana, SDM, hukum dan regulasi serta aspek lainnya yang berkaitan dan mendukung keberadaan industri pesawat terbang berusaha ditata. Selain itu melalui industri ini dikembangkan suatu konsep alih/transformasi teknologi dan industri progresif yang ternyata memberikan hasil optimal dalam penguasaan teknologi kedirgantaraan dalam waktu relatif singkat, 24 tahun. Weell, cerita seputar IPTN, sampai dengan menjadi PT. DI saat ini, dan soal mengapa industri penerbangan kita jalan ditempat atau bahkan sempat berakhir... mengenai campur tangan ASING sehingga industri penerbangan kita MATI SURI sampai memasuki masa reformasi ini (2013).

DAFTAR PUSTAKA
 Sapari, Achmad. 1997. /Pesawat Terbang: Dari Masa Ke Masa/. Yogyakarta: PT. Edumedia Usman, Choirul. 1992.
 Sejarah Pesawat Terbang. Jakarta: PT. Kapolaga Mas. Taylor, Ron, dkk. 1983.
 Alam Pesawat. Jakarta: PT Gramedia. Subekti. 1997.
 IPTN : Jawaban Bagi Kebutuhan Penerbangan Komersial Masa Depan. Jakarta: Citra Mandala. Sulaksono, Eko. 1998.
 Etalase Unjuk Kerja dan Prestasi Kedirgantaraan. Yogyakarta: PT. Edumedia. Hakim, Chappy. 2010.
 Pelangi Dirgantara. Jakarta: PT. Kompas Media Nusantara. Aji, Darma. 2007.
 Perang Udara di Eropa. Jakarta: PT. Kompas Media Nusantara. Soewito, Irna H.N Hadi. 2008.