Halaman

ISTANA SAYAP PELALAWAN

NOVIA ARIYANI

 

Pelalawan adalah sebuah Kabupaten di Provinsi Riau, Pelalawan mempunyai sebuah sejarah yang panjang, Pelalawan adalah Kabupaten baru pemekaran dari Kabupaten Induk Kabupaten Kampar. Sejarah Pelalawan diawali dari kerajaan Pekantua yang didirikan oleh Maharaja Indera (sekitar tahun 1380 M). Beliau adalah bekas Orang Besar Kerajaan Temasik (Singapura) yang mendirikan kerajaan ini setelah Temasik dikalahkan oleh Composeh Majapahit di penghujung abad XIV. Sedangkan Raja Temasik terakhir yang bernama Permaisura (Prameswara) mengundurkan dirinya ke Tanah Semenanjung, dan mendirikan kerajaan Melaka. Maharaja Indera (1380-1420 M) membangun kerajaan Pekantua di Sungai Pekantua (di anak sungai Kampar, sekarang termasuk Desa Tolam, Pelalawan, Riau) pada tempat bernama "Pematang Tuo" dan kerajaannya dinamakan "Pekantua".

SEJARAH KELAM KAMBOJA (Pemerintahan POL POT)

RATIH AYUNING CHINTYA

 

Saloth Sar (lahir 19 Mei 1928 – meninggal 15 April 1998 pada umur 69 tahun), lebih dikenal sebagai Pol Pot, adalah pemimpin Khmer Merah dan Perdana Menteri Kamboja dari 1976 hingga 1979. Pemerintahannya banyak disalahkan untuk kematian sekitar dua juta warga Kamboja, meski perkiraan jumlahnya beragam.

Kamboja atau Kampuchea merupakan negara di Asia Tenggara yang semula berbentuk Kerajaan di bawah kekuasaan Dinasti Khmer di Semenanjung Indo-China antara Abad Ke-11 dan Abad Ke-14. Rakyat Kamboja biasanya dikenal dengan sebutan Cambodian atau Khmer, yang mengacu pada etnis Khmer di negara tersebut. Negara anggota ASEAN yang terkenal dengan pagoda Angkor Wat ini berbatasan langsung dengan Thailand, Laos dan Vietnam. Sebagian besar rakyat Kamboja beragama Buddha Theravada, yang turun-temurun dianut oleh etnis Khmer. Namun, sebagian warganya juga ada yang beragama Islam dari keturunan muslim Cham.

Perkembangan Islam di Singapura

RATIH AYUNING CHINTYA

 

Penyebaran agama Islam yang dimulai dari jazirah Arab hingga menyentuh Eropa, Amerika dan Asia, tidak lepas dari peranan para saudagar yang melakukan perjalanan untuk berdagang. Selain itu, mereka melakukan da'wah untuk menyebarkan agama Islam dengan cara yang damai dan tidak bertentangan dengan kebudayaan masing-masing daerah yang dituju tersebut. Karena ajarannya yang sangat universal, Islam mudah di terima oleh hampir semua lapisan masyarakat. Salah satu contoh yaitu terjadinya akulturasi antara Islam dan kebudayaan Jawa yang ada di Indonesia. Islam datang ke daerah Asia Tenggara di bawa oleh para pedagang Arab sekitar abad 7 Masehi. Tetapi ada pendapat lain yang mengatakan bahwa Islam datang ke daerah Asia Tenggara di bawa oleh orang-orang Gujarat India yaitu pada abad ke 17 Masehi.  Pendapat lain mengatakan kedatangan Islam dibawa oleh orang-orang Persia pada abad ke 13 Masehi. Banyak bukti-bukti yang menunjukkan persamaan antara keduanya, yaitu adanya tarekat-tarekat, peringatan 10 Syuro dan cara membaca Al-Quran.

SEJARAH PERKEMBANAN ISLAM DI MESIR


VISKA SEPTIANI / SP

            Islam mengalami puncak kejayaan di berbagai aspek dan menjadi kiblat peradaban di dunia ketika Dinasti Abbasiyah berkuasa yang berpusat di Bagdad, keturunan Bani Umayyah di Spanyol, dan Dinasti Fatimiyah di Masir. Ke tiga  kerajaan ini masing-masing ikut andil menyumbangkan paradaban  yang bukan hanya mengharumkan nama Islam, tapi juga menjadi penyebab bangkitnya Eropa (Barat) dari keterbekangan khususnya di bidang ilmu pengetahuan dan teknologi. Kejayaan Islam mulai  meredup pada era abad VI – XI M. Puncaknya pada abad XI M, akhirnya datanglah serangan Pasukan Salib yang mengumandangkan perang suci yang berlangsung kurang lebih dua abad. Belum sembuh luka yang diderita umat Islam, muncul lagi serangan yang lebih dahsyat yakni serangan Jangis Khan dan cucunya Khulagu Khan serta Timur Lenk secara bertubi-tubi dan mebabi buta. Peradaban Islam porak-poranda, hancur berkeping-keping. Islam

ISLAM DI NEGARA SURINAME

NURAINI/S/EB

Data statistik sensus penduduk Suriname tahun 2004 menunjukkan bahwa Islam di Suriname mencapai 66,307 jiwa (13,5 % dari jumlah penduduk), menduduki peringkat ketiga setelah agama Kristen, 200,744 jiwa (40,7 %) dan Hindu, 98,240 jiwa (19,9 %). Dari seluruh umat Islam di Suriname, yang terbanyak berasal dari suku Jawa, 46,156 jiwa (69,6 %) dan yang lain dari Hindustan, 15,636 jiwa (23,6 %) dan suku-suku lain. Pada mulanya secara umum masyarakat muslim Suriname memeluk agama sekedar mewarisi agama nenek moyang. Hal itu terjadi karena mereka memang datang ke Suriname tidak mendapatkan pendidikan agama yang kuat. Pada kasus masyarakat muslim Jawa umpamanya, kebanyakan mereka berasal dari tradisi agama Islam Jawa Abangan yang hanya mengenal Islam sekedar nama dan lebih kental dengan unsur tradisi dan budaya Jawa. Hal itu terlihat umpamanya, kenapa hingga sekarang sebagian masih mempertahankan shalat menghadap ke barat seperti nenek moyang mereka dari Jawa, padahal Suriname berada di sebelah barat Ka'bah.

PERADABAN ROMAWI KUNO

DEDEK RAMADHAN

 

Menurut kepercayaan, kata Romawi berasal dari nama kakek moyang bangsa Romawi, yaitu Remus dan Romulus. Kedua orang tersebut adalah anak dari Rhea Silva, salah satu keturunan Aeneas (pahlawan Perang Troya), semasa kecil mereka disusui dan dibesarkan oleh seekor serigala. Mengenal kata Roma mengingatkan kepada ibukota negara Italia.

Memang, peradaban Romawi ini terletak di negeri Italia, tepatnya berada di Pegunungan Apenina. Lembah pegunungan Apenina merupakan lahan-lahan yang subur dan cocok untuk dijadikan sebagai lahan pertanian, oleh karena itu masyarakat yang tinggal di sana memiliki mata pencahariaanya sebagai petani gandum, jagung dan sayur-sayuran.

RESOLUSI KONFLIK PERBATASAN ERITREA-ETHIOPIA (1998-2000)

WIJAYANTI

 

1.      Perang Kemerdekaan Eritrea menghadapi Ethiopia

Eritrea dan Ethiopia merupakan wilayah yang berada di Afrika. Pada tahun 800 SM Dinasti D'Mit menyatuka wilayah Eritrea dan Ethiopia. Ketika Perang Dunia II berlangsung, Inggris menguasai wilayah Ethiopia dan Eritrea. Ethiopia melakukan perlawanan yang berhasil lepas dari kolono Inggris, namun Inggris masih menguasai wilayah Eritrea.

Namun, paska Perang Dunia II, PBB mengembalikan kedaulatan setelah perang dan menyatukan Eritrea sebagai wilayah federal Ethiopia. Ketidakpuasan terjadi sejak Kaisar Haile Selassie secara sepihak menganeksasi Eritrea pada tahun 1962, paska diserahkannya Eritrea kepada Ethiopia, pemerintah pusat Ethiopia menerapka kebujakan-kebijakan yang ketat atas wilayah Eritrea. Partai

PERKEMBANGAN PENDIDIKAN YUNANI MASA KLASIK


WAHYU SINTO/SP

Pendidikan adalah segala usaha orang dewasa dalam pergaulan dengan anak-anak untuk memimpin perkembangan jasmani dan rohaninya ke arah kedewasaan (Ngalim Purwanto, 2002:11). Rumusan tentang pendidikan, lebih jauh termuat dalam UU. No. 20 Tahun 2003, bahwa pendidikan Indonesia bertujuan agar masyarakat Indonesia mempunyai pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta ketrampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat, bangsa dan negara. Artinya, arah dari proses pendidikan nasional mencakup berbagai aspek kehidupan diri manusia dan masyarakat untuk survive dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Berbicara masalah pendidikan meliputi cakupan yang cukup luas, bahkan dalam

SEJARAH PERKEMBANGAN PENDIDIKAN DI ROMAWI


SUHARYATI L / SP

Bangsa Roma ini lebih tertuju pada perbuatan dalam lapangan kesusastraan tidak menciptakan apa-apa hanya meniru. Mereka mempunyai pesona cukup terhadap penerimaan ilmu alam dari bangsa Yunani. Bangsa Roma mempunyai kelebihan dari bangsa lain seperti ilmu hukum, pemerintahan dan teknik. Jadi bangsa Roma tahu bagaimana cara memerintah, bangsa Yunani tahu bagaimana cara memikirkan dunia. Pendidikan Romawi tampak lebih sederhana dan lebih disesuaikan dengan kebutuhan negara jika dibandingkan dengan pendidikan Yunani. Roma yang pada awalnya adalah negara petani, mengalami dua masa yang masing-masing berbeda baik tujuan maupun alat-alat pendidikannya, yaitu jaman Romawi lama dan jaman Romawi baru (Hellenisme).

PENDIDIKAN ISLAM TERHADAP KEMAJUAN ILMU PENGETAHUAN DI EROPA


SRI RAHMI UTARI/SP

Abad pertengahan, dunia Eropa dalam masa kegelapan. Gereja Timur menganggap ilmu dan filsafat Yunani berbahaya terhadap agama Masehi. Sebab itu institut-institut ilmu dan filsafat Yunani ditutup dan tidak diizinkan membukanya, seperti dilakukan oleh Gestanian, yaitu dengan menutup sekolah-sekolah Athena (tahun 529 M). Pendeta yunani yang mengajar disekolah tersebut dianggap kafir dan dihukum dengan bermacam-macam hukuman. Sementara itu mulai abad VIII sampai XIII Masehi umat Islam telah mencapai zaman keemasan dengan kebangkitan dan perkembangan keterampilan dalam segala bidang ilmu pengetahuan. Terlebih lagi dengan kehadiran Islam di Andalusia telah menambah khazanah peradaban Islam yang sungguh mengagumkan di belahan dunia barat, jauh meninggalkan peradaban Eropa.

PERBANDINGAN PENDIDIKAN DI NEGARA JERMAN, KANADA, AMERIKA, DAN INDONESIA


FAISAL/SP

Setiap bangsa mengembangkan sistem pendidikan yang dipandang unggul dan mampu menjadi sarana yang ideal bagi pencapaian tujuan-tujuan pendidikan. Saat ini bisa kita lihat beragam sistem pendidikan di dunia, yang seringkali dibangun berdasar prinsip pendidikan yang persis sama, namun tetap kaya dengan perbedaan di berbagai tingkatan kebijakan dan teknis pelaksanaan. Menjadi bangsa yang maju tentu merupakan cita-cita yang ingin dicapai oleh setiap negara di dunia. Sudah menjadi suatu rahasia umum bahwa maju atau tidaknya suatu negara di pengaruhi oleh faktor pendidikan. Begitu pentingnya pendidikan, sehingga suatu bangsa dapat diukur apakah bangsa itu maju atau mundur, karena seperti yang kita ketahui

Sejarah Pendidikan Islam Masa Penjajahan


SINTA AFRIMA/SP

Islam dilahirkan sebagai agama yang sempurna,yang menjadi rahmat bagi semesta alam dan juga islam diturunkan untuk ,memperbaiki akhlak manusia yang mulai kehilangan kendalinya, yang mulai rusak dan melakukan kerusakan dimana-mana terutama kerusakan-kerusakan mental spiritual.Dan dalam proses perbaikan itu dalam islam juga dikenal dengan pendidikannya. Pendidikan islam dari masa ke masa mengalami perubahan, mulai dari masa awal lahirnya, yaitu pada masa Rosulullah, kemudian pada masa Khulafa' Urasyidin, dan dilanjutkan masa-masa berikutnya, hingga islampun mengalami masa keemasan, kemunduran, dan perbaiakan yang dikenal dengan masa pembaharuan. Dan disini yang akan kita bahas yaitu

Sejarah Peradaban Islam di Eropa (711M-1492M).


TRIHARTONO/SP

Ketika Islam mulai memasuki masa kemunduran di daerah Semenanjung Arab, bangsa-bangsa Eropa justru mulai bangkit dari tidurnya yang panjang, yang kemudian banyak dikenal denganRenaissance. Kebangkitan tersebut bukan saja dalam bidang politik, dengan keberhasilan Eropa mengalahkan kerajaan-kerajaan Islam dan bagian dunia lainnya, tetapi terutama dalam bidang ilmu pengetahuan dan teknologi. Harus diakui, bahwa justru dalam bidang ilmu dan teknologi itulah yang mendukung keberhasilan negara-negara baru Eropa. Kemajuan-kemajuan Eropa tidak dapat dipisahkan dari peran Islam saat menguasai Spanyol. Dari Spanyol Islam itulah Eropa banyak menimba ilmu pengetahuan. Ketika Islam mencapai masa

PENDIDIKAN DI NEGARA-NEGARA EROPA ( PERANCIS, INGGRIS DAN JERMAN )


WAHYU SINTO/SP

v  PENDIDIKAN DI PERANCIS
Pendidikan di Perancis berada di bawah tanggung jawab Departemen Pendidikan Nasional. System pendidikan sentralistis, yaitu sekolah di kelola oleh Pemerintah Pusat. Sejak zaman Pemerintahan presiden De Gaulle (1958) diadakan tingkatan Pengelolaan pendidikan atau administrasi pendidikan, yaitu :
·         Tingkat pertama adalah tingkat legislative dan penasehat pusat.

Sistem Pendidikan di Negara Timur Tengah (Irak), Eropa (Perancis), dan Asia (Kamboja)


SUHARYATI L./SP

v  Studi Islam di Irak
Negara Irak adalah Negara yang berbentuk Republik yang merdeka pada tahun 1958. Pada tahun 1950 negara ini berpenduduk 5.100.000 orang, 93 % penduduknya beragama Islam (4.730.000 orang) dengan rincian kaum sunni 36 % (1.850.000 orang) dan kaum syi'i 57 % (2.880.000 orang). Luas Negara Irak 304.000 km dengan ibukotanya Baghdad dan kota-kota termasyhur antara lain Basra, Karbela, dan Mosul. Adapun penghasilan utama di Irak adalah padi-padian, kurma, kapas, kulit, permadani, dan minyak (34.000.000 ton) menurut data tahun 1955. System pendidikan di Irak tidak jauh berbeda dengan system-sistem pendidikan yang ada di Negara Timur Tengah lainnya, yaitu: (a) tingkat Ibtidaiyah lamanya 6 tahun

SISTEM PENDIDIKAN INDONESIA PADA ZAMAN PENJAJAHAN BELANDA


MASYITAH/SP

Praktek pendidikan zaman Indonesia merdeka sampai tahun 1965  bisa dikatakan banyak dipengaruhi oleh sistem pendidikan Belanda. Praktek pendidikan zaman kolonial Belanda ditujukan untuk mengembangkan kemampuan penduduk pribumi secepat-cepatnya melalui pendidikan Barat. Diharapkan praktek pendidikan Barat ini akan bisa mempersiapkan kaum pribumi menjadi kelas menengah baru yang mampu menjabat sebagai "pangreh praja". Praktek pendidikan kolonial ini tetap menunjukkan diskriminasi antara anak pejabat dan anak kebanyakan. Kesempatan luas tetap saja diperoleh anak-anak dari lapisan atas. Dengan demikian, sesungguhnya tujuan pendidikan adalah demi kepentingan penjajah untuk dapat melangsungkan penjajahannya. Yakni, menciptakan tenaga kerja yang bisa menjalankan tugas-tugaspenjajahdalammengeksploitasisumberdankekayaan alam Indonesia.

LETAK GEOGRAIS DAN SISTEM PEMERINTAHAN ROMAWI

DELIMA CITRA 

 

A.    LETAK GEOGRAFIS ROMAWI

            Romawi terletak di Semenanjung Alpenina (sekarang Italia). Batas – batasnya adalah di utara adalah Pegunungan Alpen,,di timur adalah Laut Adriatik dan Laut Ionia, di selatan adalah Laut Sicilia,  dan di barat adalah Laut Tirenia serta Laut Liguri . Romawi adalah sebuah kota yang selalu di sandingkan dengan Yunani, yang mempunyai hubungan erat antara kedua kota ini. Romawi ialah peradaban dunia yang letaknya terpusat di kota Roma masa kini. Peradaban Romawi dikembangkan Suku Latia yang menetap di lembah Sungai Tiber. Suku Latia menamakan tempat tinggal mereka 'Latium'. Latium merupakan kawasan lembah

pegunungan yang tanahnya baik untuk pertanian. Penduduk Latium kemudian disebut bangsa Latin. Pada mulanya, di daerah Latium inilah bangsa Latin hidup dan berkembang serta menghasilkan peradaban yang tinggi nilainya.

KONGRES PEMUDA II DAN LAHIRNYA SUMPAH PEMUDA


Anisa Mutiara Priyadi/SI/IV

            Lahirnya Sumpah Pemuda jatuh pada tanggal 28 Oktober 1928 yang merupakan suatu peristiwa penting dalam sejarah perjuangan bangsa Indonesia untuk mencapai kemerdekaan. Peristiwa yang dapat dikatakan sebagai masa penegasan, karena pada tanggal tersebut ikrar untuk persatuan dinyatakan.

MASUKNYA PENIDIKAN ISLAM DI SPANYOL


Mamik Yuliana/14/B/SP
Semenanjung Iberia di Eropa, yang meliputi wilayah Spanyol dan wilayah Portugal sekarang ini, menjorok ke selatan ujungnya hanya dipisahkan oleh sebuah selat sempit dengan ujung benua Afrika. Bangsa Grit tua menyebut selat sempit itu dengan tiang-tiang Hercules dan di seberang selat sempit itu terletak di benua Eropa. Selat sempit itu sepanjang kenyataan memisahkan lautan tengah dengan lautan atlantik. Semenanjung Iberia, sebelum ditaklukkan bangsa Visighots pada tahun 507 M, didiami oleh bangsa Vandals. Justru wilayah kediaman mereka itu disebut dengan Vandalusia. Dengan mengubah ejaanya dan cara membunyikannya, bangsa Arab pada masa belakangan menyebut semenanjung Iberia itu dengan Andalusia. Spanyol diduduki oleh umat Islam pada zaman khalifah Al-Walid (705-715 M), salah seorang

PENGARUH PENDIDIKAN ISLAM DI BENUA EROPA


Mamik Yuliana/14/B/PS

A.    Pendidikan Islam Di Spanyol
Islam di Spanyol telah mencatat satu lembaran peradaban dan kebudayaan sangat brilian dalam bentangan sejarah Islam. Ia berperan sebagai jembatan penyebrangan yang dilalui ilmu pengetahuan Yunani-Arab ke Eropa pada abad XII. Minat terhadap pendidikan dan ilmu pengetahuan serta filsafat mulai dikembangkan pada abad IX M selamapemerintahan penguasa Bani Umayyah yang ke-5, Muhammad ibn Abd Al-Rahman (832-886 M). Berdasarkan literatur-literatur yang membahas sejarah pendidikan dan sejarah peradaban Islam secara garis besar pendidikan Islam di Spanyol terbagi pada dua bagian atau tingkatan, yaitu:

SEJARAH PENDIDIKAN DAN PENYEBARAN ILMU PENGETAHUAN ISLAM KE EROPA


Daud Candra Girsang / SP / 14 A

    Penaklukan Islam di Spanyol  tidak terlepas dari kepiawaian tiga pahlawan Islam, yaitu Tharif Ibn Malik, Thariq bin Ziyad, Musa bin Nushair. Perluasan bani umayyah ke Spanyol       diawali oleh rintisan Tharif ibn Malik yang berhasil menguasai ujung paling selatan eropa, upaya ini kemudian dilanjutkan oleh Thariq bin Ziyad yang berhasil menguasai ibu kota Andalusia, Toledo. Kemudian ia juga menguasai Archidona, Elfiro dan Cordova. Bahkan raja Roderick (raja terakhir Vichigothic) berhasil ia kalahkan pada tahun 711 M.

ETNOGRAFI MASYARAKAT EROPA TIMUR: SUKU TATAR

Magdalena Purwasih

 

            Eropa dibagi menjadi 2, yaitu Eropa Barat dan Eropa Timur. Pembagian terjadi pada masa Perang Dingin, dimana Blok Barat dan Blok Timur terbentuk atas dasar perebutan ideologi antara demokrasi-liberalisme dan sosialisme-komunisme. Eropa Barat cenderung mengikuti ideologi Amerika Serikat, yaitu demokrasi-liberalisme, sedangkan Eropa Timur cenderung mengikuti ideologi Uni Soviet, yaitu sosialisme-komunisme. Eropa Timur adalah bagian kawasan dari Eropa yang beranggotakan 10 negara, yaitu Hungaria, Slovakia, Ceko, Bulgaria, Moldova, Polandia, Belarusia, Rusia, Ukraina dan Rumania.

            Dalam peradaban masyarakat Eropa Timur, terdapat sebuah suku yang hingga saat ini masih tetap bertahan dalam menjaga tradisinya dengan pengaruh nilai-nilai universalisme di tengah derasnya arus globalisasi. Dalam analisis tujuh unsur kebudayaan menurut Cliffort Gertz, yang mencakup sistem

SISTEM PENDIDIKAN YUNANI KUNO


INDAH NUSANTARI/SP/14A

Yunani kuno terdiri atas sejumlah negara-kota merdeka, masing-masing dengan hukum dan adat istiadatnya sendiri. Bangsa Yunani menciptakan masyarakat baru bersama dengan berbagai pemikiran baru. Dua negara-kota terpenting adalah Athena dan Sparta, selain kota terpenting lainnya seperti Korintus, Kalkis, Miletos, Smyrna, dan Eretria. Setiap kota mengembangkan cara hidup, adat istidat, dan bentuk pemerintahan sendiri.

SEJARAH SINGKAT PENDIDKAN HINDU BUDHA DI INDONESIA


MASDI/SP

pendidikan pada hakikatnya untuk membangun peradaban bangsa melalui membangun manusia seutuhnya. Pendidikan merupakan hak setiap manusia untuk membangun harkat dan martabatnya dalam kehidupan sehari-hari. Dalam penyelenggaraan pendidikan, banyak faktor yang mempengaruhinya baik yang berasal dari eksternal maupun internal sistem pendidikan. Faktor-faktor yang di luar pendidikan yang seimbang antara kepentingan pemerintah dan rakyat. Selema perjalanan sejarah bangsa indonesia, aspek pendidikan merupakan satu hal yang tidak dapat di pisahkan dari kelangsungan hidup bangsa indonesia itu

PERKEMBANGAN PENDIDIKAN DI INDONESIA MASA ORDE LAMA,BARU DAN REFORMASI DALAM PUSARAN SEJARAH INDONESIA


MASDI/SP

Pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan mengajar dan pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan,pengendalian diri,dan ahklak muliah serta keterampilan yang diperlukan dirinya,masyarakat bangsa dan negara,(UURI no 20 tahun 2003 tentang sistem pendidikan nasional).Selama ada kehidupan,selama itu perlu adanya pendidikan di dunia pendidikan di dunia sejak zaman purba.Dengan kata lain,pendidikan di indonesia telah dilaksanakan sejak sebelum kemerdekaan hingga sekarang,Kondisi

SEJARAH PENDIDIKAN ISLAM PADA MASA TURKI USMANI


MIA NOVRIANTI/SP

Sejarah kerajaan Turki Usmani yang ditulis di dalam buku-buku tarikh Islam di Indonesia sering tidak mendapat porsi sebanyak yang diperoleh Dinasti Umayyah dan Abbasiyah. Melihat dari hasil budaya yang dipersembahkannya dipermukaan, Dinasti Turki Usmani ini tidaklah bisa disamakan dengan kedua Dinasti di atas, tetapi melihat peranannya sebagai benteng kekuatan Islam dalam menangkal ekspansi bangsa Eropa ke timur, maka dengan ini ia tidak bisa ditinggalkan begitu saja dalam kajian sejarah Islam.Turki Usmani telah menunjukkan kehebatannya dalam menangkis serangan musuh. Serangan-serangan perluasan yang dilakukannya langsung menusuk ke wilayah penting, termasuk penaklukan Konstantinopel.Perjalanan panjang kerajaan Turki Usmani telah menampilkan 35 orang Sultan dengan corak pkepemimpinan masing-

PEMIKIRAN KI HADJAR DEWANTARA DALAM SISTEM PENDIDIKAN DI INDONESIA


HASNIDAR/ A / SP

Perkembangan sebuah bangsa dapat dilihat dari perkembangan pendidikannya. Pendidikan merupakan dasar dari suatu bangsa untuk mengembangkan atau mengubah arah haluan negaranya yang sesuai dengan cita-cita bangsanya. Pendidikan menghasilkan sebuah pemikiran dan pandangan dari setiap individu, kecerdasan sosial maupun sikap dan pandangan ke depan setiap individu juga ditentukan oleh pendidikannya. Soewardi Soerjaningrat merupakan keturunan bangsawan yang mendapat kesempatan untuk mengenyam pendidikan lebih baik.

PLATO SANG PERINTIS PENDIDIKAN DI YUNANI


INDAH NUSANTARI/SP/14A

Plato merupakan seorang filsuf dan Matematikawan Yunani  yang terlahir di Athena pada tahun 427 SM, dan meninggal pada tahun 347 SM di Athena pada usia 80 tahun. Ia berasal dari keluarga Aritokrasi yang turun menurun memegang politik penting dalam politik Athena. Ia bercita-cita menjadi orang negara. Tetapi perkembangan politik dimasanya tidak memberi kesempatan padanya untuk mengikuti  jalan hidup yang diingininnya itu. Namanya bermula ialah Aristokles, Plato merupakan nama pemberian gurunya. Ia memperoleh nama itu berhubung dengan dahi dan bahunya yang amat lebar. Akhirnya nama Plato digunakan dalam setiap karya yang  ia hasilkan.

MASUKNYA FILSAFAT ISLAM KE YUNANI


INDAH NUSANTARI/SP/14A

Filsafat Islam adalah pengetahuan tentang segala yang ada dan harus dibuktikan melalui metode atau cara yang digunakan untuk menyelidik asas dan sebab suatu benda tersebut, berdasarkan pemikiran agama islam yang sesuai dengan Al-Quran dan Al-Hadist. Filsafat islam masuk dan dijumpai kaum muslimin pada abad ke-8 M atau 2 H melalui filsafat Yunani. Kebudayaan dan filsafat Yunani masuk ke daerah-daerah islam (Siriah, Persia, Mesopotami,dan Mesir) melalui  ekspansi Alexander Agung. Alexander datang dengan tidak menghacurkan peradaban dan kebudayaan Persia, bahkan sebaliknya ia berusaha menyatukan kebudayaan Yunani dan Persia.

AFRIKA SELATAN


Novita silvia/S/EA

Afrika selatan adalah daerah pertama di benua itu yang di duduki oleh orang eropa. Ketika orang belanda,pada tahun 1652,mendirikan pusat peristirahatan mereka ditanjung harapan untuk kapal mereka yang berlayar ke asia,mereka hanya menjumpai sedikit orang hottentot dan bushman di jazirah itu. Dibagian lain afrika selatan,masyarakat afrika telah mendiami rumah-rumah mereka tetapi permukiman ini berada jauh dari tanjung harapan.

PERKEMBANGAN PENDIDIKAN ISLAM DI SPANYOL


FAISAL/SP

Ketika Islam memasuki masa kemunduran di daerah semenanjung Arab, bangsa-bangsa Eropa justru  mulai bangkit dari tidurnya yang panjang, yang banyak dikenal Renaissance.Kebangkitan tersebut bukan saja dalam bidang politik, dengan keberhasilan Eropa mengalahkan kerajaan-kerajaan Islam dan bagian dunia lainnya, tetapi terutama dalam dalam bidang ilmu pengetahuan dan teknologi . Harus diakui, bahwa justru dalam bidang ilmu pengetahuan dan teknologi itulah yang mendukung keberhasilan negara-negara baru Eropa. Kemajuan-kemajuan Eropa tidak dapat dipisahkan dari peran Islam saat menguasai Spanyol.

Sejarah Pendidkan di Prancis


Masdi/SP

Pendidikan merupakan hal yang sangat penting bagi kehidupan pada era globalisasi ini. Hal ini dikarenakan tanpa pendidikan seseorang tidak akan mampu bersaing dalam dunia yang semakin hari semakin kompetitif. Sehingga pendidikan itu perlu dijalani bagi setiap insan manusia agar dapat bersaing dan berkompetisi agar tidak ketinggalan dengan yang lainnya. Sebelum membahas mengenai pendidikan lebih jauh, kita harus mengetahui terlebih dahulu apa itu definisi dari pendidikan. Secara universal pendidikan dapat didefinisikan sebagai suatu cara untuk mengembangkan ketrampilan, kebiasaan dan sikap-sikap yang diharapkan dapat membuat seseorang menjadi warga negara yang baik, tujuannya untuk mengembangkan

PERKEMBANGAN PENDIDIKAN EROPA MASA KLASIK

DEBORA HUTAGALUNG

 

Pendidikan adalah segala usaha orang dewasa dalam pergaulan dengan anak-anak untuk memimpin perkembangan jasmani dan rohaninya ke arah kedewasaan (Ngalim Purwanto, 2002:11). Rumusan tentang pendidikan, lebih jauh termuat dalam UU. No. 20 Tahun 2003, bahwa pendidikan Indonesia bertujuan agar masyarakat Indonesia mempunyai pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta ketrampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat, bangsa dan negara. Artinya, arah dari proses pendidikan

nasional mencakup berbagai aspek kehidupan diri manusia dan masyarakat untuk survive dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Berbicara masalah pendidikan meliputi cakupan yang cukup luas, bahkan dalam mendefinisikan pengertian pendidikan juga bervariasi. Ada yang mengartikan pendidikan sebagai proses yang di dalamnya seseorang mengembangkan kemampuan, sikap, dan bentuk-bentuk

PERANAN PENTING ISLAM UNTUK PENDIDIKAN DI TURKMENISTAN

Mia Novrianti

 

Republik Turkmenistan (bahasa Turkmenistan: Türkmenistan Respublikasy), juga dikenal sebagai Turkmenia (bahasa Rusia: Туркмения). Sampai tahun 1990, Turkmenistan masih tergabung dalam konstitusi Uni Soviet, yang bernama Republik Sosialis Soviet Turkmenistan. Turkmenistan terletak di Asia Tengah dan berbatasan langsung dengan Iran di selatan, Afganistan di tenggara, Uzbekistan di utara, Kazakhstan di barat laut dan Laut Kaspia di barat. Sebagian besar wilayahnya merupakan hamparan gurun pasir Karakum. Negara ini memiliki cadangan gas alam terbesar kelima di dunia. Saat ini, Turkmenistan menerapkan sistem politik partai tunggal. Sistem ini dianggap tidak memenuhi prinsip-prinsip dasar demokrasi.Sejak

kemerdekaanya dari Uni Soviet, Turkmenistan dipimpin oleh Saparmurat Atayevich Niyazov, bahkan beliau menamakan dirinya sebagai Turkmenbashi (bahasa Turkmenistan: Türkmenbaşy yang berarti "Pemimpin semua bangsa Turkmen"). Pada 21 Desember 2006, beliau meninggal dunia dan digantikan

Pendidikan Kolonial Jepang di Nusantara ( 1942-1945)

IRKFA ZUHAYRIAH TANJUNG 

 

Pemerintahan Kolonial Jepang

            Pendudukan atau penjajahan Jepang terhadap Indonesia, 1942-1945, berada dalam suasana Perang Dunia II, sehingga pemerintahannya adalah pemerintahan militer.

Penjajahan Jepang ke Indonesia dengan membawa semboyan : " Kemakmuran Bersama, Asia untuk Asia." Kemakmuran kebersamaan Asia Timur Raya pada tahun 1940. Menurut rencana, Jepang akan menjadi pusat lingkungan pengaruh atas delapan daerah : Manchuria, malaysia, Indocina, dan Asia Rusia. Lingkungan kemakmuran bersama ini desebut Hakko Ichi-U ( Delapan Benang Di Bawah Satu Atap ).

SISTEM PENDIDIKAN INDONESIA PADA MASA BELANDA, JEPANG DAN SETELAH KEMERDEKAAN


ZULKIFLI RISWALDI / SP

Bangsa Indonesia telah mengalami berbagai bentuk praktek pendidikan : praktek pendidikan Hindu, pendidikan Budhis, pendidikan Islam, pendidikan zaman VOC, pendidikan kolonial Belanda, pendidikan zaman pendudukan Jepang, dan pendidikan zaman setelah kemerdekaan (Somarsono: 1985). Berbagai praktek pendidikan memiliki dasar filosofis dan tujuan yang berbeda-beda. Beberapa praktek pendidikan yang telah dilaksanakan oleh bangsa Indonesia adalah: pendidikan modern zaman kolonial Belanda, praktek pendidikan zaman kemerdekaan sampai pada tahun 1965, yang sering kita sebut sebagai orde lama, praktek pendidikan dalam masa pembangunan orde baru, dan praktek pendidikan di era reformasi sekarang.

PERKEMBANGAN BELANDA PADA ABAD KE-17

SITI HARTINI

 

BELANDA, kerajaan konstion al di Eropa barat, di sebelah utara berbatasan dengan L.utara,di sebelah selatan dengan belgia, di sebelah barat dengan L.utara dan di sebelah timur dengan jerman.FISIOGRAFI, lebih dari separuh belanda berada dibawah permukaan laut pasang atau permukaan air S. Rijn, S.maas, dan S.Schelde. agar negeri ini tidak tergenang, di berbagai  tempat di bangun instalasi pompa dan tanggul. Orang belanda telah membentuk daratan dari laut selama lebih dari 1.000 tahun. Tanggul-tanggultelah di bangun pada abad ke-7 atau ke-8 dengan menghubungkan terpen(tanah tinggi) atau menyangga bukit" pasir pantai, sehingga menjadi pelindung terhadap air laut.pintu air sederhana telah di bangun pada abad ke-11, dan pada abad ke-16 telah di bangun sistem pembuangan air yang rumit dengan tanggul-tanggulnya. Kincr angin pertama kali di gunakan untuk memompa air ke laut pada abad ke-15. Pada abad ke-17 kincir angin sudah dapat di pergunaka di mana-mana karena abad itu merupakan abad kemakmuran bagi blanda.

Perkembangan Islam di Libya

NIA TIARAWATI

 

Lybia atau juga ditulis dan dibaca Libia adalah sebuah wilayah berada di Magrib Afrika Utara. Berbatasan dengan Laut Tenagh di sebelah Utara, Mesir pada bagian Timur, Sudan di Tenggara, Chad dan Niger di sebelah selatan, serta Aljazair dan Tunisia di sebelah barat. Negara Libya memiliki luas hampir 18 juta kilometer persegi dan berada di urutan empat besar sebagai negara terbesar di benua Afrika. Kota besarnya adalah Tripoli yang mana menjadi tempat tingga 1,7 juta dari 6,4 juta penduduk. Tiga pembagian wilayah tradisional dar negara ini adalh Tripolitania, Fezzan dan Cyrenaica.

Nama Libya berasar dari bahasa Mesir "Lebu", sebutan bagi orang-orang Berber yang tinggal di sebelah barat Sungai Nil, dan diadopsi oleh bahasa Yunani sebagai "Libya". Pada zaman Yunani Kuno, istilah ini memiliki arti yang lebih luas, yang mencakup seluruh Afrika Utara di sebelah Barat Mesir, yang kadang ditunjukkan untuk seluruh benua Afrika. Sebagian besar penduduk Libya adalah orang Arab, Barbara tau orang Arab Barbar dengan beberapa orang Negro. Mayoritas agama di Libya adalah Islam.

PERKEMBANGAN DAN SISTEM PENDIDIKAN ISLAM DI INDIA


NUKE ANGELA PUTRI/SP

Masuknya Islam di India
Perlu dibicarakan terlebih dahulu secara singkat bagaimana situasi keagamaan di India sebelum masuk Islam. Sekitar 6000-5000 SM bangsa Dravida datang dari Asia Barat ke India dengan kepercayaan terhadap adanya Tuhan secara abstrak. Kemudian pada abad VI SM bangsa Aria dari Persia datang menguasai Punjab dan Benaras (India Utara) dengan mebawa kepercayaan adanya Tuhan secara nyata. Pada tahun 599 SM lahir Mahawir yang mempelopori lahirnya agama Jaina. Pada tahun 557 SM lahir Gautama Budha di Kapilabastu di kaki gunung Himalaya dan menjadi pelopor lahirnya agama Budha.

Pengembangan Kurikulum di Afrika Selatan


Merri Natalia S/SP

Sebelum kita menganalisi tentang kurikulum, ada baiknya kita membahas terlebih dahulu pengertian kurikulum itu sendiri. Kurikulum adalah perangkat mata pelajaran dan program pendidikan yang diberikan oleh suatu lembaga penyelenggara pendidikan yang berisi rancangan pelajaran yang akan diberikan kepada peserta pelajaran dalam satu periode jenjang pendidikan. Penyusunan perangkat mata pelajaran ini disesuaikan dengan keadaan dan kemampuan setiap jenjang pendidikan dalam penyelenggaraan pendidikan tersebut serta kebutuhan lapangan kerja. Kurikulum merupakan alat yang sangat penting dalam menjamin keberhasilan proses pendidikan, artinya tanpa kurikulum yang baik dan tepat akan sulit mencapai tujuan dan sasaran pendidikan yang dicita-citakan. Secara etimologi menurut Wiles dan Bondi (1989) istilah kurikulum

PERAN ORGANISASI DALAM PERKEMBANGAN PENDIDIKAN ISLAM DI INDONESIA


Merri Natalia S/SP

Organisasi Islam di Indonesia merupakan sebuah fenomena yang menarik untuk dipelajari, mengingat bahwa organisasi Islam merupakan representasi dari umat Islam yang menjadi mayoritas di Indonesia. Hal ini menjadikan organisasi Islam menjadi sebuah kekuatan sosial maupun politik yang diperhitungkan dalam pentas politik di Indonesia. Dari aspek kesejarahan, dapat ditangkap bahwa kehadiran organisasi-organisasi Islam baik itu yang bergerak dalam bidang politik maupun organisasi sosial membawa sebuah pembaruan bagi bangsa, seperti kelahiran Serikat Islam sebagai cikal bakal terbentuknya organisasi politik, Muhammadiyah, NU (Nahdlatul Ulama), Serikat Dagang, dan lain-lainnya pada masa prakemerdekaan membangkitkan sebuah semangat pembaruan yang begitu mendasar di tengah masyarakat. Organisasi keagamaan Islam merupakan kelompok organisasi yang terbesar jumlahnya, baik yang memiliki skala

PENERAPAN PENDIDIKAN ISLAM DI INDONESIA


MERRI NATALIA S/SP

Terkait kemunculan dan masuknya Islam di Indonesia, sampai saat ini masih menjadi kontroversi di kalangan para ilmuwan dan sejarawan. Namun demikian, mayoritas dari mereka menduga bahwa Islam telah diperkenalkan di Indonesia sekitar abad ke-7 M oleh para musafir dan pedagang muslim, melalui jalur perdagangan dari Teluk Parsi dan Tiongkok. Kemudian pada abad ke-11M sudah dapat dipastikan bahwa Islam telah masuk di kepulauan Nusantara melalui kota-kota pantai di Pulau Sumatera, Jawa, Sulawesi dan Maluku. Dan, pada abad itu pula muncul pusat-pusat kekuasaan serta pendalaman studi ke-Islaman. Dari pusat-pusat inilah kemudian akhirnya Islam dapat berkembang dan tersebar ke seluruh pelosok Nusantara.

PENDIDIKAN INDONESIA PADA MASA ORDE LAMA (1950-1966)


FADILA RACHMAN/SP

Secara umum pendidikan orde lama sebagai wujud interpretasi pasca kemerdekaan dibawah kendali kekuasaan Soekarno cukup memberikan ruang bebas terhadap pendidikan. Pemerintahan yang berasaskan sosialisme menjadi rujukan dasar bagaimana pendidikan akan dibentuk dan dijalankan demi pembangunan dan kemajuan bangsa Indonesia di masa mendatang. Pada prinsipnya konsep sosialisme dalam pendidikan memberikan dasar bahwa pendidikan merupakan hak semua kelompok masyarakat tanpa memandang kelas sosial. Perkembangan politik masa orde lama yang mempengaruhi jalannya kebijakan pendidikan nasional

PENDIDIKAN INDONESIA PASCA KEMERDEKAAN (1945-1950)


FADILA RACHMAN/SP

Fokus utama pendidikan nasional ketika Indonesia lepas dari penjajahan yaitu mencerdaskan dan meningkatkan kualitas serta kemampuan bangsa. Tujuan sebenarnya dari pendidikan zaman kemerdekaan adalah untuk mengisi tata kehidupan dan pembangunan. Tujuan tersebut mengalami kendala, yaitu penjajah Belanda ingin menjajah kembali sehingga memaksa kita kembali berjuang secara politik dan fisik serta adanya kendala dari dalam yaitu pergolakan politik. Pendidikan pada masa kemerdekaan walaupun dalam keadaan sulit tetapi tetap mampu menghasilkan produk hukum tentang pendidikan, yaitu Undang- undang pendidikan Nomor 4 tahun 1950. Itulah produk hukum pendidikan Nasional pertama terlepas kemudian kita

SEJARAH PENDIDIKAN PERGURUAN AGAMA ISLAM DI INDONESIA


FADILA RACHMAN/SP

Tentang perguruan agama islam, sebenarnya perjalanan sejarahnya sangat panjang, sebab sudah ada semenjak agama islam bercokol di Nusantara, kendatipun dalam pengertian yang sangat sederhana yaitu dari pendidikan langgar, masjid, pesantren hingga madrasah. Membicarakan tentang perguruan agama islam ini menjadi sangat penting, tidak hanya bagi umat islam yang merupakan mayoritas dari penduduk indonesia, tetapi juga dalam konteks secara nasional. Perguruan agama islam inilah yang menjadi cikal bakal lahirnya

Peradaban Islam Di Kamerun

Isra Algifari/S/E-A

Kamerun (Cameroon) adalah sebuah negara di Afrtika Barat, sedikit lebih besar dari California, menurut para ahli arkeologi telah dihuni manusia sejak 50.000 tahun yang lalu. Pada abad ke-5 sebelum Masehi, suku Hanno dari Kartago (Tunisia sekarang), orang asing pertama yang memasuki Kamerun, dan selama berabad-abad mengeksplorasi perdagangan budak. Pada abad ke-2 sampai dengan abad ke-1 sebelum Masehi, suku Bantu (dikenal dengan sebutan Pygmi) yang berasal dari Nigeria Utara mulai berimigrasi ke Kamerun (dikenal dengan Cameroon Highlanders), mereka ahli dalam pertanian. Para

SEJARAH BULGARIA ( EROPA TIMUR )

Firna Agustina/S/EA

Republik di eropa tenggara,temasuk eropa timur.disebelah utara berbatasan dengan rumania,disebelah selatan dengan turki dan yunani,sebelah barat dengan yugoslavia dan makedonia,dan disebelah timur dengan L.hitam.luas: 110.994 km2.penduduk: 8.985.000. kepadatan penduduk: 81/km2. bahasa bulgaria (resmi). agama: gereja ortodoks timur (27%); islam (8%); kepercayaan lain [protestan,katolik roma] (1%); ateis (64%).ibu kota:sofia.satuan mata uang:Lev (Leva).

POLA PENDIDIKAN ISLAM PADA PERIODE KHULAFAUR RASYIDIN

PIMA PUTRIANA

 

Pendidikan islam merupakan suata hal yang paling pokok yang harus di penuhi oleh setiap individu, golongan bahkan negara, karena dengan pendidikan tersebut seorang bisa lebih maju, dengan pendidikan tersebut suatu kelompok atau golongan dapat di katakan sebagai golongan yang berkualitas, tidak hanya kuantitas saja dan dengan pendidikan suatu negara akan terlihat dominan di mata dunia. Terselenggaranya pendidikan secara baik akan membawa dampak terhadap pemahaman dan pengalaman ajaran agama. Al-quran dan Hadits merupakan sumber utama dalam pendidikan Islam khususnya pendidikan agama yang di harapkan dapat memberikan petunjuk dan membimbing manusia kejalan yang lurus sesuai dengan fitrahnya. Maka dari itu pendidikan sangat di butuhkan oleh setiap individu manusia.

PENDIDIKAN CINA PADA ZAMAN KLASIK


Rapni Yelti/SP/014/A

Filsafat Pendidikan Cina

Dinasti Han tahun 206 SM – 220 M merupakan dinasti kekaisaran besar pertama didalam perjalanan sejarah kekaisaran Cina. Pada masa ini banyak literature lama yang dikumpulkan dan diperbaiki kembali. Hal tersebut dikarenakan pada masa pemerintahan sebelumnya ajaran-ajaran kong hu cu diberantas habis. Pada masa ini Confusianisme menjadi falsafah terkemuka dan menjadi inti bagi sistem pendidikan. Pada masa Dinasti Han ini yang menjadi dasar masyarakat Tionghoa, ialah pengajaran counfusius Pada negeri Cina pendidikan mendapat tempat yang penting sekali dalam penghidupan Hal tersebut dikarenakan masyarakat Cina menganggap pendidikan sejalan dengan filsafat, bahkan menjadi alat bagi filsafat, yang mengutamakan etika

SEJARAH PERADABAN ISLAM DI SINGAPURA

UTARI SONATA/S/EB

Singapura, adalah sebuah desa nelayan Melayu.Terbukti tempat ini menjadi luar biasa bermanfaat untuk memancing karena terletak di mulut sungai Singapore. Ini terjadi sebelum pendudukan Eropa tetapi sekarang Singapura dikenal dengan jelas sebagai negara kota pulau. Banyak suku asli dan cerita rakyat hidup di daerah perbatasan pulau dan sungai . Sejarah menyatakan bahwa British East India Company yang dipimpin oleh Sir Stamford Raffles telah mendirikan sebuah tempat perdagangan di pulau yang menjadikan

SEJARAH KEBUDAYAAN BANGSA AZTEC DI MEKSIKO


Ayu Andriyani / S / Pe-B

Aztec merupakan satu dari beberapa kebudayaan yang disebut secara umum sebagai "nahuan" mengikuti bahasa mereka.Ketika kaum astec sampai ke lembah anahuac,mereka dianggap oleh nahuas lain sebagai yang paling tidak berperadaban,jadi mereka memutuskan belajar dan mengambil dari kaum-kaum lain.Mereka banyak belajar dari toltec tua (yang sering dikelirukan dengan kebudayaan teotihuacan yang lebih tua).

Sejarah Perkembangan Pendidikan Islam Pada Masa Bani Abbasyiyah


Refligy Yulia Fitri / SP/ A

Popularitas daulah Abbasyiyah mencapai puncaknya di zaman khalifah Harun Al-Rasyid (786-809 M) dan puteranya Al-Ma'mum (813-833 M). Harun Al-Rasyid adalah figur khalifah shaleh ahli ibadah, senang bershadaqah, sangat mencintai ilmu sekaligus mencintai para 'ulama, senang dikritik serta sangat merindukan nasihat terutama dari para 'ulama. Pada masa pemerintahannya dilakukan sebuah gerakan penerjemahan berbagai buku Yunani dengan menggaji para penerjemah dari golongan Kristen dan penganut agama lainnya yang ahli. Ia juga banyak mendirikan sekolah, yang salah satu karya besarnya adalah pembangunan Baitul Hikmah, sebagai pusat penerjemahan yang berfungsi sebagai perguruan tinggi dengan perpustakaan yang besar. Perpustakaan pada masa itu lebih merupakan sebuah universitas, karena di samping terdapat kitab-kitab, di sana orang juga dapat membaca, menulis dan berdiskusi.

TENUNAN SIAK MASYARAKAT MELAYU DISIAK SRI INDRAPURA

LAILATUL BADRIAH/PBM/FB

1.      SEJARAH TENUNAN SIAK
Kesenian siak yang sangat terkenal ialah kesenian menenun kain yang disebut tenunan kain tenunan siak.
Dari kapas menjadi benang
Pilin menjadi kain
Bidal tua melayu diatas merupakan tugu pengingan dan symbol kreatifitas masyarakat mengubah kapas menjadi tenunan yang eksotik yang menjadi simbol keagungan, yaitu tenun siak. Semasa dahulu pekerjaan menenun hanya dikenal dilingkungan istana saja sebagai pekerjaan sambilan. Namun sesuai dengan perkembangan zaman, pekerjaan menenun merembes keluar tembok istana (Adila Suwarno, 2005 : 125).

PENDIDIKAN ISLAM DI BRUNEI DARUSSLAM


            Merri Natalia S/SP

Islam diperkirakan telah datang ke Brunei sejak abad ke-15. Catatan Portugis oleh de Brito tahun 1514, menyatakan bahwa raja Brunei masih belum masuk islam tetapi para pedagangnya sudah Muslim. Laporan lain menyebutkan ketika Pegaffeta mendarat di pantai Brunei tahun 1521, ia telah melihat adanya kota dengan penduduk yang padat. Sultan tinggal di sebuah pemukiman yang dikelilingi benteng. Pendatang disambut dengan upacara kebesaran. Walaupun memberikan dukungan kepada Muslim, tetapi raja Awang Alak Betatar baru memeluk islam pada masa kemudian dan dan diberi gelar Sultan Muhammad Shah (1363-1402). Dialah sultan Brunei pertama dan penguasa Brunei saat ini merupakan keturunannya. Secara

HAMBATAN MASUKNYA AJARAN DAN PENDIDIKAN ISLAM DI PERANCIS


MERRI NATALIA S/SP

Di Prancis, jumlah umat Islam diperkirakan mencapai 6-7 juta orang. Angka ini merupakan perkiraan karena dalam sensus penduduk Prancis tidak ada pertanyaan tentang agama yang dianut penduduknya. Statistik agama secara resmi dilarang oleh hukum Prancis. Seperti diketahui bersama, Prancis adalah negara sekuler, berbeda dari Indonesia yang adalah negara Pancasila. Di Indonesia, negara tidak mendasarkan pada agama tertentu, tetapi juga bukan negara sekuler yang memisahkan agama sebagai urusan privat dengan negara yang dianggap sebagai ruang publik. Statistik agama justru disediakan negara. Umat Islam di Prancis berasal dari berbagai ras dan etnik dari seluruh dunia, terutama dari daerah Maghrib dan Afrika, selain itu juga dari Turki, Bangladesh, Suriah, Mesir, dan bahkan Indonesia. Mereka banyak yang

PEMBAHARUAN PENDIDIKAN ISLAM DI TURKI


Merri Natalia S/SP

Pada abad pertengahan Dunia Barat telah maju, ditandai dengan beberapa kemajuan dan penemuan teknologi modern seperti kaca lensa (1250) dan alat percetakan (1450). Perkembangan IPTEK ini disamping menimbulkan hal-hal yang positif adapula negatifnya; sedangkan umat islam dibelahan bagian timur sedang bersimpuh dibawah penindasan dan juga terlena dibawah sisa kemegahan kulturnya dimasa silam yang telah sirna, namun dibelahan barat (asia barat) ± tahun 1300 telah berdiri pula kerajaan turki usmani, namun mereka kurang berbudaya, mereka hanya mengandalkan kemajuan militer, keberanian dan fisik mereka yang kuat, namun mereka ini merupakan ancaman bagi Eropa.  Wilayah kekuasaan Usmani sejak

Dinamika Lembaga Lembaga Pendidikan Islam di Nusantara


ARMINAL HABLI / SP / B

1.      Awal Pertumbuhan Surau
Di Minangkabau, keberadaan lembaga pendidikan Islam sejak masa awal telah mendapat perhatian yang cukup besar. Pada masa ini, surau merupakan lembaga pendidikan Islam yang sangat strategis. Eksistensi surau memiliki fungsi ganda, yaitu di samping sebagai tempat ibadah, pendidikan serta tempat berkumpulnya anak laki laki. Fenomena ini telah ikut memperlancar terjadinya proses pendidikan Islam secara efektif. Upaya pelacakan surau sebagai lembaga pendidikan Islam awal di Minangkabau, seringkali terlupakan. Hal ini

PENDIDIKAN KEBIDANAN DI AUSTRALIA


TRI HARTONO/SP/14B 

  1. Awal Mula Pendidikan Bidan di Australia
 Florence Nightingale adalah pelopor kebidanan dan keperawatan yang dimulai dengan tradisi dan latihan-latihan pada abad 19. Tahun 1824 kebidanan masih belum dikenal sebagai bagian dari pendidikan medis di Australia, kebidanan masih didominasi oleh profesi dokter.  Pendidikan bidan pertama kali di Australia dimulai pada tahun 1862. Lulusan itu dibekali dengan pengetahuan teori dan praktek. Pendidikan diploma kebidanan dimulai tahun 1893. Dan sejak itu tahun 1899

SISTEM PENDIDIKAN DI AUSTRALIA


TRI HARTONO/SP/14B

Di Australia, pendidikan itu sangat diperhatikan oleh pemerintahnya,sampai-sampai setiap anak yang terlahir di Australia punya kewajiban untuk bersekolah. Bahkan pemerintah tidak segan-segan memberi sanksi terhadap orang tua jika anaknya sering membolos dan malas untuk sekolah,jadi tidak heran kalu masyarakat Australia mayoritas berpendidikan. Untuk tahun akademik sedikit berbeda jika dibandingkan dengan Indonesia. Di Australia,tahun ajaran baru dimulai dari awal tahun dan berakhir di akhir tahun. Satu tahun ajaran dibagi menjadi 4 term dan masing-masing term ada ujiannya.  Untuk tingkat pendidikan awal,ada namanya Taman Kanak-Kanak,kemudian setelah tamat dilanjutkan ke Sekolah Dasar. Disini siswa

PENDIDIKAN DI INDONESIA DARI MASA KE MASA


MUHAMMAD HAKIKI / SP

Pendidikan di Indonesia setelah proklamasi diatur dalam Undang-Undang Dasar 1945 pasal 31 ayat 1,2 dan pasal 32. Pasal 31 ayat satu (1) berbunyi "Setiap warga negara berhak mendapatkan pendidikan " dan ayat dua (2) berbunyi "Setiap warga negara wajib mengikuti pendidikan dasar dan pemerintah wajib membiayainya". Pasal 32 ayat satu (1) berbunyi "Negara memajukan kebudayaan nasional Indonesia di tengah peradaban dunia dengan menjamin kebebasan masyarakat dalam memelihara dan mengembangkan nilai-nilai budayanya" dan pasal 32 ayat dua (2) "Negara menghormati dan memelihara bahasa daerah 

MUHAMMAD ABDUH DAN USAHA PEMBARUAN PENDIDIKAN ISLAM DI MESIR


NURMI  SUARI/SP/14 A

A.    Biografi Singkat Muhammad Abduh
Muhammad Abduh lahir pada tahun 1848 M/ 1265 H, di sebuah desa di Propinsi Gharbiyyah Mesir Hilir. Beliau lahir dengan latar belakang keluarga petani yang sangat cinta ilmu pengetahuan, sederhana, da taat. Ayahnya bernama Muhammad 'Abduh ibn Hasa Khairullah. Sedang ibunya-entah bernama siapa- katanya merupakan keturunan Arab yang berkaitan dengan garis nasab dengan suu Umar bin Khaththab. Terlahir dari keluarga muslim yang ta'at, Abduh kecil diarahkan untuk belajar

SEJARAH PENDIDIKAN ISLAM DI INDONESIA


MUHAMMAD HAKIKI /SP

Sejarah pendidikan Islam di Indonesia telah dimulai pada awal abad ke-10 M hingga dewasa ini merupakan perjalanan yang cukup panjang. Dimana perkembangan cukup draktis terjadi pada masa orde lama dan terus berkembang pada masa orde baru. Setelah Indonesia merdeka, pendidikan agama telah mendapat perhatian serius dari pemerintah, baik di sekolah negeri maupun swasta. Usaha tersebut dimulai dengan memberikan bantuan sebagaimana anjuran oleh Badan Pekerja Komite Nasional Pusat (BPKNP)

SISTEM PENDIDIKAN ISLAM SEBELUM REFORMASI


MUHAMMAD HAKIKI / SP

Sejarah pendidikan Islam di Indonesia, boleh dikata sangat tuanya dengan pertumbuhan dan perkembangan umat Islam di bumi nusantara ini. Sejak Islam masuk di Indonesia pada abad VII M dan berkembang pesat sejak abad VIII M dengan munculnya sejumlah kerajaan Islam. Pendidikan Islam pun berkembang mengikuti irama dan dinamika perkembangan Islam tersebut. Dimanapun ada komunitas kaum muslimin, di sana ada aktifitas pendidikan Islam yang dilaksanakan sesuai dengan situasi dan kondisi daerah tempat mereka berada.

SEJARAH PENDIDIKAN MESIR DALAM SEJUMLAH TOKOH PEMBAHARUAN ISLAM


NURMI SUARI/SP.

      Sejarah Pendidikan di Mesir
Secara historis, modernisasi pendidikan di Mesir berawal dari pengenalan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi Napoleon Bonaparte pada saat penaklukan Mesir. Kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi yang dicapai Napoleon Bonaparte yang berkebangsaan Perancis ini, memberikan inspirasi yang kuat bagi para pembaharu Mesir untuk melakukan modernisasi pendidikan di Mesir yang dianggapnya stagnan. Di antara tokoh-tokoh tersebut Jamaluddin al-Afghani, Muhammad Abduh, dan Muhammad Ali

Pendidikan Guru di Wilayah Karen, Birma Myanmar


Putri lestari /2014B/Sejarah Pendidikan

Myanmmar atau Bruma merupakan salah satu Negara di Asia tenggara, yang mana Negara itu hingga saat ini masih menebar konflik dalam politik maupun social yang ada didalam Negara tersebut. Sehingga Martin Smith, salah seorang jurnalis dan dokumentator sekaligus penulis dalam spesialisasi negeri Myanmar, pada tahun 1991, menyebutkan bahwa Negara Myanmmar merupakan Negara yang menakutkan, hal ini terjadi karena konflik yang berkepanjangan didaerah tersebut. Dia menuliskan:

Sistem pendidikan di Malaysia

Rizky Maulidin 

 

A. Potret sejarah dan Sistem Pemerintahan di Malaysia

 

Malaysia memproklamasikan kemerdekaannya pada tanggal 31 Agustus 1957 dari penjajahan inggris. tidak lama kemudian pada tanggal 13 September 1963 membentuk Negara federal yang meliputi Malaysia, Serawak, Sabah, Singapura. Malaysia adalah kerajaan berkonstitusi yang dikepalai oleh seorang raja atau kepala Negara tertinggi, dipilih selama masa 5 tahun. Ia dipilih oleh para penguasa sembilan Negara Melayu asli. Malaysia sekarang dipimpin oleh perdana menteri Najib Razak. Dan Abdul halim muadzam

KONDISI PENDIDIKAN DAN PEMERATAAN PENDIDIKAN DI MYANMAR


Muhklis Afandi/2014b/Sejarah Pendidikan

Myanmar adalah persatuan daerah administratif tujuh serikat dan tujuh divisi. Penduduk Myanmar pada tahun 2003 diperkirakan mencapai 52 juta. Diperkirakan 64,1 persen dari populasi terlibat dalam sektor pertanian. Myanmar adalah negara yang kaya akan sumber daya alam. Sejak tahun 1988 pemerintah menerapkan kebijakan ekonomi liberal berdasarkan orientasi pasar menggantikan system ekonomi pusat. Dengan munculnya usaha ekonomi kebutuhan akan tenaga kerja yang terlatih dan terdidik sangat diperlukan. 

STRUKTUR DAN SISTEM PENDIDIKAN MESIR


NURMI SUARI/ SP/ 14A

Sejarah Pendidikan di Mesir
Secara historis, modernisasi pendidikan di Mesir berawal dari pengenalan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi Napoleon Bonaparte pada saat penaklukan Mesir. Kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi yang dicapai Napoleon Bonaparte yang berkebangsaan Perancis ini, memberikan inspirasi yang kuat bagi para pembaharu Mesir untuk melakukan modernisasi pendidikan di Mesir yang dianggapnya stagnan. Di antara tokoh-tokoh tersebut Jamaluddin al-Afghani, Muhammad Abduh, dan Muhammad Ali Pasha. Dua yang terakhir, secara historis, kiprahnya paling menonjol jika dibandingkan dengan tokoh-tokoh yang lain. Berawal dari datangnya Napoleon Bonaparte di Alexandria, Mesir pada tanggal 2 Juli 1798 M. Tujuan utamanya adalah menguasai daerah Timur, terutama India. Napolen Bonaparte menjadikan Mesir, hanya sebagai batu loncatan saja untuk menguasai India, yang pada waktu itu dibawah pengaruh kekuasaan kolonial Inggris. Kedatangan Napolen ke Negara Mesir tidak hanya dengan pasukan perang, tetapi juga dengan membawa seratus enam puluh orang diantaranaya pakar ilmu pengetahuan, dua set percetakan

PERKEMBANGAN PENDIDIKAN ISLAM DI SAUDI ARABIA


NURBANI/ SP

A.    Sistem Pendidikan di Arab Saudi
Disamping sisi dunia kerja, daya tarik Arab Saudi yang lain adalah dunia pendidikan. Sistem pendidikan di Arab Saudi memisahkan antara laki-laki dan perempuan sesuai dengan syariat Islam. Secara umum, sistem pendidikan dibagi menjadi 3 bagian utama:
1.    Pendidikan umum untuk laki-laki

PERKEMBANGAN PENDIDIKAN DI CHINA


EGA EL FISCHA / SP / B

China dalam sepuluh tahun terakhir ini mengalami kemajuan yang sangat pesat di berbagai bidang. Diperkirakan lebih dari 6.000 mahasiswa asal Indonesia belajar di sejumlah perguruan tinggi di China. Selain kemajuan yang diraih China, alasan mahasiswa asing belajar disana adalah biaya kuliah yang lebih murah dibandingkan biaya kuliah di UK, AS, Australia maupun Singapura. Jurusan yang banyak diambil mahasiswa asing adalah bahasa Mandarin, ekonomi, manajemen dan Chinese Medical. Dalam sebuah buku yang ditulis oleh Ling Langing (mantan Wakil PM China), berjudul Education for 1.3 Biliion (Pearson Education

perkembangan islam di afrika selatan

CICI ELFIKA/S/EB

Islam adalah agama yang mulia, keberadaan islam memberikan cahaya kepada semau umat manusia.Islam di Afrika Selatan mungkin tiba sebelum zaman kolonial, dan terdiri dari perhubungan terpencil dengan pedagang Arab dan Afrika Timur. Banyak orang Muslim Afrika Selatan dijelaskan sebagai orang Coloured, utamanya di Tanjung Barat, termasuk yang nenek moyang datang sebagai budak dari Kepulauan Indonesia (Melayu Tanjung). Yang lainnya dijelaskan sebagai orang India, terutamanya di Kwazulu-Natal, termasuk mereka

SEJARAH KEDATANGAN ISLAM DAN PENDIDIKANNYA DI CINA


Merri Natalia S/SP

Menurut cacatan resmi (annalas) dari dinasti Tang,(618-905 M),menyatakan bahwa kali pertama datangnya delegasi Islam  ke Cina pada tahun ke-2 dari pemerintahan Kaisat Yong Hui, yakni sekitar 30 H yang dikirim Khalifah Utsman bin Affan.. Syiar agama Islam banyak disebarkan oleh para pedagang muslim Saad ibn Lubaid Alhabsyi, merupakan sahabat paman Nabi Muhammad SAW dari Madinah merupakan peretas awal masuknya agama Islam ke negeri ini semasa Dinasti Tang.Ia diberi mandate oleh Khalifah ke – 3, Utsman bin Affan untuk mengajak kaisar Cina Yung Wei masuk Islam. Untuk menunjukkan penghormatannya, kaisar mendirikan sebuah Mesjid pertama di Cina, yakni Mesjid Canton.Ia hijrah ke kota

PENDIDIKAN ISLAM DAN PENGARUHNYA DI BENUA AFRIKA


Merri Natalia S/SP

Dakwah Islam telah memasuki Benua Afrika semenjak Rasulullah SAW masih hidup. Pada tahun ke-5 dari kenabian, Rasulullah SAW memerintahkan beberapa orang sahabatnya (berjumlah 15 orang, 11 orang laki-laki dan 4 orang wanita) untuk berhijrah ke Habsyah (Ethiopia). Hijrah ini dipimpin oleh Usman bin Maz‟un yang bertujuan untuk menghindari penyiksaan-penyiksaan, dan menyelamatkan diri dari kaum kafir Quraisy serta mendakwahkan agama Islam. Selain itu, pada