Sejarah dan perkembangannya Komunisme di negara Vietnam


Cifta ayu olisstiowati/15B/sat

A.    Timbulnya Gerakan Komunis Vietnam
Berbicara Mengenai Gerakan Komunis Di Indocina Lebih Banyak Mengemukakan Gerakan Komunis Vietnam. Sebab Justru Gerakan Komunis Vietnam Dengan Viet Minhnya Merupakan Inti Kekuatan Dari Gerakan-Gerakan Komunis Yang Asa Dalam Berjuang Untuk Memperoleh Kemerdekaan. Dilihat Dari Segi Konsepsi Dan Ajarannya, Sebagian Besar Memberikan Penilaian Bahwa Gerakan Komunis Itu Mengandung Unsur-Unsur Tetapi Di Balik Propaganda Yang Manis Itu Sebetulnya Tersembunyi Maksud Dan Tujuan Tertentu. Dalam Pahamnya Kaum Komunis Harus Dapat Membentuk Suatu Pemerintahan Yang Berdasarkan Kepada Paham Komunisme Dan Sekaligus Sebagai Negara Komunis.
Gerakan Komunis Vietnam Memiliki Spesifikasi Tertentu Dalam Berjuang Mencapai Cita-Cita Dan Berkaitan Erat Dengan Proses Perjuangan Rakyat Melawan Penjajahan Bangsa Asing. Kalau Sebelum Jatuhnya Benteng Dien Bcen Plu, Gerakan Komunis Harus Berperang Melawan Perancis, Kemudian Sesudah Itu Harus Berhadapan Dengan Amerika Serikat Yang Dinilai Sebagai Imperialis Pengganti Perancis. Amerika Serikat Sebagai Kekuatan Asing Penopang Rezim Saigon, Dinilai Telah Menggerogoti Hak-Hak Kemerdekaan Rakyat Vietnam. Gerakan Komunis Indocina Baik Lao Dong, Rate4t Lao, Khmer Merah Sebagai Kaki Tangan Imperialism. Perjuangan Ini Tidak Sia-Sia Pada Bulan April 1975 Merupakan Saat Yang Menentukan Bagi Perkembangan Politik Di Asia Tenggara.
Dalam Laporan Tahunan International Insitute For Strategis Studies Dalam Strategic Survey 1976, Diterangkan Bahwa Sejak Jatuhnya Rezim Saigon Sampai Perkembangan Dewasa Ini Belum Ada Suatu Prospek Hari Depan Yang Jelas Mengenai Kawasan Asia Tenggara Dan Menyatakan Bahwa Pergeseran Kekuatan Ke Vietnam, Masalah-Masalah Ekonomi Yang Meningkat Serta Tidak Adanya Identitas Yang Mantab Bagi Asia Tenggara, Berarti Terbukanya Suatu Jangka Waktu Baru Yang Sulituntuk Diramalkan.
Satu Hal Lagi Yang Perlu Dicatat Adalah Masalah Perkembangan Dunia Dewasa Ini Yang Ditandai Dengan Dominasi Negara-Negara Super Power Minimal Peranan Mereka Sangat Menentukan. Asia Tenggara Akan Mengalami Pengaruh Dari Kekuatan Ekonomi Dan Politik Yang Bersumber Pada Kepentingan Negara Besar Yang Memiliki Peranan Di Asia Pasifik Dan Asia Tenggara. Masalah Kamboja Ternyata Merupakan Sumber Konflik Indocina Dan ASEAN. Konflik Ini Secara Mendasar Telah Mempengaruhi Politik Asia Tenggara Untuk Masa Yang Sulit Diramalkan.
b. Gerakan kemerdekaan
Gerakan Kemerdekaan Vietnam Yang Merupakan Manifestasi Dari Sikap Anti Dominasi Asing, Sebenarnya Sudah Ada Pada Zaman Kuno. Kemudian Sikap Tersebut Diperuncing Dengan Politik Kolonial Perancis Yang Kaku Dan Tak Kenal Keadilan, Ia Menjalankan Politik Asimilasi, Tanpa Memberi Kesempatan Kepada Vietnam Menuju Arah Self Goverment. Perlawanan Timbul Dimana-Mana, Namun Perlawanan Rakyat Tidak Ada Kekompakan.
Menjelang Berakhirnya Abad Ke-19, Perancis Menggabungkan Vietnam Dengan Laos Dan Kamboja Kedalam Federasi Indocina. Bagi Rakyat Vietnam Munculnya Indocina Ini Dirasakan Sangat Pahit Karena Berarti "Nama Vietnam Praktis Lanyap Dari Sebutan Dunia". Sebelum Tahun 1884, Vietnam Masih Bebas Mengadakan Hubungan Diplomatik Dengan Negara-Negara Lain.
Di Vietnam, Dalam Perjuangan Melawan Perancis Secara Garis Besar Terdapat Dua Kelompok Yang Sulit Untuk Di Satukan Yaitu Kaum Komunis Dan Kaum Nasionalis. Dalam Perkembangan Selanjutnya Ternyata Kaum Komunis Berhasil Memegang Kendali Dalam Memimpin Rakyat Untuk Melawan Penjajah, Dengan Tokoh Besarnya Ho Chi Min.
Bibit Komunisme Telah Tumbuh Disana Sekitar Tahun 1920-An Dan Mulai Menjalar Pada Individu, Kelompok Sosial Dengan Sistem Adaptasi Yang Besar Sekali Dengan Nilai-Nilai Budaya Rakyat Vietnam.

c. Ho Chi Min Dan Komunisme
Sebelum Mengetahui Pergerakan Komunis Dalam Memimpin Dan Mengendalikan Perjuangan Kemerdekaan Di Negara-Negara Indocina, Perlu Kiranya Dikemukakan Sedikit Tentang Komunisme. Dalam Taktik Dan Praktek Perjuangan Mencapai Tujuan Akhir, Kaum Komunis Banyak Berpegang Pada Ajaran Marxisme-Leninisme, Kemudian Diterangkan Untuk Meraih Tujuan Komunis Harus Ditempuh Dengan Mengadakan Revolusi Yang Disertai Kekuatan Fisik. Sesuai Doktrin Lenin Perang Merupakan Salah Satu Cara Penyelesaian Politik.
Masa Pertumbuhan Gerakan Komunis Vietnam Memang Tidak Bisa Lepas Dari Diri Bapak Nasionalis Vietnam Yaitu Ho Chi Min. Dialah Pemberi Nafas Bagi Gerakan Komunis Vietnam, Dan Segala Tindakannya Ditujukan Dari Perkembangan Komunis. Karena Besar Sekali Peranannya, Maka Ia Dapat Dikatakan Sebagai Bayangan Hitam Bagi Pemerintah Perancis.
Ho Chi Min Sebagai Pemimpin Pergerakan, Mempunyai Dua Aspek, Yaitu :
1.      Aspek Kedalam, Membentuk Kader-Kader Komunis Yang Militan.
2.      Aspek Keluar, Berjuang Atas Nama Vietnam Untuk Menuntut Kemerdekaan.
Ho Chi Minh Dilahirkan Pada 19 Mei 1890 Di Hoang Tru Dengan Nama Asli Nguyen Sinh Cung, Namun Kemudian Berganti Nama Menjadi Ho Chi Minh Yang Berarti "Dia Yang Menerangi". Ayahnya Ho, Nguyen Shin Hui Adalah Seorang Sarjana Miskin Dan Bekerja Di Kekaisaran Namun Dipecat Karena Mengkritik Kolonial Perancis Yang Ketika Itu Sedang Menjajah Vietnam (Atau Di Masa Itu Dikenal Sebagai Perancis Indochina). Ibunya Meninggal Pada Tahun 1901, Setelah Melahirkan Anak Keempatnya Yang Hanya Bertahan Hidup Selama 1 Tahun. Setelah Menyelesaikan Pendidikan Dasarnya Di Sekolah Setempat Tahun 1907, Ho Dan Saudara Lelakinya Pergi Ke Kota HuĂ© Untuk Belajar Difranco-Vietnamese Academy. Namun, Tiga Tahun Kemudian Ho Meninggalkan Tempat Tersebut Sebelum Menyelesaikan Pendidikannya Dan Bekerja Sebagai Guru Sekolah Di Kota Phan Thiet. Perlu Di Ingat Bahwa Jadi Sarjana Pada Waktu Itu Sama Artinya Jadi Orang Muda Pemarah Dan Penuh Frustasi Lantaran Melihat Pameran Kekuasaan, Kekuatan Dan Ketidakadilan Dari Pihak Penguasa Terhadap Rakyat, Baik Penguasa Itu Perancis Maupun Pribumi Yang Telah Menjadi Alatnya.
Ho Chi Min Melalui Karier Kehidupannya Dalam Iklim Kebencian Dan Kepahitan Pada Perancis. Bila Kemudian Ia Dekat Dengan Para Petani Itu Dapat Dipahami Karena Memang Masa Kecilnya Menyaksikan Betul Kepahitan Hidup Kaum Petani Itu.
Ho Kemudian Pergi Ke Eropa Pada Tahun 1912 Untuk Berkelana Dan Belajar. Pergaulannya Dengan Tokoh-Tokoh Sayap Kiri Perancis Telah Membawanya Kepada Komunisme. Pidato Pertama Ho Chi Minh Dalam Kongres Komunis Perancis Di Marseille Berbicara Mengenai Perlawanan Terhadap Imperialisme Yang Melakukan Tindak Kekerasan Di Vietnam. Pidato Yang Disampaikan Pada Tahun 1920 Di Sebuah Kongres Partai Sosialis Perancis Tersebut Bermaksud Mengajak Partai Mendukung Para Penduduk Lokal Vietnam Yang Tertindas. Ho Kemudian Menjadi Salah Satu Pendiri Partai Komunis Perancis Karena Dia Merasa Kaum Sosialis Menghindari Isu Kolonialisme, Sedangkan Kaum Komunis Bersedia Mempromosikan Kebebasan Nasional. Ho Chi Min Turut Mendirikan Partai Komunis Perancis Bersama Dengan Kelompok Pendatang Dari Algeria, Senegal, India Selatan, Dan Asia Yang Terbuang Di Paris. Mereka Juga Menerbitkan Surat Kabar Mingguan Yang Disebut Le Paria (Orang Buangan).
Tahun 1923 Sebagai Tokoh Partai Komunis Perancis, Ho Chi Min Menghadiri Kongres Tani Internasional Di Moskow Dan Menetap Disana Sampai Akhir 1924. Di Pusat Kubu Komunisme Ini Ia Mempelajari Teknik Komunis Dan Bertemu Dengan Pemimpin-Pemimpin Soviet, Seperti Nikolai Bukharin, Leon Trotsky, Dan Joseph Stalin. Mula-Mula Karena Patriotisme-Lah Ia Tertarik Kepada Komunisme Yang Dipandangnya Sebagai Kekuatan Pembebas Rakyat Terjajah. Di Rusia, Ho Dilatih Sebagai Agen Komintern (Komunis Internasional) Dan Juga Mempelajari Pemikiran Marxisme-Leninisme, Serta Teknik Revolusioner Di Communist University Of The Toilers Of The East(Sering Dikenal Sebagai Sekolah Stalin). Komintern Adalah Suatu Gerakan Sosialis Internasional Yang Memiliki Agen Di Berbagai Negara Untuk Menyebarkan Revolusi,Sosialisme, Dan Mengelola Cabang Organisasi Komunis Di Luar Negeri.
Tahun 1925 Oleh Komintern Ho Chi Min Dikirim Ke Canton (Cina) Untuk Membantu Michael Barodin (Penasehat Rusia Untuk Chiang Kai-Shek). Semasa Di Cina, Ho Mengajak Pengungsi Vietnam Mendirikan Pekumpulan Pemuda Revolusioner Vietnam (Thanh Nien Cach Menh Dong Chi Ho) Atau Sering Disebut Thanh Nien, Yang Ternyata Menjadi Bibit Kader Komunis Vietnam. Atas Usahanyalah Pejuang-Pejuang Muda Nasionalis Vietnam Memasuki Akademi Militer Khampoa Untuk Kemudian Setelah Mereka Kembali Ke Vietnam Telah Siap Memasang Sel-Sel Rahasia Komunis. Pada Waktu Itu Di Canton Banyak Sekali Pelarian Politik Vietnam.
Sekitar Tahun 1927 Didirikan Partai Nasionalis Vietnam Quoc Dan Dang (Vnqdd) Menurut Pola Kuomintang. Partai Ini Melancarkan Serangan Terhadap Perancis Pada Tanggal 9 Februari 1929, Tapi Perancis Mematahkannya Dengan Menangkapi Sebanyak 229 Anggota Partai Ini. Tahun Berikutnya Partai Ini Berontak Lagi Di Yen Bey, Tapi Juga Dapat Dihancurkan Oleh Perancis. Akibatnya Banyak Anggota Partai Ini Yang Melarikan Diri Ke Cina Bekerjasama Dengan Partai Kuomintang. Sejak Saat Itu Vnqdd Dan Partai-Partai Lain Yang Ada Tak Pernah Lagi Berhasil Menjadi Partai Yang Efektif Di Vietnam. 
Dengan Demikian Tak Satupun Partai Nasionalisme Non-Komunis Yang Mampu Menyaingi Ho Chi Min. Kehancuran Partai Nasionalis Ini Berarti Secara Tidak Langsung Bahwa Perancis Telah Memberikan "Jasa" Pula Kepada Komunisme Vietnam Untuk Mengisi Kevacuman Gerakan Politik Pribumi. Apalagi Kaum Komunis Vietnam Lebih Terlatih, Berdisiplin, Militan, Dan Berpengalaman Menghadapi Pihak Penjajah.
Pada Tahun 1930, Ho Chi Minh Mendirikan Partai Komunis Vietnamyang Dikenal Dengan Sebutan Partai Komunis Indocina.Tujuan Revolusi Yang Hendak Dicapai Telah Dirumuskan Terdiri Dari 10 Point, Dan 3 Point Yang Pokok Adalah:
1.  Melawan Imperialisme Perancis, Feodalisme Dan Kaum Reaksioner Klas Kapitalis Vietnam.
2.    Membentuk Negara Vietnam Yang Merdeka Secara Penuh.
3.    Mendirikan Suatu Pemerintahan Yang Terdiri Dari Kaum Buruh, Petani, Dan Militer.
Setahun Kemudian, Ho Ditangkap Oleh Pemerintah Inggris Karena Terlibat Dalam Kegiatan Revolusioner Dan Dipenjara Selama Dua Tahun. Setelah Dilepaskan, Ho Tinggal Di Rusia Hingga Tahun 1938. Ho Kemudian Menjadi Penasihat Militer Partai Komunis Tiongkok Saat Jepang Melakukan Invasi Ke Cina.

DAFTAR PUSTAKA
-          Suparma, T. 1998. Sejarah Asia Tenggara. Surakarta: Universitas Sebelas Maret.
(di unduh pada Sabtu, 13 Desember 2014 pukul 8:55)
(di unduh pada Sabtu, 13 Desember 2014 pukul 8:57)

1 comment: