NELSON MANDELA PENGHAPUS SISTEM APARTHEID AFRIKA SELATAN

SRI OKTAVIANI/PIS
            Afrika selatan adalah Negara yang terletak diujung selatan Benua Afrika. Sekitar 79,5 persen penduduknya keturunan Afrika Hitam, yang terbagi dalm berbagai kelompok etnik. Afrika Selatan juga memiliki penduduk asal Eropa dan Asia. Orang-orang eropa berkulit putih telah mengkoloni Afrika Selatan sejak pertengahan abad -17. Orang kulit kulit putih yang utamanya dari Belanda dan Inggris telah menguasai kehidupan politik dan ekonomi Negara itu.

Pada 1948, Partai Nasional naik kepuncak kekuasaan. Partai ini memperkokoh politik pemisah ras yang telah dimulai sejak kekuasaan Belanda dan Inggris. Pemerintah Nasionalis membagi semua penduduk berdasarkan ras, yang masing-masing memiliki hak dan keterbatasan. Minoritas kulit putih menguasai penduduk kulit hitam yang mayoritas. Kebijakan itu secara formal dilembagakan yang kemudian dikenal dengan Apartheid (pemisahan). Minoritas kulit putih meikmati standart hidup tinggi, sementara mayoritas kulit hitam tetap terbelakang dalam pendapatan, pendidikan, perumahan dan harapan hidup.

Salah satu tokoh penting dimasa Apartheid adalah Nelson Mandela. Nelson rolihlah mandela lahir pada 18 juli 1918 di umtata provinsi eastern cape,afrika selatan.Ayahnya adalah seorang kepala suku berbahasa xhosa.Setelah ayahnya meninggal dia diasuh salah seorang sanak keluarganya.
            Pada tahun 1934 ia memulai program pendidikan di universitas Fort Hare.Dimana ia bertemu dengan Oliver Tambo yang menjadi teman dan koleganya yang setia.Disini dia terlibat dengan aksi protes mahasiswa yang menentang diskriminasi rasial.Kegiatan-kegiatan ini membuat dia dikeluarkan dari unversitas pada tahun 1940.Mulai saat itulah dia thitamerus aktif dalam memperjuangkan persamaan hak bagi kaum kulit hitam.Dia kemudian mengikuti kuliah jarak jauh di university of South Africa dan juga belajar di university of Witwaterland,Johannesburg dengan meraih gelar hukum.Bersama Oliver Tambo,dia membuka ahli hukum dan menjadi pengacara kulit hitam pertama di afrika selatan.
            Pada tahun 1944,sebagai seorang aktitivis Nelson Mandela mengikuti African National Congress (ANC),sebuah gerakan national yang terdiri dari berbagai warna kulit,yang memperjuangkan perubahan demokratis di afrika selatan.Tahun 1952,ANC melancarkan kampanye penbangkangan menentang hukum Apartheid di seluruh afrika selatan.Sistem Apartheid merupakan sistem pemerintahan dengan memisahkan ras kulit hitam dengan ras kulit putih pada awal abad ke 20 sampai awal tahun 1990-an.Pada tahun itu juga Mandela menjadi salah satu Deputi Presiden ANC dan ketua sukarela nasional.
            Tahun 1960,ANC bersama PAC (Pan Africanist Congress) menggerakkan demokrasi besar-besar di seluruh negeri.unjuk rasa ini berbuntut kericuhan.Polisi menembaki para demonstran di Sharpeville,Johannesburg.Sekitar 70 orang tewas dan lebih 180 orang cedera.Pembantaian ini memicu gejolak dan kemarahan dari semua warga kulit hitam.Protes,pemogokan,sampai kerusuhan terjadi dimana-mana.Pemerintah segera memberlakukan keadaan darurat.ANC dan PAC dilarang dan sekitar 18000 orang ditahan.PBB serta negara-negara di seluruh dunia mengecam tindakan pemerintah Afrika Selatan.
            Pada Desember 1961,didirikan sayap miter ANC yang bernama "ujung tombak bangsa"dengan Nelson Mandela sebagai komandan tertingginya.Ia pergi ke Algeria dan mendapat pelatihan militer disana.Saat ia kembali ke Afrika Selatan pada tahun 1962 dia segera ditangkap,diadili dan dituduh memberontak.Mandela dijatuhi hukuman penjara seumur hidup.Dia dipenjara di pulau Robben selama 18 tahun kemudian dipindahkan ke penjara Pollsmoor,lalu ke penjara Victor Verster dengan penjagaan amat ketat.
            Nelson Mandela terus menjadi simbol pahlawan terhadappolitik Apartheid.Gerakan anti apartheid dan aksi-aksi demonstrasi terus menjalar keseluruh negeri.Dari desakan dan tekanan yang luar biasa dari dalam maupun luar negeri akhirnya pada tanggal 2 Februri1990 Presiden FW.de Klerk mencabut pelarangan terhadap ANC.Setelah mendekam di penjara selama kuranglebih 27 tahun.Akhirnya Nelson Mandela dibebaskan pada tanggal 11 Februari 1990dari penjara Victor Verster.
            Pada tahun 1994 diselenggarakan proses pemilihan umum yang bebas pertama kali di Afrika Selatan.ANC memenangi pemilihan dan Nelson Mandela terpilih sebagai Presiden kulit hitam pertama di Afrika Selatan.
           
Daftar Pustaka:
60 tokoh dunia sepanjang masa oleh mohammad zazuli penerbit narasi
www.nelson mandela wikipedia
www.birografi nelson mandela

No comments:

Post a Comment