Halaman

PERUBAHAN ARAH JONG JAVA DARI NON POLITIK KE POLITIK PERSATUAN INDONESIA, TAHUN 1918-1930

NURBANI

 

1.    Tri Koro Dharmo dan Organisasi Pemuda Kedaerahan Tahun 1915-1925

Pemuda menjadi salah satu penggerak dalam mewujudkan tujuan, dalam mewujudkan tujuan tersebut dapat dijadikan dalam satu wadah yaitu sebuah organisasi. Dengan adanya organisasi dapat menyatukan pemikiran maupun ideologi dari setiap individu agar dapat mewujudkan cita-cita yang di inginkan, dengan berorganisasi juga dapat dijadikan pembelajaran bahwasanya hidup dalam kebersamaan lebih mudah dalam mewujudkan suatu tujuan. Pada mulanya bentuk organisasi-organisasi pemuda tersebut berdasarkan kesukuan atau kedaerahan, yang mengutamakan ikatan antara sesama pelajar sedaerah serta membangkitkan perhatian terhadap kebudayaan daerah masing-masing.

MANIFESTO POLITIK

OKTAVIA SESMITA/ 14A/ SI IV

Latar Belakang
Krisis berbangsa yang multidimensi telah meningkatkan ancaman dan terjadinya bencana lingkungan hidup serta langgengnya bahkan bertambah parahnya kemiskinan rakyat. Situasi ini merupakan akibat bekerjanya elit politik dan ekonomi atau kalangan oligarki politik (sistim politik yang dijadikan sarana untuk kepentingan pribadi dan kelompok saja) yang korup. Bangsa ini sekaligus diperlakukan sebagai kuda tunggangan kekuatan ekonomi politik asing yang merampas kedaulatan negara dan rakyat. Rangkaian krisis ini telah mengarah kepada ancaman terhadap hak hidup dan sumber-sumber kehidupan rakyat atau mengarah kepada krisis keselamatan rakyat.

Penggunaan Kurikulum Pertama Di Amerika Selatan


T.Nazri Supian/Sp/015/A

Untuk menganalisis lebih dalam tentang kurikulum di afrika selatan  itu sendiri , sebaiknya kita mengenal tentang apa pengertian kurikulum itu sendiri. Kurikulum adalah perangkat mata pelajaran dan program pendidikan yang diberikan oleh suatu lembaga penyelenggara pendidikan yang berisi rancangan pelajaran yang akan diberikan kepada peserta pelajaran dalam satu periode atau smester di jenjang pendidikan. Penyusunan perangkat mata pelajaran ini disesuaikan dengan keadaan dan kemampuan setiap jenjang pendidikan dalam penyelenggaraan pendidikan tersebut serta kebutuhan lapangan kerja. Kurikulum merupakan alat yang sangat penting dalam menjamin keberhasilan proses pendidikan, artinya tanpa

MENGENAL SISTEM PENDIDIKAN DI SINGAPURA


DEWI MUTIARA SARI/SP/2B

A.    Pendahuluan
Singapura merupakan salah satu negara termaju di kawasan Asia Tenggara dan bisa mengalahkan saudara-saudara tuanya di kawasan semenanjung Melayu. Hal tersebut terjadi karena kemajuan sistem pendidikannya. Singapura sebagai negara yang dianggap paling maju di Asia Tenggara, hanya memiliki jarak kurang lebih 40 km dari barat ke timur.

PERLUASAN KEKUASAAN ACEH-MATARAM-MAKASAR (1600-1700)

YULIA GUSTINA/ SI IV/ 14A

1.      Perkembangan perdagangan sekitar tahun 1600

Sejak jatuhnya Malaka pada tahun 1511 ke tangan protugis, Aceh berusaha menarik perdagangan internasional dan antar –kepulauan Nusantara. Salah satu jalan menghancurkan Malaka dan Johor, jalan lain ialah mencoba menguasai pelabuhan-pelabuhan transito. Di pantai Timur Sumatra, setelah pedir, Pasai, Deli dan Aru, maka Aceh mencoba mengasai Jambi di mana perdagangan sangat ramai, Jambi adalah pelabuhan pengekspor lada yang banyak dihasilkan di daerah pelabuhan pedalaman, seperti Minangkabau yang diangkut lewat sungai Indragiri, Kampar, dan Batanghari.

Pengaruh Aceh meliputi kerajaan-kerajaan di semenanjung Malaya, seperti Kedah, Perak, Pahang, dan Johor. Sebelum 1603 Aceh mengambil ladanya dari petani, Kedah, Pedir, Indragiri, dan Jambi. Ekspansi Aceh sejak itu berhasil menguasai perdagangan pantai Barat sumatra dan mencakup Tiku, Pariaman, dan Bengkulu. Untuk memperkuat posisinya terhadap Mataram maka dibuatnya pesekutuan dengan Makasar. Meskipun ekspansi Mataram menghancurkan kota-kota pesisir dan karenanya

SEJARAH MASUKNYA ISLAM DI PROVINSI RIAU

ROBBI SATRIA PRATAMA

 

A. Latar Belakang

Lahirnya agama Islam yang dibawa oleh Rasulullah SAW, pada abad ke-7 M, menimbulkan suatu tenaga penggerak yangluar biasa, yang pernah dialami oleh umat manusia. Islam merupakan gerakanraksasa yang telah berjalan sepanjang zaman dalam pertumbuhan danperkembangannya. Masuk danberkembangnya Islam ke Indonesia dipandang dari segi historis dan sosiologissangat kompleks dan terdapat banyak masalah, terutama tentang sejarahperkembangan awal Islam. Ada perbedaan antara pendapat lama dan pendapat baru.Pendapat lama sepakat bahwa Islam masuk ke Indonesia abad ke-13 M dan pendapat baru menyatakan bahwa Islam masuk pertama kali ke Indonesia pada abad ke-7 M

KUBILAI KHAN (Shizu 1279-1294) Sang Pendiri Dinasti Yuan


FRANSISKA IMA KULADA KEFI/SAT/A/2015

a.      Biografi Kubilai Khan (China)

Tokoh paling terkenal dinasti Yuan adalah Kubilai Khan sekaligus pendiri dari dinasti Yuan dan bergelar shizu (1279-1294). Meskipun Kubilai Khan merupakan pendiri dari dinasti Yuan tetapi ia menempatkan kakeknya Jengis Khan sebagai kaisar tertinggi pertama dinasti Yuan. Dinati Yuan resmi berdiri pada tahun 1271 ditandai dengan serangan Kubilai Khan meruntuhkan dinasti Jin (1234) dan mengakhiri kekuasaan dinasti Song . Secara umum penyerangaan dinasti Yuan ke beberapa wilayah cina didasari atas penolakan atau diskriminasi yang dilakuka oleh orang-orang manchus (Han). Ekspansi yang dilakukan orang-orang manchus pada abad ke 17 sampai 18 masehi dengan dalih Cina adalah tanah nenek moyang mereka, semakin tidak memberikan ruang gerak terhadap perkembangan budaya orang-orang mongol (basis dinasti Yuan). Akhirnya secara tidak langsung orang-orang mongol harus melarikan diri di tepian-tepian Cina. Atas alasan diskriminatif itulah orang-orang mongol mulai membentuk koloni-koloni guna merebut hagemoni kekuasaan kembali yang dipegang oleh dinasti Han (orang manchus). Mereka membentuk sebuah pan Asianisme dengan daerah-daerah kekuasaannya diluar Cina. Strategi ekspantif inilah yang mendorong terbentuknya dinasti Yuan sekaligus wilayah kekaisaran mongol di Cina. Selama dinasti Yuan dengan pemimpinnya Kubilai khan, mereka sangat menghargai budaya dari generasi sebelumnya yaitu dinasti Han dan menerapkannya dalam pemerintahan.

sejarah pergerakan kebangsaan Gabungan politik Indonesia (GAPI)


                                               MERIANI/SI IV/14A

Gabungan Politik Indonesia (GAPI) adalah suatu organisasi payung dari partai-partai dan organisasi-organisasi politik. GAPI berdiri pada tanggal 21 Mei 1939 di dalam rapat pendirian organisasi nasional di Jakarta. Walaupun tergabung dalam GAPI, masing-masing partai tetap mempunyai kemerdekaan penuh terhadap program kerjanya masing-masing dan bila timbul perselisihan antara partai-partai, GAPI bertindak sebagai penengah. Untuk yang pertama kali pimpinan dipegang oleh Muhammad Husni Thamrin, Mr. Amir Syarifuddin, Abikusno Tjokrosujono.Inisiatif datang dari Thamrin, tokoh perindra, untuk membentuk suatu badan konsentrasi nasional. karena Melihat gelagat internasional yang semakin genting serta memungkinkan keterlibatan langsung Indonesia dalam perang, maka pembentukan badan ini terasa sangat mendesak, antara lain untuk memupuk rasa saling menghargai serta kerja sama untuk membela kepentingan masyarakat.Ada pun alasan yang tidak kalah penting adalah situasi internasional pada saat itu. Alasan ini pula yang melatarbelakangi inisiatif Muhamad Husni Thamrin (Parindra) mengadakan rapat tanggal 19 Maret 1939 untuk mendirikan badan konsentrasi yang baru. Sebagai realisasi dari rapat di atas, maka pada tanggal 21 Mei 1939 diadakan rapat umum yang menghasilkan pembentukan konsentrasi nasional, Gabungan Politik Indonesia (GAPI)

SEJARAH PERJUANGAN RAKYAT RIAU MELAWAN JEPANG PADA TAHUN 1942-KEMERDEKAAN


Mulyana sari/E/S

A.    Reaksi masyarakat riau terhadap penduduk jepang

1.      Penderitaan Romusha dan Masyarakat Riau
Tahun 1942 jepang telah menduduki beberapa negara dikawasan pasifik. untuk memperkuat pertahanan mereka di negara yang telah diduduki Jepang membuka jalan kereta api. Di daerah Riau Jepang membuka jalan kereta api antara Muaro Sijunjung-Pekanbaru, pembuatan jalan darat dari Medan ke Pasir Pengaraian, pembuatan lapangan terbang simpang Tiga Pekanbaru dan pembuatan jembatan Rantau Berangin dan Danau Bingkuang.

PENJAJAHAN BANGSA PORTUGIS DI INDONESIA

Renita Br. Hutabarat

Pada awal abad XVI Bangsa Eropa mulai menjelajahi kawasan Asia Tenggara, salah satunya adalah Indonesia yang pada zaman tersebut mungkin nama Indonesia bukanlah nama dari kawasan tersebut, biasanya sering disbut Nusantara oleh rakyat Indonesia zaman dahulu. Pada abad XV bangsa Portugis merupakan salah satu bangsa yang mencapai kemajuan di bidang teknologi. Salah satunya adalah membuat kapal untuk menyebrangi luasnya samudra untuk meluaskan daerah kekuasaan mereka. Dengan alasan untuk menguasai impor rempah-rempah di kawasan Eropa, bangsa Portugis mencari daerah kawasan penghasil rempah-rempah terbaik. Saat itu rempah-rempah menjadi kebutuhan yang vital bagi bangsa Eropa. Selama musim dingin di Eropa, tidak ada salah satu cara pun yang dapat di jalankan untuk mempertahankan agar semua hewan-hewan ternak dapat tetap hidup. Kerena itu banyak hewan ternak yang disembelih dan dagingnya kemudian harus di awetkan. Untuk itulah diperlukan sekali banyak garam dan rempah-rempah.

Reformasi Di Indonesia

Lisdawati Pasaribu

 

A.    Latar Belakang Masalah

Reformasi merupakan suatu gerakan yang menghendaki adanya perubahan kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara ke arah yang lebih baik secara konstitusional.Artinya, adanya perubahan kehidupan dalam bidang politik, ekonomi, hukum, sosial, dan budaya yang lebih baik, demokratis berdasarkan prinsip kebebasan, persamaan, dan persaudaraan[1].

 

Gerakan reformasi lahir sebagai jawaban atas krisis yang melanda berbagai segi kehidupan.Krisis politik, ekonomi, hukum, dan krisis sosial merupakan faktor yang mendorong lahirnya gerakan reformasi.Bahkan, krisis kepercayaan telah menjadi salah satu indikator yang menentukan.Reformasi dipandang sebagai gerakan yang tidak boleh ditawar-tawar lagi dan karena itu, hampir seluruh rakyat

Biografi Sui Wen Ti

ALFY FERISSA / SAT / B


Sui Wen Ti (Kaisar Wen dari Sui) atau yang bernama asli Yang Chien, adalah pendiri dan kaisar pertama dari Dinasti Sui China (581-618 AD). Dia adalah seorang administrator pekerja keras dan micromanager. Sebagai Buddhis, ia mendorong penyebaran agama Buddha melalui negara. Ia dianggap sebagai salah satu kaisar yang paling penting dalam sejarah China, dia adalah orang yang menyatukan Cina yang sudah terpecah belah selama beratus-ratus tahun. Persatuan politik yang digarapnya dapat bertahan hampir di seluruh abad-abad sesudahnya. Sebagai hasilnya, Cina bisa menjadi salah satu negeri yang terkuat di dunia. Hasil penting lainnya dari persatuan politik ini adalah penduduk Cina yang terdiri dari hampir seperlima jumlah keseluruhan penduduk dunia tak begitu sering terguncang malapetaka perang seperti dialami oleh para penduduk Eropa, Timur Tengah, atau bagian-bagian dunia yang lain. Selama pemerintahannya mulai pembangunan Grand Canal (kanal raksasa).

PERLAWANAN RAKYAT MALUKU TERHADAP VOC

Ester Dahlia Siregar

 

Latar Belakang Terjadinya Perlawanan

Tidakan sewenang-wenang yang dilakukan VOC di Maluku kembali dilanjutkan oleh pemerintah Kolonial Hindia Belanda setelah berkuasa kembali pada tahun 1816 dengan berakhirnya pemerintah Inggris di Indonesia tahun 1811-1816.

Berbagai tindakan yang dilakukan oleh pemerintah Kolonial Hindia Belanda di bawah ini menyebabkan timbulnya perlawanan rakyat Maluku:

AKSI - AKSI PERJUANGAN GAPI (GABUNGAN POLITIK INDONESIA)

OKTAVIA SESMITA/ 14A/ SI IV

GAPI (Gabungan Politik Indonesia) lahir ketika perjuangan pergerakan nasional Indonesia mengalami kebuntuan akibat ditolaknya petisi Sutardjo. Mereka yang masuk di dalam Volkstraad atau DPR (kala itu) merasa perjuangan mereka menjadi tiada arti. Apa yang mereka hasilkan, ternyata tidak membuahkan hasil yang berarti penolakan dan upaya mempertahankan status quo di Indonesia.

Pengaruh Kebijakan Pemerintah Pendudukan Jepang di Indonesia


SITI NUR/014/B

          Dengan penandatangan ini maka Perang Dunia II membawa akibat bagi bangsa Indonesia, yaitu:
1.       Akibat positif, yaitu imperialisme Belanda di Indonesia berakhir,
2.      Akibat negatif, yaitu Indonesia dijajah Jepang
            Masa penjajahan Jepang di Indonesia walaupun tidak begitu lama akan tetapi mengakibatkan penderitaan lahir maupun batin. Kebijaksanaan Jepang terhadap rakyat Indonesia mempunyai dua prioritas, yaitu:

PERGERAKAN NASIONAL INDONESIA


Bella Faniza Surya/ SI IV

Pergerakan nasional lahir dari penderitaan rakyat. Bangsa Indonesia terbelakang disemua bidang. Mereka miskin, ekonominya dikuasai bangsa asing. Pendidikan indonesiapun tertinggal sebahagian besar rakyat masih buta huruf. Jumlah sekolah lebih sedikit dibandingkan dengan jumlah penduduk yang relatif banyak. Lagi pula tidak semua orang bebas memasuki sekolah. Rakyat biasa hanya bisa memasuki sekolah rendah pribumi. Murid-murid hanya diajar sekedar membaca, menulis dan berhitung, setelah tamat mereka hanya diangkat sebagai pegawai rendah dengan gaji yang kecil atau sedikit.Pendidikan yang memakai sistem barat hanya boleh diikuti oleh anak pegawai yang bergaji besar atau banyak, anak bangsawan atau anak orang kaya. Rakyat tidak mempunyai tempat untuk mengadu nasib. Penguasa-penguasa pribumi tidak berkuasa lagi. Raja-raja dan para Bupati hanya memerintah sesuai kehendak Belanda. Bahkan, banyak

Latarbelakang Terbentuknya Partai Nasional Indonesia


Ega Elfischa/SI IV/14B

Lahirnya PNI dilatarbelakangi oleh situasi sosio-politik yang kompleks, yang mau tidak mau organisasi baru itu harus menyesuaikan dengan situasi baru. Pemberontakan-pemberontakan PKI tahun 1926 menimbulkan gerakan nasionalis. Pertama, pemberontakan dengan kekerasan itu tidak ada gunanya karena akan mudah ditekan Belanda. Kedua, pembubaran PKI membuat para pemimpin-pemimpin di buang ke Boven Digul untuk menyingkirkan komunis dari area politik. Ketiga, kegagalan PKI akan menyadarkan untuk membentuk organisasi nasionalis. Keempat, dengan tidak adanya PKI akan tercipta kekosongan gerakan nasionalis akan memerlukan arahan partai-partai nasionalis. Pemberontakan PKI tahun 1926 membangkitkan semangat baru untuk menyusun kekuatan baru dalam menghadapi pemerintah. Pemberontakan itu menggerakkan Sudjadi, wakil resmi PI di Indonesia bersama Iskaq dan Budyarto akan

Latar Belakang Tumbuhnya Kesadaran Nasional


Nurbani/SI IV/14B

Perasaan akan timbulnya nasionalisme bangsa Indonesia telah tumbuh sejak lama, bukan secara tiba-tiba. Nasionalisme tersebut masih bersifat kedaerahan, belum bersifat nasional. Nasionalisme yang bersifat menyeluruh dan meliputi semua wilayah Nusantara baru muncul sekitar awal abad XX. Lahirnya nasionalisme bangsa Indonesia didorong oleh dua faktor, baik faktor intern maupun faktor ekstern.
1.      Faktor Intern

Pergerakan Perjuangan Nasional Indonesia


Wahyu Sinto/ SI IV

1.      Budi Utomo (BU)
`           Pada tahun 1906 Mas Ngabehi Wahidin Sudirohusodo, merintis mengadakan kampanye menghimpun dana pelajar (Studie Fund) di kalangan priyayi di Pulau Jawa. Upaya dr. Wahidin ini bertujuan untuk meningkatkan martabat rakyat dan membantu para pelajar yang kekurangan dana. Dari kampanye tersebut akhirnya pada tanggal 20 Mei 1908 berdiri organisasi Budi Utomo dengan ketuanya Dr. Sutomo. Organisasi Budi Utomo artinya usaha mulia. Pada mulanya Budi Utomo bukanlah sebuah partai politik. Tujuan utamanya adalah kemajuan bagi Hindia Belanda. Hal ini terlihat dari tujuan yang hendak dicapai yaitu perbaikan pelajaran di sekolah-sekolah, mendirikan badan wakaf yang mengumpulkan tunjangan untuk kepentingan belanja anak-anak bersekolah, membuka sekolah pertanian, memajukan teknik dan industri, menghidupkan kembali seni dan kebudayaan bumi putera, dan menjunjung tinggi cita-cita kemanusiaan dalam rangka mencapai kehidupan rakyat yang layak. Kongres Budi Utomo yang pertama berlangsung di

Latarbelakang lahirnya Perhimpunan Indonesia dan Manifesto Politik


VISKA SEPTIANI/ SI IV

Pada tahun 1908 di Belanda berdiri sebuah organisasi yang bernama Indische Vereeniging. Pelopor pembentukan organisasi ini adalah Sutan Kasayangan Soripada dan RM Noto Suroto. Para mahasiswa lain yang terlibat dalam organisasi ini adalah R. Pandji Sosrokartono, Gondowinoto, Notodiningrat, Abdul Rivai, Radjiman Wediodipuro (Wediodiningrat), dan Brentel. Tujuan dibentuknya Indische Vereeniging adalah untuk memajukan kepentingan bersama dari orang-orang yang berasal dari Indonesia. Kedatangan tokoh-tokoh Indische Partij seperti Cipto Mangunkusumo dan Suwardi Suryaningrat, sangat mempengaruhi perkembangan Indische Vereeniging. Masuk konsep "Hindia Bebas" dari Belanda, dalam pembentukan negara Hindia yang diperintah oleh rakyatnya sendiri. Perasaan anti-kolonialisme semakin menonjol setelah ada seruan Presiden Amerika Serikat Woodrow Wilson tentang kebebasan dalam menentukan nasib sendiri pada negara-negara terjajah (The Right of Self Determination). Dalam upaya berkiprah lebih jauh, organisasi

SEJARAH PERJUANGAN RAKYAT KUALA TUNGKAL TANJUNG JABUNG BARAT JAMBI

NUKE ANGELA PUTRI 

 

Sebelum datangnya kekuasaan Asing yaitu kekuasaan Belanda dan Jepang, di daerah Jambi ada kerajaan yang berdiri sendiri yang disebut Kerajaan Jambi. Kemudian setelah Indonesia memperoleh kemerdekaan daerah Jambi merupakan daerah kerisedanan yang terdiri atas Kabupaten Merangin, Kabupaten Batanghari dan Kotapraja Jambi. Kerisedanan Jambi tersebut merupakan bagian daroi Propinsi Sumatera Tengah. Setelah Jambi menjadi propinsi, daerah kabupaten Merangin dibagi menjadi dua kabupaten yaitu Kabupaten Bungo-Tebo dan Sarolangun-Bangko. Sedangkan kabupaten Batanghari dibagi pula menjadi dua kabupaten yaitu kabupaten Batanghari dan Tanjung Jabung. Adapun Kotapraja Jambi sekarang menjadi Kotamadya Jambi.

KEADAAN DI DAERAH JAMBI PADA AKHIR ABAD KESEMBILAN BELAS

LAHIRNYA ORGANISASI PERGERAKAN NASIONAL


ZULKIFLI RISWALDY/SI IV

1.      Permufakatan Perhimpunan-Perhimpunan Politik Kebangsaan Indonesia (PPPKI)
PPPKI dibentuk di Bandung pada tanggal 17 - 18 Desember 1927. Beranggotakan organisasi-organisasi seperti Partai Sarekat Islam Indonesia (PSII), Budi Utomo (BU), PNI, Pasundan, Sumatranen Bond, Kaum Betawi, dan Kaum Studi Indonesia. Tujuan dibentuknya PPPKI yaitu:
·         menghindari segala perselisihan di antara anggota-anggotanya.
·         menyatukan organisasi, arah, serta cara beraksi dalam perjuangan kemerdekaan Indonesia.
·         mengembangkan persatuan kebangsaan Indonesia.

Perkembangan dan Sifat Gerakan Moderan Islam di Indonesia

Endah Afni Hariyati/E/S

            Dalam pembicaraan kita tentang berbagai organisasi, baik sosial,pendidikan ataupun politik, telah kita lihat berbagai sifat tiap organisasi itu,kecenderungan yang mereka tekankan pada pemikiran masing-masing.
            Baiklah disebutkan lebih dahulu bahwa islam oleh sebagian besar orang indonesia ketika itu merupakan identitas mereka,tempat mereka mem "bangsa" kan diri.

KOMUNIKASI POLITIK ERA REFORMASI

Lulu Tia Ningsih / E / S

Perpolitikan Indonesia memang tak sedahyat Thailand yang dalam 80 tahun terakhir tercatat memiliki 40 perdana menteri yang menandakan betapa rapuhnya stabilitas politik di negeri gajah putih tersebut serta sekaligus pula memerlihatkan kemampetan komunikasi politik yang dimilikinya. Meski demikian, heboh gonjang-ganjing politik tanah air dan pola komunikasinya memiliki cerita tersendiri yang menarik untuk dikupas. 

Biografi Kaisar Meiji Tenno

DEBORA NATALIA R

 

Kaisar Meiji, adalah anak dari Kaisar Komei dan Nakayama Yoshiko lahir di Kyoto, 3 November 1852 ia dilahirkan di sebuah rumah kecil milik kakek dari pihak ibu di ujung utara Gosho, dan meninggal di Tokyo, 30 Juli 1912 pada usia 59 tahun, beliau dikebumikan di Fushimi Momoyama no Misasagi.  Ia juga dikenal dengan nama Meiji Agung. Kaisar Meiji Tenno adalah kaisar Jepang ke-122 sesuai urutan tradisional suksesi, memerintah dari 3 Februari 1867 sampai meninggal dunia.

 

Nama pribadinya adalah Mutsuhito. Ketka ia masih kecil ia diberi nama Sachinomiya, atau Pangeran Sachi. Di luar Jepang ia kadang-kadang disebut dengan nama Kaisar Mutsuhito. Setelah Mutsuhito diangkat menjadi kaisar Jepang, ia mengambil gelar Meiji yang artinya "pemerintah yang tercerahkan".

Sejarah Politik di Indonesia


Ayu Utari Marwanti/pis/14A

A.Sejarah Sistem Politik di Indonesia
Sejarah Sistem Politik Indonesia bisa dilihat dari proses politik yang terjadi di dalamnya. Namun dalam menguraikannya tidak cukup sekedar melihat sejarah Bangsa Indonesia tapi diperlukan analisis sistem agar lebih efektif. Dalam proses politik biasanya di dalamnya terdapat interaksi fungsional yaitu proses aliran yang berputar menjaga eksistensinya. Sistem politik merupakan sistem yang terbuka, karena sistem ini dikelilingi oleh lingkungan yang memiliki tantangan dan tekanan.Dalam melakukan analisis sistem bisa dengan pendekatan satu segi pandangan saja seperti dari sistem kepartaian, tetapi juga tidak bisa dilihat dari pendekatan tradisional dengan melakukan proyeksi sejarah yang hanya berupa pemotretan sekilas. Pendekatan yang harus dilakukan dengan pendekatan integratif yaitu pendekatan sistem, pelaku-saranan-tujuan dan pengambilan keputusan.Proses politik mengisyaratkan harus adanya kapabilitas sistem.

Sejarah Berdirinya Partai Nasional Indonesia


Satriadi/SI IV/14B

Lahirnya PNI dilatarbelakangi oleh situasi sosio-politik yang kompleks, yang mau tidak mau organisasi baru itu harus menyesuaikan dengan situasi baru. Pemberontakan-pemberontakan PKI tahun 1926 menimbulkan gerakan nasionalis. Pertama, pemberontakan dengan kekerasan itu tidak ada gunanya karena akan mudah ditekan Belanda. Kedua, pembubaran PKI membuat para pemimpin-pemimpin di buang ke Boven Digul untuk menyingkirkan komunis dari area politik. Ketiga, kegagalan PKI akan menyadarkan untuk membentuk organisasi nasionalis. Keempat, dengan tidak adanya PKI akan tercipta kekosongan gerakan nasionalis akan memerlukan arahan partai-partai nasionalis. Pemberontakan PKI tahun 1926 membangkitkan semangat baru untuk menyusun kekuatan baru dalam menghadapi pemerintah. Pemberontakan itu menggerakkan Sudjadi, wakil resmi PI di Indonesia bersama Iskaq dan Budyarto akan membentuk suatu partai baru sesuai dengan PI. Partai baru tidak didasarkan pada Islam maupun komunisme

PERLAWANAN RAKYAT ACEH MELAWAN BELANDA 1873-1904

KHOLIFA TULHASSANA 


Aceh memiliki kedudukan yang sangat strategis sebagai pusat perdagangan. Aceh banyak menghasilkan lada dan tambang serta hasil hutan. Oleh karena itu, Belanda berambisi untuk mendudukinya. Sebaliknya, orang-orang Aceh tetap ingin mempertahankan kedaulatannya. Sampai dengan tahun 1871, Aceh masih mempunyai kebebasan sebagai kerajaan yang merdeka.
Pada awal abad 19 pemerintah Hindia Belanda mulai melebarkan sayap kekuasaannya diluar pulau Jawa, termasuk wilayah Sumatra. Hal tersebut untuk melindungi wilayah jajahan Belanda supaya tidak direbut oleh Inggris yang pada saat itu menguasai Semenanjung Malaya. Pada tahun 1930-an Belanda berhasil menguasai daerah Sibolga dan Tapanuli yang maĂ­z menjadi daerah kekuasaan Aceh. Selain itu pada tanggal 1 februari 1858 Sultan Siak diikat perjanjian oleh pemerintah Hindia Belanda. Menurut Wikipedia, bahwa akibat perjanjian yang ditandatangani oleh Sultan Ismail dengan pihak Hindia Belanda membuat daerah Deli, Langkat, Asahan dan Serdang jatuh kepada pihak Belanda. Padahal daerah-daerah tersebut sejak Sultan Iskandar Muda, berada  di bawah kekuasaan Aceh.

PERANAN NU DI INDONESIA SEBELUM DAN SETELAH KEMERDEKAAN

PIMA PUTRIANA / SI IV

NU (Kebangkitan Ulama atau Kebangkitan Cendekiawan Islam), disingkat NU, adalah sebuah organisasi Islam besar di Indonesia. Organisasi ini berdiri pada 31 Januari 1926 dan bergerak di bidang pendidikan, sosial, dan ekonomi. Keterbelakangan baik secara mental, maupun ekonomi yang dialami bangsa Indonesia, akibat penjajahan maupun akibat kungkungan tradisi, telah menggugah kesadaran kaum terpelajar untuk memperjuangkan martabat bangsa ini, melalui jalan pendidikan dan organisasi.

SEJARAH LAHIRNYA MUHAMMADIYAH

PIMA PUTRIANA / SI IV 
Muhammadiyah didirikan di Kampung Kauman Yogyakarta, pada tanggal 8 Dzulhijjah 1330 H/18 Nopember 1912 oleh seorang yang bernama Muhammad Darwis, kemudian dikenal dengan KHA Dahlan . Beliau adalah pegawai kesultanan Kraton Yogyakarta sebagai seorang Khatib dan sebagai pedagang. Melihat keadaan ummat Islam pada waktu itu dalam keadaan jumud, beku dan penuh dengan amalan-amalan yang bersifat mistik, beliau tergerak hatinya untuk mengajak mereka kembali kepada ajaran Islam yang sebenarnya berdasarkan Qur`an dan Hadist. Oleh karena itu beliau memberikan pengertian keagamaan dirumahnya ditengah kesibukannya sebagai Khatib dan para pedagang.

SEJARAH GERAKAN KAUM WANITA DI INDONESIA

FAISAL / SI IV 
Sejarah gerakan wanita di indonesia menunjukan kemiripan dengan gerakan wanita di negara-negara yang pernah mengalami penjajahan oleh negara-negara Barat. Pada umumnya gerakan wanita sebagai sosial tidak muncul tiba-tiba melainkan merupakan perkembangan dalam masyarakat dimana ada perasaan cemas dan ada keinginan individu yang menghendaki perubahan dan yang kemudian bergabung dalam suatu tindakan bersama.

PERAN PARTAI INDONESIA (PARTINDO) DALAM PERGERAKAN NASIONAL

FAISAL / SI IV 
            Sejak dibubarkannya PKI pada tahun 1927, konsepsi nasionalisme Indonesia yang sesungguhnya mulai muncul. Salah satu organisasi kebangsaan yang mengklaim sebagai penerus semangat perjuangan PKI adalah PNI (Partai Nasional Indonesia). Pembentukan PNI diawali oleh beberapa pemuda dari berbagai studieclub yang mulai melakukan beberapa pertemuan. Setelah beberapa kali mengadakan pertemuan dan pembicaraan dalam bulan Maret, April, dan Mei 1927, antara lain dihadiri oleh Soekarno, Iskaq, Boediarto, Tjipto Mangoenkoesoemo, Tilaar, Soedjadi, Soenarjo, akhirnya diputuskan untuk mendirikan PNI (Perserikatan Nasional Indonesia) pada rapat yang diadakan pada tanggal 4 Juli 1927 di Bandung. Untuk sementara waktu, naskah rencana Anggaran Dasar SRNI digunakan sebagai contoh rencana Anggaran Dasar PNI. Pada tahun 1928, Perserikatan Nasional Indonesia diganti namanya menjadi Partai Nasional Indonesia. Orientasi politik organisasi ini bersifat antikolonialisme dan nonkooperasi.

Peranan Sarekat Dagang Islam Pada Masa Kebangkitan Nasional

Merri Natalia S/SI IV

Organisasi Sarekat Dagang Islam (SDI) pada awalnya merupakan perkumpulan pedagang-pedagang Islam. Organisasi ini dirintis oleh Haji Samanhudi di Surakarta pada 16 Oktober 1905, dengan tujuan awal untuk menghimpun para pedagang pribumi Muslim (khususnya pedagang batik) agar dapat bersaing dengan pedagang-pedagang besar Tionghoa. Pada saat itu, pedagang-pedagang keturunan Tionghoa tersebut telah lebih maju usahanya dan memiliki hak dan status yang lebih tinggi dari pada penduduk Hindia Belanda lainnya. Kebijakan yang sengaja diciptakan oleh pemerintah Hindia-Belanda tersebut kemudian menimbulkan perubahan sosial karena timbulnya kesadaran di antara kaum pribumi yang biasa disebut sebagai Inlanders. Sarekat Dagang Islam merupakan organisasi ekonomi yang berdasarkan pada agama Islam dan perekonomian rakyat sebagai dasar penggeraknya. Di bawah pimpinan H. Samanhudi, perkumpulan ini berkembang pesat hingga menjadi perkumpulan yang berpengaruh. R.M. Tirtoadisurjo pada tahun 1909 mendirikan Sarekat Dagang Islamiyah di Batavia. Pada tahun 1910, Tirtoadisuryo mendirikan lagi organisasi semacam itu di Buitenzorg. Demikian pula, di Surabaya H.O.S. Tjokroaminoto mendirikan organisasi serupa tahun 1912. Tjokroaminoto masuk SI bersama Hasan Ali Surati, seorang keturunan India, yang kelak kemudian memegang keuangan surat kabar SI, Oetusan Hindia. Tjokroaminoto kemudian dipilih menjadi pemimpin, dan mengubah nama SDI menjadi Sarekat Islam (SI).

SISTEM PENDIDIKAN DI CHINA (TIONGKOK)

REZI YUNI ZAHRI/SP/B

A.   Pendahuluan
Pendidikan memiliki peranan penting dalam membangun suatu masyarakat bangsa. Melalui pendidikan, suatu bangsa dapat mengembangkan masyarakatnya menjadi maju. China memiliki keunikan tersendiri dalam hal pendidikan. Ada tiga hal mendasar yang penting ditanamkan dan diterapkan China hingga mencapai kemajuan seperti sekarang, yaitu kepercayaan diri, pendidikan dan peta jalan kedepan. Ketiga hal ini terus diimplementasikan oleh China di kehidupan berbangsa dan bernegara. China mampu bertahan karena memiliki sistem pendidikan yang mampu membangun suatu peradaban yang praktis sehingga peradaban itu tidak mudah hancur.

AWAL PERKEMBANGAN PENDIDIKAN DI VENEZUELA DALAM STRATEGI BOLIVARIAN


AISYAH NUR HANIFAH/SP

Venzuela adalah salah satu Negara di Belahan bumi Amerika Selatan yang beribukota di Caracas.Venezuela adalah salah satu negara di belahan bumi Amerika Selatan yang juga memiliki cerita sejarah dalam hal pendidikan.Pendidikan di Venezuela berawal dari pada masa kolonial yang terjadi di Negara Venezuela.Padamulanya,di era kolonialisasi,pendidikan di Venezuela ketika itu,dimonopoli oleh golongan Gereja Katolik Roma.Pada masa kolonialisasi ketika itu,hanya kaum minoritas saja yang bisa mengakses pendidikan,yaitu para pemilik tanah dan beberapa kalangan bangsawan gereja saja,dengan sistem ajaran yang menganut ala bangsawan Spanyol.Lalu muncul gagasan pendidikan,yang mana hirarki sosial yang kaku yang membedakan antara seorang pemikir atau penulis dengan para pekerja manual atau teknik.Dan,di Venezuela studi filsafat atau sastrawan memiliki prestise yang lebih tinggi dibandingkan dengan studi teknis ilmiah,sehingga pendidikan kejurusan yang berorientasi teknis dan praktek cenderung diabaikan.Yang mana,sistem pendidikan di Venuzeula,telah dikemas dengan struktur yang kaku di setiap kurikulumnya.

PENDIDIKAN DI JERMAN


ARMESWARI HARIS/SP/B

A.    Gambaran Tradisi Keilmuwan di Jerman
Tradisi keilmuwan masyarakat di Jerman sudah dimulai bahkan sejak sebelum Revolusi Industri di Inggris. Pada saat itu, Jerman telah berlomba-lomba secara sehat dengan universitas di berbagai negara dan telah menunjukkan kualitasnya. Orang-orang Jerman telah banyak membuka  universitas-universitas baru di samping upaya untuk mempertahankan universitas tua yang sudah ada. Bahkan, mereka juga mendirikan sekolah-sekolah tekhnik baru atau Technisches Hochschulen yang dipolakan mengikuti acole Polytechnique untuk memenuhi kebutuhan industri dan komersial masyarakat.

KURIKULUM DI NEGARA BELANDA

Machmul Alamsyah Harahap/SP A

A.    SISTEM PENDIDIKAN
Sistem pendidikan di Belanda sangat berbeda dengan sistem pendidikan yang dikenal di Asia, Amerika, bahkan di sebagian besar wilayah Eropa. Di Eropa sendiri, sistem pendidikan ala Belanda hanya dikenal oleh beberapa negara, antara lain Jerman dan Swedia. Salah satu  perbedaan sistem pendidikan di Belanda adalah penjurusan yang sudah dimulai sejak pendidikan di tingkat dasar dengan mempertimbangkan minat dan kemampuan akademis dari siswa yang  bersangkutan. Secara umum, sistem penjurusan tersebut dapat dikategorikan sebagai berikut:

Kebudayaan Zaman Batu di Indonesia

Irda/E/S

Berdasarkan dari hasil temuan alat-alatnya dan cara pengerjaanya, maka zaman batu dapat dibagi menjadi 3 bagian yakni :
1. Kebudayaan Palaeolithikum/Batu tua.
Hasil dari kebudayaan Palaeolithikum banyak ditemukan di daerah Pacitan (Jawa Timur)
dan Ngandong (Jawa Timur). Untuk itu para arkeolog sepakat untuk membedakan temuan benda-benda prasejarah di kedua tempat tersebut yaitu sebagai kebudayaan Pacitan dan kebudayaan Ngandong. Kapak genggam merupakan peninggalan zaman Palaeolithikum yang ditemukan pertama kali oleh Von Koenigswald tahun 1935 di Pacitan, alat tersebut serupa dengan kapak, tetapi tidak bertangkai dan cara mempergunakannya dengan cara menggenggam. Kapak genggam terkenal juga dengan sebutan kapak perimbas, atau dalam ilmu prasejarah disebut dengan chopper artinya alat penetak. Pembuatan kapak genggam dilakukan dengan cara memangkas salah satu sisi batu sampai menajam dan sisi lainnya dibiarkan apa adanya sebagai tempat menggenggam.

SEJARAH KERAJAAN MAJAPAHIT

Arif Firman Syaputra / E / S

A.    Awal Mula Terbentuknya Kerajaan Majapahit
Awal Terbentuknya Kerajaan Majapahit terjadi pada saat serangan Jayakatwang yang merupakan seorang adipati dari Kediri. Raden Wijaya bertugas menghadang bagian utara, ternyata serangan yang lebih besar justru dilancarkan dari selatan. Maka ketika Raden Wijaya kembali ke Istana, ia melihat Istana Kerajaan Singasari hampir habis dilalap api dan mendengar Kertanegara telah terbunuh bersama pembesar-pembesar lainnya.

Hindu Budha di Yogyakarta

Hamidin / e / s

Pada abad ke-19 , pertumbuhan dan perkembangan aliran fikiran dan kepercayaan di daerah Istimewa Yogyakarta dapat dilihat antara lain pada timbul berkembangnya keagamaan dan aliran kepercayaan. Sebagaimana kita ketahui , pada waktu itu dalam masyarakat di daerah Istimewa Yogyakarta telah hidup dan berkembang berbagai agama seperti islam, Hindu Budha, Katholik, Kristen Protestan dan juga aliran kepercayaan. Kesemuanya tumbuh dan berkembang sesuai dengan kondisinya masing-masing. Ada yang dapat tumbuh dan bekembang dengan subur, tetapi ada pula yang mengalami kelambatan dalam pertumbuhannya.

SHIH HUANG TI TOKOH DINASTI CHIN

DESI WIDIA YANTI / SAT / 2A

       Shih Huang Ti (juga terkenal dengan julukan Ch'in Shih Huang Ti) dilahirkan tahun 259 SM dan wafat tahun 210 SM. Untuk memahami arti penting pribadinya, lahir di penghujung tahun dinasti Chou yang didirikan sekitar 1100 SM. Berabad sebelum masanya, dinasti Chou sudah kehilangan keampuhannya selaku penguasa, dan Cina terpecah belah.
        Kaisar besar Cina, Shih Huang Ti dari tahun 238-210 SM. menyatukan Cina dengan kekuatan senjata dan meletakkan dasar perombakan-perombakan. Perombakan ini merupakan faktor utama dalam penyatuan kultural Tiongkok hingga kini. 

SEJARAH PERJALANAN SAREKAT ISLAM

PIMA PUTRIANA / SI IV

Pada mulanya Sarekat Islam adalah sebuah perkumpulan para pedagang yang bernama Sarekat Dagang Islam (SDI). Pada tahun 1911, SDI didirikan di kota Solo oleh H. Samanhudi sebagai suatu koperasi pedagang batik Jawa. Garis yang diambil oleh SDI adalah koperasi, dengan tujuan memajukan perdagangan Indonesia di bawah panji-panji Islam. Keanggotaan SDI masih terbatas pada ruang lingkup pedagang maka tidak memiliki anggota yang cukup banyak. Oleh karena itu, agar memiliki anggota yang banyak dan luas ruang lingkupnya maka pada tanggal 18 September 1912, SDI diubah menjadi SI (Sarekat Islam).

PENDIDIKAN DI JERMAN BARAT


SRI AYUNI/SP/2B

Latar Belakang Pendidikannya
Negara ini secara resmi "Bundes Republik Deutsch-land" (Republik Federasi Jerman), tetapi namanya biasa disebut adalah Jerman Barat, membedakannya dari Jerman Timur. Kedua Negara itu terbentuk dalam tahun 1949 sebagai akibat dari kekalahan Jerman dalam Perang Dunia II. Sepanjang sejarahnya banga Jerman banyak menghasilkan tokoh-tokoh Internasional besar, misalnya dibidang filsafat (immanuel Kant), dibidang musik (Beethoven), dibidang matematika (Riemann), dibidang agama (Martin Luther), dibidang pendidikan (Herbart). Disamping itu terkenal juga Krupp, Industrialis baja yang membuat meriam utnuk Perang Dunia I dan Hitler yang mencemplungkan dunia kedalam kancah peperangan.

Sistem Pendidikan di Negara Inggris

Ida Nurjannah

Pendidikan di inggris diawasi oleh departemen pendidikan dan departemen bisnis, inovasi dan keterampilan . Pada tingkat lokal, pemerintah daerah bertanggung jawab untuk melaksanakan kebijakan untuk pendidikan umum dan sekolah negeri.

Penuh waktu pendidikan adalah wajib untuk semua anak berusia antara 5 dan 16 (inklusif).  Siswa kemudian dapat melanjutkan studi sekunder untuk beberapa tahun selanjutnya dua ( bentuk keenam ), terkemuka paling biasanya ke tingkat a kualifikasi, meskipun kualifikasi lainnya dan kursus ada, termasuk bisnis dan teknologi majelis pendidikan (btec) kualifikasi dan international baccalaureate . Usia meninggalkan untuk pendidikan wajib dinaikkan menjadi 18 oleh pendidikan dan keterampilan undang-undang 2008 . Perubahan akan berlaku pada tahun 2013 untuk 17 berusia tahun dan 2015 untuk anak-anak usia 18 tahun. Negara-disediakan sekolah gratis bagi siswa, dan ada juga tradisi sekolah independen , tetapi orangtua dapat memilih untuk mendidik anak-anak mereka dengan cara apapun yang sesuai.

SISTEM PENDIDIKAN DI NEGARA MESIR

YURESHA FEBRIANTI FAHMI

 

Sejarah Pendidikan di Mesir

Secara historis, modernisasi pendidikan di Mesir berawal dari pengenalan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi Napoleon Bonaparte pada saat penaklukan Mesir. Kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi yang dicapai Napoleon Bonaparte yang berkebangsaan Perancis ini, memberikan inspirasi yang kuat bagi para pembaharu Mesir untuk melakukan modernisasi pendidikan di Mesir yang dianggapnya stagnan. Diantara tokoh-tokoh tersebut Jamaluddin al-Afghani, Muhammad Abduh, dan Muhammad Ali Pasha. Dua yang terakhir, secara historis, kiprahnya paling menonjol jika dibandingkan dengan tokoh-tokoh yang lain. Berdasarkan asumsi ini, artikel ini akan mengkaji peran keduanya dalam pembaharuan dan modernisasi pendidikan di Mesir. Sejarah modernisasi pendidikan di Mesir sangat lekat dengan gerakan pembaharuan Islam. Hal ini karenakan, sebagaimana ungkap Esposito, hampir seluruh pelaku-pelakunya adalah tokoh-tokoh pembaharu agama. Diantara tokoh-tokoh tersebut adalah

SEJARAH PENDIDIKAN DI ARAB SAUDI

CACA SATRIA VANBUDI

 

A.    Sejarah Pendidikan  Di Arab Saudi

Pada tanggal 23 September 1932, Abdul Aziz bin Abdurrahman Al-Sa'ud memproklamasikan berdirinya Kerajaan Arab Saudi atau Saudi Arabia (Al-Mamlakah Al-'Arabiyah Al-Su'udiyah) dengan menyatukan wilayah Riyadh, Najd (Nejed), Ha-a, Asir, dan Hijaz. Abdul Aziz kemudian menjadi raja pertama pada kerajaan tersebut. Dengan demikian dapat dipahami, nama Saudi berasal dari kata nama keluarga Raja Abdul Aziz Al-Sa'ud. Arab Saudi terkenal sebagai Negara kelahiran Nabi Muhammad SAW serta tumbuh dan berkembangnya agama Islam, sehingga pada benderanya terdapat dua kalimat syahadat yang berarti "Tidak ada tuhan (yang pantas) untuk disembah melainkan Allah dan Nabi Muhammad adalah utusan Allah".

ADAT ISTIADAT PERKAWINAN ORANG MELAYU KHUSUSNYA DAERAH RANTAU PENJANG KABUPATEN SIAK

UMI KALSUM / PMB

 

ADAT PERKAWINAN DAERAH SETEMPAT

            Ungkapan adat Melayu sangat banyak mengenai adat, karena adat merupakan pandangan orang melayu, ungkapan yang mengatakan "Tak Beradat" atau "Tak Tahu Adat"  sangat memalukan karena itu segala aspek kehidupan orang melayu mempunyai adat istiadat.

            Dari sisi lain, ungkapan "Adat Bersendikan Syarak"(agama). Adat melayu yang berpunca serta syarak mengandung nilai-nilai luhur keislaman yang menjadi landasan dan sandaran orang melayu.

            Salah satu adat yang harus ditegakkan dalam masyarakat Riau adalah perkawinan. Di daerah Rantau Panjang adat perkawinan merupakan cerminan luhur agama dan budaya sehingga hal ini baik dan harus dilaksanakan dalam masyarakat. Dalam adat perkawinan di daerah Rantau Panjang Kec Koto Gasib Kab Siak pelaksanaan mempunyai tahap dan kegiatan yaitu :

PERLAWANAN GOA TERHADAP BELANDA TAHUN 1654

KHOLIFA TULHASSANA 

Pada awalnya orang-orang belanda ketika datang ke kepulauan indonesia pada mulanya tidak begitu tertarik dengan kerajaan Gowa yang letaknya di kaki barat daerah sulawesi selatan. Belanda pada mulanya dalam perjalanan ke Timur sesudah berangkat dari pelabuhan-pelabuhan jawa mereka meneruskan perjalanan nya ke maluku. Belanda baru mengetahui pentingnya pelabuhan Gowa setelah kejadian di dekat perairan malaka. Dimana pihak belanda merampas kapal milik portugis yang ternyata memilki seorang awak kapal makassar. Dari orang makassar ini lah belanda mengetahui bahwa pelabuhan Gowa merupakan pelabuhan transito bagi kapal-kapal yang berlayar deri atau ke maluku. Selain itu setelah bertemu dengan kapal-kapal Gowa yang memuat orang-orang portugis tidak di serang oleh belanda. Hal ini di lakukan guna mencari kesan yang baik dengan raja Gowa. Pada saat itu belanda berkesimpulan bahwa pelabuhan Gowa sangat strategis karena terletak antara malaka dan maluku.

"SISTEM MATA PENCAHARIAN MASYARAKAT"


Syerli Susanti/e/s

1. Pengertian
Prasejarah atau nirleka (nir; tidak ada, leka;tulisan) secara harfiah berarti "sebelum sejarah", Dari bahasa latin untuk "sebelum" præ dan historia. Prasejarah manusia adalah masa dimana perilaku dan anatomi manusia pertama kali muncul sampai adanya catatan sejarah yang kemudian diikuti dengan penemuan aksara.
Pengertian sistem mata pencaharian
Sebelum mengenal lebih jauh tentang bagaimana sistem mata pencaharian, alangkah baiknya kalau kita mengenal terlebih dahulu dari segi arti sistem mata pencaharian itu sendiri, berdasarkan Kamus Umum Bahasa Indonesia, sistem mata pencaharian terdiri dari dua unsur kata yaitu:

Lahirnya API di Aceh Oleh Teuku Hamid Azwar

Novi Damayanti/E/S

Kemerdekaan hanya bisa dipertahankan bila kekuatan rakyat bersatu dalam sebuah wadah yang terorganisir dengan baik. Perjuangan tidak  selesaibegitu kemerdekaan diproklamasikan, karena nafsu belandauntuk menguasai Indonesia tak bisa diprediksi.
Pada tanggal 24 Agustus 1945, setelah kabar tentang proklamasi sampai di Aceh, dua pemuda Tanah Rencong tak sekejap pun menutup mata untuk tidur. Teuku Hamid  Azwar berdiskusi dengan Syamaun Gaharu untuk menyusun langkah yang akan dilakukan keesokan harinya. Agar pejuangan menghadapi Jepang dan sekutu lebih terkoordinasi, harus ada semacam wadah yang mewakili untuk berdiplomasi.Peperangan  yang sudah banyak terjadi  mendorongagar sedapat mungkin cara kekerasan

MASA PEMERINTAHAN PRESIDEN MEGAWATI SOEKARNO PUTRI

ZUHRIYAH/E/S

A.Awal Pemerintahan Megawati Soekarnoputri       
            Keberhasilan sidang istimewa (SI) MPR 23 juli 2001 yang dipercepat mampu menjatuhkan Gus Dur dan memilih pemerintahan baru dan menetapkan Megawati Soekarnoputri sebagai presiden dan Hamzah Haz sebagai wakil presiden. Megawati resmi menjadi presiden kelima Indonesia. Pada tanggal 9 Agustus 2001 dibentuklah kabinet gotong royong. Anggota cabinet ini adalah kombinasi dari tokoh profesional dan politisi partai politik pendukung pemerintahan. Nama gotong royong juga dipilih Megawati untuk menguatkan visi misi utama pemerintahannya yaitu rekonsiliasi nasional. Indonesia saat Megawati terpilih menjadi presiden sedang porak poranda akibat beragam konflik komunal (ambon, poso, sampang) dan konflik politik (pemakzulan Gus Dur oleh koalisi yang sebelumnya mendukungnya). Gotong royong adalah kata yang dipilih untuk merekonsiliasi atau mempersatukan bangsa Indonesia dalam semangat membangun kembali.

KEBANGKITAN NASIONAL PADA TAHUN 1908

nurul fanny hanifah/e/s 

I. Pemerintahan
Menjelang akhir abad ke-19 kekuasaan Pemerintah Hindia Belanda hampir meliputi seluruh Indonesia. Kalau kita telusuri maka pemusatan kekuasaan Hindia Belanda dimulai pada kurang lebih awal abad ke-18, yaitu ketika terjadi perpindahan tangan kekuasaan dari tangan VOC ke pemerintah Hindia Belanda. (Bambang, sejarah kebangkitan nasional.1977;9)

LEMBAGA PENDIDIKAN DI INDONESIA

Sri Wahyu Illahi/SP/B

A.      Lembaga Pendidikan Formal, Non-Formal, dan In-Formal
1)             Lembaga Pendidikan Formal
1.             Arti Sekolah
Pendidikan dikatakan formal karena diadakan di sekolah/tempat tertentu,  teratur sistematis, mempunyai jenjang dan dalam kurun waktu tertentu, serta berlangsung mulai dari TK sampai Perguruan Tinggi, berdasarkan aturan resmi yang telah ditetapkan.
Lembaga formal adalah tempat yang paling memungkinkan seseorang meningkatkan pengetahuan, dan paling mudah untuk membina generasi muda yang dilaksanakan oleh pemerintah dan masyarakat.
 Sekolah adalah lembaga dengan organisasi yang tersusun rapi dan segala aktifitasnya direncanakan dengan sengaja yang disebut kurikulum.

PERKEMBANGAN PENDIDIKAN DAN KURIKULUM PENGAJARAN DI AUSTRALIA

MUTMAINAH/ SP/ 2A

Australia adalah suatu negara yang banyak menjadi tujuan studi pelajar di berbagai negara, baik siswa/i maupun mahasiswa/i. Dan tidak sedikit para pelajar Indonesia yang menjadikan Australia sebagai tempat tujuan dalam melanjutkan studinya. Sekolah-sekolah di Australia dalam menjaga kualitas pembelajarannya, setiap program studi di Australia mengikuti standar persyaratan pemerintah Australia yang ketat. Secara hukum istitusi Australia hanya bisa menawarkan program studinya kepada siswa asing apabila secara institusi dan program studinya terdaftar dan terakreditasi oleh pemerintahan Australia.

PENDIDIKAN DI NIGERIA

NURLIZA SEMBIRING/S.P/15A

Nigeria memiliki populasi terbesar dari setiap negara di Afrika, dan semakin meningkat dengan cepat. Nigeria juga merupakan salah satu negara dengan populasi yang paling beragam, yang terdiri dari lebih dari 300 kelompok etnis yang mempunyai budaya dan bahasa yang berbeda satu dengan yang lainnya berusaha mempertahankan etnisitas dari kelompok budaya masing-masing.

BIOGRAFI YI SUN-SHIN

NURLIZA SEMBIRING/ S.A.T / 15A

Yi Sun-Shin lahir pada tangal 28 April 1545 dan meninggal pada tanggal 16 Desember 1598 pada usia 53 tahun. Yi Sun-Shin adalah seorang tokoh militer dan pahlawan nasional Korea yang berjasa menumpas serbuan pasukan Jepang dalam perang tujuh tahun pada masa Dinasti Joseon. Semua berawal disaat Toyotomi Hideyoshi baru saja mempersatukan Jepang pada tahun 1590 dan pada saat itu situasi Jepang masih sangat kondusif untuk berpecah kembali. Hideyoshi yang masih semangat berperang memutuskan untuk menyalurkan segenap semangat itu untuk menghindari perang saudara dengan meminta izin kepada Joseon agar memberi jalur untuk pergerakan tentaranya ke Cina yang saat itu dikuasai oleh Dinasti Ming.