Halaman

SEJARAH AWAL PERKEMBANGAN SISTEM PENDIDIKAN DI AMERIKA SERIKAT

Aisyah Nur Hanifah/ PIS/ IA


A.      Sejarah awal berkembangnya pendidikan di AmerikaSerikat

Negara Amerika Serikat, adalah sebuah negara yang mana memiliki bangsa-bangsa emigran dari beberapa kawasan didunia,terutama berasal dari kawasan Eropa sebagai bagian yang dominannyamerupakan imigran tua yagn berasal dari daerah Eropa Utara dan Barat,seperti Negara Inggris,Scotlandia,prancis,Belanda dan Jerman,dan kemudian diikuti oleh negara Eropa Selatan dan Timur,diantaranya adalah Negara Italia,Rusia,Polandia,Austria,dan Hongaria.Dimana setiap bangsa yang datang,masing-masing membawa kepercayaan,adat istiadat,bahasa,dan berbagai segi-segi kebudayaan,sehingga menjadikan Amerika Serikat menjadi suatu tempat peleburan  dari berbagai segala jenis kebudayaan asli dan para pendatang yang berasal dari benua hitam Afrika.Sehingga inilah yang menjadi dasar terbentuknya kebudayaan di Amerika Serikat saat ini.

Karena sebagian besar penduduk yang menduduki daerah di AmerikaSerikat,merupakan kaum imigran Eropa,maka hal inilah yang menyebabkan tradisi pendidikan yang diterapkan di daerah AmerikaSerikat,adalah sebuah tradisi pendidikan bangsa – bangsa Eropa yang bermigrasi ke AmerikaSerikat.Salah satu bangsa Eropa yang ikut berimigrasi ke daerah Amerika Serikat adalah bangsa Jerman.Dimana,ditempat tinggal para orang-orang Jerman yang berimigrasi,sekolah-sekolah yang berdiri didaerah tersebut diwasi oleh orang-orang gereja pada pertemuan-pertemuan gereja.Salah satu wilayah di daerah Amerika Serikat yang mayoritas merupakan masyarakat Jerman yang berimigrasi adalah wilayah New Netherland.Di daerah New Netherland,pengawasan sekolah-sekolah dilakukan oleh para petugas gereja yagn terus dipertahankan oleh para imigran tersebut.
Karakterisitk utama sistem penididikan di wilayah Amerika Serikat adalah sangat menonjolnya desentralisasi.Pemerintah federal Amerika Serikat tidak memiliki mandat untuk mengontrol atau mengadakan pendidikan untuk masyarakat.Di Amerika Serikat,membentuk suatu ketentuan atau pemerintahan federal mengenai kelompok-kelompok minoritas rasial dan orang-orang cacat.Dan juga,pemerintahan Amerika Serikat,sangat mendukung penelitian pendidikan di Amerika Serikat.Namun,Amerika Serikat tidak mempunyai suuatu sistem pendidikan yang berpusat.Namuun,tetap saja pemerintahan federal pada Amerika Serikat,tidak memberikan arah dan pengaruh terhadap masalah pendidikan pemerintah federal sehingga didalam sistem pendidikan Amerika Serikat,menghilangkan sistem sekolah yang memisahkan sekolah di Amerika Utara berdasarkan ras,khususnya antara orang yang berkulit hitam dan berkulit putih.Dalam hal ini,sistem pendidikan di Amerika Serikat,memiliki beberapa tujuan.Diantaranya:
a.       Untuk mencapai kesatuan dan kebhinekaan
b.      Untuk mengembangkan cita-cita dan praktek dmeokrasi
c.       Untuk membantu pengembangan individu
d.      Untuk memperbaiki kondisi sosial masyarakat
e.       Untuk mempercepat kemajuan nasional

Berikut ini,struktur dan jenis pendidikan di Amerika Serikat,pada zaman dahulu
a.       taman kanak-kanak + pendidikan dasar "grade" 1-8 + 4 tahun SLTA
b.      taman kanak-kanak +sekolah dasar "grade"1-6 tahun + 3 tahun SLTP + 3 tahun SLTA
c.       taman kanak-kanak +sekolah dasar "grade"1-4/5 +4tahun SLTP +4 tahun SLTA
d.      setelah menyelesaikan pendidikan tingkat taman kanak-kanak+12 tahun pada beberapa buah negara bagian yang kemudian dilanjutkan 2 tahun pada tingkat akademik (junior community college) sebagai bagian dari sistem pendidikan dasar dan menenganh.

B.  Manajemen Pendidikan di Amerika Serikat hingga sampai sekarang
 1.      Otoritas
Dalam sejarah pendidikan Amerika Serikat,pendidikan merupakan sebuah tanggung jawab pemerintah negara bagian dan masyarkat di wilayah tersebut.Namun,semenjak 1872,pemerintah Amerika Utara telah iku campur tangan dari mulai memberikan tanah negara guna membangun fakultas dan juga membangun sekolah – sekolah dengan progam makan siang,selain itu,pemerintah Amerika Serikat,juga telah menyediakan danan bagi para veteran dan menyediakan pinjaman bagi para mahasiswa.Dan semenjak tahun 1979,dibentuklah ketika suatu badan dapertemen pendidikan federal,yang mana dipimpin oleh seseorang yang setaraf sekretariat kabinet.Yang mana,tugas dalam menjalankan kebijakan pemerintahan dalam pendidikan.Dan hampir keseluruhan negara bagian memisahkan antara badan yang memberikan izin pendirian suatu perguruan tinggi negeri dan perguruan tinggi swasta.Dimana,di perguruan tinggi memiliki struktur pelaksanaan tugas yaitu :
a.       President
b.      Pembantu president bidang akademik dan dekan
c.       Dekan pascasarjana
d.      Pembantu president bidang kemahasiswaan
e.       Ketua jurusan
f.       Register
g.      Register pengembangan
h.      Senat Universitas
2.      Personalia
a.       Dosen Perguruan Tinggi
Pada dasarnya kualifikasi docotr S-3 merupakan syarat untuk menjadi dosen pada perguruan tinggi di Amerika Serikat.Dimana,di Amerika Serikat,pangkat dosen perguruan tinggi disebut juga dengan instructor,asisstant,proffesor,associate proffesor,dan proffesor emeritus,lecurer
b.      Guru Pendidikan dasar dan menengah
Pengangkatan guru adalah suatu wewenang dari pemerintahan negara bagian yang memiliki syarat untuk memperoleh suatu sertifikat dalam menagajar.Dimana,di kependidikan Amerika Serikat,tingkat sarjana muda dan guru sekolah dasar disiapkan pada tingkat sarjana selama 4-5 tahun.
3.      Pendanaan
Sumber keuangan pendidikan khususnya pendidikan dasar dan menengah berasal dari daerah kebupaten dan sumber-sumber lokal lainnya yang sebagian besar berasal dari suatu pajak negara.Adapun,anggaran pemerintah Amerika Serikat yang bersifat federal,untuk perguruan tinggi menigkat terutama pendidikan kejuruan teknik dan pendidikan bagi orang yang ingin kembali ke kampus untuk belajar.Dan pada umumnya,di Amerika Serikat,beban biaya bagi mahasiswa negeri lebih besar dibandingkan dengan beban biaya untuk mahasiswa swasta.

4.      Kurikulum dan Metodologi Pengajaran
Di Amerika Serikat,sampai saat ini tidak memiliki kurikulum pendidikan yang resmi.Dimana,ketika abad ke-19,muncullah sebuah tuntutan untuk mengubah kurikulum dan metode pengajaran dengan mengarahkan perhatian kepada kebutuhan murid yang berbeda.Dengan demikian,dalam kependidikan Amerika Serikat,siswa memiliki peluang yang besar untuk menentukan pilihan.Pertambahan jumlah populasi sekolah yang sangat cepat dan kemajuan iptek menjadi dorongan untuk inovasi-inovasi baru terutama metode pengajaran.Yang mana,didaerah perkotaan di Amerika Serikat,persoalan sosial yang terjadi memunculkan mata pelajaran baru yaitu studi berupa etnis,pendidikan lingkungan,pendidikan seks,dan pendidikan narkoba.Tetapi,ketika awal 1980-an,ada suatu kecendrungan yang terjadi,yaitu suatu kecendrungan untuk kembali pada yang lama serta kebutuhan baru atas pendidikan akhir.

5.      Kenaikan kelas,ujian dan sertifikasi
Kenaikan kelas murid-murid sekolah ditentukan oleh beberapa daerah setingkat kecamatan atau negara bagian.Dimana,dalam prakteknya,anak-anak boleh tinggal kelas dan mengulang lagi apabila performansinya memang tidak memuaskan.

6.      Penelitian pendidikan
Di Amerika Serikat,ketika pemerintahan federal yang diterapkan sejak lama yang didukung berbagai penelitian pendidikan.Walaupun ketika itu,hanya kira-kira 25%dana yang disediakan.Dan juga di Amerika Serikat,banyak juga penelitian yang dilakukan pada bidang-bidang yang menjadi masalah orang banyak,serta kependidikan yang dilakukan oleh Amerika Serikat,orang –orang miskin dan orang-orang cacat di Amerika Utara,diberikan suatu sistem perubahan pengajaran.

7.      Akreditasi
Ada dua hal yang membuat perkembangan suatu sistem kependidikan di Amerika Serikat :
a.       Sikap bahwa mutu dan standar itu penting
b.      Adanya otonom lembaga
Di Amerika Serikat,terdapat beberapa lembaga akreditasi yagn mendukung kependidikan di Amerika Serikat,baik itu akreditasi regional dan akreditasi nasional yang mengakreditasi berbagai bidang pendidikan maupun bidang professional.Salah satu merupakan Lembaga yang tergabung dalam kependidikan di Amerika Serikat adalah Council of higher education accreditation(CHEA) dan US.Dapertment of Education

8.      Sekolah Guru di Amerika Serikat
sejarah awal perkembangan pendidikan di Amerika Serikat,memunculkan sekolah di Amerika Serikat ada 4 macam yaitu :
a.       Sekolah Normal (Normal School)
b.      Fakultas guru (Teacher School)
c.       Jurusan pendidikan di Universitas(Dapertment of education)
d.      Sekolah atau fakultas pendidikan

9.      Isu-isu pendidikan di Amerika Serikat
Awal perkembangan kependidikan di Amerika Serikat,banyak memberikan berbagai isu-isu pendidikan didalamnya.Namun,beberapa masyarakat di Amerika Serikat beranggapan jika tidak terjadi suatu permasalahan terhadap kependidikan di Amerika Serikat.Alasan ini dikarenakan,banyak masyarakat yang beranggapan bahwa suatu kestabilan politik dan ekonomi sangat mempengaruhi kependidikan di Amerika Serikat.Dan,perkembangan pendidikan di Amerikat Serikat,menjadi suatu negara yang menerapkan model penerapan konsep sekuler kapitalisme.Sehingga penerapan konsep sekuler kapitalisme yang diterapkan oleh Amerika Serikat,mulai menyebar dan dirasakan oleh beberapa negara di belahan dunia.
           Berikut ini,yang merupakan isu-isu pendidikan di Amerika Serikat,yang mana isu-isu tersebut berisikan tentang masalah kependidikan yang dihadapi masyarakat Amerika Serikat dan Pemerintah Amerika Serikat,pada tahap awal perkembangan pendidikan di Amerika Serikat.:
a.       Dinamika perubahan sosial masyarakat Amerika Serikat yang terjadi dalam beberapa dekade terakhir sangatlah mempengaruhi kependidikan di Amerika Serikat.Dimana,hal ini dimulai dari tingkat pra sekolah sampai ke perguruan tinggi.Sebagai hasil dari emansipasi yagn sejak lama diperjuangkan di Amerika Serikat.Dalam kejadian ini,hampir keseluruhan perempuan sudah mendapatkan pendidikan yang sama dengan para pria dan selanjutnya,kebanyakan para perempuan sudah mendapatkan tempat yang sangat luas dalam hal lapangan kerja,baik yagn sudah memiliki keluarga ataupun belum berkeluarga

b.      Masyarakat Amerika Serikat dihadapkan kepada masalah tingkat perceraian keluarga yang sangat tinggi dan bahkan tertinggi diantara beberapa negara –negara di dunia.Yang diakibatkan dari kejadian ini adalah makin banyaknya anak-anak yang hidup atau tinggal dengan satu orang tua,pada umumnya tinggal bersama ibu,yang mana harus bekerja sendirian guna memenuhi kelangsungan hidup mereka.


c. Sistem kependidikan Amerika Serikat memiliki berbagai badan-badan resmi yang bergungsi sebagai suatu instrument monitoring dan evaluasi kependidikan.Dan,hasil dari beberapa penelitian dan informasi yang dikumpulkan,diketahui bahwa suatu kualitas kependidikan di Amerika Serikat mengalami suatu kemunduran yang sangat serius dan hal ini telah menjadi suatu isu yang sangat hangat ketika dipublikasikan oleh berbagai media masa sejak tahun 1980-an.

DAFTAR PUSTAKA

Sundoro,hadi. 2012. Sejarah Amerika Serikat .Jember:Jember University Press
Gray, Wood. ­­­_____. Garis Besar Sejarah Amerika. Washington: Universitas George Washington

No comments:

Post a Comment